Kamis, 04 Agustus 2011

Image Baru di Tahun Ajaran Baru

Memasuki tahun ajaran baru 2011, dan gue lagi-lagi terdampar di negeri antah berantah bernama IPS *ya eyalah, ngayal aja lo mendadak ngumprek di IPA*membuat gue tertarik membuat image baru. Yang sebelomnya gue terkenal dengan kegilaan mulut gue yang gak bisa stop ngobrol, kali ini gue pengen buat dua image baru.



Satu. Miss Telat

Dua. Miss Kepoh.

Okeh kawan-kawan.s ejujurnya image ini bukanlah hal yang di sengaja, maksud gue. Serius, gue gak maksud untuk telat setiap pagi, skotjam 15 kali, dan memikirkan alasan yang berbeda-beda setiap terlambat. Mati lampu dan telat bangun udah klise, jadi gue berfikir sebagai siswi kreatif, gue harus memikirkan alasan yang lebih WAH besok. Oke, maksud gue semoga gue gak telat sehingga perlu memikirkan alasan yang WAH besok.

Image Miss Kepoh akan gue bahas nanti. Gue sebetulnya gak berniat untuk telat setiap pagi dan bikin wali kelas baru gue makan hati. Serius deh, itu semua ketidak sengajaan semata.dan memang bener, semua anak Jakarta tau kan? Kalo baru-baru ini gardu PLN lagi dibenerin, jadi rumah sering mati lampu pagi-pagi?

Kejadian selanjutnya, si Miss Anita guru inggris sekaligus cs gue sekaligus anti gue, udah berkali-kali ngamuk gak karu-karuan gara-gara gue yang selalu telat tiap pagi. Lalu pagi ini, karena gue stress berat karena kasus baru *dan ada hubungannya dengan image baru gue sebagai miss kepoh* membikin gue gak bisa tidur semaleman. Walhasil, gue bangun pagi! MAN! GUE BANGUN PAGI!

Itu artinya gue masih sempet merasakan panggilan alam sambil merenung di toilet *ah kegiatan favorit yang jarang terjadi*, ngopi, dan sarapan nasi. Hebat. Ternyata bangun pagi itu seru juga! Lalu dengan langkah gontai gue berjalan ke sekolah, entah gue lagi beruntung atau apa, gue ketemu si indra di jalan yang menawarkan ojeg, jadi intinya gue berangkat dengan sangat cepat ke sekolah. Well, lo bisa bilang gue males jalan karena jarak dari rumah ke sekolah itu masih satu kompleks, gak perlu naik kendaraan dan lewat jalan raya.

“MARISA GAK TELAT WOY!!” si kin-kin monyong tiba-tiba tepok tangan lalu berseru-seru, gue yang masih setengah celeng dan merem jadi kalap dan ikut tepok tangan juga sambil cengar cengir idiot. “Oh iya iya.. hebat ya gue gak telat!! Hebat hebat!!”

“JU JU! MARISA GAK TELAT JU!!” kata si Kin-kin lagi sambil nereakin Juvendi di depan kelas. Trus si Juju masuk trus nyengir-nyengir liat gue gak telat. Saudara-saudara sekalian, sindiran teman-teman seperjuangan gue gak cukup sampai di situ loh ya..

“Marisa kok tumben sih dateng pagi?” yang ngomong ini cewek manis pengurus kelas gue. Oke… oke… kalian benar-benar memotivasi. Belom lagi si Yohanes yang juga heboh ngeliat gue udah dateng lebih dulu dari dia. Oke lo pada benar-benar…. *speechless*

Mari kita lanjut pada imej kedua gue. MISS KEPOH. Begini, jujur, maksud gue gue bukan berniat jadi anak freak, nerdy, dan sok aktif di kelas. Tapi gue dan partner gila-gilaan alias si Juju bercita-cita mengubah sekolah kita! Gue pengen sistem pengajaran di kelas lebih aktif dan komunikatif, tentunya dengan itu teman-teman gue butuh pelopor. Jadi begini, gue rasa gue bisa jadi pilar perubahan. Tapi toh ternyata gue malah dapet cemoohan seperti “Makanya lo gak usah gaya..”

Masalahnya sepele, guru sosio gue marah sama dua temen gue yang tidur di kelas. Lalu dia bertanya..

“Emang harus bagaimana ibu mengajar kalian? Mana ada yang berani kasih masukan??”

Dengan nekatnya gue angkat tangan, tentu hemat gue, gue cukup deket sama guru ini, dan pernah moderatorin dia pas MOS waktu lalu, lagipula, dia nanya pendapat kan?

“Kenapa gak pake sistem diskusi aja, Bu? Kira-kira memperlambat gak?”

Dan entah mengapa, si ibu keliatan sewot, lalu dia nanya ke satu kelas dan mendapat jawaban “Jangan bu, ibu aja yang jelasin.. bla.. bla.. bla..” itu artinya gue jadi beda sendiri. Err, maksud gue si juvendi juga terlibat. Dia mendukung pernyataan gue dan satu lagi cewek yang sebelom gue kenal deket gue pikir dia anak genk motor kayak genk nero gitu.

“Kalo begitu, hari Kamis, Marisa dan Juvendi menerangkan halaman 33 sampai 39 di depan. Buat kelompok diskusi 4 orang.” GLEK. Gue yang emang paling gak bisa ditantang orang langsung ngangguk mantap. Gak perduli akan apa jadinya nanti. Pokoknya nganguk aja doloooo!!! Gue pikir gue gak salah, jadi kenapa gue harus takut dan keberatan di tantang semacam itu? gue pernah ada insiden gencat senjata sama guru gini sih sebelomnya, tapi gue pikir guru sosio gue ini produk open minded dan demokratis, pada saat itu gue gak nyangka dia kok begini.

Dan sebetulnya ini yang menyebabkan gue gak bisa tidur malam tadi. Gue terus mikir, sebetulnya tindakan gue tepat atau enggak, meninjau banyak temen-temen yang jadi gak suka sama gue dan nganggep gue sok pinter. Well, bukan itu loh niat gue. Gue benar-benar mengharapkan perubahan dengan cara belajar teman-teman sekelas gue. Mengingat kelas kita kelas ujian, dan gue gampang bosen di kelas! Tapi toh akhirnya gue dan juju memutuskan untuk minta maaf rame-rame. Tololnya, si ibu Cuma senyum lalu ngomong..

“Kalian gak salah. Kan yang minta pendapat memang ibu, coba aja dulu kalian ngajar di depan, nanti akan ibu bantu kok.” Ternyata memang sesuai dugaan, guru gue ini open minded dan demokratis. Oke anggap aja dia melihat potensi gue sebagai calon pengacara yang emang harus berlatih ngomong di depan umum *niihihihihihi* leggaaaaaaa…

Dan ternyata jadwal gue ngajar *ibaratnya gitu* diganti gak jadi hari ini. Hari ini guru sosio gue berhasil membikin satu kelas mempresentasikan jawaban kerjaan rumah mereka. Alasan mereka jawab itu dan sebagainya, jadi minggu depan katanya baru giliran gue. Gue pribadi sih selalu siap buat tantangan apapun. Meskipun kuis gue numpuk, kerjaan gue banyak, dan projek gue gila-gilaan.. *merenung ala anak kaye yang merana* hiks. Gue pasti bisa!

4 komentar:

yoedi mengatakan...

ngapain takut sama bu anggren.. dia mah bae.. pengertian terhadap murid.. wkowkowkow

Marisa Roti mengatakan...

ya eyalaaahhhh... emang dia guru nya yang paling demokratis dn pengertian di skolah. nyahahahaha
tetep ajeh kan yo..

DAZE mengatakan...

d klas gw mren tu jg gtu mar, ad yg ngantuk, tp ibu nnya na "km skit?" dy dg jjurna jwb dy ngntk, jdna ibu nnya yg kyk u blg d atas, tp d klas gw gda yg jawab, wkwkwkk

Marisa Roti mengatakan...

hah? serius? temen lo polos banget kek gitu?? hahahahha

lo tau lah guru2 kita, gak ngaku kalo dia ngebosenin, tapi emang nyatanya ngebosenin.. bueh..