Selasa, 27 April 2010

HIDUP IPA, IPS JUGA! HIDUP DUA-DUANYA!

Entah apakah gua sudah gila di malam itu, ataukah akal sehat gua sudah tidak berada di tempatnya lagi. Yang jelas gua mengucapkan sebuah kalimat ajaib bin aneh. ditambah lagi dengan ekspresi penuh keyakinan dan percaya diri, seolah-olah gua tidak menyimpan sedikitpun ketakutan di dalam diri gue. ya ampuuuunnn!!!

“Ya! gue milih IPA.” IPA si kelas yang gua hujat dan maki-maki dulu, IPA si jurusan yang menurut gua tidak berbobot diisi anak-anak culun. Anak-anak yang dipikirannya Cuma ada belajar, belajar, dan belajar. IPA si jurusan yang isinya anak-anak picik penghina kaum IPS. Oh tidaaakk. Terus kenapa sekarang gua milih IPA?

Tepat 3 hari sebelum penentuan. Wali kelas gua membagikan angket. Gua harus mencoret dua pilihan dan menyisakan satu aja. PENGETAHUAN ALAM/PENGETAHUAN SOSIAL/BAHASA. Mari kita lewati jurusan bahasa. Karena satu, di sekolah gue Cuma ada bahasa Jepang, Mandarin, dan Inggris. Tentunya gua ga akan menjatuhkan pilihan kesana. TERKECUALI. Sudah tersedia bahasa korea, prancis, jerman, Arab, dan India.

Kedua, dari jaman bahela, kelas bahasa tuh Cuma terpampang di daftar doank, tapi ga pernah dibuka. Karena pesertanya ga pernah mencukupi untuk dibukanya satu kelas, dan pada akhirnya tuh anak-anak bahasa ditendang semua ke IPS. Jadi mari kita fokuskan pada IPA dan IPS.

Hari pertama. “Mar, jadi lo pilih apa ni?” si Jentong nanya ke gue.

“YA IPS LAH YA. kita kan barengan nanti! tos dulu dooonkkk.” Jadilah gua bertos ria bareng si jentong, sambil bersama-sama mengibarkan bendera IPS dan teriak teriak “HIDUP IPS! HIDUP IPS!”

Hari kedua. “Mar, Lo ips ya?” Si gigi renggang nanya ke gue. gua diem sebentar. Aduh apa ya? kok gua jadi bingung sih? kok gua bingung?? Gimana donk? Jawab apa nih?

“Errr, IPS sih. tapi… yah IPS kok. Gua milih IPS kok. Pokoknya IPS.” (sedang meyakinkan diri sendiri)

Kenapa gua jadi goyah di hari kedua. Gua punya beberapa pertimbangan. Oke,gua ga akan memungkiri bahwa anak IPA lebih dipandang. Di manapun, kalo di ijazah kita tertera IPA biasa kita udah langsung dapet label. “Mantan anak rajin”. Yah kan gua bilang mantan. Karna untuk bisa masuk IPA itu dibutuhin KERAJINAN. Dan target gua itu UI loh UI!! Gua rasa jurusan pengaruh.

Dan juga. Gua ga bisa hapalan. Hapalan gua parah. Itungan gua lumayan. Memang di IPA ada hapalan. BIOLOGI. Dan semua nilai biologi gua itu jelek, hancur, serta lebur. Gua sekarang mulai lemah di pelajaran kimia atau fisika ya karena gua selalu tidur pas pelajaran.

Dan apalagi. Di malam itu (kembali ke paragraph paling atas) gua chatting lagi sama si senior gua si anak IPA. Monkey!! Dari jamannya gua mau masuk SMA 1, dia emang lebih nyaranin gua untuk di IPA. Dan gua selalu menentang dia abis-abisan. Dia itu salah satu kaum IPA yang hobi menghina anak IPS. Liat aja di blognya. Beuh, kayaknya IPS tuh rendah bener dah. Yang gua bingung, kenapa sekarang gua kayak kehabisan kata-kata lagi untuk menentang dia. Hingga akhirnya gua telan bulat-bulat semua pertimbangan dia kenapa gua harus memilih IPA, kenapa ga IPS.

Satu, memang gua bilang gua ga boleh meng-underestimate-kan anak2 IPS, tapi marilah kita semua akui. IPS itu seperti kelas sisaan, yang ga bisa masuk IPA pasti masuk IPS.dan kenapa pada ga bisa masuk IPA? Karena kebanyakan otak mereka ga mampu menyerap pelajaran IPA. Atau karena mereka anak-anak males. Jadi coba bayangkan, gua MARISA JAYA yang males ini berkumpul di tengah lingkungan bejat dan males juga. MAU JADI APAA??

Dua, dengan kehadiran gua di IPA, gua pasti akan terpacu untuk menjadi rajin. Ga mungkin kan gua bangga melihat ranking gua yang ada di urutan paling bawah? Pasti itu akan memacu gua untuk bekerja lebih keras dan lebih keras lagi hingga akhirnya sifat males gua itu hilang.

Tiga, kalau gua di IPA, gua pasti akan menjadi lebih pintar. Karena gua rajin. Gua akan dipaksa untuk memakai logika dan semua kemampuan hitung-menghitung gue. tentu, ini berguna untuk jurusan hukum gua nanti, dan kata guru matematika gua, mat IPA dan mat IPS tuh beda. Yang di IPA jauh lebih susah. Cih, untuk anak sepeti gue, gua akan memilih yang lebih susah deh ya. gua kan anak pintar. yang jelas ilmu gua bertambah lah.

Empat, kata senior gue anak-anak IPS pada mabok semua pas UAN, bahan ulangannya banyak. Cara belajar merekapun ga santai lagi. Karena mereka itu HAPALAN, jadi butuh konsentrasi, sedangkan IPA, kita bisa belajar rame-rame dan saling ajar mengajari, oke gua ga terlalu concern di bagian ini.

Lima, semua keluarga gua itu menganggap gua anak paling bontot yang juga paling bodoh. Sedangkan mereka semua anak IPS. Jadi coba bayangkan gua menjadi satu-satunya anak roti yang masuk ipa? Bangga kan, kalo kata senior gua. “Ayo Mar, break the rules!!”

Enam, gua masih pengen bergaul dengan teman-teman pintar gua dulu. Gua pengen duduk sama anak pinter. Pokoknya gua pengen ketularan pintar. Dan itu hanya bisa gua dapatkan di IPA.

Tapi sebenarnya begini, gua Cuma membuat keputusan dengan mencoret angket. Itu KEPUTUSAN GUA LOH YA. bukan keputusan sekolah, yah dengan kata lain. Belom tentu gua bisa masuk IPA. Karena gua sudah mendoktrin diri gua selama ini bahwa GUA HARUS IPS, jadi gua santai2 di IPA.dan banyak nilai gua yang anjlok anjlokan. Sedih ya?

Waktu gua mengungkapkan itu ke senior gue, dia bilang gini. “Yah, itu urusan nanti. yang jelas sekarang lu pilih dulu IPA. Yang penting lu ga penasaran. Jadi nanti lu ga bakal menyesal dan bilang ‘yah, andai dulu gua pilih IPA, pasti gua tau rasanya jadi anak IPA’ dan kalau ternyata lu jatuh ke IPS, yaudah.”

Ya, baca artikel gua yang the best choice. Semua ini tentang cara menjalankan pilihan tersebut dengan baik. Jadi, ga ada bedanya dari IPA. Kalau sampai gua jadi anak IPA nanti, gua akan menjalankan kehadiran gua di IPA dengan sebaik-baiknya. Sehingga gua tidak menyesal dengan pilihan IPA gua nanti. HIDUP IPA. Eh.. HIDUP IPS JUGA! HIDUP DUA-DUANYA!!

5 komentar:

Anonim mengatakan...

apa karena gue ada di dalamnya atau memang karena faktor lain, tapi gue merasa tulisan lo lebih rapih daripada sebelumnya. dan gue berhasil membaca kata per kata baris per baris sampe habis yang udah jarang gue lakukan.

selamat. selamat.

salam ipa!

Marisa Roti mengatakan...

Karena lu ada di dalamnya dan 6 faktor pendukung.
HAH? Waw hebat. Keajaiban, lu mau baca BARIS PER BARIS. Akan gw lanjutkan cindy margareth. Tulisan gw kan memang harus berkembang.

keke mengatakan...

gak ada yg lbh mudah, gak ada yg lbh susah. IPA dan IPS sama ribetnya Dek, sama2 menuntut konsentrasi.

menurut pengalamanku jd anak IPS hampir 11 thn lalu (wuihh!), wajib rajin baca. kalo belajarnya nabrak2 pas mau ujian doang, yah slmt tinggal deh.

enjoy your last year yah!

Marisa Roti mengatakan...

BETUL ITU TANTE. HAHAHA..
Memang harus rajin.
Masalahnyaaa, kebanyakan anak ips itu santai. Bukan tipikal2 murid rajin. Haha. Ya ga semua. Tp mayoritas.

Beuh. Tp tante lulus donk? Hahaha. Tante s emank sk bc. Tp yg "H" gt deh.

keke mengatakan...

ya lulus lah. kalo gak lulus, aku pasti sudah tinggal nama tnp raga krn dimutilasi bpkku.

mayoritas anak IPS santai krn menggampangkan. pikirnya kan cuma hapalan doang, bisa laaah. gitu kan? kmu jadilah minoritas kalo memang mau masuk IPS.

aku dulu pilih IPS krn benci sains (kecuali Kimia), tapi IPS jg bkn krn pelarian. sejak SMA aku pengen bgt kuliah di jurusan Komunikasi dan pelajaran kelas IPS lbh mendukung.

waktu UMPTN, pilihan pertamaku Komunikasi & pilihan kedua Sastra Inggris. I did it... meski baru berhasil di percobaan kedua.

"H" apaan, Dek?