Senin, 20 April 2015

Si Ganteng

Gue masih agak bingung sampai hari ini. Jadi kalo kita punya hewan peliharaan, sebetulnya harus kasih nama atau enggak, sih? Btw, dua hamster yang bikin gue melankolis di beberapa postingan lalu udah mati. Bukan gara-gara gue juga. Mereka kabur. Si panda ditemukan tewas di bawah kolong lemari. Si garis entah ada dimana. Mungkin dia udah membangun keluarga baru yang sakinah sekarang. Gue berharap yang terbaik aja untuk dia.


Pas insiden hilangnya mereka berdua, gue panik dan kesel bukan main. Pasalnya menurut logika mereka nggak mungkin banget kabur. Biarpun pada saat itu gue belom modifikasi tutup kontainer yang jadi kandang mereka. Jadi gue tutup pake kawat aja seadanya. Kontainernya tinggi, masa hamster yang segede jempol gue bisa manjat. Gue pun mulai menuduh sana sini. Mulai dari karyawan yang suka bolak-balik di tempat gue taruh kandang mereka, sampe kucing-kucing yang ada di rumah gue. Pokoknya kesel banget.

Ternyata beneran aja, mereka kabur sendiri.

Jadi karena gue galau hamster gue ilang, koko gue menatap gue tajam terus bilang...

“Aku tau gimana cara hamsternya kabur.”

“Gimana, ko?”

“Dia punya roda yang buat lari, kan? Jadi mereka berdua kerja sama. Yang satu lari di roda, yang satu nempel. Pas rodanya ke atas dia keluar.”

“Terus pas yang satu keluar, yang satunya lagi gimana cara keluarnya?”

“Ya, dia ambil tali. Terus dia tolongin temen satunya lagi.”

Suka-suka ente aja, deh.

Anyway, perihal kaburnya mereka masih jadi misteri sampai hari ini. Termasuk perihal kematian si panda juga. Yang entah gimana tau-tau tewas aja gitu di kolong.

Nah. Karena kandangnya nganggur, dan gue juga sempet komitmen sama diri sendiri untuk pelihara hamster lagi. Kali ini gue pelihara yang jenis Syrian. Dipikir-pikir lumayan, lah. Udah sekitar dua minggu dia ga kabur ataupun mati. Pas beli, gue beli sepasang. Meskipun di internet dari berbagai sumber yang gue baca Syrian itu individualis banget. Nggak bisa tinggal bareng sama orang lain.

Tapi cici gue ngotot gapapa, yang ada malah stress sendirian. Jadilah gue beli sepasang, yang satu warnanya hitam yang satu cream gelap. Alasan gue milih yang hitam, lucu aja. Punya hamster tapi mirip tikus. Sumpah itu hamster gue mirip bener ama tikus got. Cuma bedanya lebih kecil aje. Nah yang terang itu untuk menstabilkan anak mereka entar. Biar lucu warna-warni.

Seminggu jalan gue pelihara, nggak lama yang oranye mati. Berikut merupakan dugaan gue alasan dia mati:


  1. Dia dipaksa kawin ama si hitam. Karena ketika gue beli si oranye emang masih ucrit banget, masih kecil. Sementara si hitam udah mulai abege. Lagian, lo tau kan... sejak keluar film fifty shades of grey mulai terjadi banyak pemerkosaan.
  2. Dehidrasi gara-gara gue kelupaan ngasih timun. Jadi gue sebetulnya udah taruh botol minum d kandangnya, si cream kayanya nggak tau cara minumnya.
  3. Kesedek kuaci. Si cream ini sebetulnya belom boleh makan biji-bijian, setelah gue pikir lagi dia masih terlalu kecil. Pas di penjualnya dulu di Jatinegara, mereka dikasih gumpalan yang segede bola kasti nggak tau campuran apa. Terus disuruh makan aja gitu. Tapi keliatan lembek.
  4. Si item beneran nggak suka ada partner dan pengen hidup sendiri. Jadi dia ributin temennya sampe mati.

Bagaimana pun alasan di atas. Si item, masih survive sampe hari ini. Ini kenapa namanya si item? Oh iya balik ke paragraf pertama...

Emang kalo punya binatang peliharaan harus dikasih nama? Masalahnya ini hamster, gue kagak ngerti deh kalo dia punya nama tau atau enggak.Tapi selama ini kalo pas gue main gue suka manggil-manggil, "Si ganteng, si ganteng." Gitu. Biar dia jadi percaya diri dan punya self-esteem yang tinggi.

Tapi setelah perenungan panjang, gue akhirnya cari-cari juga namanya di internet (barusan, sambil ngetik ini. Baru kepikiran.)

Kayanya gue kasih nama Jacko, deh.

Soalnya gue inget Jacob Black.

Hamster gue kan item. Jadi nyambung tuh, Jacob Black ada “black”nya. Jadinya Jacko.

Nggak nyambung? Bodo amat. Hamster gue ini.

Salam roti!


Tidak ada komentar: