Minggu, 19 Februari 2012

Tips Menulis Emosional *Ngaco*..

Barusan gue membaca satu artikel bagus tentang kiat menulis yang baik. Rasa-rasanya seperti telah menampar gue saat ini. jadi di artikel itu, adalah trik gimana menghasilkan cerita yang bagus dan bisa membangun minat pembaca. Sebetulnya itu salah satu kelemahan gue..



Gue bisa merangkai suatu kalimat dengan lumayan baik. Maksud gue gak acak-acakan banget lah.. serius, jangan samain gaya nulis gue di blog sini sama pas gue nulis fiksi. Kadang guemerasa kayak dua orang yang berbeda sedang menulis sesuatu. Gitu.

Betewe, balik ke topik. Oke, jadi ceritanya selama ini gue seringkali fokus sama gaya nulis. Sampe-sampe kadang gue melupakan emosi yang seharusnya jadi hal nomor satu. Ini sebetulnya topik yang sering gue omongin sama temen gue waktu itu..

Pernah gak sih lo membaca sebuah cerita dengan bahasa yang sumpah. Biasa aja. atau bahkan lebih parah. Bahasa yang awut-awutan abis. Tapi entah gimana caranya dia bisa menarik banyak pembaca untuk terus ngikutin kisah dia. itu man! Itu kuncinya!

Emosi!

Karena tulisan-tulisannya bisa sedemikian rupa menaikan emosi pembaca. Sedih ya ikut sedih, seneng ya ikut seneng. Dan itu gak harus dia dapetin dari gaya menulis yang serba rapih dan sesuai dengan tata bahasa. Tapi lebih ke, gimana dia menuangkan emosi dia sendiri ke dalam ceritanya.

Ada trik tersendiri untuk dapetin emosi itu.. gue baru ngerti..

Gini..

Kalo soal nulis fiksi. Lo nyuruh gue kapanpun gue bisa. Apa susahnya tinggal merangkai satu-satu kata membentuk jadi sebuah karangan. Bagus atau enggak urusan belakangan. Tapi untuk bisa dapetin feelnya itu. rasanya akan janggal waktu lo nulis dan emosi lo serasa gak terlibat. Apa bedanya lo nulis sama ngarang tentang global warming?

Mungkin gue rasa sama kalo gue lagi main musik. Ada beberapa lagu yang gue rasa gue ada chemistry tersendiri, dan akan terlihat luar biasa waktu gue mainin. Beda dengan musik yagn meskipun gue kuasain, *hanya kuasain* tapi gue gak merasa ada keterikatan, hanya akan terlihat bagus. Dan gak gitu berkesan.

Gue berasa dapet pencerahan baca artikel itu.

Di artikel tersebut juga di sarankan, kalau emang kita lagi pusing dan gak bisa nulis apa-apa. Mendingan cari suasana baru. Sebetulnya cara ini diaplikasikan dengan cara yang beda-beda tergantung dari si penulis itu sendiri.

Gue pribadi, gue lebih suka nulis tengah malem. Entah kenapa rasanya tiap gue nulis setengah ngantuk, gue bakal terkaget sewaktu pagi hari gue baca ulang tulisan gue. Dan seringnya gue bakal bertanya pada diri gue sendiri..

“serius gue nulis ini?” hah. Bahkan kata-katanya aja gue gak berasa gue yang nulis. Gue sampe gak inget alur cerita yan gue tulis sendiri. Entahlah, jangan-jangan gue kesurupan.
Itu juga salah satu alasan gue menjadikan Jumat dan Sabtu sebagai hari kuper gue. Karena di dua hari itu, gue bakal tidur pagi-pagi. Gue menyebutnya sebagai hari sakral. Dan gue akan berusaha membuat momen yang sempurna di hari itu. juga, gue akan berkuper ria.

Minggu ini gue udah melewatkannya sih, dan gue nyesel banget. secara dalam seminggu gue Cuma bisa di dua hari itu. ini gara-gara gue kelewat tepar. Jadi jumat malemnya gue udah begadang sampe jam tiga buat ngetik cerita bersambung gue yang baru. Trus gue bangun jam 6 pagi ke sekolah dan beraktivitas, pulangnya gue akhirnya memutuskan untuk keluar dari hari sakral yang semakin meng-kuperkan gue dan pergi. Pulang jam setengah Sembilan malem, gue tidur. Dan gue berjanji untuk bangun jam 11 malem buat ngetik.

Tapi ya, apa daya.. namanya juga tidur Cuma tiga jam. Jelas aja begitu nempel kasur kepala gue melayang entah kemana.

Gue mencoba ngelanjutin cerita gue *yang semakin lama makin stensilan* meh. Dan akhirnya gue ngerasa sih cerita yang ini gak gitu bagus. Cuma berhubung cerita ini bakal gue bikin multi chapter, gue sudah tahu apa yang harus gue lakukan di chapter selanjutnya..

Anyway, gue baru tau bergabung di salah satu komunitas menulis resmi yang di keluarin oleh salah satu Koran kompas itu juga ternyata bisa nambahin minat nulis. Errr sama kemampuan nulis. Banyak tulisan2 dahsyat di sana. Meski gue sempet rada illfeel waktu di notif soal masalah intern di sana. Gak ada bedanya sama komunitas freak yang gue temui terakhir kali. Ada yang pura-pura, ada yang ngurusin yang pura-pura, ada yang menghujat si pura-pura. Kek gini, ada satu penulis jago yang diduga memalsukan identitas.

Lalu berbondong-bondonglah orang itu menyelidiki si perempuan dan beradu sindir dengan pos. yangmana menurut gue..

Hell

Kenapa sih gak bisa kita hanya bertukar pikiran mengenai tulisan, gini gini.. tanpa harus ada konflik-konflik gak penting semacam itu.

Dan mendadak gue jadi gak napsu lagi nulis di sana. Meh. Gue gak mau jadi orang reseh yang kepoh lagi. Enggak, sekali cukup.

Oh ya, meski gue nafsu. Di artikel yang gue baca itu ada cara belajar mengendapkan tulisan. Itu artinya konsep tulisan yang udah kita pikirin masih di endapkan lagi. Menunda sebentar untuk menghasilkan karya berkualitas. Wew, boleh juga.

Betewe, artikel yang daritadi gue omongin itu bisa dibuka disini. Biar kalian-kalian baca aja sendiri.. tips menulis ala oryza sativa

ciaaaooo

1 komentar:

Unknown mengatakan...

cie yang kalo nulis fiksi ada adik kecilnya.. heheh