Selasa, 15 Maret 2011

Cewek Matre?


Di sekolah gua ini sedang buming-bumingnya mengenai berita cewek matre dan segala sepak terjangnya, termasuk dua orang cewek famous dan cantik yang menjadi bahan gunjingan, terutama oleh para cewek-cewek *yang sebagian besarnya sirik* dan para cowok yang merasa di rugikan oleh ke-matrean cewek-cewek tersebut.



Jangan ditanya apa reaksi geng-geng cantik berponi yang merasa diri mereka super gak matre. Wuuuggghhh, antusias! Apalagi kalo mereka sudah mendapat saksi beserta korban atas tindak yang dituduh sebagai pelanggaran hak asusila berpacaran remaja. Errrrr, kenapa ya? Kok gue tetap lagi berpihak pada cewek-cewek cantik dan matre dibandingkan orang-orang yang mencibir sewot. Entah karena mereka gak bisa dapet cowok kaya, atau mereka gak cukup cantik untuk morotin kantong cowok kaya.

Errrr, daripada dengerin pendapat gue yang agak jomplang sama realitanya ini, gua sudah meninjau dari pihak cowok-cowok yang sudah menjadi saksi bahkan korbannya. Atau dalam kasus ini, anggap aja mereka amal. Untuk apa setega itu menganggap mereka sebagai korban? Tentu bukanlah satu hal yang mengherankan wajah cantik dan gaya modis mereka kerap kali mengundang cibiran secara masal oleh cewek-cewek yang minder dan menyalurkannya dengan cara bergosip. *aduhh kan gue jelekin orang lagi??*

“Sebenernya sih cewek gapapa mar matre. Tapi ya oloh, caranya itu terlalu mencolok sekali!” cetus seorang teman cewek gua yang memang secara fisik sudah setara dengan mereka buat gue, dan dia orangnya asik. Dia ga seperti cewek-cewek lain yang jelas sekali mempunyai alasan untuk sirik. Intinya, ini pendapat paling tepat yang serasa gue pernah gua dengar. Cewek matre? Lumrah. Selama cowoknya masih disokong oleh orang tua untuk membiayai kegiatan pacaran? Sebisa mungkin cari cowok yang kaya kalo begitu.

Matre sah, tapi gimana jadinya kalo sampe ada cowok yang ngomong gini.. “Ah cewek murahan kayak gitu. Seharga 3 baju di ZARA! Udah lo perawanin aja langsung!” MAN, gimana rasanya harga dirimu terinjak-injak oleh kata-kata sadis dan prinsip CEWEK=3 HELAI BAJU ZARA? Yang kira-kira errrrr hampir sejuta lah ya…

Atau pendapat yang begini?  “Eh gue sih ogah banget ya. Najis jadi cewek matre, gak kasian apa sama cowoknya?” hah??? Atau pendapat yang begini “Gue sih bukannya sirik atau apa ya, Mar. gue kasian aja sama tuh cowok. Masa dia diporotin gitu?” kasian? Setau gue sih, elo bukan emak si cowok ini dah. Boro-boro sodara, lah temen juga bukan?? Jadi… errrr logika apa yang mendasari pendapat tersebut? Bebas loh, manusia kan bebas berpendapat.

Cowok sendiri itu bukan patung tak berotak loh, malah seringkali cowok lebih cerdik dan penuh strategi dibanding kita, jadi aduuuhhh… jangan sampai salah pilih cowok deh kalo jadi cewek matre, alih-alih elo merasa pintar dan telah sukses membodohi, tanpa sadar lo sedang masuk perangkap mengerikan si cowok.

Hingga hari ini, meskipun gua selalu mendeklarasikan bahwa gua tidak membenci cewek matre, tapi gua tidak pernah termotivasi untuk menjadi matre. Sayangnya, bokap nyokap gue selalu mendidik gue dari kecil.. “Jadi cewek jangan bego. Jadi cewek yang mandiri! Jangan berharap duit cowok.” Gimana jadi cewek mandiri yang matre?? Errr jadi pada intinya, gue sendiri gak tau siapa yang gua dukung di blog ini. Yang pasti, matre itu bisa jadi berasal dari lingkungan keluarga alias pendidikan non formil, dan jangan heran kalo sampe ada orang yang berpendapat “Salah didik pasti dia. Nyokapnya paling juga matre, makanya anaknya gitu.” Wew.

Tidak ada komentar: