Kamis, 22 Desember 2011

Ibu-Ibu ke Bank..

Ada lima hal yang sangat gue benci dari bank yang sering gue datangi. Sebetulnya baru-baru ini sih, gue jadi sering dateng ke bank, gara-gara udah jadi tugas harian di suruh enci gue ngurusin pembayaran-pembayaran dia. Gue kadang merasa seperti orang idiot di bank. Berikut adalah lima hal yang gue sebel dari bank.


1. Ibu.
Apakah gue harus selalu memakai seragam SMA gue kemana-mana supaya gak dipanggil IBU?? HELLOOO?? Lo gak liat gue yang masih muda belia, perawan, cantik, dan manis ini??? jadi ceritanya customer service di bank yang gue datengin ini seneng banget manggil “Silahkan, Ibu. Baik Ibu Marisa, ada yang bisa saya bantu??” lalu gue hanya akan pasrah dan meladeni pertanyaan-pertanyaan dia. Yang entah mengapa, membuat IBU-IBU seperti gue merasa seperti anak kecil.

2. Membuat gue merasa inferior
Sebetulnya ini karena kekonyolan gue aja sih, ceritanya waktu itu gue masih pertama kali setor duit, jadi gak ngerti buat ngisi-ngisi slip setoran di kertas, ya maklum lah ya. Namanya baru pertama, jadi pada waktu gue mo ngisi slip setoran ada satu cici-cici gitu pegawai bank nyamperin gue, lalu berusaha membantu gue yang kebingungan. Errrr, gue gak tau no rek enci gue, dan ternyata katanya ada di buku atm. Gue baru inget buku atm sama duitnya gue selipin di balik celana. Iya saudara-saudara. Di balik celana.

Gue kan takut gue ceroboh dan menghilangkan duit itu, jadi lebih baik gue taro di celana donk, lagian kantong celana gue kecil dan gampang jatoh. “Gimana, ada nomor rekeningnya?” errr. Gue langsung menadahkan tangan bergaya power ranger, terus ngomong. “Nanti dulu deh, saya mo ke wc.” Dan gue segera mengambil seribu langkah di wc buat ngambil duit di balik celana gue. Sebetulnya gue dilemma, antara bodo amat gak tau malu dan ngudek-ngudek selipan celana gue di depan dia, dengan tambahan nunjukin perut seksi gue seenak udel atau gue ke wc dulu, akhirnya gue memilih ke wc dulu. Ya, gue masih sedikit tau malu.

Entah kenapa tatapannya begitu aneh, seolah-olah gue ibu-ibu kelebihan dopping yang cukup stress buat nyolong duit seseorang terdekat gue dan berencana nyetor duit itu ke bank. Hell man, tapi sejak itu, tiap kali gue ke bank dan ketemu si cici-cici tadi dia selalu menatap gue dan tersenyum. Senyum yang gue tidak mengerti. Seperti.. “Oh ini ibu-ibu aneh waktu itu, keknya dia udah ngerti cara nyetor duit di bank deh..”

3. Bahasa yang sopan sekali

Tetap di hari pertama gue nyetor ke bank, dan gue dateng ke satu customer service cewek, dia seperti mengetahui keidiotan gue, karena gue bener-bener canggung di bank. Lalu setelah dia ngitung duit, dia mau ngeprint buku atm gue. Sambil dia ngitung-ngitung, tiba-tiba dia ketawa. Lalu liat ke gue sejenak, gue bales liatin, dia buang muka, dan ketawa lagi. Asem! Gue merasa lagi diketawain!!
Ngeselinnya lagi, dia nawarin gue brosur sambil ngomong “Silahkan ini brosurnya, cocok untuk anak muda kayak embak.” *pada saat itu gue pake seragam SMA* Tapi sambil ketawa-ketawa. Bener-bener…

4. Banyak nanya
“Punya ktp?”
“Belom mas..” iya gue ibu-ibu yang belom punya ktp. Meh..
“Kalau begitu, ada hubungan apa dengan pemilik rekening?”
“Adek ipar.”
“Oh iya.. bisa tulis alamat di sebelah sini?”
Gue menulis alamat gue.
“Baiklah kalau begitu, nomor telefon berapa?”
“Bukannya saya udah nulis nomornya di situ ya?”
“Oh ya..”
Gue bawa kantong kresek item.
“Kantungnya perlu saya buang atau mau di bawa?”
“Saya bawa aja, mas.”
“Baiklah, jumlahnya xxxx ya, ibu?”
*mengangguk pasrah dipanggil ibu, lagi*
Dan yang paling terakhir.. “Ada lagi yang bisa saya bantu?”
“Enggak, makasih.”

5. Dilarang mengobrol asik dengan nasabah.

Entahlah, gue gak tau apa ini beneran peraturannya atau enggak, yang jelas untuk bisa ngobrols ama customer service itu sulit. Jadi pernah suatu kali, gue kedapetan cs yang masih baru kerja, ya gue Tanya-tanya aja.

“Baru, mbak?”
“Iya, kok tau sih?”
“Keliatan lah..”
“Masih SMA ya?” akhirnya. Iya gue masih SMA, bukan IBU-IBU.
“Iya, mbak. Baru lulus kuliah atau gimana?”
“Enggak sih, aku smk.”
“Gimana kerjanya enak?”
“Ya gimana ya, masih baru sih. Belom tauk..”

Cowok pegawai di sebelah dia melotot tajam, entahlah nih cowok naksir sama temen sebelahnya atau ngelarang ngobrol. Err, gue pikir naksir. Obrolan berlanjut sedikit sampe buku gue selesai di print dan gue melangkah pulang.

Gara-gara keseringan nongkrong di bank, gue jadi hapal muka pegawai-pegawainya. Terutama dua pegawai yang senyum-senyum tiap ngeliat gue. Kayak ngeliat ibu-ibu sirkus muter-muter pake topi koki. Ergh… besok-besok, gue udah planning, tiap di panggil ibu, gue bakal ngomong. “Saya masih SMA, mbak.”

6 komentar:

Anonim mengatakan...

ahahaha kayaknya semua bank memang manggil 'Ibu' ke nasabah wanitanya, Mar. Ya kecuali nasabah junior.
Aku pernah komplain juga, 'saya masih SMA, mbak'.
Terus mbak-mbaknya bilang, 'oh, iya saya tahu. Supaya lebih sopan aja kok'. Gitu...

Punya.Tia mengatakan...

HAHHAAAAA...
itu emang tugasnya costumer service sayaaang.

Ibu itu panggilan wajib buat cewe, trus nanya2 sok tau itu emang tugasnya (disuruh ramah)..

saya juga paling males lama2 di bank, ngantriii n kayak diliatin sama pak satpam terus..hehe #pede-abis

Rika P. mengatakan...

berarti Marisa sudah dewasaaaaaa huehehehe

tapi masih mending lah kalo ke bank di panggil ibu-ibu, Mar. gimana kalo sampe di tegur "dek, ibunya mana?" -___- awkward moment.

Marisa Roti mengatakan...

ano1: aaahhh! no! itu mah embaknya cuma alasan ngomong gitu, aslinya dia pasti nyangka kita beneran ibu-ibu.. hahahahahaha... piss ahk..

tia: gak bisa kak tia, nggak. ga terima. aku merasa tua.
jangan2 kak tia ke bank pake sorban item sama jenggot ya? ya iya disangka teroris, diliatin satpam. ehe he he he..... *dikemplang*

rika: errrr.. itu elo ya rik.. hiks, mentang2 muka lo masih kek anak2. meh. mending gue jadi ibu lo deh, biar kita cocok kalo ke bank..

Unknown mengatakan...

ngakak gw mar pas baca yang diselipin di celana =))

Marisa Roti mengatakan...

jane: heh. seneng?? senengggg???