Rabu, 15 Oktober 2014

How to Be A Better Friend (For Those Whom You Trust)

Kenapa judulnya seperti di atas? Kalau lo pernah membaca betapa songongnya gue tentang “berdiri sendirian”, maka lo akan ngerti bahwa gue benar-benar nggak mengerti “How to...” berteman sama orang lain. Terutama karena teman gue semasa SMA tempat gue sharing dsb juga sama mandirinya kayak gue.


Gue selalu menghindari kebiasaan untuk clingy sama orang lain. Kemana-mana ditemenin dan sebagainya. Selama gue bisa melakukan itu sendiri, maka gue akan lebih memilih untuk sendirian. Dulu gue berpikir ini masalah ada pada diri gue sendiri, karena gue terlalu songong untuk bergerombol sama orang lain, minta bantuan orang lain, dan sebagainya.

Semester ini pernyataan seperti dua paragraf di atas itu gue buktikan salah.

Adalah kesulitan gue untuk memercayai orang lain itu yang bikin gue masang tembok setinggi bendungan tsunami. Tembok tinggi itu yang bikin gue enggan untuk meminta bantuan orang lain ataupun bergerombol kesana-sini sama orang lain. Lama-lama hal itu jadi kebiasaan gue.

Gue inget wejangan dari seorang temen gue yang umurnya jauh di atas gue,

“Rot, lo nggak nyaman sama temen-temen kuliah lo ya?”

“Errr, nggak juga sih kak. Kenapa ya?”

“Gapapa, keliatan aja. Gue dulu jaman kuliah tiap abis liburan bawaannya seneng banget pengen masuk, bisa ketemu temen-temen. Elo kayaknya bete banget kalo abis liburan gini masuk kuliah.”

Alasan satu, tentu saja tugas. Jurusan gue bukan jurusan dimana lo bisa ngeroll rambut sambil ngikir kuku dan hairdryer bulu kaki di kelas. Bukan jurusan dimana lo bisa datang pake sendal jepit dan tas gym (karena tujuan ngampus bukan kuliah tapi ngegym). Bukan jurusan dimana ketika lo malas ngerjain tugas maka lo bisa ngilang seenaknya ngerokok-ngerokok di bawah pohon depan gedung kampus. Jurusan gue bukan jurusan macam itu (no offense ya buat yang merasa jurusannya kayak gitu, I’m just stating the fact).

Kedua, mungkin kata si kakak itu memang benar. Ini kalimat terakhir yang dia ucapin yang bikin gue berpikir keras,

“Jangan gitu. Gimana individualisnya elo, elo tetap harus punya teman untuk jadi pegangan.”

Teman pegangan bukan berarti teman-teman yang sering jalan sama elo. Sering becanda sama elo. Sering ngegosipin orang bareng sama elo. Itu bukan temen, itu “gerombolan” seperti yang gue maksud.

Definisi gue untuk teman-teman yang bisa jadi pegangan adalah orang-orang yang bisa gue percaya untuk bahkan sekadar sharing kejadian sehari-hari gue. (Percaya deh, gue jarang banget masuk kampus trus tiba-tiba “Eh tau gak tadi pagi...” jarang. Kecuali sama temen-temen tertentu aja).

Untuk orang sepelit gue, seperhitungan gue, gue rela ngebantu temen selama gue mampu dalam bentuk uang ataupun tenaga. Karena gue percaya sama orang itu, dan gue sadar momen gue bisa percaya sama orang lain sampe ngasih tau rahasia-rahasia gue (Gaya beud lu mar pake rerahasiaan segala), adalah orang yang bisa gue pegang. Karena gue nggak harus mikir dua kali “Kalo gue cerita ini, disebarin gak ya,” atau “Jangan-jangan dia jatuhin gue nanti setelah gue cerita ini.”

Insting gue nggak pernah salah.

Karena sejak semester satu, orang yang gue percaya memang masih “pantas” untuk gue percaya hingga hari ini. (namanya beberapa kali gue mention di blog, atau postingan zodiak gue. HAHAHA).

Sebetulnya dari dulu gue memang udah sadar teman macam apa yang bisa dipercaya, Cuma kebiasaan gue untuk “mengenyahkan” rasa percaya yang gue anggep semu itu yang bikin gue defensif lagi.

Kuliah, nemuin orang-orang menjijikan yang nusuk-nusuk dari belakang dan teman asal nemplok sana-sini itu udah biasa. At least, semester 5 ini gue sudah paham apa maksud dari si teman gue tadi mengenai “pegangan”.

Dulu gue pernah dibilangin juga sama satu teman lainnya (dan ini teman nulis gue) tentang attitude gue yang jelek. Gue sampe membutuhkan dua hari penuh untuk mikirin apa iya attitude gue jelek ke temen (yang pada saat itu gue pikir “mungkin” penting buat gue) main gue. Gue baru sadar, attitude gue akan baik ketika gue yakin orang itu pantas untuk merasakan attitude baik gue. Karena gue bukan orang yang ngerasa punya kewajiban untuk nyenengin semua orang, terutama ketika gue nggak ngerasa orang-orang itu pantas. Yes, I just simply don’t give a shit to anyone who dont deserve.

Dan rasanya cukup menyenangkan ternyata, ketika hal sesimpel “lo pengen beli es krim di kantin.” Dan lo punya teman untuk sekadar nemenin lo. Gue Cuma baru sadar aja, itu bukan clingy, itu Cuma tanda bahwa lo punya mereka dan nggak harus selalu sendirian.

Gue juga baru sadar, percaya itu kunci untuk gue bisa nerima kejelekan orang lain atau ada ketika dia susah. Karena gue juga percaya teman gue siap melakukan hal yang sama.

I don’t believe that today (any day) i would say this, but I’ll keep those who matters and fuck them who don’t.

P.s. untuk cowok ganteng dan cewek cantik yang bikin gue posting ini, semoga bahkan ketika kalian berdua berubah gue tetap siap nerima perubahan kalian. (semoga persepsi gue di atas juga nggak berubah sampai kita semester 8 nanti).


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah gue tau nih siapa si ganteng dan si cantik ini hahahahahahahaha