Senin, 06 Desember 2010

Pergilah Para Perokok


Sering kali terjadi perdebatan antara gua dan perokok.

Gua membenci rokok, dan mereka begitu menyukai rokok. Tapi ya sebetulnya itu Cuma sekedar intermezzo dan menuangkan pendapat gua tentang rokok. Gua ga terlalu perduli dengan perokok, selama itu ga mengganggu ketenangan hidup gue.

Lain ceritanya kalo orang-orang terdekat kita yang ngerokok. Gimana ga sewot kalo lagi di mobil asep bertebaran di mana-mana. Masa ngobrol aja kudu pake rokok non stop? Harga rokok yang relative mahal itu justru bikin gua makin sewot lagi. Apalagi kalo dengan bangganya si orang tersebut menghembuskan asap rokok mahal mereka di depan wajah gue. Ugh! Biar kata orang tua, serasa pengen gua timpuk pake sandal jepit! Menyebalkan.

“Pa, rokoknya matiin donk. Kan ada anak kecil.” Kata gue suatu hari, rokok itu kan jelas ga bagus untuk kesehatan anak kecil kayak ponakan gua.

“Kalo papa ngantuk gara-gara ga ngerokok terus kita kenapa2 di mobil, elu mau tanggung jawab?” perokok selalu punya alasan.

Dulu gua pernah nyoba rokok sekali waktu kecil, karena keren menurut gua bisa ada asep asep aneh keluar dari mulut gitu. Terus gua nekat, ngambil rokok yang masih nyala di asbak bokap gua, terus gua isep. NAJIS SERIBU NAJIS, gua batuk-batuk sampe kaya mau mati. Itu pertama dan terakhirnya gua ngerokok. Gila. Paru-paru gua rasanya kembang kempis. Gua malah gak kebayang, perokok yang senantiasa merokok. Hello? Apa kabar dengan paru-parumu?

“Gua sih ogah punya cowok ngerokok! Jangan sampe deh cowok gua ngerokok.” Kata si Della satu hari.

“Emang, amit-amit deh.” *sambil ketok meja 3 x*

Memang dari kecil, gua udah punya tekad, bahwa gua ga mau mencari pasangan hidup yang perokok seperti bokap gue. Menyusahkan, satu udah pasti ngabisin duit untuk harga rokok yang selangit, dua merusak kesehatan. Masih mending kalo dia doank yang mati tragis gara-gara ngerokok, karena menurut riset perokok pasif jauh lebih beresiko dibanding yang aktif.

Tapi hanya sekedar saran, jangan suka ngetok-ngetok meja sambil ngomong amit-amit, biasa malah itu yang kejadian. Oke amit amit lagi deh *ketok meja 3 kali* jangan sampe jangan sampe gua sampe berpasangan selama-lamanya dengan orang yang merokok. Jauhkan aura mereka dari padaku.

Terbukti, sekarang bokap gua menyadari ga ada sedikitpun manfaat dari merokok. Siapa bilang berhenti ngerokok susah? Toh bokap gua aja yang udah jadi perokok puluhan tahun mendadak berhenti ngerokok dan bangga mengakui bahwa merokok adalah satu kerugian besar yang pernah di dapatnya. Ga meninggalkan apa-apa selain tenggorokan yang selalu gatel dan sesak nafas, bahkan setelah dia berhenti ngerokok sekarang.

Ga perlu meninjau masalah rokok ini dari sisi religiusnya ya, karena memang di alkitab atau ajaran manapun ga ada yang ngelarang orang lain untuk merokok. Tapi di alkitab ada larangan bagi kita untuk merussak tubuh. Karena biar gimanapun, tubuh kita itu Bait Allah yang dititipin. Gimana kok dititipin malah kita rusak seenaknya? Rokok jelas-jelas mengganggu kesehatan dan merusak cara kerja tubuh kita yang biasanya sehat-sehat aja malah jadi kurus kering kerontang gara-gara paru-paru yang udah rusak. Ya ampun.

Tapi tentu aja, menurut pertimbangan yang kedua, rokok itu memang salah satu penyumbang devisa Negara yang besar. Apa jadinya kalo semua orang berhenti ngerokok? Bisa-bisa terjadi peledakan pengangguran di mana-mana. Tetaplah merokok! Setidaknya merokok ada gunanya untuk Indonesia. Hanya aja, tolong. Perokok jangan deket-deket gue. Menjijikan.

2 komentar:

Rika P. mengatakan...

hahaha lagi-lagi pikirin yang sama. boleh ngerokok asal jauh-jauh dari orang yang nggak suka rokok ^^
kalo tetep bandel, tegur dengan sopan, tetep bandel juga, mulai sindir-sindir, masih tetep bandel, beneran deh timpuk pake sendal XD

Marisa Roti mengatakan...

IIIIH SETUJU BANGET SAMA RIKA...

besok2 kita sama-sama keliling kota sambil nimpukin orang yang ngerokok. HOREEE

tapi benar2 loh mengganggu sekali rokok itu, makanya gue paling benci/ urgh