Selasa, 06 Desember 2011

Dongdot dan Nyiplast

Karyawan-karyawan yang dapet shift bareng gue setiap malem, kadang bisa jadi penghibur hati gue karena ke anehan tingkah mereka. Mayoritas dari kuli roti gue adalah mereka yang pendidikannya Cuma sampe SD, entah apakah itu faktor pendukung kadang perilaku mereka agak lucu atau gimana. Entahlah, gue akan menceritakan beberapa pengalaman yang sempet gue bikin ngakak abis-abisan.



NYIPLAST
Ceritanya, di pabrik gue itu memang banyak benda tajam dan berbahaya, walhasil banyak dari karyawan gue yang tangannya suka lecet. Gue punya satu orang karyawan, kita sebut saja dia Bobong. Si Bobong ini asli Sunda berambut kriting, dan kalo ngomong gak berani natap lawan bicaranya. Entahlah, kata bokap gue, dia kayak gitu gara-gara rumahnya deket ladang ganja. Bokap pernah ngomong serius begini.

“Iya, pasti. Ganja kan kalo kena panas nguap, jadinya efek ganja itu tersebar di seluruh penjuru kampung.”

Si Bobong ini kabarnya juga suka malu sama namanya sendiri, jadi kadang-kadang kalo mau kenalan sama cewek, dia bakal menyamar jadi Reyhan, atau Kamal, I don’t know. Sejak ketauan dia suka memalsukan nama, karyawan lain jadi sering nge-bully dia. Anyway, suatu hari, dia pernah mendatangi gue yang lagi duduk di meja.

“Cia, ada nyiplast gak?

“Hah? Ape Bong?”

“Nyiplast?

“Apa itu nyiplast?”

“Itu…” dia memeragakan sesuatu yang berbentuk kotak persegi panjang. Gue masih mengerutkan kening kek ikan koki. “Itu yang buat tangan luka.”

“HANDSAPLAST BONGGGG????!!!”

Gubrak banget. -.-

DONGDOT

Gue juga ada satu orang karyawan lagi yang orang Sunda. Memang orangnya ini rada aneh, ngomongnya juga suka ngelantur, menurut bokap gue kasus si orang sunda ini hampir mirip sama Bobong, kebanyakan ngisep ganja tanpa sengaja. Namanya Sahri.

Ini sih sekedar cerita dari karyawan gue aja, jadi katanya suatu malem, dia pernah membangunkan seorang karyawan gue Cuma buat ngasih tau kalo dia udah berhasil ngedonlod lagu pake hape. Tapi kata-kata dia ini bikin karyawan gue yang dikasih tau itu ketawa ngakak. Begini katanya..

“Yo, Yo… niiihh!!”

“Apaan?”

“Lagunya udah aku DONGDOT!” *kesedek tulang dinosaurus*

REPUTASI

Baru-baru ini ada karyawan gue yang lulusan SMA, percaya gak percaya, ternyata kosakata dia masih lebih luas daripada karyawan lain. Jadi suatu kali, gue pernah nguping percakapan mereka kek gini. Si lulusan SMA ini namanya Udin. Nah, si Udin ini diledekin pacaran sama ibu-ibu oleh temen kerjanya, lalu dia ngomong gini.

“Kalian tuh merusak reputasi saya..”

Lalu ada seorang karyawan yang nyeletuk. “Eh reputasi tuh apaan ya?”

Di sahutin oleh karyawan gue yang lain yang sok pinter. “Reputasi itu, urusan hidup dan mati!”

“Urusan hidup dan mati? Maksudnya?”

“Ini soal keadilan, Mas.” Kata yang lain lagi.

Gue gak ngerti apa hubungan reputasi dengan keadilan. Kecuali muka lo di eekin sama monyet, dan lo merasa itu gak adil karena merusak reputasi lo. Sumpah gue semakin merasa percakapan itu abstrak abis. Apa yang gue lakukan? Gue Cuma senyum-senyum sambil berencana posting ini ke blog. Muahahahaha..

Anyway, dulu gue sempet berpendapat kalo pendidikan itu faktor yang sangat tidak penting. Eh penting sih, tapi bukan yang paling penting. Contoh yang pernah gue ngomong, kuliah gak kuliah itu bukan masalah. Tapi kelihatannya gue salah besar. Di jaman kek gini, pendidikan hampir sama pentingnya dengan 9 jenis sembako. Gue cukup kaget lulusan SMA ngelamar jadi kuli di pabrik gue. Betapa sulitnya hidup di jaman ini. lo bahkan bisa bedain tingkat intelejensi lulusan SD, SMP, atau SMA, sangat berbeda.

Itu kenapa gue merubah cara pandang gue yang sangat buruk soal pendidikan. Biar bagaimanapun, untuk lo bisa bersaing di jaman modern kek gini, ternyata harus punya pendidikan tinggi sehingga satu, gak direndahin orang lain, dua, wawasan lebih meluas, tiga, lebih tau tata karma, etika, dan kedisiplinan. Pendidikan itu baik, kawan.

6 komentar:

Punya.Tia mengatakan...

hahhaaa.... nice share...!

kita bisa tau pendidikan orang dari kata2nya dan sikapnya..

*eh tapi anehnya, gw malah suka liat, yg bermobil2 bagus juga kadang2 lebih parah omongannya dari abang becak loh..

itulah manusia...

Marisa Roti mengatakan...

tia: iya itu sih udah jadi pemandangan lumrah buat gue.. itu sih emang dikasih pendidikan tapi gak ada yang masuk otak, alias gak berotak..

Anonim mengatakan...

salam kenal.

punya pabrik roti yah?

ngomong2 soal pendidikan yang penting, jadi inget program Wajib Belajar 9 tahun yang dulu populer pada tahun 90an.

@tia:
orang yang pakai mobil bagus belum tentu pendidikannya tinggi kan? :)

Marisa Roti mengatakan...

kevin: hai kevin.. hehehehe... iya, keluarga gue semua basic nya dari pabrik roti kok...

salam kenal ya...
thx juga buat komennya..

Anonim mengatakan...

kok postingan yang ini agak gak enak dibaca, ya? Mungkin gue yang terlalu berlebihan nanggepinnya, atau tulisan ini yang berlebihan merendahkannya. cmiiw.

Marisa Roti mengatakan...

ano: entahlah no, gue sendiri jadi bingung. mehehehehe.. tapi sumpah loh gue gak nyadar kalo ternyata postingan ini terkesan merendahkan.. hmmmnn,, mungkin ada beberapa kata yang salah gue tempatkan di sini.. :)
gue sih gak berniat begitu sama sekali...