Kamis, 01 Juli 2010

Hanya HUKUM di UI Saudara-Saudara

Percakapan yang sama terulang kembali, kediaman yang sama menyeruak kembali, saat-saat menanti jawaban pun tak terelakan lagi. yang jelas, otak gue pusing lagi. ya. pertanyaan yang belakangan ini selalu di tanyakan oleh seluruh anggota keluarga gue.

“Kuliah mau masuk apa cia?” tanya cici gua lagi tadi.

“Hukum.”

“Papa ga bakal ngasih.”

“Aku mau hukum,”

“Lagian, lu Chinese. Emang lu pikir lu bisa jadi apa kalo masuk hukum?”

“Aku mau hukum.”

“Paling-paling juga Cuma jadi notaris, ga ada masa depan. Lu pikir gampang? Ada berapa banyak notaris luaran sana.”

“Aku mau hukum”

“Jadi biarpun argument itu juga yang dikeluarin papa waktu itu? lu tetep mau hukum? Bahkan si koko lu aja ga jadi masuk hukum waktu itu.”

“Aku mau hukum.” No matter what. Gua mau hukum. Karena gua ingin mengambil sedikit aja andil untuk bisa memajukan Indonesia.

Gua terlahir di keluarga china. Ya, sialnya dengan segudang mimpi dan ambisi yang di anggap mustahil sama keluarga china gue. emang kenapa sih/ oke. Gua pusing lagi. ranking gua merosot jauh, ranking 11 dari 42 murid, dan semester ini ranking gua turun jadi 17. Ceramah yang sama terulang kembali, kediaman yang sama menyeruak kembali.

“Lu gimana sih? ranking bisa turun? Lu mikir donk, enci-enci lu dulu, masuk kuliah beasiswa, di sekolah selalu ranking. Nah elu. Anak terakhir papa, tapi kok bisa anjlok begini pelajaran?” ya. selalu. Beasiswa, ranking, bla bla bla. Enci gua meraihnya. Kenapa gua ga bisa? Karena gua males berkutat dengan pelajaran sekolah. Dan sekarang gua merasa ga punya masa depan hanya karena ranking gua merosot sampai 6 tingkat.

“Mau jadi apa lu gede? eh, jaman sekarang tuh ijazah penting. Nih liat rapot lu? Jelek begini. Siapa yang mau nerima kerja?” ya ya ya. gua bahkan sudah tau takdir gua sedari gua masih SD. Sekolah, mencetak rekor yang baik, lalu kuliah dengan beasiswa seperti enci-enci gue, ga lama kemudian dapet kerja, kawin, punya anak, mati. materi. Materi. Materi.

“Papa juga bukan orang konglomerat. Lu harusnya prihatin sama keadaan keluarga donk. Masa lu pelajaran jelek begini sih? terus lu pikir, yang bayar uang kuliah lu siapa? Cuma enci lu yang pertama, lu tau sendiri enci lu yang satu lagi sifatnya rada aneh.”

Impian gua Cuma, hello. Gua Cuma mau masuk hukum di UI. Oke masalah ketiga muncul kembali.

“Kamu mau kuliah di mana?” tanya sang koko tercinta suatu hari.

“UI.”

“Berani kamu?”

“Kenapa?”

“Kan kamu china. Di sana, kebanyakan orang pribumi loh.” Kapan sih kita bisa menerima slogan bhineka tunggal ika? Bahkan untuk masuk kuliah pun hal semacam itu harus gua takuti.

Enci gua bertanya hal yang sama.

“UI, aku mau UI.” Jawab gua singkat. Bosen.

“Hah? Songong amat lu? Emang lu pikir masuk UI gampang? Nilai jelek begitu.”

“Aku mau UI. Liat aja nanti.”

For God sake. Kenapa dengan cita-cita guee?? Cuma sekedar HUKUM DI UI!! GUE MAU HUKUM DI UI!! Gua menyerap kata-kata dari papa gua di ceramahan kolotnya yang versi tukang jualan jamu itu. memang, bokap kalo ceramah kaya tukang jamu, tapi kata-kata dia selalu bener. Dia memang belum tau gua mau masuk hukum. Entah, kalo ga hukum. Yaudah, ga usah kuliah. Gua mending langsung bikin production house film porno. Kalo gua udah banyak duit, gua mau kuliah sendiri. Atau mungkin jualan ganja?

Hei. Kalo di telusuri, masuk hukum itu Cuma 1 per 10 dari total cita-cita gua yang selalu aneh bin ajaib. Kalo sampe meraih hukum ini aja gua ga bisa, apa artinya mimpi-mimpi lain gua? kenapa UI? Karena gua pengen maju, karena gua pengen mimpi gua terlaksana. Karena UI adalah universitas berkualitas dan bergengsi. Bukan UPH yang bayarannya mahal seadujubile, bukan UNTAR yang sekarang mulai berkurang kualitasnya. Guam au UI. Lupakan perihal kampusnya yang berada di Depok. Karena jikalau, gua di ijinkan hukum, target UI gua akan menjadi sandungan yang selanjutnya. Bokap ga ngasih ngekos. Lalu bagaimana mungkin gua dari Jakarta depok setiap hari? Artinya, perjuangan gua masih ada yang lebiiihhh berat lagi untuk masuk UI. Pokoknya gua mau HUKUM DI UI! Karena jika gua masuk UI, maka gua akan lebih dekat dengan impian gua.

Maka gua akan semakin dekat dengan ambisi gua. bayangkan, kalau gua si Chinese ini masuk universitas kacangan? Ya. masa depan gua akan keruh dan butek sebutek lumpur sawah. Tapi andaikan gua bisa melakukan sepak terjang gua di UI, maka gua tau gua akan di pandang. Meskipun, gua Chinese. Meskipun nasib para Chinese di luar sana yang masuk hukum sangatlah tragis. Ketahuilah sesuatu, gua tidak akan menjadi salah satu dari mereka, karena gua membekali diri gua dengan ambisi dan tekad *semoga oh semoggaaaa*.

Meskipun gua sendiri bahkan ragu dengan masa depan gue. meskipun sempat tergambar gua si pengacara gagal yang luntang-lantung, meskipun ketakutan kerap kali menghampiri ambang lelap gue. dan meskipun, meskipun lainnya. Siapa yang tau masa depan? Tuhan kan? Sekarang gua Cuma mau HUKUM DI UI. Dan MESKIPUN *yang terakhir* gua tidak yakin dengan potensi gua dalam hal belajar, dan gua sama sekali ga yakin. Apa iya? Gua berhasil lolos tes UI. Oke. Hal pertama yang harus gua lakukan. Yakin aja Marisa. Yakin aja. Kamu pasti bisa!! Ya!

(berharaplah, blog gua punya semacam sihir ajaib yang mewujudkan mimpi jadi kenyataan. Kaya Barbie diaries itu loh)

5 komentar:

Rae mengatakan...

Baru tahu aku kalo yang Indonesia Cina agak susah masuk UI... Bukannya semua lewat tes ya? Kalo lulus tes ya masuk. Masa liat tampang sih? *bingung*

Tapi ya, sebelum mikir terallu jauh, yang penting sekarang kamu bisa lulus SMA dulu sambil perbaiki ranking. Hehehe. Itu dulu aja, daripada kamu kena pusing-pusing hehehe ;)

*hugs*

nay. mengatakan...

setaun yang lalu.
gue ngetawain adek gue, dan gue nyengir gak mungkin kalo dia gak bakal masuk ui. gw bilang potong lidah gue kalo lo masuk
suddenly, taun ini dia dapet.
dan dia seneng banget bawa pisau hari itu, pengen motong lidah gue beneran.

buktiin kalo lo bisa, sist.
jadi cina bukan sebuah pembatasan.
jadiin kata-kata yang ngejatuhin lo jadi cambuk.
gutlak!

si buluk mengatakan...

mau cina, mau jawa, mau bule, mau batak, mau betawi, mau ambon *nah lo, jadi mendata suku2 nih*

PASTI BISA!

Marisa Roti mengatakan...

Rae: yeppp bener. justru, kalo aku rajin belajar sekarang. nanti bisa berhasil masuk UI. ini cuma masalah tes aja loh..

Just Nay; hai.. salam kenal kak nay.
seriuskan??? iyaa keluarga pada ngeraguin. aku juga entar mau bikin perjanjian potong lidah ah sama merka.

buluk: ya. tapi banyak terjadi kasus kaum china itu di aniaya di sana. beritanya banayk, diperkosa, dibunuh. karena kaum kita minoritas kak bulukz

Unknown mengatakan...

Hai, Marisa... mungkin agak telat yah saya membaca blog mu. sudah 4 taun berlalu, ngmg2 bagaimana dengan impian UI mu? kebetulan saya juga sangat mengimpiankan msuk ke sana, tapi karena saya keturunan china, jdi banyak teman sya yg juga bilang "susah,krn kamu china."... ==" but ini tidak mempengaruhi tekad saya utk masuk UI. semoga impian mu dah tercapai, dan kamu juga enjoy dengan kehidupan mu di UI. :)