Rabu, 04 Januari 2012

Rewrite: Beruang!!!

Gue pengen membagikan postingan ini buat para pembaca blog gue. Yang udah lama, maupun baru. Sebetulnya cerita ini emang udah lamaaa banget kejadiannya, dan gue udah sempet posting di blog lama gue yang masih menggunakan jasa Friendster, tapi berhubung gue merasa cerita itu cerita paling seru dalam rentet kejadian di hidup gue, jadi gue berniat ceritain lagi di sini.




Ini adalah tragedi tak terlupakan gue di Taman Safari, mungkin ada sebagian pembaca yang udah pernah baca cerita ini, tapi gue rasa gapapa gue ulang lagi. Anyway, cerita ini berawal dari saat gue dan sekompi keluarga gue memutuskan untuk liburan di Puncak. Jadi kita berlima, kecuali engko gue, dia lebih milih pacaran sama ceweknya ketimbang ikut acara kayak gini. Gue, nyokap, bokap, dan dua enci gue naik mobil rame-rame.

Gue lupa, tapi kalo gak salah, di hari kedua kita di Puncak, kita memutuskan untuk visit ke Taman Safari, kata bokap gue, udah lama juga dia ga kesana, jadi pengen liat-liat sekaligus menghilangkan kebosanan.

Semua terasa baik-baik saja, sepanjang perjalanan, gue bawa wortel-wortel yang suka di jual abang-abang pinggir jalan itu buat ngasih makan hewan-hewan karnivora nya. Kayak rusa, onta, jerapah, dan lain-lain. Sayangnya, sepertinya, enci gue yang pertama itu gak ngerti saudara-saudara. Apa beda karnivora dan omnivore. Pemakan daging, dan pemakan tumbuhan. Sepertinya, dia menganggap semua binatang pemakan tumbuhan. Luar biasa… ini akan gue ceritakan nanti.

Jadi bokap gue sempet ngomong gini dengan sombongnya.. “Lo pada, papa kasih tau. Jangan takut sama binatang ganas begini ya. Mereka tuh pada dibius.. gak mungkin berani nyerang.” Errr okay. Gue pada saat itu percaya aja sama bokap gue. Kebetulan, pas jaman itu, bokap gue baru beli handycam, dan sepanjang perjalanan dia buka kaca jendela kayak preman sambil fotoin hewan-hewan lewat.

Sampailah kita di bagian harimau, mana campur-campur. Pokoknya gue melihat ada banyak banget harimau di sana, mulai dari yang bengong, bergaya seksi, sampe yang lagi nyari ikan di kolam. Bokap gue menggeram-geram dari dalam mobil. ENTAH UNTUK APA! Lalu dia gedor-gedor kaca, dan berusaha narik perhatian hewan-hewan itu. sekali lagi, dia menggeram dan gedor-gedor kaca jendela yang setengah terbuka. Luar biasa bokap gue yang satu ini….

“Kepada para pengunjung di harapkan tidak mengganggu hewan, untuk menjaga keselamatan..” suara di microphone gue rasa lagi negor kita. Lalu bokap gue dengans antainya..

“Bukan, bukan. Tenang, itu pasti mobil di belakang kita.”

Ga lama kemudian…

Macan-macan itu ngumpul ngelilingin mobil gue. Anjrit. Anjrit anjrit!!

“Pa, macannya ngelilingin mobil kita, pa..” kata enci gue dengan sedikit histeris. Kebetulan posisinya pada saat itu, nyokap bokap di depan, enci gue yang pertama di sebelah kiri gue duduk di belakang nyokap, dan enci gue yang kedua di sebelah kanan gue. Jadi gue ada di tengah-tengah.

“Perasaan lu doank..” katanya lagi. Setelah gak lama gue merasa ada macan yang nyenggol mobil gue, gak lama bokap gue baru nutup kaca jendela dan ngomong..

“Iya, macannya ngelilingin mobil kita..” EMANG IYA OOOOMMMMM DARI TADI!!

Untungnya gak lama mobil pawang dateng dan ngegebah macan-macan itu. selanjutnya gue sampe di tempat singa, di sini untungnya gak kenapa-napa sih, meskipun bokap gue belom kapok dan ngulang keisengan dia tadi.

Setelah sampai di tempat beruang ini. enci-enci gue pada teriak-teriak najis ala bencong “Ih.. ihh… beruang.. beruangnya lucuuuu..” ini. ini salah satu kesalahan pabrik-pabrik boneka yang mem-packaging beruang sebagai hewan lucu. Ini, ini jadinya dua makhluk autis kebanyakan main boneka teddy bear! Untung.. gue gak pernah main boneka. Meh.

“Eh beruangnya doyan wortel kali ya??” WHAT THE?!!! SEJAK KAPAN?? Sejak kapan beruang doyan wortel? *pingsan*

Jadi ceritanya mobil gue ambil jalur kanan pada saat itu, dan di sebelah kanan gue juga ada satu beruang yang lagi tidur-tiduran seksi di bawah pohon sambil gigitin daun, gue kurang ngerti deh tuh beruang ngapain. Bokap gue mengulang ritual tadi, dia gedor-gedor kaca jendela dan gerem-gerem isengin beruang, puncaknya, dia foto beruang itu dengan blitz di handycam.

Di lain sisi enci gue yang pertama buka jendela, dan NGELUARIN WORTEL dari dalam jendela. Buat ngasih tuh beruang. Orang gila…

Yeah. Usaha dia berhasil saudara-saudara, ada satu beruang yang menghampiri mobil gue. Untungnya jarak dia agak jauh. Dan beruang itu, bener-bener nyamperin kita. Gue mulai panik. Gue lagi ukur-ukur posisi pada saat itu, kalo sampe nih beruang sial-sial nerjang mobil, pasti gue kena, secara gue pas di tengah. ASEM.

“Pa, pa! beruangnya nyamperin. Gimana nih??”

Bokap gue spontan nengok dan teriak heboh.. “Bego lu. Bego. Masa beruang di kasih wortel. Tutup jendela! Buruan..”

Semua terjadi begitu cepat, dan gue merasa mobil gue oleng sedikit. Ternyata beruang yang tadi tiduran, udah lompat ke samping kaca jendela bokap gue. Gue bengong..

Sekali lagi. Gue bengong.

Enci gue yang kedua teriak-teriak histeris sambil rada lemes gitu.. “Beruang… beruang…”

Emak gue. Yang ternyata lagi tidur di dalam mobil *IYA, dia membayar perjalanan 35 ribu di taman safari buat tidur di dalam mobil..* kebangun gara-gara enci gue. Mungkin nyawanya belom ngumpul, dia ikutan tereak kayak enci gue.. “Eh beruang… beruang..”

Beruang itu buka mulutnya, dan bokap gue berusaha nutup jendela. Telat, tangannya udah berusaha masuk ke dalem dan ngehantem kaca. Gue masih bengong, dan telinga gue menangkap suara kaca yang pecah hancur. Emak gue yang terlihat udah ngerti situasi jadi marah-marah sendiri..

“Jalan bego!! Elu ngapain nahan jendela??! Jalan bego!!” sambil teriak-teriak histeris. Bokap gue masih sawan dan tetep diem di tempat, emak gue langsung banting setir, dan pas itu juga bokap gue injek gas. Kita baru selamat dari maut teman-teman…

Ternyata beruangnya masih ngejar. Tapi gak lama gue liat gerbang di tutup, bokap gue sawan dan ngebut. Gak lama bokap gue menepi di tempatnya rusa, dan kawan-kawan itu buat bersih-bersihin kaca. Ternyata pawangnya udah ngikutin kita..

Dia ketawa-ketawa ngeledek.. “Saya pikir, bapak gak takut beruang. Makanya saya diemin aja..” nanas! “Beruang itu binatang ganas pak..” IYA GUE TAU. KENAPA BOKAP DAN ENCI GUE GAK TAU?? Dan gue udah berkali-kali ngomong itu, Cuma gak ada yang dengerin omongan gue.

Untungnya bokap gue Cuma luka gara-gara kena pecahan kaca itu. tangannya berdarah. Itu jauh lebih baik, dan gue patut bersyukur di banding beruang itu berhasil masukin tangan dan ngehajar pala bokap gue atau nancepin giginya yang luar biasa panjang itu.

Gue rasa itu satu pelajaran buat bokap dan enci gue untuk gak menganggap beruang selucu itu lain kali. Meskipun sejak kejadian itu, bokap gue gak pernah lagi ke Taman Safari barang sekalipun. Kapok. Katanya takut beruang itu masih ngenalin bokap gue. Meh.

Gue sendiri abis kejadian itu, selama seminggu penuh selalu kebayang-bayang wujud beruang. Kadang gue ngebayangin beruangnya jatoh dari atep rumah pas gue lagi nonton, kadang gue bayangin jadi pendekar trus bisa basmi beruang itu, dan kadang gue mikir jadi dokter hewan yang menyelamatkan populasi beruang di seluruh dunia. Entahlah, gue jadi trauma.

Waktu gue bawa mobil gue ke bengkel, ternyata bagian yang tadi di terjang beruang itu penyok. Gila, padahal gue liat dia Cuma BERDIRI dan NEMPEL di deket jendela, pantes aja tadi mobil gue oleng. Serem abis, man.

Sejak itu gue sadar sepenuhnya, jangan samakan Teddy Bear berpita dengan mata belo sama beruang beneran!!

P.S. suwer, gue udah sering banget ceritain cerita satu ini di depan kelas dan di manapun. Gue sendiri gak pernah bosen, dan keliatannya yang denger juga gak pernah bosen.

Tidak ada komentar: