Selasa, 28 Januari 2014

Menginginkan Secara Penuh

Buat gue, ya. Istilah “Kalo dapet syukur, kalo gak dapet yaudah.” Itu merupakan kalimat konyol yang ga jelas posisinya dimana. Mau sih mau, tapi pasrah-pasrah gak mau, iya juga. Bukannya gue gak pernah ngomong kayak gitu, gue juga pernah. Tapi gak pernah jujur, karena pilihannya Cuma dua. Mau atau enggak.


Analoginya begini, lo pengen punya scooter baru. (INI KENANGAN MASA KECIL DIMANA GUE PENGEN PUNYA SCOOTER KAYAK TETANGGA GUE). Ehem. Lo pengen punya scooter baru, dan lo ditanya sama nyokap lo. “Jadi, mau dibeli gak?”

Dalem hati lo pengen banget, tapi kemudian kalimat yang keluar adalah.. “Terserah.”

Lo mengucapkan kata “Terserah” yang gak tulus dari dalem hati, maksud gue, kalo lo beneran dibeliin scooter itu lo akan seneng, tapi kalo lo gak dibeliin, bakal kecewa berat. Ya gak? Meskipun kata yang lo keluarkan adalah.. “Terserah.”

Pemikiran bahwa kalimat pasrah akan menyelamatkan lo ketika lo gagal, ya itu bener juga, sih. Makanya kadang-kadang gue juga suka ngomong kayak gitu, supaya ketika gue beneran gak dapet gue gak perlu malu karena di awalnya gue berusaha gak menunjukan antusiasme gue bahwa gue menginginkan hal tersebut.

Tapi itu gak membangun. Lo gak termotivasi untuk mendapatkan apa yang lo mau, karena selalu ada pilihan. “Kalo gak dapet yaudah.”.

Kemarin gue nonton film (ga inget juga film apa), dimana ada adegan orang yang mau jatuh dari atap terus dipegangin sama temennya, dan ada kalimat terkonyol, paling tolol sepanjang masa hidup gue. Yaitu adalah......  “lepasin gue.”

Andai gue ada di posisi dia, dan gue beneran mo hidup, mungkin gue bakal bilang.. “Eh kampret, kalo sampe lo lepasin gue kawinin nenek lu!” biarpun katakanlah badan gue segede bagong, dan tangan lo bakal patah setelah nyelametin gue, gue gak bakal bilang kalimat sepasrah itu. Seolah-olah, “kalo selamat ya syukur, kalo enggak yaudah, nasib.”

What the...

Yang lebih konyol lagi adalah ketika si orang yang seharusnya menyelamatkan beneran ngelepasin dengan keringat bercucuran dan disusul tangisan bersimbah air mata seolah-olah itu kecelakaan. NAH ITU LEBIH LUCU LAGI! Karena setau gue, ketika manusia benar-benar menginginkan sesuatu dia akan mengeluarkan kekuatan dari dalem (ini ada di ilmu biologi, believe me, bisa dibaca disini.), ketika dia terdesak dia akan melakukan hal-hal yang gak dia pikir dia kuat. Seperti ketika lo dikejar anjing, lo akan lari lebih cepet dari seharusnya selama lo gak pasrah.

Situasi semacam itu terjadi ketika lo ketakutan, panik, atau benar-benar menginginkan hal tersebut terjadi. Jadi kalo kebetulan lo mantan korban jatuh dari atap gara-gara dilepas sama temen lo, jangan percaya kalo itu kecelakaan, seharusnya dia tahu kalo dia mampu menyelamatkan elo, atau kalau dia memang bener-bener takut kehilangan lo dan gak akan pernah siap melepaskan elo (CAELAH KENAPA JADI MELANKOLIS GENE) seharusnya dia mampu!

Gue termasuk anak yang cukup ceroboh dalam segala hal, tapi gue bertahan ketika gue mau dan merasa harus. Misalnya tangan gue licin dan gue disuruh angkat piring dari satu titik ke titik lainnya, logikanya dengan pengalaman orang seceroboh gue, piring itu pasti jatuh dan pecah, tapi karena gue gak mau dianggap ceroboh, gue bener-bener serius dan bilang dalam hati. “Piring ini pasti sampe.” Jadi tangan gue akan mengepal dan genggam piring itu sekuat-kuatnya. Biasanya gue selalu berhasil.

Lo bisa dan lo mampu ketika lo benar-benar menginginkan hal tersebut, seperti mengepalkan tangan dan mengejangkan seluruh otot lo supaya barang di tangan lo tetap terjaga. Kesimpulan gue, ketika lo gagal mendapatkan sesuatu yang lo inginkan, atau gue dalam kasus ini. Gue akan menganggap, gue belum benar-benar menginginkan hal tersebut, makanya gue gak maksimal dalam usaha gue, jadi kelanjutannya gue harus “lebih” menginginkannya.

Kalimat semacam “Kalo dapet syukur, kalo gak dapet yaudah.” Itu sama seperti “lepasin gue.” Lo gak bener-bener mau mendapatkan kehidupan lo, dan pasrah aja. Ini sebetulnya pemikiran yang muncul di gue kemarin malem setelah nonton adegan idiot di tivi itu, dan gue sekarang setuju kenapa pihak satunya ngelepasin tangannya (yang seolah-olah kecelakaan), karena kata-kata pihak yang seharusnya ditolong itu bikin yang mau nyelametin jadi ragu. Mungkin ini kalimat dalam hati sebenarnya yang kemudian didramatisir dengan teriakan.. “gak bakal gue lepasin!”,

Kalimat dalam hati:  “Eh? Lepasin? Iya deh, tangan gue juga ga kuat kayaknya narik elo, mana badan lo kayak godzila, keringetan lagi, licin coy.”

Jadi kalo ada orang yang ngetawain gue karena.. katakanlah gue gak jadi kuliah di UI misalnya. Gue akan mengucapkan, terima kasih sebanyak-banyaknya karena kemudian lo mengingatkan gue bahwa gue belum benar-benar menginginkan hal itu, makanya usaha gue belum maksimal.

Gue punya temen yang jualan roti selama setahun karena dia pengen masuk negeri, dan akan ngelakuin apapun untuk dapetin itu (termasuk nunda kuliah setahun), jadi gak ada alasan untuk gue bilang.. “Gak dikasih bokap.” Dan segala macamnya, karena toh temen gue bisa, tuh? Masalah utamanya adalah ya itu, gue gak menginginkan secara penuh.

Betewe, ini postingan Cuma buat ngingetin gue aja. Kalo gue harus....

Ngurusin badan.

Sekian.


Salam Roti!

1 komentar:

obat tradisional kolesterol mengatakan...

ini tulisannya menarik bgt.. :D
hihi