Rabu, 11 Januari 2012

Heboh Kondangan..

Gue merasa udah lama sekali gue dan keluarga gak ngumpul bareng. Maksud gue bener-bener ngumpul bareng, ngumpul di suatu tempat dan ngobrol-ngobrol. Meksipun gue rajin ke rumah bokap gue tiap minggu, tetep aja. gue jarang ngumpul bareng, biasanya gue dan enci engko gue bakal ngedekem di kamar, ada yang bebean *enci gue yang kedua*, ada yang internetan *biasa engko gue*, dan kadang bengong sendirian. *seringnya itu gue!*




Bahkan gue udah lupa rasanya ngobrol sama bokap gue, karena akhir-akhir ini tiap ngobrol gue selalu tarik urat, kalo gak brantem soal univ, gue Cuma jutek sama bokap nyokap gue.

Siapa sangka, kawinan sepupu gue membuat gue teringat lagi enaknya kumpul bareng keluarga.

Biarpun serius, keluarga gue memang gak begitu friendly sama acara-acara sosial keluarga besar gini. Kalo gak heboh, ada yang brantem, ada yang ilang, ada yang ketinggalan, atau enggak ada yang rusak. Gue berharap malam itu, minimal gak ada yang brantem dan ngerusak suasana. Dan ternyata memang gak ada sih. Cuma hebohnya itu yang gak ketolongan, sedikit banyak bikin gue ketawa sendiri juga sih.

1. Siap-siap
Bokap gue sendiri adalah tipikal orang arogan yang gak pernah mau ngikutin aturan dalam berpakaian. Itu kenapa dia benci sekali sama kondangan. Herannya kali ini dia mau dateng buat kondangan. Dipikir-pikir pasti bukan buat numpang makan, wong bokap gue vegetarian, mo nikmatin apa dia di sana. Mungkin juga buat ketemu temen lama dia, entahlah. Yang jelas dia dateng dengan seperangkat kemeja putih dan jas item rapih. Gila. Gue sampe syok, gue sampe ternganga waktu dia hadir di depan pintu rumah gue nenteng kemeja sama jas.

Nyokap gue yang emang rada sradak-sruduk pas dateng udah teriak-teriak gak karu-karuan nyariin kosmetik. Enci gue kegerahan, dan gue menggila!

Akhirnya gue berenam naik ke mobil gue. Serius, yan gini paling ngeselin mobil gue masih ada dus-dus roti yang bertumpuk, jadi gue dengan mini dress gue duduk di atas kardus dan tiap mobilnya ada tanjakan kepala gue bakal kejeduk kea tap mobil. Asem! bener-bener gak mendukung kecantikan gue.. *ditimpuk bangku*

2. Setelah sampai.

Tadinya gue pikir bokap gue bakal make baju di dalem mobil. Tapi katanya gara-gara gerah, pas kita turun di parkiran dia baru mo pake baju..

“Eh tunggu, papa mo pake bajunya dulu nih.”

“Elu mah! Bukannya pake di mobil ngerepotin..” emak gue ngoceh-ngoceh.. trus gak lama nengok ke gue dan enci-enci gue. “Maklum lah bapak lu, gak pernah kondangan..”

Setelah beres make baju, ternyata bokap gue pake ada acara kencing di parkiran segala. Kaget jug ague ngeliat bokap gue pake jas dasi gitu. Secara terakhir kali gue liat dia pake baju seformal itu waktu enci gue kawinan. Sisanya, kalo dia gak pernah kondangan, ya biasanya dia gak mau pake dasi ama jas. Paling kemeja pendek. Lebih parahnya bisa celana pendek kali. Bokap gue dan gayanya sendiri.

Hanya satu hal yang terlintas di otak gue waktu liat bokap gue. Bos mafia!

3. Sesi makan

Hanya ada satu cara suci untuk mendapatkan makanan-makanan enak itu. ngantri! Gue paling benci ngantri di stand, semua orang terlihat sangat bringas. Jadi sebelum kita ngantri, gue langsung bikin strategi mutakhir sama engko gue. Karena dua enci gue terlihat udah ngilang entah kemana menggagahi stand-stand makanan menggiurkan itu. gue yang gak mau kehabisan, tentu aja gak boleh kalah gesit dari mereka.

Gue berencana ngambil syomay dua porsi, dan engko gue ngambil makanan lain dua porsi. Jadi kan adil, dia senang, gue senang. Kita nyoba semuanya. Mehehe. Gue tertawa puas sambil ngantri.

Bener aja apa gue bilang, ngantri di stand kawinan itu paling menantang. Semua orang mendadak bringas, karena gue brani jamin, banyak dari mereka yang sengaja ngosongin perut buat makan. Meh. Mungkin kalo isi hati mereka di gambarkan di wajah, pasti akan mirip sama tazmanian kesamber gledek.

Gue ngeliat engko gue yagn jalan trus gak lama ngilang dari pandangan. Gue ngambil syomay dua piring. Dan tau apa? Ternyata setelah engko gue balik, dai lagi makan eskrim. SENDIRIAN! Pas gue udah kelar ngantri syomay dia Cuma nyengir..

“Kayaknya tadi perjanjiannya kita split up deh. koko ngantri yang lain, aku ngantri syomay..”

“Nih, aku udah ngantri eskrim..”

“Iyaaa! Buat sendiri!1” asem! Gue dikerjain! Enak aja dia.. sebagai permintaan maaf dia ngambilin gue air putih. Cih.

4. Lempar angry bird

Ada satu hal yang paling gue suka dari acara kawinan, lempar bunga buat dapet hadiah. Udah gitu kan memang di peruntukan bagi single-single muda seperti gue. Mehehehehehe. Gue dan enci gue yang kedua langsung pasang ancang-ancang.

“Ayok ce! Kali ini kita harus dapet! harus agresif!”

Enci gue mengangguk mantap tanda setuju. Kita langsung baris aja di deket panggung penganten..

“Prediksi aku nih, kita harus berdiri di baris kedua. Soalnya waktu dia lempar gak mungkin dia lempar ke baris pertama..”

Gue sangat yakin kali ini, dengan tekad kuat bahwa gue pasti dapet. Meh, melihat orang-orang jai mini, gue memandang rendah. pasti gue yang dapet.. nyatanya,,

Angry bird di lempar, gue yang emang kebetulan pake heels langsung terpontang panting. Sialaaaaaannn!!! Yang laen pada lompat-lompat gue hampir jatoh ketimpa yang lain. Ergh! Gue tidak se-agresif yang gue pikir. Dan kita berjalan lesuh kembali ke tempat semula. Ada satu hal yang gue pelajari dari beberapa kali gagal dapet bunga di tempat kawinan. Sebelum acara lempar bunga ini dimulai, gue harus ganti sepatu kets. Biar gue bisa leluasa lompat dan nimpa yang lainnya. Meh!

5. Pulang

Waktu pulang, gue masih harus memasang muka tembok gue. Akibat bokap gue yang gak mau rugi.

“Kit, ambil tuh souvenirnya banyakan..” kata bokap gue ke enci gue. Enci gue langsung menatap aneh.

“Buat apaann?? Ini udah satu.”

“Jah, Cuma satu mah gak cukup.”

Lalu gue yang baru keluar liat mereka berdua lagi duduk gitu. Enci gue seperti mendapat ilham dan mengorbankan gue.

“Tuh! Cia cia aja. dia kan belom ambil souvenirnya..”

Aduh souvenir??? Maleeeesssss!!!

“Iya! Iya! Lo ambil cia, minta tiga. Lumayan buat bumbu!” aduh aduh aduh.. karena gue mengaku sebagai anak yang cantik dan berbakti akhirnyalah gue nyampirin cewek-cewek berjas hitam dan pake microphone gitu.

“Minta sopenir donk ci..”

Dikasih satu..

“Minta lagi donk. masa Cuma satu..” kata gue males.

“Aduh gimana ya…” dia nanya ke satu cewek bergaun gitu. Sumpah ini kawinan sodara gue kenapa gak ada yang gue kenal?? “Ini mo minta kasih gak?”

Sialan bener-bener tengsin gue.

“Ya udah kasih aja..”

“Lagian udah kelar begini, mo ngasih siapa lagi..” kata gue sambil cengengesan.

“Kasih sodara sih..”

Menurut lo gue apaaaaa????!!!!

Akhirnya gue nenteng dua sopenir.

“Cuma dua? Elu mah nanggung!’ kata bapak gue. Errrrrrr…. “Minta lagi dih. Lumayan nih..”

“Enggak ah pa. papa aja minta lagi, kan papa belom..”

“Mana bisa, papa kan udah tua.. elu pada kan masih muda.”

Gue gak tau apa kesinambungan antara tua danmuda selain gue tau bokap gue juga gengsi minta sopenir dan seperti biasa menggunakan anaknya yang manis macam gue. Meh.

Setelah nego-nego dan bokap gue memutuskan gapapa dengan empat sopenir di tangan dia, akhirnya kita pulang dan gue kembali jeduk-jeduk dengan mini dress gue.

Simpel, tapi sedikit banyak membuat gue sadar betapa pentingnya keluarga gue. Seperti suatu scene-scene yang gak bisa digantikan dengan scene indah manapun. Jalan sama keluarga.

Gue memutuskan untuk ngikutin mau bokap gue dan gak ngotot UI, gue tau sih, kalo gue masuk UI gue bakal nambah beban buat dua orang tua gue, dan enci-enci gue, mereka semua pasti khawatir. Jadi gue tau ini mungkin bukan saatnya keinginan gue di UI tercapai. Gue yakin ada waktu lain, waktu yang lebih tepat. Waktu gue udah cukup mandiri dan gak mengkhawatirkan lagi buat mereka. Entahlah, semua pilihan baik bagi gue.

2 komentar:

Rika P. mengatakan...

keluarga yang konyol abis mar. seruuuuu gila. walopun sekesel-keselnya kita pasti nggak akan bisa lari dari keluarga deh, hahaha. itu nilai mutlak :p

SETUJU MARISAAAAAA, MUNGKIN NANTI ADA LAIN WAKTU BUAT KE UI!!! KITA SENASIB PARAH -_-

Rika P. mengatakan...

keluarga yang konyol abis mar. seruuuuu gila. walopun sekesel-keselnya kita pasti nggak akan bisa lari dari keluarga deh, hahaha. itu nilai mutlak :p

SETUJU MARISAAAAAA, MUNGKIN NANTI ADA LAIN WAKTU BUAT KE UI!!! KITA SENASIB PARAH -_-