Kamis, 23 Juni 2016

Imas

It should be a good day. Hari ini gue sidang skripsi. It should be a good day but I cried. Gue nggak bisa jelasin kenapa-kenapanya. Lagian bakal jadi ga relevan juga sama judul gue di atas. Gue paling ga suka nangis di tempat umum. Ya, karena malu-maluin. Jadi gue akan pergi ke pojokan dan diem sendirian.


Gue dulu pernah nulis tentang sahabat, dan gimana ga percayanya gue sama sahabat. That, kalo guna sahabat Cuma buat nawarin tissue dan ngapus air mata, orang asing juga bisa. But maybe not this time.

Gue sering cerita soal Imas, temen kuliah gue dari semester satu. And how she is the best person I know. Di balik sifat centil, tengil, dan suka kentutnya itu. I don’t know any person who’s more caring, more genuine, than her.

So I cried, tadi. Imas nyamperin, Cuma nepuk-nepuk pundak terus nyender di gue. Sambil bilang, “Kenapa, Mar? Kangen bokap? Tadi sidang oke-oke aja, kan?”

She just knew.

“Nggak, gapapa, Mas.”

“Elah, cerita aja jangan dipendem. Mati lo lama-lama.”

So I told her what had happened.

Imas nyemangatin dengan gaya-gaya alaynya itu. “Udah jangan diambil hati, Mar. Lo semangat aja pokoknya. Bokap juga pasti seneng kok, lo udah ngelakuin yang terbaik buat skripsi lo.”

Honestly, kata-kata kaya gitu. Semua orang juga bisa ngucapin. “Semangat”, “Tabah, ya.”, atau “Tenang aja ada gue.”

Tapi cara tulusnya Imas yang gue udah familier banget itu yang bikin gue bener-bener nyadar, dia emang temen yang bener-bener care sama gue. My best buddy, best person.

Yang gue nggak perlu ngerasa insecure that one day she’ll get mad at me lalu ngejahatin gue balik. I just think I have to write this karena bentar lagi gue (kita) bakal ninggalin dunia perkuliahan, nggak tau kehidupan selanjutnya bakal kaya apa. Nggak tau bisa ketemu dan temenan lagi atau nggak (friendship rule number 1: jangan berekspektasi) (padahal mah kantor bakal deketan juga entar).

I know melancholy is striking my nerve. Jadi entah kenapa tulusnya Imas jadi bener-bener kerasa, dan karena gue emang lagi butuh temen kaya Imas. Imas selalu tau kapan harus ada buat temen-temennya. In this case bukan Cuma gue. Louis, Fardi, Eki, Thomas. Temen-temen SMAnya. Gue belajar tulus buat temen dari Imas.

Sedihnya bahas soal Imas, sama kaya sedihnya kalo bahas soal orangtua gue. Yang mereka udah ngelakuin banyak hal buat gue, tapi gue kayanya belum pernah ngebales apa-apa. Kalo boleh diitung, bahkan mungkin gue udah nggak bisa ngitung berapa kali gue jahat atau tanpa sadar nyakitin hatinya Imas. Sama kaya gue nggak bisa ngitung udah berapa kali Imas baik sama gue.

Kalo Imas nangis, gue juga nggak bisa ngehibur. Nggak tau gimana caranya, jadi kalo dia nangis suka gue diemin aja karena nggak tau gimana ngehiburnya.

Gue sama Imas juga bukan yang ketemu terus nyambung setengah mati. Mungkin Imas lebih nyambung sama Eki, sama kaya gue lebih nyambung sama Marry. Kadang gue suka mikir, pertemanan itu terbatas di “nyambung atau nggak nyambung”. Imas beda. Biarpun kadang kita suka ga nyambung-nyambung banget, Imas tetep jadi temen gue dari semester satu. Tetep ada waktu gue susah, biarpun kadang gue suka lupa buat ada kalo dia lagi susah.

I wrote this mainly, karena gue mau suatu hari nanti gue udah ngejar impian-impian gue, gue baca postingan ini, dan inget pernah punya temen kaya Imas, yang udah ikhlas memaklumi keanehan-keanehan gue dengan tangan terbuka. That besfriend, at some point in your life may exist to help you with something and vice versa. Figuring yourself out, drag you out from depression and stuff. Anything. Doesn’t mean it has to be forever, but for you to appreciate it at that moment.

Kalimat terakhir Imas tadi waktu lagi hibur gue, “Mar, 4 tahun kuliah baru pertama kali gue duduk di sini (balkon kampus), ternyata kampus kita kaya rumah susun ya jir.”

Auk ah, Mas.

P.s. Pokoknya, Mas. Cari cowo yang bener, yang tahan sama kentut hina lo itu. Because you’re too good for a jerk. Any jerk.


P.s.s. Gue nulis ini sambil nangis juga. Ini gue dateng bulan kayanya jadi cengeng.

Tidak ada komentar: