Senin, 19 September 2011

Strata Sosial

Tragedi miris gue yang akhir-akhir ini sering kepanggil guru dan dimarah-marahin udah jadi makanan sehari-hari yang sebetulnya membuat gue sedikit heran. Sejak kapan gue berubah begini drastis???? Gue gak ada semangat ke sekolah. Anyway, gue makin males dan tingkah gue mengerikan. Pokoknya awful banget.



Ceritanya kemarin itu gue lagi kesel, gara-gara sekarang gue di tetapin buat duduk sendiri di kelas. Masalahnya ironis, karena gue lagi ngobrol sama temen sebangku baru gue si Yohanes soal “thank god” dan “thanks god” waktu pelajaran bahasa inggris yang merupakan guru wali kelas gue. Lalu gue dibilang “Kamu kayaknya gak bisa duduk sama siapa-siapa ya, Marisa. Udah Yohanes pindah kesana. Duduk sendiri aja di situ, kamu.” Gleeeekkkss! Emang teguran dia ini bukan yang pertama kali. Masalahnya adalah, gue gak bisa diam di kelas. Atau efek lainnya gue bakal bosen, ngantuk dan tidur. Dengan ngobrol, gue masih bisa tersadar dan minimal nangkep 40 persen pelajaran alih-alih gue ngorok.

Tapi toh itu malah jadi masalah. Waktu kelas lagi ribut, dan gue pikir ini kesempatan gue ngobrol karena toh teman-teman yang lain juga ngobrol lagi-lagi membuat gue ditegur. Spontan gue ngomong sama Ita temen sekelas gue.

“Ta, perasaan si Della ngobrol aja guru-guru santai. Kok kalo gue yang ngobrol di marahin, ya?”

“Strata sosialnya beda, Mar.”

Kata-katamu bagai pisau menghujam jantungku.

SEJAK KAPAN STRATA SOSIAL GUE TURUN?!!! MAN! Ini fenomena alam yang sunggu mengerikan. Sejak kapan gue yang strata sosialnya berada di deret atas dan dikenal rajin mendadak jadi turun? Harga jual gue turun? Orang-orang ngetawain gue tiap gue gak bisa jawab pertanyaan. Ergh.

Tapi toh begitu memang publik. Biarpun gue bukan artis, persepsi masyarakat mudah berubah dengan satu dua pembuktian instan, tergantung gimana kita mau menunjukan image kita di depan public. Maka itu image yang gue tunjukan akhir-akhir ini gak begitu bagus. Gue pikir mungkin ini pengalaman buat gue. Dimana gue merasakan strata sosial rendah di kelas yang diisi anak-anak males tukang ngobrol dan hobi nyontek di kelas. Wer. Ini bukan yang gue harapkan sebagai kenangan *hampir* akhir tahun ajaran gue. Gue seharusnya udah bisa berpikir mengenai universitas alih-alih jadi slengekan begini.

Prediksi gue, ini terjadi selain karena faktor stress adalah gue udah bosan dengan gue yang itu. gue yang dulu-dulu. Gue Cuma nyoba jadi gue yang lain. Dan gue masih belom tau apa itu suatu keputusan yang tepat atau bukan. Yang jelas, itu merugikan! Secara gamblangnya merugikan. Bukannya selalu ada sisi positif dibalik semua kejadian? Kita ambil aja sisi positifnya dengan turunnya strata sosial gue. Contohnya………..

Belom ketemu.

Aduh udah deh. ikut kata syahrini aja. “Ini sesuatu banget yah..”

9 komentar:

Rika P. mengatakan...

udah bosen mar sekolah hampir 12 tahun :o sayapun sama, kena sindrom males segala-galanya hahaha

Anonim mengatakan...

wkwkwkkwkwkkwk sabar Mar, sabaaaar :DD
si ms. anita ye? wkwkwkw

Marisa Roti mengatakan...

rika: ahhhh eloooo!!!!! emang dasar.. murid teladan.

ano: hooo'ooohhhh... bete bete akhhh

Anonim mengatakan...

fenomena menyalahkan lingkungan (lagi).
Lo bisa aja menyalahkan teman-teman yang malas, suka nyontek, dan bla bla bla. Tapi ingat, masih ada kan teman lo yang nilainya bagus? Terus kenapa lo gak bisa?
Kalo lo bilang, "tiap orang kan beda-beda?" atau "gue nih banyak kegiatan, jadi gak fokus". Klise. Lo yang milih apa yang lo lakuin dan harus belajar menerima konsekuensi.
Kalo mulai boring belajar, saran sih, cari teman belajar kelompok.
Lo gak bisa naik ke anak tangga ke 5 kalo lo gak menaiki anak tangga ke 1, 2, 3, dan 4 sebelumnya.

HAPPY BIRTHDAY!!!
semoga sesudah umur 17 ini lo makin dewasa dan bisa lebih menghargai kesempatan. Tuhan memberkatimu :D
Lo bisa aja menyalahkan teman-teman yang malas, suka nyontek, dan bla bla bla. Tapi ingat, masih ada kan teman lo yang nilainya bagus? Terus kenapa lo gak bisa?
Kalo lo bilang, "tiap orang kan beda-beda?" atau "gue nih banyak kegiatan, jadi gak fokus". Klise. Lo yang milih apa yang lo lakuin dan harus belajar menerima konsekuensi.
Kalo mulai boring belajar, saran sih, cari teman belajar kelompok.
Lo gak bisa naik ke anak tangga ke 5 kalo lo gak menaiki anak tangga ke 1, 2, 3, dan 4 sebelumnya.

HAPPY BIRTHDAY!!!
semoga sesudah umur 17 ini lo makin dewasa dan bisa lebih menghargai kesempatan. Tuhan memberkatimu :D

Marisa Roti mengatakan...

ano: buahahahahaha adoh, lo neh siapa sih?

iya gue tau kok temen-temen gue ada yang rajin dan nilainya bagus-bagus, lagian, gue kan "pernah" jadi mereka dan merasakan, jadi toh gue gak akan bilang "tiap orang beda-beda"

Tapi dipikir-pikir omongan lo bener juga. jangan-jangan sumber ke stress *berat* gue ini adalah gue yang selalu menyalahkan lingkungan serta keadaan dan menolak berpikir positif. *usap dagu* bener bener...

ih, pinter juga lo ano! gue seperti menemukan titik terang! bahahahahaha
tenks ya ucapannya.. *serius gue BINGUNG elo siapa*

Anonim mengatakan...

pas banget! Jangan terlalu beragantung sama lingkungan dan selalu berpikir positif maka apa yang keluar juga positif.
Tuh kan, pinter lo udah mulai keluar lagi :p
udah ah, gak mau komen panjang lagi. Ntar lo tau lagi siapa.rpikir positif maka apa yang keluar juga positif.
Tuh kan, pinter lo udah mulai keluar lagi :p
udah ah, gak mau komen panjang lagi. Ntar lo tau lagi siapa.

Unknown mengatakan...

ya biasa lah kritik terhadap teman2 tapi ga baek juga di pendam terus. omongin aja ma guru loe yang bikin kesel jangan ditahan malah bikin pening. yang penting sante aje kali neng.

Unknown mengatakan...

ano tuh gue mar..
*ngaku2*

Marisa Roti mengatakan...

aNO: lo membikin gue penasaran. siapa sih???

jane: he he he he

kolumnis: emang tuh kaaakkk.. eh kayaknya suka nulis juga ya? fiksi gituh??