Sabtu, 13 Maret 2010

Mendadak Kuper

Sepengen-pengennya gua jadi anak hukum, segitu terobsesinya gua mengejar impian gua, segitu menggebu-gebunya gua jadi orang sukses, gua sampe melupakan yang lainnya. Ini buruk! Karena semua itu harus ada didalam proporsi yang seimbang. Mimpi gua, cita-cita gua, dan kehidupan gua sekarang ini. kehidupan sosial, kehidupan ekonomi, kehidupan percintaan (oh salah2 ini ga masuk!!).

Terutama kehidupan sosial gua. Gua mulai gila-gilaan mikirin hal yang aneh-aneh. seharian gua sibuk merangkai masa depan (bukan ngehayal, serius ngerangkai masa depan!),maksudnya merangkai masa depan, gua melakukan sesuatu untuk mengumpulkan modal kesuksesan gua nantinya. Dan itu masih dirahasiakan, bukannya gua sok penting, sok keren, atau sok seleb, pake rahasia-rahasiaan. Gua Cuma pengen keluar nantinya setelah gua berhasil sama projek yang ini, dengan keadaan orang-orang yang cengo menatap gua.

Gua males jalan-jalan, selain karena ekonomi lagi morat-marit, dan gua jadi prihatin sama keluarga gua, gua juga lagi sibuk n mencurahkan seluruh perhatian gua buat projek satu ini. gua udah kebayang kalo ini berhasil, gua bisa nabung buat nanti. Alhasil apa? Gua terisolasi dari dunia luar. Gua kaya manusia purba yang masuk Jakarta. Gua ketinggalan gossip-gosip terbaru, gua jadi kambing congek, waktu temen2 gua ngomongin mall terbaru. Dan dengan hati tertekan dan sedih, gua mengakui gua mulai jadi anak kuper akhir-akhir ini.

Sudah cukup lah, keberadaan gua yang tidak diketahui ini, karena gua bener-bener ga eksis disekolah. Bukan eksis yang gua kejar disekolah, karena bukan itu tujuan gua. gua mau eksis nantinya, dimana nama gua ditulis dibuku PKn jadi cewek Chinese pertama yang berhasil menggembleng hukum di Indonesia. Eksis kaya gitu kan lebih keren.

Tapi… selain ga eksis disekolah. Apa iya? Gua masih harus ga eksis diantara temen-temen gua yang Cuma berjumlah 5 orang itu? Apa iya, nama gua harus dilupakan karena jarang2 ikutan jalan? Bukannya gua lagi sakit hati atau curhat. Tapi gua nyadar, gua emang udah mendiskriminasi diri gua sendiri dari antara mereka.

Gua merasa lebih pintar, lebih unggul sehingga gua males jadinya jalan sama mereka yang pikirannya Cuma jalan2, makan, nonton, hambur-hamburin duit orang tua. parahnya, gua mulai nyaman sama geng culun gua, dimana gua merasa kita memiliki nasib (krisis duit) dan tujuan yang sama. Dimana rasanya kita memiliki rasa saling pengertian n topik yang cocok. Ini salah! Ini mulai melenceng, tempat gua sebenarnya bukan bersama mereka. N gua sadar. Mereka Cuma sekedar mengisi kejenuhan gua.

Temen-temen sejati gua ya itu. Yang 5 orang itu. Tapi kenapa akhir-akhir ini gua menjauh? Ga kaya lem lagi. Gimana kalo dulu, biar mereka ngajak jalan sampe jam 10 malem gua ayo, ayo aja. Sekarang gua udah ogah. Biarpun itu Cuma pergi sebentar, sekali lagi. Karna ekonomi lagi krisis. N gua lagi berusaha sekuat tenaga mikirin ekonomi keluarga gua n nyari solusinya.

Gua bukan tipe yang minta dikasianin. Gua Cuma pengen blog gua ini isinya sejarah2 penting tentang gua. namanya hidup, pasti ada jatuh bangun lah. Yah, sekali-kali jatoh enak juga rasanya jadi orang miskin. Dan setau gua, ini bisa jadi salah satu latihan tahan banting, buat nantinya gua sukses.

Gua emang dari dulu selalu nganggep, temenan, persahabatan, pacaran semasa SMA itu Cuma salah satu fase yang harus gua lewatin. Sama aja nanti kalo gua udah kuliah n pisah dari mereka. Toh gua emang harus nemuin orang-orang baru, n bertemen sama orang-orang baru kan. Tapi harus gua akui, gua ga bisa hidup tanpa temen. N ini salah satu kelemahan gua. gua harusnya sadar, hidup ini ga sesimpel, temenan, pacaran, nikah, punya anak. Selama sekolah kerjaannya temenann melulu.

Satu yang gua harusnya sadar, pada waktunya nanti, gua sendirian. Gua ga punya temen, dan harusnya ga boleh punya temen. Karena semua manusia itu sama, pada saatnya nanti, kerjaan gua adalah saling menjatuhkan. Gua harus berkompetisi bersama sesama manusia. Dan itu ga bisa gua sebut sebagai temen.

Harusnya gua terbiasa, ga punya temen yang bener-bener temen. pada saatnya nanti, toh gua ga bakal temenan. Semuanya itu Cuma jadi formalitas kehidupan. Oke temenan, tapi ya udah sekedar temenan. Gua harus bisa bekerja secara individu. Gua ngerasa kesepian kalo ga punya temen. bahkan meskipun gua sadar gua punya temen, tpi kalo jalan sendiri, rasanya gimana gitu.

Nah iya, terus saatnya gua lagi temen-temenan kaya gini, gua malah terisolasi dari mereka. Tapi gimana donk, lagi masa-masa ga makmur gini. Ya gua ga bisa sering jalan kaya anak-anak itu kan. Ga bisa sore-sore menyantap tutti fruti sedangkan uang yang harus dikeluarkan itu banyak. Gua ga bisa nongkrong dibioskop n ngeluarin uang bahkan sekedar 15 rebu, karena itu berarti buat masa depan gua. uang 15 rebu, kalo dimasukin kerekening, bisa buat modal kuliah, atau enggak modal buat bikin pabrik roti kan? Atau minimal café gua yang baru dirancang deh.

Apa ada cara lain supaya gua tetep eksis diantara mereka? Selain dengan cara, up to date sama gossip-gosip, atau sering-sering ikutan jalan, sementara banyak banget hal yang harus gua lakuin n pikirin selain itu. Selain ngmongin.. “eh si jesslyn, jadian sama Takuma ya? kok bisa sih? Lucu ya..” rasanya jenuh. Gua baru sadar, akhir2 ini gua terlalu maksain diri buat tetep up to date sama mereka. Dan apa sih rasanya kalo kita memaksakan sesuatu. Ga enak!

Tapi rasanya beda waktu gua maen sama geng culun. Gua menemukan.. diri gua yang selama ini tersimpan dalam-dalam, gua ga keliatan jadi orang aneh disini, waktu ngomongin planet yang kira-kira bisa jadi pengganti bumi, mereka senang dengan topik itu, sama kaya gua. meskipun gua rada ga ngerti. Tapi gua seneng, dan itu jelas berbobot! Bukannya gua ga pernah ya ngalamin fasse ketemu temen baru kaya gini, gua pikir. Itu biasa. Dan gua berharap temen gua maklumin itu, kalo mendadak gua jadi males ikut jalan, n malah berkutu-kutuan dirumah. Gua pernah bilang, gua tuh kalo ketemu temen baru pasti norak, n keblingsatan, tapi ga lama. Yaudah balik lagi deh kaya biasa, nantinya toh gua bakal nyadar kalo ini bukan tempat terbaik gua, dan temen gua 5 orang itulah tempat terbaik.

Sekarang ini, gua lebih seneng ngomongin tentang gempa n dampaknya, daripada putus pacar n dampaknya. Itu dua hal yang bener-bener beda! Gua juga lebih seneng ngomongin, gimana caranya menanggulangi sex bebas di Indonesia, daripada ngurusin, eh si (sensor) udah ga perawan ya?

Trus apa bedanya gua sama temen gua yang pernah gua campakan dulu. Yang gua tulis di am I a good person itu. Dia menganggap diri dia lebih suci, sedangkan gua menganggap diri gua lebih pintar n berbobot (berbobot banget!!) itulah yang bikin gua mengisolasi diri sendiri dari antara mereka. Gua mulai ga suka gagasan, gua harus kuper buat sukses. Itu ga banget!

Orang yang sukses DALAM HIDUPNYA, itu orang yang berhasil mencapai impiannya, dengan kehidupan yang sebaik-baiknya. Entah itu kehidupan sosial atau apapun. Itu berarti ga seharusnya gua mendadak kuper gini donk? Harusnya gua bisa membagi, apa yang perlu gua lakukan, dan apa yang perlu gua atur. Gua emang fokusin diri gua ke projek, sampe2 rasanya gua udah ga hidup didunia nyata lagi, nah itu buruk. Karena satu yang harusnya gua sadarin, masih banyak kehidupan lain selain dikamar gua yang sempit dan pengap ini.

Kalo soal krisis ekonomi sih. Gua yakin semua orang pernah ngalamin, n gua ga terlalu norak. Oke, gua norak mendadak miskin begini. Tapi gua bisa mengerti, toh nantinya (entah kenapa gua yakin) Tuhan bakal ngasih jalan. Buseet gara2 7 menit menuju tobat, gua mendadak jadi rohani banget gitu. Ogah deh, gua ga mungkin rohani banget. Itu bukan tipe gua.

Nah pada saat, masa-masa ini selesai nantinya, kehidupan gua balik normal, n gua bisa ikut menghambur-hamburkan duit bokap nyokap gua lagi, yang gua yakinin ga bakal gua lakuin, mau sekaya apapun bokap gua. itu ga produktif, itu konsumtif. Gua ga mau jadi orang yang konsumtif, meskipun gua emang gitu. Tapi konsumtif itu sifat yang jelek, n gua mulai ga suka sifat yang itu. Gua mau jadi orang produktif n berguna. Meskipun temen-temen gua konsumtif, gua tetep bisa bertemen sama mereka, dengan jadi diri gua sendiri kan? Mereka harus bertemu marisa yang baru. Mau ga mau.

Sekarang, pilihan ada di tangan mereka. Mau nerima gua yang baru atau enggak.

2 komentar:

san mengatakan...

sama...
aku juga kadang jadi autis...
lebih suka debat sama orang dewasa yang kadang nggak kenal langsung
haha

Marisa Roti mengatakan...

hah?
maksud? ora mudeng aye..