Senin, 22 Desember 2014

Faith

Baru kali ini gue benar-benar yakin akan sesuatu. Gue tahu judulnya terdengar religius, tapi semoga lo cukup mengenal gue untuk tahu bahwa postingan ini nggak ngomongin tuhan. Sama sekali.


Anyway, jadi beberapa hari lalu keponakan gue ngerengek minta beli hamster. Seperti kebanyakan anak kecil lainnya. Cici gue beliin, seperti kebanyakan nyokap lainnya. Hamster campbell, sepasang. Masih bayi.

Gue cuek aja. Toh bukan hamster gue juga. Sampe suatu ketika, keponakan gue semuanya dibawa ke rumah bokap nyokap di tangerang. Waktu gue nyusul ke sana beberapa minggu setelahnya, hamsternya tinggal satu. Yang satu jatuh pas dimainin sama keponakan, kabur, dan hilang. Pas ketemu udah berupa jasad, entah mati kenapa. Kalo kata nyokap gara2 lapar dan kehausan.

Singkat cerita hamster satunya udah nggak diperhatiin lg sama keponakan. Gue pikir kasian juga, lagian dulu gue pernah ada pengalaman miara hamster bareng cici dan koko gue sampe kelahiran 8 anak, dan dipaksa buang sama bokap.

Gue liat si hamster itu kasian banget jomblo, sendirian, ga mau makan, pokoknya ngelangsa banget ditinggal pacarnya. Akhirnya gue berencana untuk beliin satu lagi hamster, biar ga jomblo banget.

Kemudian mucul dilema berikut ini. Gue nggak tau iu hamster belinya dimana, gue juga nggak tau jenis kelaminnya apa. Gue udah searching di google tentang alat kelamin hamster,gue udah telentangin hamster gue secara paksa, tetep gue ga bisa bedain.

Permasalah kedua, hamster kalo beda kandang suka berantem. Apalagi kalo jenis kelaminnya sama. Semacam gaya tolak menolak gitu. (Gue kemudian yakin itu cuma mitos).

Mengenai gue yang ga tau jenis kelaminnya, sebetulnya gue punya masalah gini,

1. Kalo jenis kelaminnya sama, dan mereka akur, selamatlah gue dari kemungkinan kawin dan melahirkan anak. Biar aja mereka bersahabat sampe tua, atau kalo ada ketertarikan sesama jenis juga boleh. I wont judge. Yang penting ga ada yang hamil

2. Tp kalo jenis kelaminnya sama... mereka ga bisa kawin donk? Gue ga bisa nonton hamster gue kawin donk? Lagian masih ada sedikit keinginan agar hamster itu bisa melahirkan dan gue bisa ngeliat bayi hamster yang lucu2.

Akhirnya gue putusin untung2an. Toh gue mau dan ga mau dua pilihan di atas. Jadi gue datang ke tukang hamster yg beda toko (karena di sana lebih murah. Dont judge me.)

Hamster pertama itu warnanya hitam abu2, ada strip hitam di tengah punggungnya, campbell normal atau pearl deh jenisnya. Nah  buat temennya ini gue beli campbell panda. Biar jenisnya ga terlalu jauh, lagian campbell paling murah. Gue bawa pulang dan gue deketin pelan2. Ternyata mereka ga berantem. Dan si campbell normal mulai semangat lagi. Jadi ga tidur doank kerjaanya. Kan sekarang udah punya temen main.


Gara2 kegirangan beli hamster gue jadi suka ajak main hamsternya keluar kandang. Terus gue penyet pake jari. Sebetulnya ga ada masalah dengan si campbell normal, dia tetep lebih senang di kandang. Nggak kayak hamster lain yang suka kabur. Gue buka pintu kandang juga dia santai aja tidur.

Si panda ini yang kampret, sejak gue ajak keluar dan udah tau gimana caranya buka pintu (tgl dinaik turunin doank), dia jadi kabur dengan cara nyundulin kepalanya sampe pintunya naik dan ada celah buat dia keluar.

Waktu dia kabur, entah kenapa gue nggak khawatir. Bukannya gue yakin dia bakal balik, tapi gue yakin dia bakal selamat dan ketemu. Jadi entah kenapa gue yakin banget kalo kita jodoh. Ada harapan kalo si panda bakal balik lagi.

Dulu juga ada hamster yang kabur, dia satu2nya pejantan yang normal dan bisa kawin pulak. Tp gue udah tau tuh hamster emg bakal lenyap.

Karena gue yakin hamster gue bakal balik, gue cari di internet. Mayoritas pemelihara hamster bilang, kalo sampai hamster lo udah hilang di atas 2 jam, jangan banyak berharap. Hamster kalo hilang, ga akan balik lagi. Ditambah dia kecil, bisa dimakan kucing atau bahkan tikus lainnya.

Gue tetep kekeuh tuh panda bakal ketemu. Akhirnya gue siapin makanan di dekat tempat dia hilang. Sekitar sehari setelah kehilangan si panda, mbak cuci di rumah bilang, tadi siang sempet ketemu. Dimasukin ke kandang, eh dia kabur lagi dengan cara yang sama.

Harapan gue makin besar waktu ibu cuci ngomong gitu, dan besoknya bener aja, tuh hamster ketemu lagi. Di deket rak sepatu, belum sempet ambl tali untuk ikat pintu kandang, panda udah kabur lagi.

Mungkin detik ini lo mikir, itu si panda kayaknya ga betah banget dipelihara sama gue...

Iya, gue juga mikir gitu.

Tapi kan sama gue jauh lebih aman daripada dia di luar sana. Mugkin si panda juga stress, dulu kandangnya besar dan hidup rame sama saudara2nya. Sekarang di kandang kecil bareng hamster sociopath introvert ini (nanti gue ceritain kenapa). Terus ditambah gue yang suka kegirangan sendiri penyet2 dia.

Hari ketiga, gue masih penuh harapan panda bakal ketemu. Yang ini lucu ceritanya terakhir gue ngasih makan si hamster normal masih sendirian ngeringkuk dan sebagainya. Gue tinggal bentar, buat nganter barang ke JNE. Pas gue balik si panda udah di kandang.

Enggak, kok. Panda ga balik sendiri. Udah dibilang kan doi ga mau banget dipelihara gitu. Ternyata karyawan gue nemuin. Tebak dimana, di gudang.

Dan bukan... bukan di gudang gue. Tapi di gudang tetangga. Fyi aja ya, itu tetangga seberang rumah gue pabrik cetak plastik. Keadaanya ya selayaknya pabrik, berantakan. Gudangnya penuh barang. Gue bahkan ga tau gimana caranya dia turun dari lantai dua tanpa ketahuan, jalan lewat depan rumah tanpa ada yang liat. Dan tiba2 sampe di tetangga lantai dua pulak. Atau ada tunnel rahasia yang dibuat tikus lain menuju ke sana. Gue juga ga ngerti.

Setelah panda balik, hamster yang satu mulai semangat lagi karena ada temennya. Tiap gue kasih makan, dia mulai antusias untuk makan bareng sama si panda. Entah apa yang terjadi selama usahanya kabur, tapi sekarang panda nggak berusaha kabur meskipun kandangnya ggak gue ikat tali. Kadang kelupaan.

Btw, panda cowok. Tapi gue masih ga tau si hamster satu lagi jenis kelaminnya apaan. Yang jelas mereka belum kedapetan kawin.

Oh, soal hamster sociopath introvert. Jadi si campbell normal itu, gue sebut si garis aja deh ya, soalnya punggungnya ada garis. Jadi si garis ini emang rada aneh, beda sama si panda yang suka kegirangan sendiri dan freak sendiri, si garis ini datar banget jadi hamster, sukanya tidur. Sampe sekali gue kira dia sakit. Gue ampe takut dia ga makan gara2 stres.

Ternyata dia makan, cuma ga mau keliatan orang. Beda sama panda dan hamster gue sebelumnya, mereka kalo dikasih makanan hamster yang bijian itu doyan. Wortel dan timun juga doyan. Tapi si garis kalo makan milih. Lebih doyan daging ketimbang sayur.

Dia juga datar, nggak pernah teriak. Si panda waktu awal2 sekandang sama dia suka stres sendiri kalo dideketin, padahal si garis nggak ngapa2in, tau2 panda udah telentang terus teriak2 melengking, si garis cuek aja, tidur lagi. Gue jadi mikir, inj yang sociopath siapa sebenernya. Lagian panda itu kan cowok ya... duh heran.

Sekarang mereka udah mulai bonding, si garis juga mulai ceria lagi ngendus2 panda. Tidurnya udah mulai deketan, biar saling menghangatkan gitu. Gue siap2 beli kandang yang gedean buat mereka nanti. Biar lebih leluasa main.

Betewe, gue sempet foto mereka beberapa hari lalu. Tapi masih ada di kamera, nanti ah nyusul gue pos di blog.

P.s. panda sempet gue deketin ke jackie kemarin. Si jackie baru ngendus, dia udah lari tunggang langgang. Ha ha ha ha...

Salam roti!

3 komentar:

fitriany dena mengatakan...

Guaa punya hamster. Dia berusaha kabur dan dikasih makan dikit banget. Gua kasih kacang kacangan makan dikit, sayur dikit, makan biji bunga matahari juga, makanan kaya pelet hamster juga sama dia gamau makan kenapa ya

Marisa Roti mengatakan...

Kemungkinan:
1. Kalo hamster baru wajar dia masih beradaptasi sama elo dan lingkungan.
2. Hamster lo tipe apa? Kalo campbell dan sejenisnya itu habitatnya berkoloni. Jd ga boleh sendirian dia bs stress. Kecuali syrian emg harus sendiri
3. Dulu hamster gue jg ada yg g suka sayur ama kacang tp dksh daging dia suka. (Entah bener atau enggk deh gue hehe)
4. Kandangnya mungkin terlalu kecil jd dy stress?

Happy hamster caring!

Marisa Roti mengatakan...

Kemungkinan:
1. Kalo hamster baru wajar dia masih beradaptasi sama elo dan lingkungan.
2. Hamster lo tipe apa? Kalo campbell dan sejenisnya itu habitatnya berkoloni. Jd ga boleh sendirian dia bs stress. Kecuali syrian emg harus sendiri
3. Dulu hamster gue jg ada yg g suka sayur ama kacang tp dksh daging dia suka. (Entah bener atau enggk deh gue hehe)
4. Kandangnya mungkin terlalu kecil jd dy stress?

Happy hamster caring!