Kamis, 14 Mei 2015

Bromance, Bukan Sistmance

Mungkin postingan gue yang ini bisa dibuka dengan pertanyaan berikut... “Pada siapa lo bisa menemukan persahabatan yang ada ketika butuh, siap jadi tempat bersandar, dan setia?”

Personally, gue akan menjawab... Cowok.

Gue punya beberapa temen cewek yang asik semasa SMA, menurut gue “asik” kalo menurut cewek lain biasanya, “kegatelan”. Karena temen-temen cewek asik ini biasanya gampang bergaul sama cowok dan cenderung bergaul sama cowok. While I’m not. Gue nggak begitu sering dan seasik itu untuk gampang bergaul sama cowok, tapi gue bisa mengerti dari sisi mereka.

Biasanya mereka udah paham sama bullshit “persahabatan antar cewek” dan udah muak yang namanya temenan sama cewek. Atau mereka emang kegatelan aja. Anyway, ketakutan untuk dikhianatin dan diomongin dari belakang, dan bahkan jadi ngerasa insecure sama diri sendiri karena punya temen cewek itu udah lumrah banget. Menurut pengamatan gue.

Itu kenapa... gue cukup suka bergaul sama cewek yang gampang temenan sama cowok. Karena at least, dia sedikit banyak ngerti cara berteman dengan pantas.

Ada beberapa alasan utama yang gue amatin kenapa pertemanan/persahabatan (whatever you wanna call it) sama cowok itu menarik. I mean meskipun yang namanya individu pasti nggak seratus persen baik. Ga seratus persen juga mereka nggak makan temen. But they usually know how to stand for their friend, dan nggak tiba-tiba “ngomongin temennya dari belakang Cuma karena kehabisan topik”.

Ga semua cewek, gue secara personal deket sama Imas dan Eki (dua temen kuliah gue), bener-bener dua cewek yang bisa gue percaya... seumur hidup gue (selain Fan-Fan tentunya). Seumur gue hidup. Melewati masa SMA dan kuliah, gue baru ketemu dua cewek. Ya itu. Betewe, kenapa gue tiba-tiba curhat.

Ini alasan-alasan kenapa gue nganggep pertemanan cowok itu oke.

Nggak perlu cari-cari topik

Karena frekuensi berbicara cowok dan cewek beda jauh. You don’t need to talk, literally anything to have some quality time with your bro. Lo bisa main PS bareng, liat instagram gokil bareng. Beda sama cewek yang kalo ga ada topik tiba-tiba awkward. “Kenyamanan dalam diam” itu cenderung lebih mudah didapet ketika lo sedang bergaul sama cowok.

And even ketika ngobrol, itu berarti emang ada topik. Bukan karena “nyari-nyari topik”. Cewek kebanyakan nyari-nyari topik sih, makanya jadi ngegosip.

Gosip

Ada dua cara cowok ngegosip... 1. Menganalisis fenomena yang terjadi. Kenapa dia begini dan kenapa dia begitu. 2. Dijadiin lucu-lucuan.

Yang pertama terjadi ketika gosip itu emang penting banget untuk dianalisis bersama teman-teman lainnya. Menyangkut temen deket mereka, atau emang fenomena yang cukup penting buat mereka deh pokoknya.

Gue nggak pernah ngeliat cowok-cowok ngumpul, terus bilang... “Eh gila ya, gue nggak ngerti cewek kaya gitu... kegatelan banget. Emang emaknya nggak pernah didik dia apa buat jangan deket sama cowok? Masa dipegang-pegang grepe gitu mau aja sih...”

Nggak pernah. Literally nggak pernah. Based on my own experience. Nggak tau ya kalo pengalaman lo pernah liat cowok-cowok ngumpul dan tingkahnya begitu. Yang gue tau ketika mereka ngegosipin sesuatu mereka bakal make something funny out of it. Misalnya jadi ngeledekin fisik, ngeledekin temennya. Biasanya juga kalau ada satu topik gosip, gampang beralih ke hal lain. Pertandingan sepak bola malam ini misalnya.

Tawuran

Kadang-kadang ada hal yang bisa gue petik dari sini. Ini sedikit konyol sih. Ini nggak selalu tawuran dalam skala besar misalnya antar sekolah ya. Ini misalnya lo sekumpulan cowok-cowok yang ngegebukin satu anak nyebelin di kelas lo. Childish dan anarkis, tapi itu sedikit banyak nunjukin solidaritas. Perasaan ketika temen lo dihina atau dibikin marah sama orang lain, dan lo ngerasain hal yang sama. Ada sih cewek yang sok jagoan tawuran kayak gini. But I’m feeling skeptical, apakah itu untuk bela temen atau mau jadi cewek-cewek sok jagoan aja biar eksis.

When I said about, “Friends in need”, I really, really meant it

Ada satu momen, ketika salah satu temen cowok gue kecelakaan dan ketabrak mobil. Itu bener-bener temen-temen cowok gue yang lain yang lagi ada nongkrong langsung ke TKP dan bantuin dia. Padahal lukanya sebenernya nggak parah-parah amat. Tapi gue salut sama kesigapan anak-anak cowok untuk bantuin temen yang lagi kesusahan.

Atau kaya waktu temennya butuh uang, cowok-cowok langsung inisiatif untuk patungan bantuin temen. Itu yang nggak pernah gue temuin di cewek. Atau kalo lo pernah nemuin itu di cewek yang segeng. You really need to tell me, mungkin gue aja yang nggak pernah merasakan persahabatan antar geng cewek yang solid. Then pardon this post. Hahahaha

Mungkin ketika elo temenan antar cewek ada satu dua orang yang bisa relate sama kesulitan lo, tapi yang ga peduli dan mau untuk seneng-seneng/gosip juga lebih banyak.

Curhat

Ini sebetulnya nggak ada hubungan sama solidaritas. Gue Cuma menemukan perbedaan signifikan antara curhatnya cowok dan cewek. Cewek butuh didengarkan, cowok butuh solusi.

Nyadar perbedaannya dimana? Cewek bisa curhat hal yang sama ratusan sampai ribuan kali dalam rentang waktu dua tahun karena belum move on dari mantan selama dua tahun itu misalnya. While cowok curhat sekali, minta solusi, dan kalau dirasa solusi lo bisa diaplikasikan akan dicoba sama dia.

Kadang nyebelin aja ga sih kuping lo dicurhatin hal yang sama sampe ratusan kali sementara ketika lo ngasih solusi dia nggak mau denger dan blaga bego? I feel you. Gue yakin gue (selaku cewek) juga pernah bersikap kaya gitu sama orang lain. Sering. I mean... sering. YAUDAH SIH MAKLUM GUE KAN CEWEK.

Jaim?

Lo bisa ngomong dengan gampang, “Aduh gue tadi pagi boker keras banget nih.” Itu sih hal biasa. Kalo di kampus sama cewek-cewek teknik gue bisa lebih terbuka sih. Beda kalo sama cewek lain ngomongnya hati-hati banget. Tapi ini yang signifikan, misalnya lagi jalan. Lo duitnya abis. Ketika lo ngomong, “Duit gue abis nih.” Cewek mungkin akan memberikan reaksi dengan pandangan penuh judgement, sementara cowok akan jawab, “Woles, gue bayarin dulu.” Eh kalo ini pengalaman pribadi. HAHAHAHA.

Gestur lo bisa lebih santai ketika bareng sama cowok. Entah lo buka sepatu sembarangan, duduk ngangkang dengan berbagai gaya. They won’t care. While cewek suka bawel komentar ini itu. Apaan aja deh pokoknya dikomentarin.

***

Dari 6 point alasan di atas. I learned a lot from them. While gue nggak pernah benar-benar bergaul sama sekumpulan cowok. Tapi gue biasanya deket secara individual. Sometimes, I just can’t bare hanging out with guys. Becandaannya, jorok-joroknya, nyablaknya. Biar gue ngangkang kalo lagi duduk, gue tetep belum sanggup.

Barusan gue ngelempar pertanyaan ini di grup Cibang (singkatan dari Cina Bangsat yang pelitnya seampun-ampun kalo jalan). Dimana anggotanya tiga orang, gue dan dua temen cowok cibang gue. Ada satu jawaban lucu dari salah satu temen gue,

“Eh kalian ada opini tentang ‘persahabatan antar cowok vs persahabatan antar cewe’?”

“Kalau cowo omongannya lebih terbuka, kalau cewek ngumpul ngomongin orang atau masalah pribadi. #based on true story.”

Udah sih, seharusnya satu kalimat dari temen cowok gue itu cukup bisa menggambarkan. Hahaaha.

However, tetap ada momen tertentu, dimana bergaul sama cewek ngasih kenyamanan yang ga bisa lo dapet ketika sama cowok. They understand you more, they can relate better about your problems. Gimanapun, nggak ada tempat curhat yang bisa lebih bikin nyaman daripada cewek. Cowok logis untuk ngasih solusi, but they can’t really comfort your worries. Asal hati-hati aja curhatan lo jangan sampe dijadiin gosip. Hahahahahahahahaha...

Sekian late night thoughts mendadak yang muncul di kepala gue. Oh, sekadar advice juga dari gue... kalo mau makan di Hanamasa atau restoran “All you can eat” ajaklah temen-temen cowok lo. Bakal lebih seru. Dan sadis. Dan mengenyangkan.

Salam Roti!



3 komentar:

Fradita Wanda Sari mengatakan...

Hahaha gue bisa relate bgt tuh masalah curhat satu topik sampe bertahun2 tp begitu dikasih solusi gak dijalanin juga :3 But yeah, as long as my best friends feel the comfort then I'm okay. So far gue nyaman aja temenan sama geng cewek gue maupun sama beberapa cowok asik di kampus

Marisa Roti mengatakan...

fradita: hahaha, gue sering nemuin yang aneh-aneh di sini. And at times orang suka nggak sadar pola pertemanan (yang dipikir persahabatan) itu nggak sehat terus saling nyenggol satu sama lain. (tapi tetep ya judulnya sahabatan).

Unknown mengatakan...

Hahahah.. gw udh tmenan 5 bulan sm cowok2 yg gw ga kenal di game online(ga prnah tau mukanya yg pnting ada akun karakternya).. mereka smpe skrg masi baek sih,tp kbanyakan udh pensi/ga maen lagi krn sibuk. Udh tau tuh seluk beluk prsahabatan cowok wkwkkw... bner apa yg diatas tu, mereka trbuka dn asik trus lbh setiakawan.

Rasanya klo ngaku cwek bakal diprlakuin beda (btw aku bilang aku cowok, yah asal z kan mustahil cowok2 nyelidik smpe segitunya)soalnya gw ga suka tmenan sm cewe2 tukang gosip dn sentimentil(dikit2 ngambek, ngomong nya soal make up an) payah deh ngabisin wktu dn tenaga z buat dengerin curhatan ga pnting nya tntang galau/pacar.. gw ga prnah nyambung ngomong sm cwek.

mw nya sma cowok temenan lbh enak.. lbh easy going dn santai.. klo lucu ya lucu, klo omong jorok ya ketawa aja seru nya itu klo diejek mereka ya ketawa juga... klo gw marah ditanyain knp wkwkkw..