Jumat, 09 April 2010

Gloomy Sunday

Sunday is gloomy, my hours
are slumberers
Dearest the shadows I live with
are numberless
Little white flowers will
Never awaken you
Not where the black coach
Of sorrow has taken you
Angel have no thought of ever returning you
Would they be angry if
I thought of joining you?

Gloomy Sunday

Gloomy is Sunday, with shadows
I spend it all
My heart and i
Have decide to end it all
Soon there’ll be candles
And prayer that are sad I know
Let them not weep
Let them know
That I’m glad to go
Death is no dream
For in death I’m caressing you
With the last soul of my soul
I’ll be blessing you

Gloomy Sunday

Dreaming, I was only dreaming
I wake and I find you asleep
In the deep of my heart, here
Darling, I hope that my dream
Never haunted you
My heart is telling you
How much I wanted you

Gloomy Sunday


Sayup-sayup terdengar lantunan melodi berirama yang berasal dari biola. Terkesan dalam dan penuh keputus asaan. Dan gue serius. Lagu gloomy Sunday ini bahkan di sebut lagu Suicide. Lagu ini telah membunuh banyak orang. Ini yang gue sebut.. karya mistis.

Konon katanya, jika kita terlalu menghayati atau berulang-ulang mendengar lagu ini, maka maut akan segera menggoda kita, nangkep maksudnya? Maut akan menggelitik tangan kita dan jiwa kita, untuk segera menghadapnya. Bunuh diri.

Lagu ini merupakan ciptaan dari seorang pianis sekaligus Komposer hungaria bernama Rezs Seress dan di beri judul Szomoru Vasarnap, artinya Gloomy Sunday pada tahun 1933. Yang gue dapet dari lagu ini adalah, keputus asaan. Oke, baca ulang teks di atas. Hayati maknanya, pasti baru bisa nangkep. Karena awal-awal gua ngedenger lagu ini, gua pun juga ga begitu nangkep maksudnya, lalu gua baca ulang terus teksnya hingga gua menangkap kata-kata yang sarat akan kesedihan dan keputus asaan.

Lagu ini di angkat dari puisi dari seorang pujangga Lazlo Javor dan berlatar belakang seorang penyanyi yang mati akibat depresi karena kematian kekasihnya lalu bunuh diri. Dan faktanya, setelah lagu itu dirillis oleh resz, Laslo Javor sang pengarang meninggal.

Karena bunuh diri.

Pada 1968, saat lagu ciptaannya itu sedang booming dan di pasang di radio-radio, Resz sang pencipta lagu, meninggal.

Bunuh diri dengan melompat dari jendela apartemennya.

Sebelum meninggal, Resz pernah mengungkapkan bahwa lagu yang sempat menjadi hits ini mewakilkan kepedihan hatinya karena entah mengapa dia tahu bahwa dia tidak akan pernah lagi membuat hits kedua. Lagu itu sudah menambah keputusasaan nya tentang hidup.

Semenjak awal di ciptakannya lagu itu, banyak kasus bunuh diri. Termasuk saat Billie Holiday menyanyikannya dan menjadi hits besar dimana lagu ini diputar di berbagai stasiun radio dan tercatat. Angka bunuh diri meningkat pesat saat lagu ini diputar. Stasiun radio BBC Inggris bahkan mengeluarkan ultimatum bagi stasiun radio untuk tidak mengkumandangkan lagu tersebut secara umum. Dan Gloomy Sunday menjadi sebuah legenda.

Selain itu Billie Mackenzie vokalis band The Associate pada tahun 1997 yang mengcover lagu Gloomy Sunday versi Billie Holiday mengakhiri hidupnya di rumah ayahnya di Dundee.

Ngomong-ngomong, ini sudah 15 kalinya lagu Gloomy Sunday melantunkan alunan-alunannya melalui speaker handphone gue. Hanya lagu ini dan suara jari gue yang beradu dengan keyboard yang memenuhi kamar. Semakin gue mendengar lagu ini, semakin aneh lah otak gue. Lagu ini merasuk betul ke dalem hati gue. Gue pikir biar dapet pas gue nulis di blog makanya gue ulang-ulang terus lagunya. Apakah gue akan bunuh diri? *merinding boy*

Gloomy Sunday
Will kill you
If just
You believe

69 komentar:

PRofijo mengatakan...

melu mrinding....

cidtux mengatakan...

untungnya gak suka lagu

Mhaya Putri mengatakan...

hahhaha jangan bunuh diri lah,.sayang ini blog nanti siapa yg nulis lagii,.
blm denger lagunya, pngn denegr juga,.smoga ga terjadi apa2,. :)

Kitashima Ayano mengatakan...

my favourite song XD

dicky boy mengatakan...

aduh abis denger nih lagu berulang ulang,,,,,tangan kanan ini mulai gemetaran kepala ini mulai gelang geleng

Marisa Roti mengatakan...

Mhaya: hiks hiks, iya saya ga bunuh diri. masa depan masih panjuaaaanngg.

Kitashima: wow. mngerikan favourite song nya

dicky: kenapa ga sekalian pasang lampu kerlap-kerlip sambil geleng terus nyanyi "cinta satu malam. oooh oooh oooh.." pan asik tuh. pasti ngedance nya jadi pull pake geleng segala

toMy mengatakan...

lucu klo percaya ma ginian mending mikir masa depan yg masih panjang...

wachyu mengatakan...

bodoh itu kata yg pantas utk orang yg gak mau denger lagu hanya karena takut bunuh diri....
ini hanya menunjukkan bahwa otak manusia itu sangat mudah dipengaruhi secara sadar atau alam bawah sadar...
jadi selamat datang di dunia yg penuh kemunafikan....
hehehehehehehe

Anonim mengatakan...

Hi Marisa! I found your blog while searching for this really emotional song for me "Gloomy Sunday". Thank U for writing about this; and please allow me to copy the lyrics, ya? It has such a deep effect on me, since it was sung by a VIP person right before me with his guitar on our farewell. Sigh...
U're a very smart person, I should tell U!Your writing just sparks & touches the core. So relieving that young people are like this in this country already!!
Keep on writing good stuff & enjoy being young, always!

From not a so young in age who always feels young ;')
~REAL~

kurdiSA mengatakan...

iy sih gw juga dengernya aj merinding....

lagunya aj putus asa....
parah tuh....

ckckc...

Luthvi mengatakan...

dilihat memang lagunya ngeri. tapi bunuh diri hanya untuk orang yang putus asa.

ichamami mengatakan...

ajiiiiiib nich lagu merinding apalgi klo dengerin lagunya sambil ada cahaya lilin aj...
beuh bsk pagi jd rumah hantu kaliya..

kidnapper mengatakan...

I think it's a good song to sleep. because there is no song that was created to suicide

diphtegh mengatakan...

kalo kamu bunuh diri kasih tau yaa

Marisa Roti mengatakan...

iya entar gue samper ke rumah lo..

Anonim mengatakan...

Cuma Mau nanya aja nih gan, Ada Efek Apa setelah Dengerin GLOOMY SUNDAY berulang kali?

Marisa Roti mengatakan...

hnngggg... secara teorinya, kalo lo terus mendengar lagu ini berulang-ulang, lo bisa terhasut untuk bunuh diri. tapi itu hanya mitos sepertinya, secara gue suka banget denger lagu ini.

asal punya iman sih,, ngapain takut.

Anonim mengatakan...

beh,aku blum dengrin tuh lagu, belum terlalu negok liriknya, uda merinding gara2 nengok koment2 di blog ini...ngeri boo... hooohoohoo

Praptomowow mengatakan...

kadang emang kalo disesuaiin dengan kondisi hati ato perasaan, musik bisa mempengaruhi alam bawah sadar kita... aku dengerin berulang2 juga gapapa, soalnya lagi gak ngrasa putus asa.. testimoni yang diberikan oleh khalayak pada lagu ini juga sangat berpengaruh...

Anonim mengatakan...

saya suka bgt ni lagu, terutama yang versi Bjork... mmhh... gag pengen mati tuh... hehe..

Syifa mengatakan...

saya memang belum pernah mendengar lagu gloomy sunday, tapi sepertinya memang emosi-lah yang menentukan pilihan :)

Yunitha Saimima mengatakan...

Temenku Pernah dgr Lgu ini.. Dan efeknya Langsung pusing-pusing. Trus sorenya tiba-tiba dia jatuh pingsan. Wauuw ! Lantunan suara maut !

Yunitha Saimima mengatakan...

Temenku Pernah dgr Lgu ini.. Dan efeknya Langsung pusing-pusing. Trus sorenya tiba-tiba dia jatuh pingsan. Wauuw ! Lantunan suara maut !

Marisa Roti mengatakan...

hah serius looooo?????? dahsyaaaaattttttttt.....

Anonim mengatakan...

Hmm... jadi inget waktu pacaran dulu sempet suka bener sama lagunya User yang judulnya Separated. eeeh gak taunya gak lama kita putus dah hahahahahha :)

Anonim mengatakan...

Lagunya patut diapresiasi, bagus banget...

Rahmi Andriyani mengatakan...

saya sudah denger.. dengan versi yang berbeda-beda dan berulang kali...
tapi tetep ngga merasa apa-apa..

Karena saya ngga ngerti apa isi lagunya..

hehehehe

Anonim mengatakan...

hmmmm....sptnya harus pnya iman yg kuat untuk mndengarkan lagu ini.

Anonim mengatakan...

hmmm...kyknya butuh iman yg kuat agar terhindar dari perbuatan konyal.

Anonim mengatakan...

really suicide song..hemm

Fay_Bay mengatakan...

wah..
aku suka banget nih lagu..
apalagi yang dinyanyiin sarah mclachlan..
tapi vers" yang lain juga gak kalah deh..

kayak versi Szomoru Vasarnap, Sombre Dimanche, Triste Domingo, Einsamer Sonntag.. dsb..
pkoknya bagus banget dah.. :)

Anonim mengatakan...

Waaah... Blh tuh, gw demen bgt ma lagu jadul barat, mna thn 33... Gw prnh dgr lgu'a di on the spot tp kyk'a bkn b.inggris, g ngrti bhsa'a aja krsa bgt aura kematian'a yg trpncar dri musik'a dtmbah suara pnyanyi'a yg rsa'a gw ngrti mksd dia brnyanyi...

Rizky Delson mengatakan...

.untuk lebih jelasnya anda artikan dulu lirick lagunya lalu anda hayati maksud dari kata2 tersebut....
maka tanpa anda sadari hati anda bergetar&ikut akan yang di rasakan oleh pengarang lagu....
(-___-)

Anonim mengatakan...

Gue suka bgt sma lagu ini..w sih berharap berani buat bunuh diri selama w hayatin lagu ini 'gloomy sunday',tp sayang itu gkk ampuh buat w..percaya gkk percaya sma legenda ini tp w bener2 suka sma lagu ini.like it,.

Anonim mengatakan...

pengen dengerin lagunya, tapi takut.

Anonim mengatakan...

ahh pada lebay nih.
sy suka menghayati lagu ini dan mlah suka dputar trus. tpi gda effek apa2 kok.
mlah enak ddenger lagunya..

Addaf mengatakan...

tipe originalnya sekarang dah di tarik dari peredaran , bahkan arsip aslinyapun dah hilang...
yang beredar sekarang ini kebanyakan beberapa versinya....

Addaf mengatakan...

dari dulu lagu itu udah di hilangkan .. bahkan arsip aslinya pun sudah ga ada,
sekarang sudah banyak beredar banyak versi !!! rasanya jelas beda

Unknown mengatakan...

lagunya enak wat tdur....

moo dudulz mengatakan...

duduk di atap rumah mendengarkan lagu itu bersama sebatang rokok dan sebotol bir ... rasanya emang pengen bunuh diri bgt .. apa lagi pas galau gitu ... hihihihihi

moo dudulz mengatakan...

ndengerin lagu itu sambil memegang sebatang rokok dan ditemani sebotol bir .... wah ..... mengandung kane looop ... apa lagi pas galau galau gini ....

Anonim mengatakan...

pngn dnger tp males.abis qalo ga sengaja bunuh diri semua dosa qan qaqa :3

alexis mengatakan...

Jangan bunuh diri coy nanti gak bisa ngerasain ikin anak loh.....

alexis mengatakan...

jangan unuh diri coy
nanti gak ngera sain bikin anak loh....

Adrian Noor - 211180220 mengatakan...

Keren Banget Lagunya Bro... GALAU abiz dah...

niss mengatakan...

barusan aku abis denger lagunya dan I'M STILL ALIVE! :D sempet doa dulu sih sebelum denger lagunya u,u

kurn45 mengatakan...

Sebelum denger Gloomy Sunday siapkan bahan dan peralatannya dulu seperti gunting, tali tambang, silet dan sebotol bay*on :P

AR.t.i.s.t.i.k Spanram mengatakan...

laguny enak didengar untuk pengantar tidur

AR.t.i.s.t.i.k Spanram mengatakan...

lagunya enak baangeeet so sweeeet

Jalan-jalan ke Tempat Wisata mengatakan...

padahal lagunya enak banget ... tapi sayang kalimatnya galau abis... cuma biasanya kalau denger lagu ini seserem apapun kaya denger orang nyanyi sambil cengeng.. Karena saya anti sama orang cengeng jadinya efek dari lagu ini bikin ngantuk berat *BORING

zShara Aurora mengatakan...

minta lagunya bole?
aku uda cari lagu ini gara" penasaran :D

Aris Syarif mengatakan...

wah ane tmbah semangat malahan..
kepala angguk2 tangan di atas..

Anonim mengatakan...

seremm.

zatsune mengatakan...

ak udah denger ni lagu..
pianonya ya kyk lagu2 jadul lainnya, malah kyk di kartun2..
malah mirip ost nya film horor..
hag hag hag
XD~

ijin copas lirik ya....

Anonim mengatakan...

Hey, maybe i was kinda of too late when i'm reading this. But thanks anyway for posting and writing this. I just want to tell you about this song, i think Resz Stresse wasn't depressed about how he wouldn't make another hit after this song, but he was depressed about the age when he lived (as you knew, he lived in Post-War Era) where there were many influences of fascism around Europe. And Post-War Era was so depressing period filled with starvation, poverty, and so on. So i think he suicide himself because of it, not because the song. And about the suicidal cases, i think it depends on how people interpreted the lyrics. This far, it hasn't proved yet that Stresse died because of this song :-)
I didn't mean to be offensive, i just want to straighten things, since i kinda appreciate how the artist described his depression through a song.

Anonim mengatakan...

ini yg buat blog uda mati belom yaa??asal slalu berpikir positif jg ga ngaruh mau denger atau nyanyiin ini lagu berapa kali

Anonim mengatakan...

Ane punya versi sarah brightman. Salah satu lagu favorit meskipun sedikit serem dengerinya. Tapi ok ok aja kok :)

Anonim mengatakan...

saya suka juga lagunya,
tp slalu aku selingi dgn lagunya gregorian ''the gift''
biar gk merinding

Anonim mengatakan...

gw gak percaya gini-ginian .

Anonim mengatakan...

aduh gloomy sunday versi sarah brightman,, gw malah jd horny dengarlagunya..... abis suara nya mancing bgt..... hahahaha

Anonim mengatakan...

itu mah lagu pengantar tidur q yang paling mantap. buktinya udh 3 tahun dengerin itu lagu tiap malem juga gk terjadi sesuatu tuh sama aku.

berarti itu tergantung orangnya masing2 bro.

Khalishah A. Putri mengatakan...

Penasaran mau denger lagunya.. tapi kok tiba2 badan jd gatel2 gimanaa gituu

Khalishah A. Putri mengatakan...

mending tobat dlu dehh klo mau denger lagu inii

Anonim mengatakan...

hmm,pernah sih sekali dengar nih lagu,rada2 serem gitu soalx penyanyinya ngehayatin banget,tp yg versi hungarianya,abis aq pnasaran stelah lihat di on the spot

Anonim mengatakan...

lg d atas it udah d gubah yg aslinya atw ori udah g ada, kalo ada jg itu cma kopi-annya
karena bnyak yg bnuh dri jd liriknya d gubah tuh.
versi hungaria

Anonim mengatakan...

Hi Marisa

Ini lagu asli dlm bahasa Hungaria:

Szomorú Vasárnap
Szomorú vasárnap száz fehér virággal

Vártalak kedvesem templomi imával
Álmokat kergető vasárnap délelőtt
Bánatom hintaja nélküled visszajött
Azóta szomorú mindig a vasárnap
Könny csak az italom kenyerem a bánat…

Szomorú vasárnap

Utolsó vasárnap kedvesem gyere el

Pap is lesz, koporsó, ravatal, gyászlepel
Akkor is virág vár, virág és - koporsó
Virágos fák alatt utam az utolsó
Nyitva lesz szemem hogy még egyszer lássalak
Ne félj a szememtől holtan is áldalak…

Utolsó vasárnap

— László Jávor original Hungarian version

yg ini adalah arti kalau di bhs.inggris :

Gloomy Sunday
Gloomy Sunday with a hundred white flowers
I was waiting for you my dearest with a prayer
A Sunday morning, chasing after my dreams
The carriage of my sorrow returned to me without you
It is since then that my Sundays have been forever sad
Tears my only drink, the sorrow my bread…

Gloomy Sunday

This last Sunday, my darling please come to me
There’ll be a priest, a coffin, a catafalque and a winding-sheet
There’ll be flowers for you, flowers and a coffin
Under the blossoming trees it will be my last journey
My eyes will be open, so that I could see you for a last time
Don’t be afraid of my eyes, I’m blessing you even in my death…

The last Sunday

literal English translation

Tidak lama kemudian, muncul kasus bunuh diri yang tidak bisa dibilang sedikit. Tidak lama setelah kematian kekasih Lazlo, seorang pegawai negeri Hungaria menembak dirinya. Mayatnya ditemukan dalam posisi menelungkup diatas lirik Gloomy Sunday.

Selain itu, terjadi percobaan bunuh diri yang dilakukan seorang gadis. Ketika terpergok, mengalun lagu Gloomy sunday. Kondisi menjadi tidak terkendali, pemerintah Hungaria pun melarang pemutaran lagu ini di tempat-tempat umum. Lagu ini disalahkan karena kasus bunuh diri meningkat. namun, ketenaran lagu ini sudah mencapai negara-negara lain. akhirnya, lagu ini sedikit diubah oleh pemerintah Amerika. Jadi lirik yg kamu tempel itu lirik GLOMY SUNDAY yg sdh diubah oleh pemerintah USA dan itu pun masih ada yg bunuh diri.


sumber: http://sejarah.kompasiana.com/2011/02/09/gloomy-sunday-death-song-340812.html

Destian Gilang.S mengatakan...

tapi lagunya beneren enak kok

Paramesti Safa mengatakan...

Saya baca liriknya aja udah merinding nih...
Kayaknya butuh keimanan yg kuat buat dengerin lagu ini

Paramesti Safa mengatakan...

Saya baca liriknya aja udah merinding nih...
Kayaknya butuh keimanan yg kuat buat dengerin lagu ini