Kan gue udah bilang, gue niat stand-up comedy.
Salah satu bentuk niat gue -> gue daftar “Sekolah Pecahkan” offline 1 semester. Buat kalian yang nggak tau Sekolah Pecahkan itu apa, itu adalah program pembelajaran stand-up comedy yang dibuat oleh Comika selama 1 - 2 semester (bisa dipilih mau ambil program yang mana). Gue ambil yang satu semester, biaya offline 5.550.000 bisa dicicil selama 5 kali (tentu saja gua cicil, jika bisa pilih cicil tanpa bunga kenapa harus bayar full?)
Entah kenapa gue ngerasa jodoh banget, karena sejak awal tahun 2024 kemarin, sejak gue tau ramalan shio gue tahun ini akan ciong sama tahun naga, gue udah langsung mikir harus ambil tindakan untuk menavigasi ciong gue tahun ini -> ambil gebrakan dalam hidup.
Ternyata pas buka IG Comika, mereka udah mulai gencar promo soal Sekolah Pecahkan.
Jadi sebenarnya, inilah alasan gue ikut open mic sejak bulan April kemarin. karena gue tau ada program Sekolah Pecahkan, pas cek harganya MASYAALLAH MAHAL BET. Jadi, tentu aja gue ga akan mau keluar duit, sebelum gue bener-bener tau apa yang bakal gue hadapin saat belajar stand-up comedy -> gue tes air dengan melakukan open mic untuk tau, lima juta yang gue keluarin ini bakal bikin gue seneng ato enggak.
Terus hari Sabtu kemarin gue ikut kelas pertama Sekolah Pecahkan bareng Raditya Dika.
Yang gue udah ngefans dari jaman SMA dulu, akhirnya ngeliat langsung dalam jarak dekat. Waktu itu doi pernah dateng ke kampus gue di Untar, tapi jaraknya jauh banget. Udah gitu host-nya abis di roasting di tempat sama doi, kayaknya itu host dari seneng liat Radit langsung convert jadi haters di komen youtube deh. “Pendek lu bacot.” (ini konteks yang tida berhubungan sih tapi pengen aja bahas ini).
Anyway, kemarin akhirnya gue ketemu Raditya Dika lagi.
“Mar, kalo lu ngefans, kenapa ga nonton special shownya aja?”
Tentu saja karena bayar. Dan harus war ticket. Jujur sesuka-sukanya gue ama Raditya Dika gue ga ada enerzi buat gitu-gituan.
OKE JADI KEMARIN GUE KETEMU RADITYA DIKA LAGI ANJIR LAH KE-DISTRACT MULU.
Beberapa impresi yang gue dapet :
Raditya Dika, memang dari dekat terlihat lebih pendek daripada dari jauh
Mukanya mulus banget -> gue mulai mikir, apa ini rasanya jadi orang kaya, muka lu bakal semulus ini. Karena waktu dia dateng ke Untar dulu circa 2014-2015, mukanya belom semulus ini.
Karena kelas-kelas selanjutnya akan lebih teknis -> belajar public speaking, cara menulis premis, set-up dan punchline, etc, kemarin sama doi jadi lebih banyak ngobrol dan diskusi tanya jawab. Ada beberapa perspektif menarik soal stand-up comedy dari Raditya Dika.
Because I’m feeling generous, I will share some of LIMA JUTA LIMA RATUS LIMA PULUH RIBU RUPIAH worth of insight here.
Belajar stand-up comedy, belajar menerima diri sendiri
Karena dalam setiap komedi, akan selalu ada objek yang ditertawakan, sering kali, kita menjadikan diri kita sebagai objek yang ditertawakan. Entah dari kekurangan fisik, kekurangan mental (bodoh misalnya) atau ketidakberuntungan kondisi kita (miskin misalnya).
Gimana lo bisa menertawakan diri lo sendiri? Lo nggak akan bisa ketawain kekurangan lo, kalo lo belum bisa nerima itu.
Most of the time, comedy comes out of the darkest place inside of you.
Dan kalo lo bisa jadikan objek selain diri lo bahan tertawaan, lo juga harus bisa jadiin diri lo sendiri sebagai objek bahan tertawaan.
Jadi sekarang kalo gue dikatain, “gendut lu anjir, shockbreaker gua patah abis dinaikin elu.”
Gue bisa langsung, “Wah bisa jadi materi nih.” hehe - > cewek gendut naik ojol ongkos 10 ribu, abangnya servis 100 ribu -> abangnya jadi nggak bisa ngasih makan keluarganya hari itu -> si gendut (gua) masuk neraka -> tapi ga jadi, karena si gendut atheis hehe. (too far fetched, Mar).
Stand-up comedy -> makes you humble. Makes you learn about humility
And I’ve tasted the bitterness of it, waktu open mic ketiga gue anyep dan I bombed hard.
Gue sampe nggak bisa ngeliat konten soal stand-up comedy di FYP gue, saking gue malu dan benci ama diri sendiri, tiap ada konten stand-up langsung gue skip.
Karena dua open mic pertama, gue merasa jokes gue cukup works. Btw, open mic pertama dan kedua gue bawain jokes yang berbeda, ya. Turns out cukup oke. Gue mulai ngerasa (ke)pede(an). Tiba-tiba di open mic ketiga gue bener-bener merasa malu.
Gue lempar pertanyaan ini ke Raditya Dika dan jawabannya adalah :
“Sebagai komedian, aduh nggak lucu tuh normal banget. Wajar banget.”
Lalu doi nge-share beberapa proses yang harus dia lakukan sebelum menentukan materi yang solid untuk semua spesialnya dia, adalah trial and error. Gue pikir kan, semua spesial-nya dia yang lucu itu, sekali tulis langsung lucu, ternyata enggak ya, guys. Memang ada proses trialnya.
“Karena proses menulis itu, sebenarnya terjadi bersama penonton.”
Lalu satu pesan lagi, “Kalo lu nggak lucu, gapapa, itu hal biasa, begitu juga kalo lo pecah. Abis open-mic dan jokes lo pecah, yaudah, lo turun, biasa aja. Itu hal biasa.”
Hence, humility. Lu berdiri di depan orang banyak yang punya ekspektasi lu akan lucu, ternyata enggak -> yaudah, but everytime it happens -> move on, write a better jokes and it should make you more and more humble about yourself.
Konon, ini juga salah satu alasan tendensi komedian untuk bersaing satu sama lain itu lebih kecil, dan kalau lu masuk komunitas, semua orang akan suportif dan willing untuk bantuin elu, karena stand-up comedy, bikin lu belajar untuk mengesampingkan ego.
Yang mana menarik karena…
Semakin lo tampilin kekurangan lo, semakin orang akan relate sama lo.
Di jaman semua orang berlomba-lomba nampilin sisi terbaik dari diri mereka, hal paling menyenangkan dari hidup mereka, jaga image mereka mati-matian untuk membentuk persona tertentu di mata masyarakat (e.g. gue sukses berkarir, gue kaya, gue cantik, dll)...
Para komedian berlomba-lomba mencari kekurangan dan keresahan mereka, apa yang paling mereka nggak suka dari diri mereka, apa yang paling bikin mereka insecure selama ini -> dan nunjukkin itu ke penonton. Mencari sisi tergelap dan terburuk dari diri mereka. It’s almost poetic, guys.
And finally…
Gue ketemu tempat dimana semua orang nggak malu dan takut untuk bermimpi..
Gue ketemu sama salah peserta yang mau banting setir jadi stand-up comedian. Kami ngobrol sebentar setelah sesi, dan dia ngomong sesuatu yang bikin gue lumayan merinding.
“Lo tau nggak dulu Pandji Pragiwaksono pernah bilang, dia ke New York, bukan untuk jadi komika nomor 1 di US, tapi dia pengen suatu hari, pas dia udah tua, dia duduk di Central Park, akan ada orang Indonesia yang dateng ke dia dan bilang, ‘Bang, thank you banget udah bukain jalan, entar malem gue special show di Madison Garden.’. Nah gue pengen jadi orang itu yang salaman sama dia dan ngomong itu.”
Gue merinding, dan berpikir dalam hati, “Agak ketinggian nih si kampret mimpinya..”
ENGGAK DENK.
Gue merinding karena beneran salut, dia bisa bayangin diri dia sendiri di stage itu.
Anyway, comedy most of the time is about imagination and intuition. So it’s a good sign, guys.
Jadi begitu yah. gue senang bisa ikut Sekolah Pecahkan dan berada di antara orang-orang ini. YANG BIKIN GUE PALING SENENG ADALAH ADA CEWEKNYA FINALLY.
Gila gue open mic 5 kali, 3 kali gue jadi satu-satunya cewek yang open mic. Capek banget dengerin komedi hanya dari sudut pandang cowok, apalagi kalo jokesnya soal perempuan.
Ada dua mbak-mbak yang kecil-kecil lucu dan ngomong berkali-kali mereka ga akan sanggup open-mic dan bisa pingsan di atas panggung (in the first place mereka ikut sekolah pecahkan aja dah lucu banget), dan menurut gue dua mbak-mbak ini akan sangat lucu kalau mereka kedepannya bisa conquer rasa takut itu.
Lalu ada mbak anak lab-school tatoan, gaul jaksel vibe yang kerja jadi konsultan museum, bahkan setelah dia jelasin 2 kali soal kerjaan dia, gue masih belum ngerti. Padahal gue merasa pinter selama ini.
Ada mbak anak satu tapi masih kayak anak kuliahan, katanya ikut Sekolah Pecahkan emang mau ngabisin duit suami. Saya suka mentality-nya.
Let’s see what will happen next. Can’t wait for our second class.
Tentu kelas-kelas selanjutnya gue nggak akan share lagi di sini karena…
LIMA JUTA LIMA RATUS LIMA PULUH RIBU YA GUYS.
Bye.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar