Sabtu, 11 Desember 2010

Review: Don't Tell Me Anything (Vasca Vannia)


Seperti yang gua ceritakan kemarin, hebat hari ini gua sudah menyelesaikan buku tersebut, dan menangis tersedu-sedu, bukan karena ceritanya sedih, tapi karena ceritanya udah abis. Dan honestly, gua suka peran yang dia bikin.

Mari kita mulai reviewnya.

Buku karangan Vasca Vannia yang mengaku suka dengan hal-hal berbau misteri ini memang cukup menarik untuk gue, sebetulnya gua di sarankan untuk baca oleh temen gue. Siapa lagi kalo bukan Fan2 yang memang menggemari buku seperti ini. Tentu saja atas kebaikan hati dan kerelaannya menyumbangkan buku itu ke gue.


Diawali dengan kisah seorang cewek remaja bernama Stella Haris, yang merasa bingung dan gamang dengan dirinya, rasa ketakutan dan terpojok karena tekanan dari sana-sini yang mengatakan dia gila juga pembawa sial. Cewek yang berhasil melakukan pembunuhan dengan sangat sadis ini akhirnya ditangkap oleh polisi dan diadili. Di bagian inilah, gua sangat bisa merasakan ketakutan dan emosi-emosi yang memang dipancarkan oleh sang penulis.

Gua seperti ikut tenggelam ke dalam novelnya sendiri, karena pembawaan si penulis yang enak di baca dan bikin imajinasi gua melanglang buana. Bahasanya bukan tipikal tipikal bahasa yang terlalu berat buat di baca atau sampe bikin kita ngubrek ngubrek kamus, cukup enjoy. Tapi emosi cukup ngena dan keaduk-aduk di bagian sini. Thrillernya cukup dapet, karena penulis bisa dengan baik gambarin sadisnya. Meskipun masih rada abstrak di bagian sini.

Konflik-konflik yang cukup bagus di bagian awal ini, kakak Stella bunuh diri, satu keluarga jadi berantakan. Pokoknya ngena. Sehingga gua ga bosen ngebacanya, dan terus ngelanjutin sampe selanjutnya dan selanjutnya.

Tiga belas tahun kemudian, cerita beralih ke pembunuhan seorang mahasiswa yagn di potong alat kelaminnya, dan menunjukan motif pembunuhan yang sama yang telah dilakukan cewek remaja 13 tahun yang lalu, menggelitik para polisi untuk mengorek kembali kisah yang telah di tutup dengan berita kematian Stella.

Dikirimlah Verdi seorang detektif intel yang ditugaskan untuk bergabung dengan perkumpulan mahasiswa mahasiswi borjuis dengan praduga sang pembunuh ada di antaranya. Dan di sini, mulailah bergulir kisah-kisah roman dari masing-masing karakter. Dan cukup gamang, seperti kata fan-fan, waktu cerita suspent (sadis) digabung dengan roman aja udah agak aneh. Karena gua memang jarang ngeliat cerita thriller dengan intrik roman di dalemnya, apalagi kalo pelaku roman itu juga pelaku sadis. Tapi boleh sih, setidaknya di aplikasikan dengan cukup bagus.

Waktu awal baca kisah ini, dari anggota perkumpulan tersebut, gua yakin dan menuduh satu orang yang terlihat begitu mencurigakan, ternyata salah total. Si penulis begitu pintar membuat pembaca mengikuti permainan emosi dan membuat praduga atau konotasi. Kalo kata enci gua sih, novel yang begitu baru bagus.

Novel ini jelas ga kalah dibanding novel2 luar negeri dari pengarang kawakan seperti Linda Howard, malah lebih bagus menurut gua. Karena Vasca ga Cuma menuangkan roman, sadis, detektif tok, tapi juga permainan emosi dan kejadian yang ga terduga-duga pokoknya menarik lah.

Cuma ada beberapa typo dan salahh penempatan tanda baca yang bikin gua keder sampe mabok bacanya. Kayak tanda kutip yang di taro sebelom percakapan selesai, atau ga ada koma dan titik jadi bikin kalimat tambah ambigu dan kepala gua gatel minta digaruk. Ga ketinggalan juga, terlalu banyak memasukan nama-nama dalem percakapan kadang bikin kita bingung bacanya. “Aduh, jadi dia siapa sih? Gue jadi kelupaan nih cewek yang mana..” yang sering gua gumamkan sewaktu baca percakapan-percakapan di dalemnya, atau mungkin itu di sengaja supaya peran semua tokoh imbang dan sama menarik?

Juga, seperti kata seorang temen gue, ada unsur misteri atau mistik di dalemnya, yang memang buat gua bikin cerita ini lebih menarik dan horornya semakin dapet, tapi jadi rada ga nyambung gitu sama genreenya bahkan sama point-point yang ada di ceritanya. Tapi memang spertinya penulis bisa menggambarkan suasana horror dengan begitu baik dan dapet. Ga cukup bikin gua merinding, tapi cukup bikin gua mengerutkan kening bingung.

Oh ya, sedikit curhat, dari semua tokoh di sana jujur aja gua paling suka Chiya cewek tajir yang agak freak dengan semua dandanan horror dan rumah yang klasik bergaya jaman renaissance, tapi juga cukup seksi dan menawan. Cara berpikirnya yang cerdas untuk ukuran anak seorang konglomerat, dan penggambaran Chiya  yang cuek dan keren abis. Suka lah pokoknya.

Akhir kata, satu novel yang cukup mengesankan gue dan bikin gua ga males untuk baca ulang. Lumayan. Dengan peran para tokoh yang sama rata dan cukup kuat, ga timpang. Semua peran yang cukup menarik dan membuat bingung karena penulis berusaha memberikan kecurigaan pada tiap tokoh.

Satu novel yang lumayan bagus dan nyantol di otak waktu gue baca. Good job. Sangat di rekomendasikan buat kalian yang mau baca. Terutama, buat penggemar thriller, tapi bagi penyuka novel teenlit, kamu akan kecewa, cerita ini ga mudah di tebak dan rumit.

23 komentar:

aldhista mengatakan...

gua udh baca buku ini , sumpah kerren banget buku.a !
cerita.a ngga bisa di tebak , keren lah pokok.a !!!
jadi mau kenalan sama stella , pasti seru !

Marisa Roti mengatakan...

SETUBUH!!! eh salah setuju maksudnya...

tapi enggak deh. makasih, gue ga mau kenalan sama stella, entar salah-salah gua di bunuh lagi sama die. secara gua pernah merkosa juga...

merkosa kodok lab, gue tidurin di talenan terus gua pantek tangan kakinya. hiiihhhh...

Dian Anggraini Syukur mengatakan...

baru beberapa halaman,,udah buat badan merinding....v seru c

Nabilla Ghina mengatakan...

Aku udah baca ini buku! Dan sumpah, ceritanya ngena banget! Gak bikin bosen dibaca berulang-ulang. (seperti yang kamu bilang)

WAW banget deh.

imron der verlierer mengatakan...

kak ebook nya ada ga???
pliss minta link nya donk???

##please yah yah ^^

imron der verlierer mengatakan...

kak ebook nya ada ga?
kasih linknya donk???

#please yah yah? ^^

Marisa Roti mengatakan...

waduh, kalo ebook gue kurang tauk tuh

entar ya kalo misalkan gue tau gue link ke sini... tapi kayak2nya mah belom ada deh.

Unknown mengatakan...

All right,,, bukux bgs bgt

Anonim mengatakan...

Bener, gue juga suka garukk kepala soalnya tanda bacanya itu gak jelas. Sebenrenya gue suka ini novel, tapi gue udah boring duluan bacanya gara2 tanda baca dan banyak typo nya. Tapi gue suka ini novel

Anonim mengatakan...

Bener, gue juga suka garukk kepala soalnya tanda bacanya itu gak jelas. Sebenrenya gue suka ini novel, tapi gue udah boring duluan bacanya gara2 tanda baca dan banyak typo nya. Tapi gue suka ini novel

Anonim mengatakan...

gan gua udah nyari di semua gramedia medan gak ada.
ebooknya plis

Marisa Roti mengatakan...

iyeh gan. gue juga nyari2 di gramed buku terbarunya yang paranoid gak ada, dan waktu dia cek daftar penjualan bukunya gak gitu laku. gue rasa karena peminat buku thriller di sini gak gitu banyak deh... :'(

saran gue sih, lo cari temen yang punya trus pinjeem dehhh. hehehehe.

Anonim mengatakan...

It bku karangan ny kak vasca ap aj sih ?
Boleh share gak ?

Anonim mengatakan...

Tertarik nih, pengen punya bukunya. Kira2 didaerah jakarta timur bisa nemuin bukunya dimana ya? Apa udah gaada? Pengen banget baca novelnya ini;(

Marisa Roti mengatakan...

Ano: jangankan jakarta timur. Gue nyari di semua jakarta aja udah susaaaahh banget. Stok udah kosong. Kemarin sempet ngobrol2 sama penulisnya sih. Ditunggu aja, yaaa. hehehehe

Anonim mengatakan...

mas/mbak, punya novelnya nggak? Atau ada punya teman yang punya novelnya nggak? Bisa tolong kasih info? Saya udah lama nyari novelnya ga pernah dapet soalnya. Kalau ada yang tau ada yang mau jual novelnya yang udah bekas juga, saya beli deh pake harga baru. Trims ya.

Anonim mengatakan...

haduhhh... susah bnget nyari bukunya...
please... siapapun yg punya jual ke aq donk :3

Unknown mengatakan...

Ada yang masih punya buku ini ?
Aku beli deh, walau bekas :)

Anonim mengatakan...

Gue masih ada bukunya yang DON'T TELL ME ANYTHING. Beli second sama temen. Emang keren banget, pengen baca lagi dan lagi. Mau nyari buku yang Dejavu cuma susah banget. Paranoid juga udah susah nyarinya.

SheisCa mengatakan...

Jual lagi dong ke akuuu. Line: fransisca.fl

Radi's Room mengatakan...

Nyari bukunya sampek sekarang belum dapet2 nih. Sumpah pengen banget baca. Mau dong bukunya, aku beli kalo ada yg mau jual.

Marisa Roti mengatakan...

Hai.

Cek di shiramedia.com yap.

Udah gue jelaskan di update-an blog barusan. Good luck!

Anonim mengatakan...

gua baru selesai baca sekarang, gilaaaa keren bgt ini mah. cuma endingnya bikin gua kurang puass, kek masih gantung gitu ga sii. sumpah gua pengen tau si freya beneran selamat apa ngga