Rabu, 15 Februari 2012

Konseling Pedekate di Siang Bolong..


Siang ini, gue membuka sesi konseling dengan tiga temen cowok jomblo gue. Alih-alih berbahagia merayakan palentinan, gue dan tiga temen cowok gue itu sorrow di pojojkan kelas, dan pada curhat. Gila, gue berasa lagi ada di perkumpulan ibu-ibu arisan, dimana isinya para anggota yang sedang bermasalah dengan rumah tangga dan suami.. *krik krik*.

Gue membuka sesi konseling dengan pertanyaan singkat.. “Apa sih yang bikin lo orang takut pedekate sama cewek?”


Berbagai pernyataan dari ketiga cowok tadi terlontar semua. Ada beberapa subtopic yang akan gue bahas kali ini menyangkut percakapan gue dan ketiga teman cowok gue tadi. Salah satunya adalah..

TERLALU SALTING UNTUK BERINTERAKSI

Iya, iya. Gue tau sindrom semacam itu. jantung lo akan berdegup kencang, bawaannya takut ngeliat langsung ke cewek yang lo suka, kaki lemas, dan paling parah. Salah tingkah. Salah tingkah ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk. Gak masalah kalo salah tingkah lo itu baik-baik aja. gak menggenaskan banget. yang jadi masalah itu, kalo sampe salah tingkah lo terkesan merugikan dan menyebalkan buat si cewek. Atau parahnya bikin si cewek Illfeel.

Gue gak punya saran yang cukup jitu untuk menghadapi masalah ini. karena ini benar0benar relative, tergantung pembawaan lo sendiri. Saran gue, benar-benar kalo lo lagi salah tingkah gini. Berhati-hatilah dengan sikap lo, salah-salah lo malah bakal bikin cewek punya persepsi yang buruk tentang lo. Dan inget, sekali cewek berpersepsi buruk, memperbaikinya akan sangat sulit sekali.

BINGUNG MEMBUKA PERCAKAPAN

Maka akan terjadi situasi canggung, dimana lo terlihat goblok dengan kediaman lo. Si cewek yang semakin risih dengan keadaan begini. Pokoknya lo bakal ngerasa buruk dari awal sampe akhir kalo sampe mati kutu membuka percakapan. Errm. Gue pernah baca di satu majalah, ada tips-tips jitu untuk mengatasi kecanggungan pembukaan percakapan. Salah satunya adalah membawa cemilan. Kalo menurut gue sih, *tapi dalam konteks ini gue tidak sedang pedekate atau situasi salting* membuka percakapan itu yang penting pembawaan lo santai, relax, gak terlalu tegang dan keliatan banget nyari topik.

Carilah recent activities dia, bicarakan soal itu. apa yang kira-kira bikin dia tertarik. Atau lo bisa cari tahu tentang ketertarikan dia, hobi dia. apapun, yang penting berusahalah membangun chemistry dan nyambung. Atau kalo gak bisa, carilah topik2 ringan seperti wafatnya Whitney Houston baru-baru ini. kalo dia keliatan antusias, lanjut aja.s edikit2 barulah geser topik2 itu kea rah yang lo mau. Yang penting yaaaa… awalnya. Bisa di buka di tips kencan pertama. Gue pernah bahas sedikit juga.

FIRST IMPRESSION

Awal yang baik, berarti sudah memulai setengah perjalanan. Gue sangat mengutamakan first impression ini, karena bagi gue, saat lo memulai awal yang baik, maka lo sudah melancarkan perjalanan ke depannya. Susahnya bikin first impression adalah ketiga masalah di atas. Salah satu dari pasien gue tadi *dah* bermasalah dengan membuka perkenalan. Gimana cara kenalan yang baik. Gue menyarankan dia untuk ngasih senyum ke si target. Karena dari cerita yang gue tau, gue rasa si cewek itu pun notice dengan keberadaan si cowok. Karena mereka sering liat-liatan pas jalan. Apa salahnya dengan sebuah start kecil tapi pasti? Senyum.

Bukan senyum goblok yang sering dia pake di kelas. Tapi senyum ramah, senyum care, senyum bahwa lo admire dia. Cuma senyum kecil aja. sebelomnya, sedikit catatan. Tips ini gak berlaku untuk semua dari kalian yang juga mo pedekate sama orang gak dikenal. Takutnya salah-salah di sangka stress dan sok kenal. Dari sering senyum ini, gue baru menyarankan dia untuk buka perkenalan. Gak berani langsung.. gunakanlah chat fb.

Gue gak menyarankan lewat sms. Karena jaman sekarang, cewek udah gak napsu lagi sama cowok yang maju di sms. Kesannya menjijikan. Nah, gunakanlah bahasa yang santun, ini nih. Gue gak ngerti sih kenapa orang2 kalo sms suka nambahin ‘wkwkwkwk’ atau ‘hahaha’ padahal gak ada yang lucu. Apa lo gak merasa aneh dengan kalimat begini.. ‘hai, boleh kenalan gak? Hahahaha’ apanya yang lucu sih?.

Point di sini, berikan first impression yang sebaik-baiknya ke cewek. Dalam hal apapun, berusaha sebaik mungkin.

MINDER

“Ini masalah utamanya, Mar. lo liat, apa gantengnya gue? Kalo cowok itu *nunjuk temen gue* emang gak ganteng, tapi kaya..”

“Iya, trus lo liat ceweknya. Cantik.. pinter. Berasa gak sederajat aja gue..”

Gue hanya menghela nafas.

“Bego lu. Tampang bukan faktor penentu seorang cowok. Tapi sikap mereka, itu point nya.” Setau gue ya.. kebanyakan cewek gak ngeliat cowok dari tampang. Lagian seyang gue liat, cowok ganteng itu emang dikit banget. kalo cewek cantik banyak.. *suwer*.

Gue jadi inget satu novel yang pernah gue baca. Cerita soal tiga cowok katro yang ngejar bintang kampus. Yang mana akhirnya berhasil mereka dapatkan. Dengan cara menghipnotis diri mereka sendiri. Gue seperti dapet pencerahan untuk mengkonseling cowok-cowok ini..

“Manusia gak ada yang sempurna, Man. Cewek itu boleh cantik, cewek itu boleh pinter, tapi mereka pasti punya kekurangan yang mungkin bisa kalian lengkapin.. lo bertiga, bener-bener harus ngerubah mind set. Salah kalo lo mikir cewek liat tampang..”

Ketiga cowok itu angguk-angguk idiot.

Ini, adalah fase remaja yang bener-bener gak boleh di lewatin. Harus dihayatin, sebentar lagi gue bakal keluar dari SMA, begitu juga dengan temen-temen gue. Jatuh cinta ala anak SMA kayak gini mungkin gak bakal pernah kita dapetin lagi di kampus atau dunia kerja. Jatuh cinta dengan cara goblok, semua rasanya naïf banget. deg-degan, takut, salting..

Itu salah satu alasan kenapa gue suka banget ngojok-ngojokin temen-temen gue untuk mencoba apa yang mereka bisa. Untuk segera action tentang apa yang mereka khayalin. Untuk pedekate ke cewek yang mereka suka. Ini kesempatan yang mungkin gak akan lo dapetin lagi nanti.

Cinta kupluk ala SMA. *ceilah banyak gaya lo, Mar.*

3 komentar:

Punya.Tia mengatakan...

HAHAAA... kayaknya cocok nih jd guru BP...hehe

ChumChumSoft mengatakan...

hmmm seepp....
masa2 di sma mmang gk ada 2nya...

Marisa Roti mengatakan...

tia: nyahahahahahahaha. guru BP? di gebukin ama sekampung nanti kak tiaaa..

Chumchum: setuju chuumm!!!