Jumat, 16 April 2010

Seorang Musisi...

Adalah orang yang mencintai musik dengan artian. BENAR-BENAR mencintai musik. gua? ya, gua cinta sama musik. tapi gua sendiri ga bisa memahami, kecintaan gua kepada musik sebesar apa, seperti apa, sedalam apa. Menjadi seorang musisi bukan berarti hanya karena saat kita bisa memainkan sebuah alat musik, tapi saat kita bener-bener menjadikan musik itu sebagai bagian dari hidup kita.

Ya, gua juga kok. Gua ga SEKEDAR memainkan alat musik aja. Tapi gua mencintai musik itu sendiri. Nah terus dimana pembuktiannya? Ungkapkan dengan satu kalimat aja. Dan gua ga bisa. Gua sendiri bahkan ga mengerti definisi dari “mencintai musik” Padahal selama ini gua selalu menggembar-gemborkan betapa cintanya gua kepada dunia musik. sampe-sampe waktu itu gua pernah kepikiran mau masuk UPH jurusan musik. astaga naga…

Mungkin pengakuan gua sebagai “pencinta musik” itu lebih dikarenakan “narsisme” bahwa saat gua mengaku sebagai pecinta musik maka gua akan terlihat keren. Jalan kemana-mana sambil menyenandungkan musik karena yah, karena gua mengakui diri gua sebagai pecinta musik maka akan terlihat keren. Loh? Aneh kan?

Ga di facebook ga di blog (baca aja blog2 sebelomnya), isinya banyak yang tentang musik. ngerti aja kaga. Ampun. Apa ya? mungkin kalo boleh di katakan gua itu “sok” ngerti musik. padahal enggak banget deh. Lama-lama gua merasa pengakuan diri gua itu menjijikan.

Dan di malam itu pula, gua mendengarkan lantunan musik dari seorang temen gua yang pada kenyataannya, dia adalah BENAR-BENAR seorang musisi yang memang mencintai musik. tapi ga pernah menggembar-gemborkan hal tersebut di muka umum. Ga seperti gue. Dia mengerti musik sampe ke akar-akarnya. Ugh, sampe ke syaraf2nya kali kalo perlu. Pokoknya jago banget deh.

Sebenernya, gua udah pengen teriak-teriak histeris, tapi… AMPUN GA BANGET DEH. Jadi gua nahan-nahan aja, gua bener-bener kagum dengan sosok musisi seperti dia. Dia ga pernah main-main kalau udah menyangkut musik. ga seperti gue. Igh! Dan setau gua, waktu kita memang berencana untuk fokus ke satu hal, penyakit “ga suka main-main” biasa sering keluar. Kaya dia gitu deh.

Tapi bagus, setidaknya setelah mengenal si teman gua itu, gua jadi menyadari. Rasanya seperti disayat-sayat waktu menyadari gua itu hanya sekedar narsis. Bukannya pecinta musik. *nangis*. Tapi gua mau, mau banget belajar jadi seperti dia. Jadi seorang pecinta musik yang sebenar-benarnya pecinta musik. bukan sekedar si remaja narsis yang melabelkan diri sendiri “pecinta musik” hanya karena pengen berasa keren aja geto.

Jadi rendah hati. Seperti temen gua itu, ya dia ga serendah hati itu sih, tapi gua suka gaya ngomongnya yang ga pernah menyombongkan dirinya sebagai seorang musisi. Jadi istilahnya dia memang suka musik ya karena dia suka, bukan untuk orang lain. Aduh, kok kebalikan banget dari gue sihhh?

Gua bener-bener ngerasa jiper plus rendahan sewaktu denger permainan musik dia. Gua? ga ada apa-apanya brooo!!! Jauh kemana-mana. Padahal dia itu otodidak, tapi dia bisa mendalami suatu musik. denger, copy, mainkan. Keren ga sih? *histeris sendiri*

Tapi manusia kan memang begitu. Selama ini, lingkungan gua juga kan yah itu-itu aja. Mana pernah gua ngeliat-liat dunia luar? Selama di sekolah yah gua memang termasuk lumayan. Di tambah lagi gua pernah belajar keyboard, plus drum. Nah kan nah kan? Pasti orang mikirnya .. “Wih, keren ya, bisa main berbagai jenis alat musik.” DONG DONG. Salah! Gua PERNAH main alat musik keyboard dan piano memang, tapi sekarang udah lupa total. Jari gua udah kakukakukayakakikakekku. Drum? Ampppuuun, gua baru belajar beberapa bulan yang lalu dan bisa dipastikan permainan gua masih hancur leburrr! Gitar? Ga nyampe kemana-mana! Apalagi di banding temen gua yang gua ceritain itu. aduh tambah kerdil deh gue lama-lama.

Permasalahannya adalah pujian-pujian yang gua dapatkan selama ini, begitu beragam. Malah gua masih inget dulu temen gua pernah ada yang lebay, Cuma gara-gara gua main keyboard DAN itu Cuma mainin chord plus melody doank. Dia udah langsung “IIIH MARISA keren! Bisa gitar, bisa keyboard, bisa piano.” Padahal ngeliat gua piano aja belom pernah gitu kan. Gimana gua ga jadi narsis plus sombong kalau udah begitu kasusnya?f

Itulah, yang gua sebut pujian membawa malapetaka. Gua berbakat musik. helllloo? Siapa sih yang ga tau kalau MARISA JAYA itu berbakat di bidang musik? wah berarti mata anda pasti sudah buta kalau ga tau. Hanya orang berbakat yang tau gimana cara memainkan satu lagu dengan baik plus kunci-kunci yang pas. Nah nah, ini bukan salah satu kesombongan loh. Tapi pengakuan. Gua mengakui gua berbakat, sayang gua ga ahli mengembangkan bakat tersebut. (sekali lagi) seperti teman gue itu.

Pokoknya begitu lah, daripada panjang-panjang males gue. Entar gua malah tambah minder dan jiper sedangkan temen gua itu malah senyum makin lebar lagi semakin gua muji dia disini.

Main gitar lagi aaahhhh…

p.s. lagi belajar stairway to heaven. Tau lagu itu? cari deh, keren bangetttt.. tapi gitarnya ga gampang, butuh telinga seperti orang gila kaya temen gua itu buat bisa masuk intronya aja.

6 komentar:

coffee latte mengatakan...

Waduh! Gara-gara lo nulis tentang dia...dia malah jadi malu abis tuh! Kata dia mendingan lo nulis ttg ke-narsis-an dia aja! Haha! Tapiiii emang bener sih, tu orang malh jadi senyum-senyum terpesona ma tulisan lo! Wkwk

Dy blg, "mau lo jago main musik ato nggak, buat dia lo ttp aja musisi...klo masalah skill lo cuma butuh belajar! N cia, stairway na udah jadi. Ntar d send via email ya!"

Oh ada tambahan lg, dy bilang thx buat tulisan ini. Dy bener" ngerasa tersanjung n ngerasa di hargai.

Buset dah, udah kaya burung merpati aja gw smp in pesen na dy! Hiks!

Marisa Roti mengatakan...

huahaha. burung merpati sampaikan salamku padanya ya.

"Ya gua setuju sama lu, gua bakal belajar biar bisa sejago lu kok.
iya udah jadi?? ASIIIIIKKKKKKKKK!!
Thanks ya. kamu baik deh, udah pintar, tidak sombong, rajin menabung pula... sip2 pokoknya lu liat ya, bentar lagi gua bisa jago mainin lagu itu.

itu juga membuktikan gua bukan tipe gampang menyerah,.. hidup musik!!"

dikasih berapa duit lu burung merpati buat nyampein pesen?

coffee latte mengatakan...

Hmph! Ting...tong...permisi...! Saya d suruh sampein pesen lg dari si pemusik sotoy ntu! *ngiri* haha

"Sama-sama..., iya ntar saya tunggu sampe kamu bisa mainin lagu itu..trs tinggal ng'jam bareng deh! Hehe! Oiya, tolong kasi minum kek, ato makanan kek si merpati kesayangan gw ini! Soalna dy komplain ke gw, kok ga d kasi makan ato minum! Haha"

Sekian dan terima kasih...
Wah, gw d bayar pake senyuman + cinta cia! Wkwk (lebay)! Ayooo.., sni makanan n minuman na! Dah denger kan lo, si pemusik lebay ntu nyuruh lo kasi gw makan! *nodong pk piring* hehe

Marisa Roti mengatakan...

merpati, jangan ilang ya pesennya,

"Bener nih? ngejam bareng? ASIK2! liatin, entar pasti gua bakal jadi pemusik hebat yang ga kalah dari lu. liat aja entar kita udah bukan ngejam2 lagi. tapi konser bareng. sumpah ngayak banget tuh kalimat, jangan dianggap serius ya, gua ga pernah ngimpi bisa kaya gitu."

eh merpatinya hebat ya? kayaknya dia seneng deh sama senyuman gue.
yaudah nih gua kasih aja ya.. kotoran anjing gue, doyan kan? minumnya air comberan aja ya..

coffee latte mengatakan...

Wa kalo kata lagu na afgan...lo tuh SADISSSSSS! Masa gw d kasi air comberan!

Idih! Sapa bilang gw mau d bayar pk senyum lo! Gw tu d bayar pake senyum na si musisi lebay lo itu taoooo! Senyum na dy tuh bs bikin gw 7 hari 7 malem ga bs tdr! *stt jgn bilang-bilang ya...lo kan tau dy narsis na dah akut banget*! Haha

Flè mengatakan...

Haha
mirip sama gw