Selasa, 27 Agustus 2019

Lagi Latihan Nulis


Ih wow.

Udah 7 bulan sejak terakhir kali gue nulis blog.

….Dua minggu lalu, gue ketemu sama salah satu temen nulis gue yang udah lama nggak ketemu. Kadang gue suka ngerasa intimidated kalo ketemu temen nulis yang udah tahunan lamanya nggak ketemu, karena sebagian dari mereka masih nulis, sementara gue enggak. Topik mereka masih tenang tulisan, ide-ide baru mereka, sedangkan gue enggak. Jadi, ya… Nggak nyamannya itu rasanya kayak pas imlek harus ketemu saudara-saudara dan ditanya, “KOK GEMUKAN? KURUSIN LOH BADANNYA ENTAR BAHAYA.” Tapi ini pertanyaannya biasa lebih santai, “Eh lo gimana? Masih nulis nggak?”


ENGGAK.

Enggak. Gue udah nggak nulis, kecuali nulis blog ini.

Karena udah ditanya, gue mau nggak mau harus nanya balik padahal nggak mau mau banget buat tau, “Lo gimana? Masih nulis?”

Lalu biasanya sekitar setengah jam selanjutnya gue dijelasin soal kegiatan menulis mereka selama sekian tahun belakangan, lalu gue makin ngerasa, ih iya mau juga nulis, tapi nggak bisa (mau).

Terus ada lagi pertanyaan, “Eh lo coba deh nulis lagi, pasti jadi jelek tulisan lo karena udah lama nggak nulis.”

Ya, gue manyun aja sambil ngangguk-ngangguk. Mau ngapain lagi. Nulis kan emang perlu latihan.

Terus flashback ke beberapa bulan sebelumnya, gue ada grup sama 3 temen dari komunitas nulis jaman GWP dulu. Kita wacana ketemuan udah dari tahun 2017. BAYANGIN, tahun 2019 baru terealisasi. Eh, terealisasi maksudnya pas ada guenya.

Yang satu editor, yang dua masih aktif nerbitin buku.

Gue udah bilang dari awal di grup, “Eh ini gue pasti udah nggak nyambung loh ngobrol sama kalian.”

“Enggak sih, santai aja. Ayok, Mar!”

Lalu gue tetap dateng. Dan pulang kira-kira 3 jam setelahnya. Karena… beneran… gue nggak ngerti. Mereka ngomongin penulis-penulis lain di circle mereka, premis cerita barunya mereka, mau bikin ini, bikin itu. Gue fokus aja ngunyah nasi hainam, sambil nuang kuahnya gue lama-lamain, biar dikira fokus makan, padahal nggak tau mau nimpalin apa. Ya tapi gimana, gue laper, nasi hainamnya enak, ayamnya lembut banget, gue nggak bisa terlalu lama makannya.

Jadi tetap ada waktu dimana gue harus (mencoba) keep up sama topik yang lagi diomongin sambil mikirin kerjaan kantor gue yang belum kelar.

Setelah ketemu mereka pun, tetap tidak memotivasi gue untuk nulis apapun. HAHAHA.

Sebetulnya kemarin sempet ada sedikit hal yang memotivasi gue, waktu cerita yang udah lama banget gue post dan bahkan gue lupa gue punya cerita yang belum tamat itu, terus tiba-tiba masih ada pembaca yang komen nanyain kelanjutannya, dan si pembaca ini pernah komen sebelumnya beberapa tahun lalu, tapi tetep nggak gue lanjutin sampe sekarang. Tiba-tiba gue baca ulang semua cerita-cerita gue yang menjijikan itu. Lalu tiba-tiba gue jadi suka sama diri gue sendiri.

Kayanya eksistensi gue emang seharga pujian dari orang lain. Hhh.

Lagian, orang kayak gue lagi yang dikritik dikit aja bawaannya mau nangis dan menghujat diri sendiri nerbitin buku. Hhh, bisa aja sih. Paling gue sering-sering mundung di kosan.

Btw, tadinya gue nggak mau nulis tentang ini hadeh.

Yaudahlah, latihan nulis biar nggak jelek tulisan gue.

Oke. Bye.

Salam Roti!

Tidak ada komentar: