Rabu, 11 Januari 2012

Forum Curhat: Temen Munafik dan Pembunuh Binatang

Dear Roti,

Tanpa basa-basi lagi, lgsg menuju ke pertanyaannya ya,

Gini, today was a pretty fun day for me :/ tapi dasar guenya emang susah bersyukur, satu hal jelek bisa bener2 bikin mood gue ancur dan emosi gue naik. Seperti yang kita tau, we’re not living in a perfect world, banyak orang yg suka boong/menipu/dsb walaupun kita udah berusaha sebaik yg kita mampu.




Contohnya hari ini:
Gue punya ‘temen’ sekelas, yang sebenernya dari dulu emang kurang nyambung sama gue, dulu sih awal2 kenal kita lumayan deket, dia suka curhat2 terus ke gue, tapi lama2 gue ga sreg juga soalnya she’s all about herself(egois) dan I can pretty much say she’s not a good friend for me.

Jadi gue mulai males dan dikit2 ngejauh dari dia, tapi hubungan tetep ok2 aja, kita masih suka ngobrol/basa-basi di sekolah.

Yang jadi masalah, dia tuh kalau di depan gue selalu ngomong yang baik2 “ih jen, lo lucu banget sih, gue pengen deh kaya lo” atau “jenn, gue kangen nih sama lo”. Gw tetep nice dan simply bales
“iya, gw jg kangen, haha”. Walau gue ga cocok/agak males sama dia, tapi gw tetep anggep dia temen, dan gw tetep nice/sopan sama dia, tapi ga fake/munafik! SEDANGKAN, gue baru tau hari ini, ternyata dia tuh kalau di belakang gue suka ngomongin gue yang lebih ke fitnah/membesar-besarkan gitu, gimana gue ga sebel coba? Sampah banget sih jadi orang.

Contoh kasus ini juga bkn inti sebenernya dari pertanyaan gue sih, lebih ke, kenapa sih banyak orang yang ngeselin/munafik/sampah, ky misalnya orang yang suka nipu orang atau orang yg suka nyakitin peliharaan for no reason, intinya kayak orang2 yang ga pake otak/hati sblm bertindak gitu.

Please mar, coba bantu kasih tips buat gw ngatasin tipe manusia2 yang kaya gini :/

Jawaban Roti:

Dear Jen yang lagi esmosi berat,

Gue punya beberapa tips buat lo jen, gue sendiri juga sering bertemu dengan tipe orang seperti ini di tempat gue hidup. Meh! Memang menyebalkan, rasanya pengen gue basmi dengan segera tipikal orang seperti ini. meksipun tanpa gue sadar, barangkali dalam sekian kesempatan gue “pernah” jadi orang yang begitu. okeh, gue mulai aja ya…

1. Be smart
Buat gue tindakan mengkonfrontasi ataupun menyerang si orang tersebut secara terang-terangan bukan hal bijak untuk di lakukan. Meskipun kita sama-sama tahu ya, orang-orang semacam itu benar-benar memancing emosi. Kita harus cerdik-cerdik bertindak. Selalu ada saatnya untuk membuka lebar-lebar kejelekannya. Yang paling gampang sih emang, ngambil langkah seribu menjauh dari dia. kalau mau yang lebih menantang lagi, deketin.

2. Teknik sindir menyindir.
Teknik berikut ini bisa berhasil ataupun enggak, tergantung situasi, suasana dan karakter lo sendiri. Kalau memang lo benar-benar merasa di rugikan oleh si orang ini, dan udah kesel berat gue rasa lo perlu sekali-sekali menyiapkan situasi yang tepat untuk menyindir dia di depan temen-temen yang lain. Mungkin menyangkut fitnah yang dia sampaikan buat lo di depan temen-temen lo? Dengar cara yang menyakitkan, gak kentara, tapi benar menjatuhkan. Ini saran yang cukup kejam. Tapi memuaskan kalo berhasil di laksanakan. Mehehehehe.. *ketawa setan*

3. Pendekatan
Menyangkut saran di nomor satu tadi, kalau lo memang gak suka sindir-menyindir, menyulut permusuhan, atau lo pengen terlihat baik-baik saja dengan orang lain, mungkin lo bisa mencoba cara pendekatan. Mendekati si cewek ini, mencari tahu lebih dalam, kenapa dia suka memfitnah lo dari belakang, bersikap munafik, atau gimana. Bisa aja dia ada dendam sama lo tanpa lo sadar, atau gak ada yang tau dia sirik berat sama lo. Semua bisa aja jadi penyebab dia jadi menyebalkan.. tapi untuk teknik satu ini, lo benar-benar harus berhati-hati untuk gak terlalu deket sama teman lo ini. Kalau ternyata memang dia bersikap kayak gitu sama semua orang, bukan Cuma sama lo. Ya udah, anggep aja emang bawaan dia nyebelin.. barangkali lo bisa pake trik ini…

4. Kritik
Cari waktu yang pas untuk ngobrol sama dia, lo bisa memulai percakapan dan memancing dia untuk bisa ngobrol dalem sama lo. Mungkin lo bisa liat masalah dia di sekolah baru-baru ini, atau hal-hal yang lagi bikin dia tertarik. Ajak ngobrol aja, setelah itu dikit banyak lo bisa bahas masalah ke-tidak sukaan lo dengan dia. dengan sopan, dan memakai bahasa yang gak menyinggung secara berlebihan. Gak ada yang tahu kalo cara ini bisa berhasil, toh? Gue pribadi sih paling suka cara ini buat menghadapi orang.

Lantas lo bisa langsung to the point dan mengkritik sifat dia yang satu itu, mungkin lo bisa bilang bahwa lo juga tau selama ini dia sering ngomongin lo di belakang. Mungkin lo harus menyiapkan tatapan teduh buat dia *tsah*, Cuma agar dia gak merasa terintimidasi, dan lebih mudah jujur. Lagian, sesama cewek biasanya lebih mudah ngomong dari hati ke hati, toh? Sekali lagi, gak semua orang suka dengan kritik. Tapi kalau lo bisa menyampaikan dengan baik, kadang banyak orang yang bisa berubah perlahan karena kritik yang kita kasih.

5. Kabur.
Kalau ke-empat teknik yang gue kasih di atas masih belum berhasil juga. Atau memang pada dasarnya dia orang yang menyebalkan, dan benar-benar merugikan. Yang kali ini serius, larilah jauh-jauh dari dia. Bersikap munafik dikit dengan pura-pura baik di depan dia gue rasa gak masalah, toh selama lo gak ngomongin dia di belakang. Selama hanya lo yang tau kejelekan dia. Lain hal, kalau lo tipe orang yang transparan dan cenderung apa adanya, yaudah. Tunjukin aja terang-terangan kalo lo gak suka ama dia.

Kalo dia bilang “Kangen” lo jawab “Jijik!”. Kalo dia bilang “Lo lucu..” jawab aja “Lo amit-amit!” meh! Yakin deh, lama-lama dia yang ngejauh dari lo!

Pesan terakhir dari gue, orang-orang yang bersikap munafik atau cenderung menikam teman-temannya dari belakang tanpa alasan *terkecuali dia punya kebencian khusus hanya buat lo*, suatu saat, dia akan kehilangan temen-temen terbaiknya.

Ngomong-ngomong temen munafik sama pembunuh binatang apa ya? Yang gue tau baru-baru ini emang lagi heboh-hebohnya german shepherd yang dimasukin petasan sama sekelompok anak kecil. Kita selaku sama-sama penyayang binatang pasti emosi banget. gue sendiri sampe kepikiran buat mites bocah-bocah nyebelin itu.

Semoga saran gue bermanfaat!

Salam roti,

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Haha, Mar, gue ngakak baca judul lu!

Ya jadi ceritanya temen munafik itu buat percontohan aja, intinya kurang lebih 'gimana cara buat hadepin orang2 macem gitu'.

Yay, thank you ya jawabannya :p
hmm, menurut pandangan gue sih dia agak jealous/ga cocok gitu sama gue -_- selain itu mgkn karena gue agak cuek sama dia juga kali ya..

selain dari itu, emang dia dasarnya begitu orangnya :s dicuekin aja kali ya?

Marisa Roti mengatakan...

tersangka jen: errrr gimane yeh? gue jadi bingung ini yang lo omongin cewek apa cowok ya??

dia jealous sama lo trus gara-gara lo cuekin dia? wah. caper tuh. kalo lo gak interest untuk deket sama orang macem gitu yowis. cuekin aja... mahahaha

Anonim mengatakan...

Gua juga punya temen kaya gitu. Rasanya tuh sakit banget pengen gua tampol