Minggu, 25 Oktober 2015

Dogs

Jadi ceritanya barusan gue nonton Dog Whisperer, yang pembawa acara sekaligus pawangnya itu om-om ganteng berkumis tipis dan berambut putih. Itu loh, sumpah gue nggak tau namanya. Btw, gue nggak pernah interest nonton itu, karena gue selalu mikir bahwa semua itu di setting, seperti kebanyakan TV Show lainnya, semuanya disetting. Jadi si anjing dibuat seolah-olah galak, lantas datanglah si om-om ganteng berkumis ini.


Barusan gue nonton salah satu yang cukup seru. Judulnya, “Dangerous Pittbull Terrier”, alasan gue buka adalah gue pengen liat, gimana cara dia mengatasi si pitbull ini. Fyi, bokap gue dulu breeder anjing. Untuk sekelas bokap gue yang peliharaannya herder dan rottweiler (juga salah satu breed anjing yang lumayan galak), dia selalu mesenin gue tentang anjing pittbull.

Katanya, anjing ini dulu suka diadu (mungkin sekarang masih), tapi bedanya anjing ini kalo diadu itu dia akan gigit satu alat yang bisa ngukur kekuatan gigitannya. Jadi yang paling kuat itu menang. Nah, ngana bayangin coba. Kalo ampe dia gigit alat itu bisa gelayutan dan rahangnya ga patah, berarti sekuat apa rahangnya.

Kata bokap gue juga, pittbull itu galaknya udah kaya binatang buas. Nggak bisa nurut sama manusia, karena imej si pitbull ini udah beken di luaran sana kalo anjing ini emang anjing buas. He even compared three pitbull with a lion. Katanya singanya juga kalo sendirian bisa mati lawan tiga pitbull. Nah bingung ga lo. Singa mati berantem sama anjing.

Dulu, waktu kecil, gue inget banget. Main ke rumah bokap gue, terus ada anak anjing kampung. Gue nangis donk dikejar-kejar terus kaki gue digigit, padahal (gue baru ngerti beberapa tahun lalu) si anjing itu sebenernya Cuma gigit ngajak main. Anak anjing gitu caranya kalo ngajak main.

Gue sekalian nostalgia sama anjing-anjing yang ada di rumah gue (karena banyak, it will be a long... long... post)

Cherry

Nah sampe ketika bokap gue mulai interest sama anjing, breed pertama yang gue punya itu campuran husky dan rottweiler. Lupa gue namanya siapa. Anjing gue udah kebanyakan. Pokoknya kalo lo liat bapak-emaknya tuh anjing, kalo berdiri pake dua kaki tingginya segue. Gede bener. Setelah gue perhatiin anjing campuran emang ada kecenderungan kaya gitu.

Baru abis itu bokap gue beli Cherry, anjing herder pertama yang gue punya. Cherry ini anjing yang disiksa sama majikan, nggak dikash makan layak, terus dikerangkeng setiap hari. Karena majikan yang biasa ngurus Cherry ini udah meninggal. Jadi kesimpulannya, Cherry juga sempet deket dan disayang sama manusia. Tampangnya serem banget, tapi badannya kecil karena kurang makan, dan kulitnya penyakitan.

Bokap gue awalnya nggak mau beli karena anjing ini jelek banget, tapi bokap gue iseng lepas iketan lehernya dan suruh dia lari-lari keliling lapangan. Terus pas bokap gue mau pulang, taunya tuh anjing udah nungguin di depan pintu. Karena kasian akhirnya bokap gue bawa.

Waktu dibawa pulang ke rumah, gue agak takut. Karena itu pertama kalinya ngeliat anjing herder dewasa, but my experience went well. Karena waktu gue pegang si anjing nggak nyerang gue.

Terus bokap gue kasih nasi pake babi. Gue rasa sejak sekian bulan hidupnya, baru pertama kalinya anjing itu makan enak. Satu piring langsung abis beberapa detik. Dari situ dia kita treatment, dimandiin, kasih obat kutu, baru ketauan kalo dia itu tipe herder yang long-hair. Cakep banget deh. Dia juga pinter main bola, yes she is. Jadi bokap gue sering beliin bola basket atau bola kasti. Dia bisa tuh ngedribble bola kesana kemari kaya di tivi.

Odus

Odus ini beda kasus, dia ini anjing herder yang ditugasin untuk jaga gudang. Kalo lo mau tau lokasi gudangnya, itu ada di pojokan lahan di bawah pohon yang gelap, terus dibikinin kandang kecil yang kalo keujanan udah pasti dia kena kebasahan. Dan dia diiket, jadi di lehernya itu ada tanda merah bekas rantai. Meskipun talinya cukup panjang, dia suka ketarik-tarik lehernya.

Pas gue dateng, ini anjing insecure banget. Kalo dideketin manusia dia langsung geram. Bokap gue agak takut jangan-jangan dia anjing gila, tapi tetep dites rantainya dilepas. Dia langsung lari-lari keliling lapangan, tapi nggak nyerang gue. Terus dengan kepohnya gue, gue nyamperin mau gue pegang. Nyaris banget gue digigit. Sawan gue pada saat itu.

Ternyata setelah dimasukin ke mobil, sepanjang perjalanan dia anteng. Baru setelah sampe rumah, begitu pintu belakang mobil dibuka, Cherry dengan agresifnya langsung masuk. Beruntungnya they both get along well. Tapi ada ciri-ciri berantem. Jadi dipisahin, Cherry di halaman depan, doi di halaman belakang.

Sejak dia udah nyaman dan kenyang di keluarga gue, tetap nggak ngerubah rasa insecure dia kalo ada orang dateng. Emang dari dapur ke halaman belakang itu dibatasin besi, jadi kalo tiap ada orang asing di situ, Odus bakal ngegertak.

Lucunya, kalo gue atau cici gue masuk, dia langsung diem. Terus kalo diusap kepalanya mukanya langsung bloon. Makanya cici gue suka bilang dia “jago kandang”.

Boy dan Bruno

Pokoknya ini dua anjing yang kayanya kelewat dimanjain jadi rada bloon. Padahal herder juga, tapi kalo ngeliat orang asing kerjaannya Cuma cengo-cengo doank, tapi makannya banyak kaya apa tau.

Nah setelah empat anjing pertama yang bokap gue punya, mulailah bokap gue aktif untuk ternakin anjingnya, jadi dia dateng ke salah satu breeder anjing yang udah nggak mau ngelanjutin usahanya dan ngejual anjing-anjingnya dengan harga yang (terbilang) murah. Karena ada beberapa herder impor yang dihargain apprx 10 jutaan. Lalu datanglah mereka-mereka ini sekaligus, kalo ga salah inget ada 5 anjing deh.

Kimon dan Idol

Mereka dua ini sejoli, karena sama-sama cowo dan datengnya barengan. Tapi karakternya beda jauh. Mungkin karena Kimon lebih tua jadi lebih kharismatik, tapi dia kesayangan cici gue banget. While gue lebih deket sama Idol. Mungkin kalo bisa gue analogiin si Kimon ini introvert yang kalo sekali ngomong nyelekit abis (kalo dia liat orang asing tipe yang diem, dan langsung gigit nyerang dari belakang. Serem. Makanya gue males deket-deket). Kerjaannya sehari-hari juga Cuma tidur doank, ga suka main atau lari-lari.

While si Idol, aduh nih anjing hina banget kalo main kejar-kejaran sama gue. Mana badannya gede, makanya dia dijulukin delon sama keluarga gue, gede bloon. Untung dia impor, jadi cakep banget kaya anjing-anjing yang buat pelacak polisi di luar negeri (beda loh, warna bulunya lebih kuning dan tapak kakinya lebih gede dari yang lokal). Idol ini juga tipe anjing yang suka meluk, jadi kalo lo duduk di bale, dia suka nyamperin, terus tiba-tiba naikin kaki depannya dan gesek-gesekin kepalanya di pundak lo.

Jasmin, dan dua lainnya gue lupa

Kenapa yang gue inget jasmin doank? Karena si Jasmin ini pernah sakit, semacam tumor. Jadi dioper ke rumah yang di Jakarta buat dibawa ke dokter hewan. Nah jadi gue sempat menghabiskan beberapa hari sama doi. Sementara yang dua lainnya... aduh, too many to remember.

Alfa

Alfa ini paling spesial dan kesayangan keluarga, dia anjing golden retriever. Nih anjing emang dimanja sama pemilik sebelumnya, jadi emang doyannya makanan mahal dan rada belagu kalo dikasih camilan. Karena keluarga gue sayang banget sama dia, dia suka ditahan-tahan di rumah, biar nggak usah dibawa ke Tangerang. Jadi paling sering ngabisin waktu sama kita-kita. Hobinya ngawinin kaki orang, karena dia pada saat itu masih remaja, dan belum ada golden retriever cewe di rumah.

Padahal waktu itu bokap pernah minjem anjing orang, buat dipacak istilahnya. Jadi anjingnya dikawinin. Nah entar anaknya dibagi dua, jadi sama-sama untung. Namanya onyx, si onyx ini sampe ditaruh beberapa hari di rumah gue di Tangerang. Tetep aja si Alfa nggak bisa ngawinin gara-gara kegendutan. Dan itu sumpah, gara-gara dia keseringan ditaruh di Jakarta jadi dia ngemil roti melulu.

Some of you won’t believe this. Tapi anjing itu punya tabiat dan sifat. Gue nggak ngerti deh itu insting hewan atau gimana. Dari semua anjing yang gue pelihara, yang paling gue ngerti tabiat dan sifatnya memang si alfa ini. Gue soalnya kebagian ngajak jalan-jalan dan ngasih makan dia tiap siang. He likes it everytime I hug him. Jadi kalo gue suka tiba-tiba meluk dia dan ngalungin lehernya, pas gue lepas, dia biasanya bakal majuin badannya terus nyenggol-nyenggol tangan gue biar dipeluk lagi.

Dia ngerti kalo dimarahin. Kadang gue suka ngoceh-ngoceh kalo lagi diajak jalan, dia makan sembarangan. Nah, kalo udah dimarahin tabiatnya keluar. Dia bakal berkeras di tengah jalan dan nggak mau ngikut gue. Even gue udah pake tali dan gue tarik-tarik. Terus kalo dia betenya bete banget. Dia bakal tiba-tiba tidur, terus tengkurep nggak mau ikut pulang.

Karena gue bete juga kalo dia udah kaya gitu, gue bakal bilang... “Ya udah bodo amat. Gue pulang sendiri lu ga usah ikut.”

Terus gue buang talinya, terus gue jalan sok-sokan mau ninggalin dia. Baru deh dia bangun ngikutin gue.

Dia juga anjing yang pemalas parah. Kalo udah tengkurep dan tiduran, ada kucing atau tikus lewat dia bakal males bangun. While gue rasa bukan itu karakter anjing golden retriever secara umum. He’s harmless. Jangankan kucing, maling aja dia cuek. Gue rasa. Tapi ada beberapa kali waktu gue ajak jalan-jalan dia tiba-tiba galak nyerang orang. Gue nggak tau tuh orang kenapa, mas-mas gitu, tiba-tiba mau digigit sama dia. Gue hampir yakin kalo si alfa sampe kaya gitu, itu orang emang niat jahat sebelumnya. Anjing semales dan secuek itu gaesss...

Oh, hes died now. Jangan tanya gimana keluarga gue pada nangis. Atau cici gue yang nggak mau makan seminggu.

Alda

Alda ini adalah golden retriever betina yang sangat menyebalkan. Karena terlalu aktif dan grasak-grusuk ke sana kemari. Alfa kayanya nggak suka Alda, karena nggak pernah mau ngawinin dia. Mungkin Alfa lebih suka cewek-cewek kaya Onyx. However, si Alda ini merepresentasikan anjing Golden Retriever degan tepat, karena tingkah suka main dan aktifnya. Kebalikan sama alfa. Kayanya nggak lama Alda dikasih orang deh. Gue lupa kenapa.

Alfaro

If you’re still keeping up with my writing, then... good job. Berarti lo penyuka anjing. Hahaha. Alfaro ini anaknya Cherry, gue lupa bapaknya siapa. Idol kalo ga salah. Pokoknya dia lahir bertiga, sama Alviro dan Alfino. Tiga-tiganya cacat, include si Alfaro. Tapi yang parah itu Alfino. Badannya kecil dan kakinya nggak tumbuh sempurna. While si Alfaro masih bisa jalan lumayan lancar. Yang progressnya cepet dan makin normal itu Alviro.

Nggak berapa lama setelah Alfino lahir, dia mati. Padahal udah diusahain dilatih pake pipa, jadi diantara kakinya ditaruh pipa biar ada penyangga. Nah dia bisa lari-lari. Ngeliatnya sedih banget hati gue, soalnya si Alfino ini bener-bener seneng waktu kakinya disanggah pipa. Dia langsung lari kesana kemari.

While alviro mati karena sakit. Emang tiga anaknya ini kurang sehat.

Alfaro gue perjuangin. Anjing terakhir anaknya Cherry, gue sampe nangis-nangis ke bokap gue biar dia dibawa ke dokter. Lalu setelah dibawa ke dokter, Alfaro diinfus di rumah. Jadi dia kena... parvo. Nah, penyakit anak anjing yang paling umum kalo lo kelupaan vaksin. Parvo itu bisa kena karena hujan atau makan sembarangan, pokoknya itu virus. Ciri-cirinya anjing lo bakal muntah terus dan poopnya berdarah. Beware.

Itu gue sama cici koko gue sampe gantian buat ganti infusnya subuh-subuh dan setelah infusnya dilepas dia harus dikasih susu beberapa tetes tiap beberapa waktu. Supaya badannya kuat terus. Lalu Alfaro sembuh dengan sempurna. Even kalo diajak jalan-jalan dia harus keep up sama gue, karena kakinya cacat.

Ayla dan Airin

Ide nama? Nyokap gue. Dia lagi kebanyakan nonton sinetron RCTI yang ada si ayla2nya. Gue lupa deh sinetron apaan. Ini anaknya Jasmine (kalo ga salah ingat). Nah mereka lahir sehat dan tumbuh sempurna. Tapi akhirnya keduanya berhasil terjual.

****

Setelah berapa lama, bokap gue memutuskan untuk berhenti ternak anjing, karena pendapatannya nggak sebanding sama pengeluaran. Ya bayangin aja anjing sebanyak gitu dog foodnya mau berapa duit kalo dibisnisin. And it needs commitment also. Jadi anjing-anjing itu semuanya dioper ke orang kecuali Cherry. Untuk jaga rumah niatnya, pada akhirnya dia mati karena tua.

Baru setelah itu bokap gue pelihara Aura dan Elis, nah kalo mereka ini jenisnya rottweiler. Karena udah kebiasaan sama herder dan golden, gue gemes banget liat mereka berdua ini. Tipikal anjing rottweiler kan bogel, terus pesek, dan gendut (meskipun sebenernya nggak gendut tapi keliatan gitu), jadi pas pertama ketemu, si Elis ini langsung gue uwel-uwel mukanya. Gue nyaris digigit (lagi) pada saat itu. But after, we get along really well. Gimana pun, gue yang udah males lagi sama anjing, nggak terlalu deket sama mereka berdua. Yang deket itu koko gue. Karena mereka sampe sempet berantem ngerebutin koko gue sampe berdarah-darah...

Dasar cewek.

Aura dan Elis pun kemudian mati karena tua. Jadi rumah gue sepi sekarang, setelah pelihara Jackie, Jackie udah dikasih orang. Kasian kalo di rumah gue dia diiket terus di depan rumah. Kalo dilepas kabur. Bandelnya udah kaya apa tau. Kesel banget gue. Sementara bokap gue nggak suka anjing kecil, jadi nggak boleh masuk ke dalam rumah.

Ah... karena gue udah jauh ke luar topik utama.

Ini ada hubungannya sama film yang gue tonton di atas tadi. Si pawang itu selalu menegaskan bahwa we have to dominate our dog fully. Supaya dia nggak jadi anjing yang beringas. Setelah gue pikir-pikir lagi, anjing itu emang harus dididik. Nah lo pasti sering liat anjing kecil kaya pomeranian yang galak kalo ketemu orang, atau Shih-tzu, nah gue biasa banget tuh ketemu anjing kecil songong kaya gitu. Kalo ngeliat yang kaya gitu bayangan gue Cuma, “Si kampret, gue aduin ama herder gue juga kicep lu!”

Gue rasa itu terlalu banyak dimanjain dan kurang bersosialisasi sama orang.  Environment and how you treat them really affect how your dog will behave. Gue punya temen yang piara doberman, seremnya ampun. Dan sehari-harinya dia Cuma di kandang. Sama sekali nggak pernah diajak jalan-jalan.

Berhubungan sama imej pitbull yang galak, gue rasa semua anjing yang nggak dididik dan dirawat dengan baik emang akan jadi galak. Bedanya, tenaga pitbull ini emang lebih gede dibanding anjing lain, dan agresinya juga luar biasa. Gue bisa ngomong kaya gini, karena tetangga gue piara American Pitbull.

Nah gue suka iseng pegang-pegang dia, tapi nggak pernah gigit. Cuma suka lompat-lompat nubruk orang. Nah kalo udah dia yang nubruk, udah pasti orang segede babon kaya gue bisa jatuh. Itu Cuma nubruk becanda, gimana kalo dia nubruk serius mau nyerang. Ya wajar sih kalo lo sampe pendarahan segala macem.

Jadi hipotesa bokap gue terbantahkan.

Anjing itu bener-bener peliharaan paling setia yang pernah gue tau. Sebetulnya alasan gue nggak yakin untuk piara hewan peliharaan itu sih. Ketika lo pelihara anjing, hidup dia Cuma buat lo. Sementara dia mungkin bukan aspek yang signifikan di hidup lo. Makanya menurut gue, ketika orang siap untuk pelihara binatang, berarti dia siap untuk kedatangan anggota keluarga baru yang nggak bisa dikasih seenaknya ke orang lain.

Bokap gue kenapa gitu?

Ya bokap gue kan “logis”.

Semoga gue lebih baik dari dia dalam hal ini kedepannya.


Salam Roti!

Tidak ada komentar: