Minggu, 22 September 2024

Medi

Tentu postingan seri ulang tahun ini tidak akan afdol kalo tidak ngomongin Medi.

Karena Medi bener-bener hadir di hidup gue dalam 8 – 9 tahun terakhir.

Ada orang-orang (bangsat) yang jadi tantangan dan bikin gue jadi orang yang lebih baik, ada orang yang (di postingan sebelumnya), bikin gue balik ke diri gue yang dulu, ngasih unconditional support dan bikin gue lebih menghargai diri gue sendiri.

Medi adalah orang yang menyaksikan itu semua.

Medi ada di samping gue selama perjalanan hidup gue, Medi tau momen-momen berat di hidup gue. Medi tau momen-momen gue ngerasa happy. And she’s with me all the way.

She deserves a post.

Medi orang yang ada di samping gue selama masa-masa labil gue sampe menuju dewasa. We’ve been through a lot, dan kayaknya terima kasih gue juga nggak akan pernah cukup untuk manusia satu ini. Enggak sih, sebenernya dipijitin malem-malem aja udah cukup buat si Medi. Hehe.

So… here we go…

Medi (ESTJ)

Gue bahkan nggak yakin harus mulai dari mana. Hmn.

Mari kita mulai dari MBTI-nya. (ini MBTI part 3. hehe)

Medi orangnya sangat praktis, fokus sama solusi (cepet dan efektif), dan punya skill leadership yang bagus. Waktu awal-awal kenal Medi gue nggak tau ini anak punya kualitas kayak gini (gue juga nggak tau MBTI-nya apa). Gue cuman mikir, dia kok kalo gue angkat topik yang agak berat, dan gue punya pendapat yang kuat banget soal suatu hal, kayak nggak ngerti atau nggak tertarik ya?

Gue agak underestimate.

Lalu…

Suatu hari gue dateng ke kampusnya, nganterin Medi ngumpulin tugas kuliah, pas dia masuk naruh tugas, temen-temennya kayak agak ngeledekin. Tau nggak sih lu, straight A student pas ngumpul tugas terus diledek-ledekin. Gue kayak, “Nih anak kuliahnya pinter apa, ya?” Terus gue jadi sadar, si Medi ini setiap hari nugas melulu. Gue pikir ya wajar aja, anak arsitek pasti kerjaannya nugas melulu.

Tapi gue emang pernah nanya, “Kok pas lu nugas temen-temen lu pada ngeledek gitu, sih?”

“Iya, mereka suka heboh kalo gue ngumpul tugas duluan. Kadang gue kalo lagi nugas di kampus, pas mereka lewat di belakang, gue suka minimize autocad gue, biar ga keliatan mereka. Males gue entar dikata-katain melulu.”

Oh… ambi ya anaknya.

Dan Medi jadi lulusan terbaik di angkatannya. Untuk anak yang kuliahnya kayak gue (IPK nggak jelek-jelek banget, tapi ya nggak bombastis), ngeliat kualitas kayak gini, gue rispek.

Lalu lama-lama gue jadi kenal keluarganya, dan tau gimana interaksi Medi sama keluarganya di rumah. Satu fakta mulai muncul…

Ini anak selain pinter, ternyata controlling. Karena dia anak sulung, dan perannya lebih gede daripada orangtuanya (adek-adeknya lebih takut sama dia). Jadi dia udah kayak orangtua ketiga buat adek-adeknya. Tiap dia pulang liat rumah berantakan, satu rumah bakal disuruh beberes rumah dan dia nggak akan duduk sampe rumahnya bersih.

Tentu saja… saat kita mulai tinggal bareng (ngekos bareng dan sekarang tinggal di rumah Medi), gue harusnya ekspek traits dan tendensi ini memang ada di dia.

Hft…

Capek banget kalo diinget-inget.

Hikmahnya adalah…

Karena dulu di rumah gue nggak pernah disuruh ngerjain apapun yang relate sama pekerjaan rumah (kata bapak gue sekolah aja yang bener), gue jadi nggak tau apa-apa. Ngekos pertama kali gue ngepel lantai pake porstex. Karena kenapa tidak? Porstex kan ada wangi-wangi pine, dan dia biasa dipake untuk bersihin kamar mandi, berarti dia efektif banget untuk bersihin lantai, kita pakai saja dia untuk ngepel.

Maksudnya segitu parahnya gue nggak tau cara bertahan hidup se-basic itu.

Sejak tinggal sama Medi gue dipaksa untuk melakukan itu semua, sekarang gue ada inisiatif, kalo misalnya Medi dah ngepel lantai, berarti gue mesti cuci piring, kalo Medi cuci kamar mandi, berarti gue rutin buang sampah, kalo Medi cuci baju, berarti gue… tidur lah gila capek banget sih ngerjain semua dalam sehari.

Masalahnya, bersih-bersih dan beres-beres itu cara si Medi ngilangin stress, buat gue itu pencipta stress.

Gue pernah banget, lagi nyapu lantai (karena disuruh si Medi), tiba-tiba gue jadi tenggelam sama pikiran gue sendiri kan. Tiba-tiba gue tantrum.

Gue : “Gue jadi inget ya kejadian yang dulu, pas gue lagi down, terus lu nggak support gua.”

Medi : “Hah? Apaan sih kok lu tiba-tiba bahas kejadian dulu??”

Gue : “Ya gapapa, karena gue nyapu gue jadi kepikiran aja. Gue jadi inget momen dulu lu kayak gitu, coba kalo lu ada di posisi yang sama, gue pasti support. Udahlah emang ga bisa diandelin.”

Medi : “Apaan sih. Udah sini deh gua aja yang nyapu. Aneh banget, lagi nyapu tiba-tiba keinget begituan. Wah lo parah sih.”

Apa jangan-jangan ini trik alam bawah sadar gue ya biar nggak disuruh nyapu?

Btw, jadi gue mengerti Medi punya traits ini, controlling, cepet solve masalah, tepat waktu, dan cukup perintilan. Ternyata MBTI-nya ESTJ.

Hal ini juga sangat tercermin di kerjaannya dia.

3 tahun kerja, Medi udah bisa ada di posisi leadership, dan dia betul-betul embrace hal itu, kayaknya di titik itu, dia bisa ngatur orang, mikirin flow kerja, mikirn SOP, itu bener-bener momen paling nyaman buat dia. Karena semuanya ada di dalam kontrol dia. Dan bos-bos di kantornya juga bisa ngeliat kualitas itu ada di Medi.

Mungkin gue bagi interaksi gue dan Medi ke 2 fase.

Sebelum kenal MBTI sama setelah mendalami MBTI HAHAHAHAHA

INI PENTING LOH GUYS.

Sebelum kenal MBTI -> dunia gonjang ganjing, maksudnya tentu aja 7 tahun waktu yang cukup lama untuk gue bener-bener kenal Medi. Tapi apakah gue bener-bener kenal Medi seperti yang gue kira? Ternyata enggak guys, kita masih sering banget miskomunikasi, karena masalah sepele. Medi ngomong apa, gue kira maksudnya apa (lagi-lagi overthinking dan nyari underlying meaning, karena semua orang di sekitar gue kayak gitu?), sementara Medi (ESTJ?) omongan dia seringkali nggak ada maksud, kecuali saat dia emang bener-bener kesel dan mau nyerang.

Akhirnya setelah gue bener-bener baca soal MBTI, dan berusaha paham what each letter stands for, semua mulai kerasa masuk akal.

Medi frustasi karena gue sering nyasar dan nggak tau jalan, dia nggak ngerti, karena dia nggak punya isu yang sama dan ekspek gue untuk sama kayak dia. Masalahnya kita emang beda. Beda banget.

Gue frustasi karena Medi kalo diceritain sesuatu sering nggak paham maksud sebenernya, hal-hal yang kayak, “Lo kok nggak ngerti sih maksud gue ini? Masa mesti gue eja deh.”

Misalnya kita baru jalan sama temen kita, terus pulangnya gue ajak Medi gossip, “Eh lu liat ekspresi mukanya nggak?”

Medi : “Enggak ah, bayangan lu doank, kali.”

AKH.

Medi kalo diajak ngobrol halu suka nggak nyambung, “Hah? Apaan sih nggak make sense ah.”

Karena ya emang KITA BEDA. Dan gue nggak bisa ekspek Medi untuk sama kayak gue dan sebaliknya.

GILE GUE BUTUH BELAJAR MBTI DULU LOH BUAT MECAHIN PERSONALITY MEDI. 8 TAHUN COY!

Tapi Medi orang yang support gue selama 8 tahun ini. Semua ide aneh dan venture baru gue, tiap gue cerita ke Medi, tentu respon pertamanya adalah… menghela napas, kemudian, “Oke, plan lo gimana?”

“Iya jadi plan gue gue harus gini, gini…dst..”

“Nah, lu yakin itu memungkinkan? Emang lu ada waktu? Terus ide lu yang kemarin gimana, tuh?”

Gue kayak punya orang waras yang selalu bisa ngasih reality check untuk gue. Yang bisa make sure gue ada di jalur yang tepat.

Dan gue selalu tau, kalo gue gagal dan ngedown, Medi akan selalu ada untuk support gue. Meski kadang harus nelen omongan nyebelinnya dulu sih. Meski bener. SERINGKALI BENER. Tapi kan dia nggak selalu bener, ya?!

Medi juga yang selalu berusaha ngeredam overthinking gue, meski kadang kurang efektif karena ternyata gue lebih dengerin saran ChatGPT daripada saran dia.

Btw, gue nulis ini jam 2 pagi. Keknya mulai halu.

ANYWAY.

Meski Medi nggak tertarik sama MBTI (samsek!), tapi gue selalu share soal MBTI, apa yang gue tau, soal MBTI gue, MBTI dia. Somehow, Medi mulai ngerti, meski dia pasti nggak ngakuin.

Sering banget pas gue lagi butuh support dia ngeluarin komentar-komentar yang (meski kadang bener), menyebalkan banget dan malah bikin gue makin nge-down. Bukan karena niat dia begitu, tapi karena dia nggak ngerti apa yang gue butuhin.

Sekarang Medi mulai ngerti apa yang gue butuhin, begitu juga sebaliknya.

Intinya gue ngerasa kita berdua sama-sama jadi lebih dewasa dan berusaha ngerti perspektif satu sama lain (kalo gue sih 60% based on MBTI ya ges ya, tapi kan intinya sama hehe).

Oke sekian.

Udah capek bingits ngetik sepanjang ini dalam satu malam.

Bye!

Tidak ada komentar: