Selasa, 27 Agustus 2019

Stereotip Sipit


Sebenernya gue mau nulis tentang ini (me-refer ke postingan sebelumnya).

Tentang gimana stereotip lingkungan tentang orang chinese kayak gue bisa menguntungkan gue pada akhirnya. Semua jadi serba gampang karena gue “cina”.

Gue baru bener-bener ngerasain privilege ini sejak gue kuliah, pun belum kerasa banget, karena kampus gue ya balik lagi, isinya mayoritas chinese semua, meskipun jurusan gue enggak. Ini bener-bener kerasa sejak gue ngkos dan keluar dari lingkungan Jakara Utara gue. Yang sebetulnya gue sempet kaget karena bener-bener sepandangan mata gue susah banget nemuin orang yang sipit. Di mall, di warung, di apotek, di jalan, di tempat makan. Sekarang gue kalo ke kokas (dulu mainnya cepe mulu, sekarang kokas), terus ketemu chinese, gue langsung noel Medi. Terus Medi bakal,  “Eh tuh sejenis lu.” Biasa digituin. Berasa kayak singkong gue ada jenisnya.


Fyi, nggak semua chinese itu pelit. Sebenernya malah nggak pelit, tapi pertimbangannya panjang untuk ngeluarin uang. Tapi nggak pelit, kalo konteks pelit ini adalah segan berbagi ke orang lain. Karena banyak orang chinese yang dermawan, contohnya bokap nyokap gue.

Nah kalo gue, emang basic-nya pelit.

Gue pelit ke diri gue sendiri dan orang lain.

Medi sempet kaget sama kepelitan gue, dan gue perhitungan banget. Kadang kalo beli makan atau belanja salah satu di antara kita suka nggak bawa cash. Atau belinya sekalian gitu.

Misal, si Medi beli gembok buat di kosan pake duit gue, abis itu gue beli buah pake duit dia, lalu kita belanja ke indomaret untuk kebutuhan bulanan. Di sepanjang jalan kita pulang ke kosan, otak gue langsung ngitung, tadi si Medi keluar berapa, gue keluar berapa. Lalu indomaret kalo dibagi dua jadi berapa, berarti yang utang siapa. Hehe. Kadang selisihnya Cuma seribu dua ribu, tapi tetep gue bilang ke Medi. “Medi tadi, jadinya lu utang gue ya dua ribu.”

Medi biasanya langsung ngeluarin dompet, langsung bayar gue ga pake babibu. Terus gue langsung ga enak, “Eh udah nggak usah 2 ribu aja.”

“Enggak, enggak udah deh nih lu pegang 2 ribu.” Sambil setengah ngelempar. Mungkin saking keselnya. Kadang dia ngasih 5 ribu sambil bilang, “Udah lu pegang aja, kembaliannya nggak usah.”

Padahal kan maksud gue biar adil aja.

Oh yes! Balik lagi, jadi gue ngerasa untuk kegiatan survey-survey dan kehidupan sehari-hari gue merasa diuntungkan karena mata sipit gue ini.

1. Gapapa Pelit

Karena stereotip orang terhadap sejenis gue itu emang, “Ah, orang cina mah perhitungan, pelit. Apa-apa duit.”

Maka, diri gue yang apa adanya ini merasa bebas untuk jadi pelit karena stereotip tersebut. Enggak, gue nggak berusaha menyanggah stereotip itu dan jadi pura-pura nggak pelit. Karena capek gaes.
Jadi gue tetep pelit. Perhitungan, dan nggak mau rugi. Gue nggak perlu ngerasa malu dan takut untuk bersikap pelit, karena toh stereotipnya udah ada. Jadi gue pelit, gue pelit dengan sepenuh hati gue, dan gue pelit dengan bahagia. Selama tak merugikan orang lain.

Minggu lalu, adeknya Medi ultah. Gue dari bulan sebelumnya udah bilang mau ngasih hadiah ke adek-adeknya Medi. Tapi adeknya dua, entar budget nabung dan investasi gue jadi berkurang kalo gue ngasih hadiah ke dua duanya. Terus Medi bilang, “Ah, udahlah, ya. Tahun ini nggak usah beli kue.”

Karena Medi ngasih hadiah TV 40 inch merek Sony (yang ada stabilizer anti petir, anti air, anti gores) ke adek-adeknya gaes (riya-sombong-pamer). Katanya biar nontonnya enak kalo layarnya gede, biar ruang tamunya kayak ruang tamu orang-orang.

Gue mengambil kesempatan itu untuk menunjukkan niat baik gue, memenuhi janji gue, dan menyimpan uang di saat yang bersamaan.

“Gue aja yang beli!”

“Eh udahlah nggak usah, akhir bulan loh.”

“Enggak gapapa, tapi jangan kue lah bosen. Jco aja gimana?” (cheaper option la).

“Oh yaudah, entar gue suruh adek gue ke Jco deh.”

Lalu kita ke Jco duluan. Nggak lama adeknya dateng.

Gue liat-liat menunya…

“Eh, kalo pake grab murah, dua lusin cuman 80 ribu.” Kata Medi sambil mikir. Lalu dia liat gue, “Nggak mungkin kan kita pesen pake Grab.”

Langsung gue tarik Medi supaya duduk di kursi sama adeknya, “Kita pesen Grab aja.”

“Eh udahlah pesen aja.”

“Nggak kita pake grab aja. Lumayan gila promo jadi 80 ribu dua lusin.”

“Aduh embul, udah pake duit gue aja deh.”

“Enggak udah gapapa.” Gue langsung buka aplikasi Grab, lalu jadi ragu, “Emang kenapa? Malu ya?”

“Enggak, sih.”

“Hmn, malu sih…” gue mikir bentar, meskipun ini bukan pilihan. I know, deep down, this is not a choice, I will do this no matter what. “… bodo amat.”

Lalu gue pesen grab. Gue bilang, “Pak entar langsung ke Jco aja, saya pilih di tempat. Ini biar dapet promo aja.”

Nggak lama gue disamper mbak-mbak Jco, ditanya mau pesan apa. Mungkin karena udah duduk lama, tapi nggak mesen-mesen, “Saya mesen sih mbak, tapi di Grab nggapapa, kan?”

“Oh nggak papa, Kak.” Tapi mukanya judgemental banget, sambil nahan ketawa.

“Iya nanti milihnya langsung di sini aja sama abangnya.”

Lalu abang grabnya dateng, dan gue denger Medi ngakak, mas-mas Jco ngakak. Gue bodo amat, mereka pasti maklum (karena stereotip di atas).

Mungkin kalo kondisinya itu bukan gue, tapi Medi, atau orang lain pada umumnya, pasti nggak mau. Gue somehow ngerasa karena gue chinese, gue bisa melakukan hal apapun untuk menghemat duit gue. Orang juga udah nge-judge, maka gue ngerasa bebas untuk jadi apa adanya.

2. Disangka Banyak Duit

Meskipun penampilan gue kayak gembel.

Karena kerjaan gue harus survey properti, dan pura-pura mau beli supaya dapet data, sebetulnya gue harus bisa ngeyakinin orang lain kalo gue bisa beli. Salah satunya adalah dengan seenggaknya ada tampang.

Tapi gue nggak ada tampang, pake baju pun asal. Karena gue males beli dan milih baju. EH SALAH, karena baju yang muat juga dikit denk. Hehe.

Jadi gue modal pede aja kalo survey, sambil nyipit-nyipitin mata kalo ngomong, sama modal tatapan, “Apa? Apa? Duit gue banyak gue bisa beli. Apa lu?”

Nah, ini lagi stereotip yang menguntungkan gue.

Banyak orang awam mikir kalo chinese duitnya banyak, padahal ada kaum-kaum seperti gue yang masih berjuang supaya duitnya banyak.

So, ya, gue nggak keberatan dipanggil “Ce, ce…” untuk mengafirmasi diri gue sendiri untuk pede aja.

Xxx

Udahlah, poinnya dua aja. Entar kalo gue nambah poin lagi ceritanya jadi ngarang-ngarang.

Sebetulnya gue pernah sempet ada di titik kesel, apalagi waktu survey ke daerah-daerah yang agak terpencil di kota-kota lain. Kadang orang-orang penduduk asli suka terang-terangan ngejek, bahkan pernah sekali waktu gue lagi belanja di indomaret di satu kota kecil, tiba-tiba diliatin ibu-ibu penduduk asli, terus ditodong, “CIna, ya?”

Gue kaget, lalu diem aja. Tapi dia nggak nyerah, “Orang cina, ya? Tinggal di Utara ya?” jadi di kota itu memang ada satu daerah yang mayoritas orang chinese tinggal (lagi-lagi di area Utara memang).

Karena ditodong terus gue langsung bilang, “Kenapa ya, Bu?”

“Nggak, gapapa, banyak duit ya.”

Gue sampe nyipitin mata, dan berusaha nyari bukti kalo nih ibu-ibu sebetulnya orang gila. Know what? Pas ngeliat ke mbak-mbak kasir, dia ikutan ketawa sama ibu-ibu ini.

Lalu gue inget banget, waktu jaman kuliah dulu, gue sering banget naik kopaja. Suka ada pengamen di Kopaja yang minta-minta duit. Maksud gue, siapa juga yang bakal kasih pengamen ini uang? Nyanyinya nggak niat, terus ngomong baru keluar dari penjara? Gue perhatiin di sekeliling gue juga nggak ada orang kasih. Pas dia minta ke gue, gue kasih tangan tanda kalo gue nggak akan ngasih, tiba-tiba dia ngomong, “Cina ya? Orang cina ya?”.

WHUUUUUTTTTTT

Yaudahlah.

In the end I embrace myself fully. Meskipun kadang kalo ngomong sama orang suka gue belo-beloin mata gue. Kalo orang lain jatohnya melotot, di gue cuman kaya buka mata dikit.

Salam Roti!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

hi there! masih anon yg biasa dan masih setia, wkwkwkwk ga brasa udah lamaaaa banget lu ga nulis, okaeri!

Anonim mengatakan...

Gue ngerasa aneh, ketika gue harus berada di situasi dimana banyak org non chinese, gue sering jadi tontonan. Banyak org sengaja berdiri di samping2 gue sengaja buat natap gue.

Risih dan aneh banget. Positive thinking, "mungkin gue cantik", jadi gue pede.

Tapi gue radak susah paham dengan stereotype² serupa kayak gini.

Emangnya knp kalau gue cina coba? ����

Btw sering nulis dong, kangen nih gue sama tulisan lu yg inspiratif dan entertain.