Sabtu, 20 Juni 2015

Jacko is A Non-Typical Beauty

Here’s a thing about Jacko...

Oh kalo lo lupa, Jacko adalah hamster yang gue beli beberapa bulan lalu di pasar Jatinegara. Gue pilih dia karena dia unik mirip sama tikus. Btw, balik ke paragraf atas... Jacko itu... jelek. Karena dia mirip sama tikus got yang suka muncul deket rumah gue.


I mean, Jacko nggak memenuhi stereotip hamster lucu yang berlaku di sini, yang bulet dan warna-warni kaya buntelan kentut. Badannya gede dan kupingnya panjang. Kemarin karyawan gue komentar, “Kalo buntutnya ga pendek, beneran ya. Kaya tikus.”


Apalagi sekarang dia udah makin dewasa. Sebetulnya Jacko ini black-bear hamster salah satu jenis hamster syrian secara spesifik yang rambutnya warna hitam semua kecuali di bagian perut dan tangan, ada pola putih. Makanya namanya black-bear hamster, atau biasa juga familier disebut teddybear hamster. Tapi teddybear hamster berlaku untuk kebanyakan hamster syrian.

Nah, kalo yang suka lo liat di petshop bulet, lucu, dan warna hamsternya biasanya patternya sama, itu namanya dwarf. Nggak bisa gede-gede banget, paling gede juga segede kepalan tangan ponakan gue.

Tapi dia cocok sama gue, dia sabar, nggak suka kabur, dia juga individualis. Dan dia bisa nata kandangnya sendiri, I mean, seriously... dia bisa nata kandangnya sendiri. Jadi kemarin itu gue sebetulnya sempet bikinin dia platform pake bahan birmat, itu buat dia tidur. Karena hamster itu suka tidur di tempat yang gelap dan tersembunyi, makanya gue bikinin dia platform pribadi. Kalo nyari tempat sembunyi di luaran nggak ada yang cukup gede buat nampung badan babonnya dia. Karena biasanya tersedia buat hamster dwarf.




Lalu dia ngerusakin birmat yang gue buat, malah dibolongin, terus dipipisin. Untuk mengatasi masalah itu, si hamster gue ini punya cara buat nata tempat tidurnya dia. Adalah... dia bakal geser roda mainan sampe tengkurep, terus digeser ke pojok kandang, biar dia dikelilingin sama roda itu, terus dia tidur di pojok. Makanya tiap pagi gue bakal ngangkat rodanya, dia bisa jatohin tapi ga bisa ngangkat.


Waktu gue piara si Jacko ini, tiap kali gue kasih liat foto dia ke temen-temen kuliah gue, reaksinya pasti dua... “Ih, kok mirip tikus sih...” atau kalo yang bukan penyuka hewan bakal... “Sumpah, sumpah, jangan kasih liat ke gue. Jijik anjir...”
Jacko dikasih jagung rebus

Buntelan Kentut

Kasihan kamu, Nak...

Untuk menuntaskan kenistaan ini, gue berniat beliin pasangan buat Jacko. Berhubung karyawan gue juga ada ngasih tau untuk beliin ceweknya kemarin. Masalahnya, syrian itu jenis hamster yang ga bisa berkoloni sama hamster lainnya. Beda sama si garis dan si panda kemarin. Kalo kalian sempat baca, gue ada cerita gimana si garis stress dan ga mau makan karena sendirian.

Jacko sebaliknya, “my cage is my kingdom” istilahnya. Sendirian nggak ngaruh ke appetite dia, nggak ngaruh ke mood mainnya dia. Dia mau main ya main aja. Itu berarti gue harus minimal beli kandang baru untuk hamster cewek ini. In case mereka udah selesai kawin, gue bisa langsung balikin ceweknya ke kandang sendiri.

Dan... belinya jauh anjir! Gue harus ke pasar jatinegara untuk bisa dapetin jenis hamster yang sama kaya Jacko.

Motivasi lain gue mau beli pasangan buat Jacko adalah. Setiap gue liat dia, gue selalu inget gimana jelek dan mirip tikusnya dia... meskipun dia lucu buat gue, tapi nggak ada yang mengakui kelucuan dia selain gue.

Barusan gue iseng-iseng search instagram, ternyata ada satu orang yang punya hamster jenisnya kaya Jacko. Which is itu jarang banget gue liat (atau gue aja yang kurang wawasan), dan pas gue buka, gue bahkan sempet mikir hamster dia itu kembaran Jacko yang terpisah karena mereka mirip banget. Bedanya hamster dia cewek.




Hamsternya jelek juga, mukanya dongo juga kaya hamster gue. Tapi setelah gue cek, hamster dia ternyata jadi semacam ambasador untuk beberapa merek produk-produk hamster. Jadi si pemiliknya ini dibayar dan hamsternya disuruh coba produk-produk perawatan dan mainan hamster, lalu si hamster masuk ke majalah hewan. You can check out her instagram @bear_syrianhamster it’s... literally her instagram. Si hamster punya instagram, atau lo bisa cek pemiliknya @mucky_mutz

Jadi, kesimpulannya, hamster gue ga jelek-jelek banget. Buktinya si Bear (nama hamster instagram tadi) bisa masuk majalah dengan tampang yang mirip sama hamster gue.

Mungkin orang-orang aja yang nggak bisa ngeliat pesona hamster gue...

Iya udah, gue Cuma mau curhat ini aja...

Salam Roti!


Tidak ada komentar: