Kamis, 17 September 2015

Which Comes First? Temen atau Pacar?

I might not be the right person to state about this fact, seperti kata beberapa temen gue... “Marisa tuh pakar kalo soal percintaan. Kalo bisa gua kasih title ‘Pakar... Pakar Tanpa Pengalaman’” Yang ngomong tuh rasanya pengen gue gencet ke tembok, gue jedotin terus gue lempar dari lantai 6 gedung teknik. Abis itu gue lempar bangku dari atas. Btw, ini semacam korelasi antara hubungan pacaran dan pertemanan sih.


Poin pertama, gue percaya bahwa cewek dan cowok itu seharusnya memiliki hak atas kebebasan yang sama besar untuk memilih siapa teman dan bagaimana gaya berteman mereka. Jadi nggak ada istilah, si cowok boleh bertemen sama siapa aja, tapi si cewek harus bisa jaga diri. Atau sebaliknya. Treat others the way you want to be treated.

Poin kedua, which comes first? Temen lo atau pacar lo? Yang dateng belakangan, tolong respek sama yang udah dateng duluan. Misalnya lo pacaran setelah kenal sama temen-temen lo, berarti pacar lo harus bisa respek sama temen lo. Sebaliknya, kalo lo pacaran sebelum kenal sahabat-sahabat lo, seharusnya sahabat lo bisa respek sama pacar lo. Kenapa?

Poin ketiga, hubungan mereka sudah ada sebelum lo ada di kehidupannya dia. Sebelum lo dateng dan menginvasi (istilahnya) hari-hari dan aktivitas dia, dia udah berhubungan dulu sama yang dateng pertama. Dia udah punya kisah duluan, dia udah mengalami banyak hal lebih dulu sama yang pertama. Dia udah punya semacam “kebiasaan” sama pihak pertama itu (entah sahabat atau pacar).

Poin keempat, sekarang fokus sama variabel dimana dia udah punya sahabat deket ketika lo macarin dia. (Semoga lo keep up sama teori-teori gue), jadi gini, gue nggak ngerti sama pacar-pacar (seumur biji jagung) yang super posesif dan ngelarang pacarnya ngapa-ngapain. Terutama untuk hangout sama sahabat-sahabatnya. Gimana gue bisa nggak habis pikir, kalau mau dibilang kasarnya lo sebagai pacar justru adalah “orang baru” di hidup pacar lo. How could you not respect her/his friend? 
Mungkin ini bisa jadi kaya kasus cewek yang ngelarang cowoknya main PS sama temen-temennya atau bete kalo ditinggal main futsal. Atau cowok-cowok yang nggak suka kalo ceweknya shopping ngabisin duit tiap hari minggu sama sahabat-sahabatnya, while itu adalah aktivitas dia tiap minggu, sebelom bahkan elo kenal/dateng di hidupnya dia. (sampe gue bold dan italic donk saking keselnya. Huft!  
This is serious...
Jadilah pacar yang mendekatkan hubungan dia ke sahabat-sahabatnya, jadilah pacar yang bisa asik juga sama sahabat-sahabatnya, bukan sebaliknya. If you think you can’t fit in... Then try hard! Usaha nggak pernah mengkhianati hasil kalo kata orang. Kalau mereka memang beneran sahabat si pacar lo, bukan sahabat pake tanda petik (Cuma buat ngumpul dan ngegosip dan ada maunya doank), mereka akan respek dengan usaha lo.  
Karena ini kasus yang sering terjadi. Tempat yang bisa nampung kalo elo lagi bikin pacar lo nangis... siapa menurut lo? Temen-temennya! (ini berlaku untuk cewek, sih)
Menurut gue, pacar yang keren adalah yang bisa relate ketika dia cerita soal temen-temennya, seolah mereka adalah temen lo juga. Because they will be your friends too, if you’re really serious about this relationship.
Poin kelima, balik ke poin pertama. Soal kedua pihak yang memiliki kebebasan sama besar. Gimana kalo pacar lo sahabatnya lawan jenis? (eh padahal sesama jenis bahaya juga!), lo mau ngelarang. Boleh sih. Tapi kalo gue pacar lo, gue akan bikin kesepakatan yang sama. Lo larang gue, means lo juga nggak boleh ngelakuin hal yang sama. Nggak boleh ngobrol sama temen lawan jenis? Ya lo juga. Nggak nonton rame-rame kalo ada lawan jenisnya? Oke. Elo juga.
Poin keenam, ini masalah persepsi sih. Tapi masa iya sih sepanjang masa pacaran isinya larang-larangan semua. Sekali lagi, ini masalah persepsi. Hubungan yang sehat adalah yang dilandaskan rasa percaya satu sama lain, nah nyambung ke postingan “The One” gue kemarin, menurut gue, definisi si the one itu adalah orang yang bisa ngasih lo perasaan itu. Yang bisa bikin lo ngerasa aman tanpa lo harus chat tiap detik, tiap menit. Sekali lagi, semua orang beda. Setiap pasangan beda, you might have your way. Tapi persepsi gue. Ya enam poin tadi.
Btw, gue percaya hubungan itu bisa lo definisikan kaya satu individu. Intinya satu, bisa berubah, berkembang. Bisa semakin dewasa, if both side really love each other and want to fight for their relationship. Termasuk ngelawan ego dan gengsi diri sendiri. Itu yang dilakukan oleh orang dengan pernikahan yang berhasil. Liat aja orangtua lo, barangkali dulu dinamika pernikahan mereka nggak kaya sekarang.
Makanya gue seneng banget kalo ada anak seumuran gue yang bisa tahan sama pacarnya sampe bertahun-tahun dan makin matang aja semakin lama (sementara sekarang lagi tren banget istilah “jomblo”, “baper”, “kena friendzone”, atau “tikung-tikungan”, tau kan, generasi gue, generasi cabe-cabean!). Setahun, dua tahun, tiga tahun, itu udah banyak banget yang dilaluin bareng, I’m really sure.
Jadi kalo lo punya pacar dan lagi baca blog ini, jangan ikut kena tren cabe-cabean ala medsos ya. Isinya Cuma selingkuh, nikung, sama baper doank. Grow up, and make sure your partner does too. Have a healthy and serious relationship.
P.s. Postingan ini hasil inspirasi ngumpul-ngumpul tadi sore. 
P.s.s. Iya, gue lagi seneng banget posting blog. Biasa kalo lagi nggak ada gebetan sindromnya gini. Pacaran sama blog, maklum cabe-cabean.
Kalau you ngerasa diguruin sama gue. Ih kesian amat, padahal kan gue nggak ada pengalaman juga! Hahahahaha.
Salam Roti!


Tidak ada komentar: