Rabu, 04 Februari 2015

Abang-Abang Pinggir Jalan

Sebelumnya gue peringatkan, bahwa postingan kali ini sama sekali nggak bermaksud untuk rasis atau menyinggung ras tertentu. Simply berbagi pengalaman gue mengenai fenomena “Amoy-amoy” yang suka diceng-cengin di pinggir jalan.


First of all, iya gue sekolah di SMA yang isinya chinese semua. Dan bukan rahasia lagi kalau kita bisa jadi agak rasis, dan kejam ke orang yang non-chinese. It just is. Dan gue terbiasa dengan hal itu selama gue sekolah. Kalo ngomongin rasis, gue rasa bukan Cuma chinese aja yang rasis. Tapi manusia cenderung punya stereotip tertentu untuk sesuatu, salah satunya adalah “ras yang beda dari mereka”.

Contohnya stereotip gue china dan gue pelit. It just is. Namanya stereotip, mau diapain lagi. Gue juga emang pelit sih... tunggu, ini OOT.

Oke, jadi beberapa hari ini gue emang sering nganter barang ke JNE deket rumah. Itu bener-bener deh jadi semacam tantangan tersendiri buat gue, pasalnya untuk nyampe ke JNE tujuan gue harus ngelewatin deretan tukang duren yang mulutnya minta dicabein kalo ada cici-cici lewat.

Ini nggak berhubungan dengan ras sama sekali, turns out si tukang duren memang semuanya pribumi. Ini bener-bener mengesalkan buat gue. Candaan-candaan idiot abang-abang pinggir jalan semacam, “Neng, sombong bener sih dipanggil ga nyaut.”. Bukannya sombong, jangankan senyum gue nyaut aja makin di bully secara verbal and yes, i take that as a bullying matter. Karena itu benar-benar mengganggu ketentraman gue sebagai pengguna jalan.

Kadang kalo gue lagi badmood, dan lalu abang-abang itu cengengesan dan ngeledek-ngeledekin ga jelas. Gue suka ngebayangin gue bawa pistol di kantong belanjaan gue, terus gue tembakin satu-satu sampe mati. Cara mereka ngomong seolah-olah melecehkan gue sebagai cewek dan chinese (dengan panggilan amoi atau amei) itu ngeselin abis.

Bahkan pernah satu momen, waktu gue lagi nunggu angkot gue diem-diem aja di pinggir jalan. Turns out tempat gue nunggu angkot deket sama deretan tukang duren ga jelas itu. Tiba-tiba ada yang jalan di samping gue, tapi deket banget jadi nempelin lengannya ke gue. Itu menjijikannya setengah mati, entah penyakit kulit apa yang diderita dia.. itu nempel di kulit gue. Gue pelototin abis-abisan. Kan kampret.

Itu pun juga bukan karena nggak sengaja atau gimana nyenggolnya, karena jalanan masih lebar. Pengen banget gue lempar pake sepatu.

Ini nggak ada hubungannya dengan ras, karena gue mengerti mereka adalah orang-orang yang ga teredukasi. Beda sama orang-orang yang gue kenal dan teredukasi, tentu aja tingkahnya ga gitu. Plis ya, kalo ada abang-abang seperti yang gue ceritain di atas lalu nggak sengaja nyangseng ke blog ini. Hentikan deh tingkah mengganggu semacam itu. Hargai manusia lain selayaknya.

Stereotip abang-abang juga muncul bukan tanpa alasan. Gue bahkan yakin, bukan Cuma gue “cici-cici” yang ngerasain hal menyebalkan semacam ini. Gue juga tau fenomena ini nggak terjadi di deretan tukang duren deket rumah gue doank. Karena baru kemarin gue ke daerah Cempaka Mas, ada aja spesies semacam itu di seluruh Jakarta.

Stereotip abang-abang ini muncul karena fenomena cowok-cowok pribumi nongkrong di pinggir jalan dan suit-suitin cewek yang lewat. Simply disturbing.

Ini juga jadi sesuatu negatif, sampe ketika kalo mau beli barang atau sesuatu, dan keluar statement, “Ih kok barang lo kayak abang-abang, sih.” Rasanya bikin gue pengen bunuh diri kalo ampe di sama-samain sama abang-abang. Jelas karena stereotipnya udah jelek. Bukan merendahkan, tapi kalo gue karena faktor mereka yang suka iseng dan melecehkan orang lain pake kata-kata.

Gue juga yakin bukan Cuma cici-cici yang digituin, mungkin semua cewek yang lewat. However, mungkin kalo gue presiden bukan Cuma rumah-rumah pinggir kali yang gue gusur, tapi abang-abang pinggir jalan ikut gue gusur pake truk gede. Gue lindes satu-satu.


*Ga pake salam roti karena gue lagi kesel*

Tidak ada komentar: