Jumat, 19 Juni 2015

Rumah Louis

Untuk pengingat sedikit, gue anak planologi/tata kota/perencanaan kota/real estate. Semester ini ada tugas yang (sebetulnya) hal paling menarik dari tugas-tugas studio gue. In case lo bingung, planologi ada rangkaian mata kuliah studio dimulai dari semester tiga. Berhubungan sama tugas perkotaan, gue kurang ngerti gimana studionya anak arsitek, tapi kalo di jurusan gue, studio itu belajar tentang analisis masalah-masalah perkotaan, sampe semester ini. Gue masuk ke mata kuliah Studio Tapak.


Jadi di studio ini, kita menentukan satu lahan yang potensial untuk di-redevelop dengan beberapa syarat tertentu (memenuhi kriteria ukuran lahan untuk tugas ±20 ha, pemukimannya masih belum padat *jadi kalo redevelop itu bener-bener dilakuin nggak ngeluarin biaya terlalu banyak*, dan sebagainya). Pokoknya singkat cerita setelah melakukan analisis ini dan itu, masuklah ke tahap konsep dan design tapak. Lalu setelah designnya fiks baru kita  buat maket.

Jadi kalo lo nggak ngerti “maket” itu apa. Maket itu adalah hasil 3 dimensi dari desain yang udah kita buat di tapak/lahan tersebut.Jadi misalkan ada rumah, ya kita bangun rumahnya dalam bentuk 3 dimensi dan skalatis (means ukurannya tepat kalo diubah di kenyataannya). Jadi kita buat miniatur kota dari design yang udah kita buat.

Lokasinya ada di perpotongan jalan Maulana Hasanudin dan Benteng Betawi, Tangerang

Jalan besar paling atas itu Benteng Betawi, dan sebelah kanan itu Maulana Hasanudin, kalau lo tau Simprug di Poris, tapak gue pas ada di sebelah utaranya.

Anyway, enggak... gue bukan mau cerita tentang tugas gue untuk postingan kali ini. Tapi pengalaman gue dan tiga temen gue dalam proses pembuatannya. Sebetulnya ada beberapa kejadian lucu karena kita harus kerja di satu tempat yang sama selama tiga hari dua malem. (Iya gue nginep di rumah Louis dari jumat sampe minggu).

Kentut

Fyi, dari kita bertiga, mungkin yang bener-bener bisa dianggap cewek itu Cuma Imas. Ini pendapat gue pribadi, tapi menurut gue cewek satu ini lumayan cantik. Jadi gue kadang suka agak nggak nyangka punya temen lumayan cantik tapi najis naudzubilah. Lumayan cantiknya Imas yang kadang suka bikin gue lupa kalo dia temen hina gue di kampus kalo ketemu di luaran.

Jadi pada malam itu, waktu lagi motong-motong papan untuk bangunan maket. Tiba-tiba ada suara kentut yang... pokoknya kenceng banget deh. Gue bahkan nggak nyangka ada manusia yang bisa kentut sekenceng itu selain orang rumah gue. Ini lumayan bikin gue syok dan bengong. Gue agak lupa, tapi kayanya gue nuduh Fardi pada saat itu.

Baru si Imas ketawa-ketawa sendiri dengan najisnya. I mean... gue juga sebenernya pengen kentut tapi nggak bisa keluar, lalu cewek itu dengan santainya ngentutin kita semua.

“Mas, kayaknya tembok rumah Louis jadi retak gara-gara kentut lo, deh.”

And I mean it... seriously... Lo harus tau gimana kenceng kentutnya si Imas, suaranya sampe ke lantai dua gue jamin.

Gue nggak tau apa yang terjadi dengan Aceh pasca kentutnya Imas, tapi semoga Aceh baik-baik aja dan aman dari gempa. (nggak ada hubungan begok!)

Fardi Ngerasa Idola

Dari kita ber4, playlist yang paling dependable dan bisa didengerin emang Cuma hapenya Fardi. Karena list lagu dia yang paling waras dan bisa mewakili selera kita semua. Jangan tanya isi hapenya si Louis yang lagu mandarin semua berasa kayak karaokean di restoran chinese food enci-enci sama engko2 Jembatan Lima. Atau list lagu gue yang nggak pernah jelas genree-nya apa. Hape Imas bocor, nggak bisa buat nyalain lagu. Mungkin gara-gara hidupnya kebanyakan kentut.

Yang jadi masalah adalah, kalo nyetel lagu dia. Berarti semuanya lagu-lagu yang dia tau.

Here’s the thing about Fardi. Dia smart di kampus, secara akademis dia oke, secara disiplin dia oke, dia juga pekerja keras dan rajin. Cuma satu masalah dia... suaranya unik.

Suaranya jelek saudara-saudara.

Dan dia hobi nyanyi.

Iya. Dia hobi nyanyi. Gue kasih penekanan di sini. Karena dia hobi nyanyi, jadi dia nyanyi di semua lagu yang keputer. SEMUA LAGU yang keputer.

Semua lirik yang ada. Dia akan nyanyi kecuali ketika dia ngomong dan curhat. Dia akan nyanyi, itu termasuk bagian rap-nya, backing vocal, atau sampe niru-niruin gerakan drumnya. Pokoknya dia berasa kayak punya panggung sendiri di rumah Louis.

Jadi rame, sih...

Tapi kayaknya kemampuan mendengar gue berkurang setelah itu.

Kopi Kadaluarsa

Si Louis tinggal sendiri di perumahan sesuatu daerah Puri. Iya, komplek perumahan elit ceritanya. Gue emang beberapa kali dateng ke rumahnya. Ini mungkin jadi kedatangan ketiga gue di sini. Jadi si Louis melarang adanya chiki dan makanan apapun yang berisiko bikin rumahnya jadi berantakan. Jadi kita ada di sana tanpa cemilan literally.

Apalah rasanya ngerjain tugas tanpa cemilan. Jadi gue pikir untuk ngopi. Plus itu udah jam 1 pagi pokoknya udah mulai pada ngantuk.

“Lu, gue bikin kopi ya..”

“Yaudah, ambil aja kopinya di atas meja. Gue mo ke atas dulu bentar.”

Jadi Louis meninggalkan kita bertiga. Setelah gue bikinin mereka semua indomie. (Terus dengan ga tau dirinya Imas Cuma... “Mar, makasih ya Indomienya. Gue ga ikut bikin ya.” Dasar kampret). Imas inisiatif bikinin gue kopi yang teronggok di pojokan meja dapur.

Karena lokasinya ada di pojokan meja dapur bersama dengan beberapa jenis kopi lainnya, maka gue merasa bahwa kopi itu layak diminum. (Fyi, gue nyeduh kopi hitam). Terus waktu si Louis turun dan kita makan indomie sama-sama, tiba-tiba dia nanya. “Mar, itu lu minum kopi hitam darimana?”

“Itu yang ada di dapur.” Lalu gue sambil menyesap kopi itu pertama kalinya.

“Anjir, itu udah kadaluarsa loh. Udah lama banget kopinya.”

KAMPRET.

Karena waktu dia bilang, “Minum aja kopi di atas meja.” Gue pikir kopi di atas meja dapur!

Hal kadaluarsa di rumah ini bukan Cuma kopi, dia bahkan punya bagel oleh-oleh bandung yang gue rasa udah teronggok sekian tahun lamanya (tapi tetep gue makan juga), atau cemilan pillow yang ada di atas mangkok ketutup tissue dan tetep gue makan juga biarpun gue jamin itu udah lama. HAHAHA. Kadaluarsa ga ngaruh di gue.

Do and Dont’s

Fardi beli chiki pada akhirnya. Lalu keluarlah ultimatum aturan-aturan yang berlaku di rumah Louis.

  1.        Makan ga boleh sambil kerja. Kerja, kerja, nyemil, nyemil. Nggak boleh sambil.
  2.        Kalo mau nyemil chiki nggak boleh dari bungkusnya, harus taruh di mangkok. Supaya nggak berantakan
  3.        Abis makan chiki harus pake tissue nggak boleh meper di baju.


Karena ini pertama kalinya si Fardi ada di rumah Louis, sepertinya dia mengalami culture shock. Dia bengong tepat ketika Louis nyuruh dia nuang chiki ke atas mangkok.

Tapi karena ini rumah Louis, si Fardi nurut sambil bersungut-sungut.

Nggak lama, si Louis naik ke kamar. Si Fardi menatap langkah Louis nanar terus abis itu dia bisik-bisik... “Udah naik belom? Udah naik?” Sambil nyumpet-nyumpet dia ngambil mangkok cemilannya tadi, terus lanjut ngerjain maket.

Mual-mual deh lo ngumpul berempat tiga harian begitu, pasti berantem.

Dikejar Anjing

Suatu malam, dengan noraknya gue dan Imas bikin keputusan... “Mas, kita cari tukang nasi goreng yuk. Sekalian keliling di komplek elit, kapan lagi ye kan?”

“Eh iya yuk, Mar.”

Jadi kita nanya direksi ama si Louis dimana tukang nasi goreng terdekat, karena kalo di tempat gue tinggal, beli nasi goreng tinggal ngesot sambil bawa barbel juga paling berapa menit. Lalu Louis menunjukan arah...’

“Lu keluar rumah, belok kanan. Lurus terus, terus belok kiri. Nah lo ikutin jalan tuh... baru belok kanan, pas ketemu Indomaret lo lurus aja.”

Yang muncul di otak gue dan Imas? Melewati danau, hutan berapi, naga tidur, menyelamatkan anak babi yang hilang, dan minta bantuan peta di tengah jalan. Gue juga nggak ngerti kenapa gue dan Imas bisa masuk planologi, karena kita nggak tau jalan. Anyway, kita nggak ngerti direksi. Gue nggak percaya ama si Imas, begitu juga sebaliknya. (jadi ide jalan-jalan jam sepuluh malem keliling kompleks is such a bad idea actually).

Intinya waktu pulang, ada segerombolan anjing yang ngegonggong entah darimana (Cuma kedengeran suara doank). Si Imas yang takut sama anjing langsung panik. Terus sengaja gue takutin, “Mas, mas.. sumpah anjingnya ngedeket. Buruan, Mas.” Si Imas reflek mau ngegedor gerbang rumah...

Gerbang rumah seseorang.

Yang jelas itu bukan rumah Louis.

“Mar, Mar sumpah anjingnya ke sini?!”

“Iya buruan. Eh itu bukan rumah Louis bego! Nggak ada mobilnya!”

Lalu kita jadi jalan lagi, sampe beberapa meter. Si Imas nyadar, “Mar, kita kayanya kelewatan, deh. Udah nggak ada rumah Louis di sini!”

Gue langsung... ya ampun masa kita nyasar lagi...

Terus gue nengok ke belakang, oh ternyata gerbang yang mau digedor Imas tadi adalah tetangga Louis. Jadi rumah Louis pas di sebelahnya. Haha haha haha... Orang bego jalan berdua begini jadinya.

Keisengan gue nggak berenti, pas Imas nggedor gerbangnya, gue masih nakut-nakutin dia pake anjing. “Mas, mas suruh Louis buruan. Suara anjingnya makin deket, Mas. Buruan...”

“Eh anjir lu, Mar. Aduh ga dibukain njir.”

Baru si Fardi keluar dengan santai...

“Gue udah mau manjat tadi kalo lo lebih lama lagi bukainnya!”

Gue Cuma ketawa setan. Anjing kampung lepas rame2 di komplek begini... yakali deh tuh anak.

***

Btw, dont mean for spamming. Tapi gue mau ngeshare hasil maket buatan kita, ini pure desain Louis via AutoCad. And I know it’s really cool, karena turns out maket kita masuk jajaran tiga besar maket terbagus di kelas. (Dan gue sempet ngoceh-ngoceh abis sama nih anak gara-gara bentuk bangunan yang ada pentil-pentilnya segala. Dia nggak tau bikin di maket setengah mati, anyway, we finally did get through this anyway and it’s not me if I’m not hard on people *lalu gue yakin si Lousi diem-diem ada rencana nyantet gue*)





Anyway, pengalaman bareng selama tiga hari itu, bikin gue mensyukuri sesuatu... At least... kita nggak saling ngebunuh selama itu dan bisa bekerja sama. MAHAHAHAHA. Apalagi Fardi ama si Louis, udah kayak mobil nge-drift... gesekannya tajem.

Oh iya, in case you’re wondering... ini adalah list “dont’s” di rumah Louis, selain list di atas tadi.

  1. Sebelum tidur harus mandi. Nggak boleh naik ranjang dia dalam keadaan berkeringat. (Untunglah gue dan Imas tidur di kamar lain, karena yang tidur ama Louis si Fardi. Haha hahahaha)
  2. Kalo mandi showeran harus di atas bath tub, airnya nggak boleh berceceran kemana-mana
  3. Mandi nggak boleh kenceng-kenceng, karena takut airnya muncrat sampe ke langit-langit.


It’s way out of his comfort zone. Plus gue, Imas, dan Fardi adalah tiga orang yang berantakan (meskipun Imas paling mendingan).

Jadi, thanks for the good team work we got. Betewe, dari kita berempat ada dua maket. Jadi ada dua kelompok kecil dari satu lahan yang sama. Gue dan Louis, Imas dan Fardi. Berhubung gue nggak punya maket mereka, jadi nggak bisa gue pamerin di sini.

Salam Roti!




Tidak ada komentar: