Sabtu, 13 Maret 2010

Antara Hasrat dan Nurani

Kau boleh bilang aku berlebihan, boleh juga bilang aku banyak ngomong, juga boleh bilang aku terlalu aneh, juga berpikiran terlalu jauh. Gua emank masih sma 1, tapi gua pengen siapin masa depan gua dari sekarang. “lebih cepat lebih baik” kata Pak Yusuf Kalla. Bukankah memang begitu?

Kalo gua dibilang mikrnya terlalu jauh, menurut gua orang yang bilang gitu salah banget. Gua bukannya “masih” SMA 1, tapi “udah” SMA 1, nah! Langkah gua untuk kedepannya memang harus ditentuin dari sekarang kan. Semakin cepat gua menetapkan mimpi n cita-cita, maka semakin cepat gua menyusun rencana, nah berarti makin cepat juga gua meraih kesuksesan bukan begitu?

Gua sadar, banyak banget teman-teman sejawat gua yang hidup parasit disekeliling gua, ngejalanin hidup yang yah.. gitu gitu aja deh. Mereka mencoba meracuni otak gua dengan segudang tablet racun tikus (sejak kapan tikus makan tablet? Bukannya makan sabun? Gaje ah!!). kalo orang bilang kehidupan itu bisa merubah seseorang, gua stuju banget. Orang bertambah dewasa gara2 kehidupan. Gua, yang udah melalui 15 tahun kehidupan genap sejak 20 september 2009 lalu, mulai ngerasain perubahan besar dalam cara n pola pikir gua. Gua mulai tau gua itu orang seperti apa, jati diri gua itu gimana.

Sampe sekarang gua masih terus2an mencari. Mencari2 sesuatu yang sebenernya “gua banget” gitu. Oohh.. masa pencarian gua belom berakhir, soalnya umur gua masih 15, belom 20 taon nanti. intinya gua masih bimbang. Bimbang akan diri gua sebenernya. Sama aja kaya gua lagi bimbang, kemana gua akan berlabuh nantinya.

Meskipun secara pribadi, menurut gua pendidikan itu bukan sesuatu tolak ukur atau satu-satunya alat buat mencapai kesuksesan seseorang, tetap aja, pendidikan itu bisa jadi sebuah langkah untuk maju. Maksud pendidikan disini kuliah. Kalo gua kemaren udah pede banget ngebayangin jadi anak hukum, untuk membela kebenaran (layaknya superman.. ehm.. superwoman deh). Dan emank dari kecil, sekitar kelas SMP 1 gitu, kalo ada orang Tanya nanti gede mau kuliah apa, gua bakal jawab HUKUM.

Semakin umur gua bertambah, gua jadi mikir. Sebenernya dulu waktu gua bilang mau masuk hukum gara2 apa ya. nah gua baru inget, gua mau masuk hukum gara2 nonton Legally Blonde filmnya si Reese Whiterspoon. Coba aja kau bayangkan. Kalo gua ditanya kenapa masuk hukum n gua jawab.. “abis kesannya keren aja gitu kan, baca buku, kesannya jadi orang pinter gitu pake kacamata, blazer udah gitu interogasi orang lain.” For God sake, betul2 pernyataan yang bagus bukan.

Orang yang denger bisa ketawa ngakak booo.. gua mikir gitu wktu kelas SMP 3 awal2. Nah akhirnya gua jadi mulai ragu. Biar gimanapun, waktu itu tetep jalan, hidup terus berjalan. Kalo makin lama gua ambil keputusan, yang ada gua keblangsak nantinya. Gua harus mateng2 pikirin. Ternyata meskipun gua dilahirkan dikeluarga yang betul-betul menanamkan rasa anti-nasionalisme, akhirnya gua bisa tumbuh jadi anak yang punya rasa nasionalisme meskipun sedikit tapi udah tertanam lah, tinggal disiremin sama dikasih pupuk, abis itu berbuah deh.

Kenapa gua bisa bilang ada rasa nasionalisme. Ternyata gua ada rasa kecintaan n keprihatinan ngeliat Indonesia Negara tercinta ini. dan kayaknya, nanti gede, gua ga bakal nyoba nyari peruntungan dinegara orang. Karena sebenernya menurut gua Negara kita ini udah punya potensi yang bagus, dan entah kenapa banyak banget orang bodoh yang pikirannya kalah dibandingin anak SMA 1 kaya gua. Nah melihat potensi itulah, gua tertarik untuk menggali potensi Negara ini nantinya dengan tangan gua sendiri. Gua pengen liat, lebih jauh, lebih dalam Indonesia itu apaan sih? Nama makanan?

Kaya yang gua bilang gua itu orang yang.. ehm.. apa deh kata yang tepat. Ah pokoknya gua rasanya ga tahan banget tiap nonton diberita, tiap nonton ditv. Kalo ngeliat anak2 busung lapar dipelosok2 negeri ini, atau tiap gua nonton berita orang korupsi yang ketangkep, asal tahu saja, masih ada 100 atau mungkin lebih orang2 sejenis seperti itu. Gua nyetel 2 saluran, satu dikamar nyokap gua tentang korupsi, satu lagi dikamar gua tentang busung lapar. Gua bandingkan 2 kasus itu.

Bisa gua bayangin kenapa orang yang makin kaya tambah kaya, n kenapa orang yang makin miskin itu tambah miskin. Hebatnya para orang2 kaya itu. Gua bercita2 sih jadi orang kaya, tapi dengan cara yang lain bukan dengan cara kotor kaya gitu. Hebatnya, dari gua masih kecil, bokap nyokap gua emank udah nanemin cara2 buat jadi orang baik, meskipun ortu gua ga sempurna, tapi gua bisa melihat merka adalah orang baik. Dan mereka juga harus menghasilkan2 generasi2 orang baik berikutnya kaya gua. Mungkin mereka emank ga nanemin rasa nasionalisme, tapi mereka nanemin rasa peduli kepada orang2 laen yang lebih ga mampu dari pada gua.

Sering gua liat, bokap gua (terutama) sering jatoh sendiri saking dia baenya sama orang. Dan entah kenapa orang itu makin nginjek tiap dibaein. Gua sempet ragu buat jadi orang bae, kayanya enakan jadi orang jahat gitu kan. Tapi nyokap gua bilang. Sejahat2nya orang sama kita, ga usah kita inget2 lagi. Inget aja lagi kebaikan dia apa aja ke kita.(kalo ga ada gimana tuh ma?. Meskipun gua mau maksain diri jadi orang jahat, gimana donk ya, gua emank udah produk hasil orang bae gitu kan.

Mungkin dan ini menurut gua pribadi lagi, ada orang bae n jahat itu sebenernya sama aja. Semua hal itu harus diliat situasi kondisinya. Semua orang bisa jadi bae, bisa juga jadi jahat. Jadi mungkin gua ga mau pake kata jahat bae, gimana kalo perduli kepada orang lain. Mungkin lebih tepat. Gua emank ditanemin rasa peduli sama orang lain. Apa ya namanya? Simpati mungkin. Anggaplah gua sok mulia, atau sok bae, sok suci, soksukamu lah. Yang penting gua bisa ngerasain betapa perihnya hati gua tiap kali ngeliat orang2 lain yang tertindas. Itulah anehnya, kadang2 gua suka nindas orang masalahnya.

Tapi kaya wktu gua liat diberita gitu, duuuh rasanya gimana gitu. Itu nurani gua yang jalan. N gua mutusin buat masuk hukum, karena gua ngeliat betapa bobroknya hukum diIndonesia. Dan satu tantangan buat gua. “berhasilkah gua merubah itu?” gua itu generasi muda yang bakal ngegantiin mereka2 yang tua nantinya. Gua anak yang udah dikasih pendidikan dari TK, dan diajarin untuk jadi orang pinter. Gua ga mau jadi generasi muda yang menuh2in bumi, ngabisin oksigen sama bahan makanan aja. Gua mau diri gua, hidup gua itu berguna buat orang lain. Tuh kan, jangan melihat layar komputer mu dengan mata disipitkan dan nada sarkastis. “gaje banget sih si Marisa?” karena gua paling benci orang yang ngeluarin reaksi kaya gitu tiap gua ngomong.

Kalo dibilang gua itu cewek n keturunan China. Oh ya, gua ga mungkin ngeremehin pernyataan itu. Dan mungkin nantinya, itu bisa jadi salah satu batu sandungan terbesar buat gua, soalnya gua ga ada cita2 jadi pengacara yang ngurusin kawin cerainya artis. Itu pengacara bener2 moyung alias useless. Dan setau gua hukum itu ga Cuma jadi pengacara doank. Artinya meluuuuaaas seluas samudera hindia. Gua mau jadi anak hukum yang berguna. Yang ngurusin hukum2 penting, atau enggak buat menjatuhkan koruptor kek. Jadi pengacaranya si presiden juga boleh. Yang penting dimana gua bisa bergerak dengan tangan yang berlumuran kekuasaan buat memajukan Negara potensial yang terlupakan ini loh. (atau kalo bisa jadi presidennya juga gua ga nolak kok. Tapi kayanya jadi presiden basicnya bukan hukum ya?)

Dan pastinya gua akan jadi seorang anak hukum yang menciptakan keadilan di Indonesia, dimana maling nyolong ayem sama koruptor diletakan didalam sel yang sama, kalo perlu koruptor itu diletakan disel terburuk yang pernah ada didunia, karena kalau kita telaah lagi orang sampe ada yang maling ayem karena mereka ga punya uang n siapa yang menciptakan produk orang miskin itu? Yah emank merka sendiri, tapi mereka emank lemah dan g bs apa2 justru koruptor itulah penyebabnya. Gua jadi orang lurus yang membela kebenaran (karena itulah yang diajarkan bokap gua, wktu gua bilang masuk hukum, bapak gua udah nasehatin yang aneh2 deh). Dimana masalah2 narkoba itu gua bereskan seberes2nya sebagai anak hukum yang baru. Toh, tujuan utama hidup gua bukan kaya secara financial lagi, oke udah bergeser itu juga yang gua maksud kehidupan bisa mengubah seseorang dan gua merasa, kalopun gua kaya secara financial tapi gua ga berguna buat orang lain n Cuma buat diri sendiri, rasanya hidup gua masih kurang oke deh. Soal gua cewek n China, gua mikir, gua mikir semaleman! Sampe2 ga tidur. Bener juga, itu batu sandungan mau diapain ya. yah setelah gua pikir lagi. Secara cara pikir gua masih SMA 1 banget gitu.. yah udah, Indonesia itu kan Bhineka Tunggal Ika, yagn artinya berbeda2 tapi satu. Nah apa artinya sih sedikit berbeda warna kulitnya, kalo memang gua punya potensi n kualitas yang bagus. Apalagi kalo gua sampe jadi asset Negara. Apalah artinya warna kulit itu?

Ngomong2 si HUKUM ini punya rival berat. Yaitu MUSIK. Nah hukum itu waktu gua ngikutin hati nurani gua, gimana kalo gua mau ngikutin hasrat terbesar. Karena biar gimanapun hukum itu emank bukan hasrat terbesar. Yaiyalah gimana hasrat terbesar kalo tiap pelajaran PKN mata gua kleyengan melulu. Coba kalo lagi latihan buat seni, atau apalah yang ada hubungannya sama musik, gua pasti seger bugggeeerr.

Musik mengalihkan duniaku. Yah emank bener. Musik itu segalanya buat gua. Seakan2 gua bukan terdiri dari jaringan, atom ataupun sel, seolah-olah seluruh jiwa gua ini, tubuh gua ini diciptakan oleh musik (mungkn ga sih? Kan seolah-olah). Bukannya maksud gua, gua itu bakat atau jago. Dan jangan pernah punya bayangan gua itu jago main musik karena kenyataanya gua itu payah kalo soal musik. Tapi gua cinta musik. (gimana donk?). maen gitar, ngepaass. Maen drum, apalagi wong baru belajar. Maen piano!! Adoh jangan dibahas baca not balok aja gua tergagap-gagap. Tapi sekali lagi gua cinta musik.

Insting gua ini insting seorang seniman, hati gua hati seorang seniman, pendengaran gua adalah produk pendengaran seorang musisi, keluarga gua juga kebanyakan ada andil di musik atau seni. Jelas itu mendarah daging. Tapi sekali lagi, bukan berarti gua jago. Kenyataanya enggak. Trus kenapa gua sampe bilang musik ini mau gua masukin daftar jurusan nantinya. Karena ngebayangin aja gua udah deg2an plus merinding. Asal tau aja, gua kalo suka sesuatu sampe daleeem banget pasti deg2an. Yah gimana ya, ngebayangin kalo gua bisa masuk n bergaul kedalam suatu lingkungan ataupun dunia yang musik banget. N gua banget gitu, rasanya ada euphoria yang tercipta. Padahal ngebayangin doank loh.

Gua jiper wktu nanya sama guru ekskul drum, kalo masuk musik katanya harus ngelewatin tes. Ga perlu ijasah les atau apa. Yang penting kalo gua lewat tesnya gua bisa masuk. Masalahnya banyak banget halangannya.

1.Orang tua gua psti ga setuju. Mereka merasa musisi itu hdupnya ga terjamin (dan salah banget!!)

2.setau gua biayanya mahal karena Cuma ada di uph atau ikj, itu yang gua tau doank.

3.gua takut, ketemu orang2 yang nantinya bener2 berbakat dimusik n gua merasa kerdiil banget. Okelah kalo sekarnag gua merasa bakat dimusik masalahnya itu Cuma karna narsis n kesombongan gua doank. Ditambah temen2 gua sering muji2. Itu yang bisa bikin gua jatoh.

4.sekali lagi, rasanya rugi banget gua msuk musik, sedangkan gua udah masuk sekolah dari TK smpe SMA, dengan keadaan bokap gua yang mati2an bayar uang sekolah.

Sekali gua menginjakan kaki didalem universitas itu gua harus sadar. Disini ga ada lagi musik yang main2, ga ada lagi musik buat seneng2, ga ada lagi musik penghibur lara, ga ada lagi musik yang gua suka dan terus2an gua maenin sebebas gua. Karena sekali aja gua nginjekin kaki kesana, gua harus komitmen. Musik bukan lagi sekedar sampingan tapi musik tujuan hidup gua. Musik itu bener2 hidup gua. Dan gua harus berkompetisi. Ga dihukum ga dimusik kompetisi semua ya. apalagi kalo ngincer beasiswanya. Bisa mati berdiri gua.

Setelah gua berpikir semalem suntuk Cuma soal begituan doank. Gua memutuskan. Musik emank belahan jiwa gua, musik emank dunia gua, musik juga semuanya buat gua, musik emank hasrat terbesar gua. Tapi sayangnya musik bukan panggilan hidup gua. N gua ngerasain itu. Panggilan hidup gua ya itu. Menegakan kebenaran dihukum. Di Indonesia ini, gua mau bikin perubahan ditempat ini meskipun itu membutuhkan pengorbanan yang besar.

Nah biar gua bisa tetap berkreasi didunia musik, mendadak timbullah sebuah ide cemerlang. Dan para pengamen itu yang menginspirasi gua. Wktu gua kepasar ikut embak gua pagi2 gua ngliat ada pengamen tampil dipasar dan sumpah mereka keren banget. Gua perhatiin alat musiknya Cuma gitar 2, dan tam2 1, 2 gitaris, 1 drumer, nah yang gitaris satu itu punya suara emas. Gua sampe terpana wktu ngeliat mereka mainin lagu rasa yang tertinggalnya ST 12, rasanya sayang banget orang2 potensial kaya mereka itu harus turun dijalanan yang kejam, berdebu Cuma buat jumlah uang yang.. yah ga seberapa deh. Cuma cukup buat seporsi nasi warteg yang rasanya juga gitu2 doank.

Itulah yang menginspirasi gua buat bikin sekolah musik buat mereka yang tersebar dijalanan kota n menjalani kehidupan yang keras. Bukannya keren kalo gua bisa berhasil bikinin rumah untuk mereka dan menggali bakat mereka yang terpendam dan bukan Cuma buat maen musik di warteg dan sebagainya itu,

Tapi disekolah versi Marisa itu, mereka bisa berkreasi sesuka mereka. Dan gua juga bisa ngambil keuntungan dari situ. Gua butuh modal, dan gua udah bikin planning. Pokoknya nanti gua juga mau bikin perusahaan roti lagi. Tapi yang kali ini harus sukses dari pada bokap gua yang udah berhasil ngerintis pabrik roti selama 25 taon. Yang sayangnya harus menurun sekarnag karena pabrik roti gua umurnya makin tua. nah nanti gua banyak duit dari sana, abis itu gua pake buat bikin sekolah musik. Pokoknya tuh sekolah juga ngehasilin uang buat gua. Karenaaa, para pengamen itu bisa rekaman n kalo perlu mereka go internasional. Nah semasih merka ada di sekolah musik itu, gua juga bikin perusahaan rekaman.mereka rekaman dsb2 nya itu. Gua pasti dapet benefit juga donk. Buat gaji guru musiknya dsbnya. Intinya duit gua bakal keputer lagi n gua makin kaya!! Makin gua kaya, nah tuh uang bakal gua pake juga buat bantuin para kaum lemah. Toh itu duit banyak yang gua dapetin bukan dari orang2 miskin, tapi mungkin dari mereka yang suka dengerin musik kan. Dan akhirnya gua juga bisa mewujudkan lapangan berkuda pribadi punya gua, n Ferrari California v8 gua yang masih belom gua jemput dishowroom kan. Jadi menurut gua jadi pengacara baik pembela kebenaran yang tajir minta ampun ga salah dan PASTI bisa terwujud juga kan. Abis itu yah, happily ever after donkk..

Tidak ada komentar: