Kamis, 21 Agustus 2014

Gerakan Move On Ala Virgo

Sebelumnya gue kasih tau dulu ya, isi blog ini sepenuhnya berdasarkan pengalaman gue dan Imas. Yang mana kita emang sama-sama Virgo. Ga akurat, ngasal, dan Cuma dilakukan based on “kata internet” sampai “pengalaman patah hati pribadi”. Dan bukan, bukan pengalaman pribadi gue, tapi pengalaman pribadi Imas. *diganyang Imas segera*


First of all, gue udah beberapa kali bahas soal zodiak gue yang populasinya (di lingkungan gue) sangat sedikit itu. Yang terkenal dari virgo adalah, picky, perfeksionis, teliti, unggul dalam hal intelektual, susah mengekspresikan emosi. (gengsian). Because the easiest way to spot a virgo, is find one who look quiet but observant, calm but nice at the same time. Enggak sih, gue ga se-cool itu. Begitu juga dengan Imas.

Berdasarkan gosip tante-tante girang pengamat zodiak paling khatam (Halo, babe Aish). Virgo dan pisces adalah dua zodiak paling gentle dan charming di saat yang bersamaan. Jadi buat kalian cewek-cewek yang mengharapkan cowok romantis picisan dengan gestur ala-ala Korea kayak di film. Maka pacarilah cowok virgo, (selama lo siap dengan mulut pedes dan kritikan tanpa emosinya).

Lucunya dari curhatan menjijikan Imas dan gue di line adalah. Dalam beberapa hal kita benar-benar menyikapi suatu masalah dengan gestur yang sama. Sampe ketika dia curhat, “bla bla bla.” Gue tinggal bilang, “Ah paling juga lo nanti bla bla bla”.

Sebetulnya bukan karena gue sangat mengenal Imas atau gimana, tapi gue justru merefleksikan apa yang terjadi pada dia untuk diri gue sendiri. Dan tbh, gue mungkin akan melakukan hal seperti yang dia “akan” lakukan. Jangan heran kenapa gue bisa menebak.

Berdasarkan observasi gue belakangan ini akan “gerakan move on dari patah hati”nya versi Imas yang berzodiak virgo. Tanpa sadar gue mulai merefleksikan hal tersebut pada diri gue sendiri. Enggak, move on itu ga gampang buat virgo. Berikut penjabaran mengenai Gerakan Move On Cewek Virgo.

Gengsian...

Biasanya, ketika Virgo patah hati, atau katakanlah di sini Imas. (Iya gue mengorbankan elo untuk kebenaran ini, Mas.) Sifat gengsiannya bakal keluar. Akan ada tahap dimana dia ga bisa menyembunyikan rasa sedih pasca putus di depan temen-temennya. Curhat sana-sini sana-sini. Tapi sebisa mungkin, seberdarah apapun hati sama otaknya, dia bakal apdet status pake lagu Adelle “Nevermind I’ll find someone like you.” Berharap si mantan bakal baca status itu. HAHAHAHAHA... Tragedi ya memang...... Lebih baik dia mati daripada harus “ngajak balikan langsung setelah putus”.

Menipu Diri Sendiri (Bahwa Dia Sudah Move On)

Mengingat sifat gengsiannya di atas, kaum Virgo mostly susah mengakui bahwa “move on” itu susah. Kenapa? Karena logika mereka ga menerima itu. Otak Virgo itu cara kerjanya gini, “Dasar bego, gue kasih tau ya. Move on itu gampang, apalagi doi dah nyakitin lo macam itu.” (Biasanya itu kata otak si Virgo pada hati si virgo). Tapi tentu saja kita semua tahu... Hati ga pernah bisa bohong. HAHAHAHA.

Jadi tindakan yang mungkin virgo lakukan adalah, menghubungi si mantan dengan sapaan seperti, “Eh gimana kabar hamster lo?” (bersikap seolah-olah mereka bukan dua orang yang baru aja berganti status jadi jomblo), “Namanya siapa, tuh? Bejo? Eh bukan ya... Bokir, ya?” (Pura-pura lupa dengan detail kecil si mantan untuk menunjukan bahwa dia ga peduli *even we all know they care*) “Tau gak gue baru dideketin sama cowok ganteng yang jenggotnya seksi menggemaskan itu loh.” (Virgo akan curhat soal gebetan baru seolah-olah dia dan mantan adalah sahabat lama yang bertukar kabar, sekaligus pengen liat reaksi apakah si mantan akan cemburu atau enggak kalau dia cerita soal gebetan lain).

Impulsif

Setenang apapun kaum Virgo, ada momen ketika mereka akan bertingkah dengan impulsif (dan kebanyakan mereka sesalin), such as... “Ngomong kangen sama mantan” HAHAHAHAHAHA *mampus mas! Mampus!* Tindakan impulsif itu mostly menghancurkan prinsip “gengsi” mereka, itu kenapa selalu mereka sesalin. “You lose when you spill out your emotion to others.” Kurang lebih seperti itu jargonnya mereka. (Gue udah bilang, salah satu cara untuk menemukan virgo diantara peer groupnya, mereka terlihat paling tenang dan observan. Mengamati, sesekali melempar komentar dan senyum tanpa emosi berlebihan.)

Jarang Caper
Bedakan virgo dengan jenis mantan lainnya. Kalau kebanyakan orang akan terkesan “caper” setelah putus, (status twitter, path, status facebook, sampe ngeblog macam gue ini). Virgo akan cenderung menghilang. Satu, karena mereka gengsian dan menghilang adalah salah satu cara untuk menunjukan bahwa mereka ga peduli. Dua, kalo mereka caper itu berarti mereka menunjukan emosi mereka dan bikin si mantan menang.

Jadi intinya, balik ke nomor satu. Mereka gengsian. HAHAHAHAHA. Oke, enggak juga, kadang virgo alay. Tapi mereka akan cenderung apdet status yang mengesankan, “Lo ga segitu istimewanya buat gue, gue jamin lo nyesel dah mutusin gue.” Daripada “Plis balikan lagi sama gue, gue kesepian.” Seperti zodiak-zodiak tertentu.

Susah Move On. I told you.

Bukan tanpa alasan kenapa Virgo sampai memasuki tahap “susah move on”. Seperti yang sudah gue bahas pada paragraf di atas. Karakter zodiak ini adalah perfeksionis dan teliti (not me, ya). Termasuk dalam memilih pacar. Mereka ga semata-mata tergila-gila hanya karena ganteng, atau tajir, atau pinter, atau alasan idiot semacam “duh dia bikin gue deg-degan”. Alasan seperti itu ga cukup untuk lolos “Ujian try out jadi pacar virgo”. Karena mereka (kita) picky.

Masing-masing orang punya kriteria yang berbeda. Termasuk virgo, kriteria gue ga tentu sama dengan elo. Beda orang, beda standar. Yang sama adalah, virgo akan mencari orang yang bisa mencentang semua “daftar tipe ideal” yang ada di otak mereka itu. Ga Cuma sekedar-sekedar yang gue sebut di atas. Kalo bisa semuanya, mereka akan nunggu sampe dapet yang satu paket. Perfeksionis, ingat.

Otak virgo biasanya jago nimbang, jago ngitung. Jago menilai “apakah dia pantas atau enggak”. Kebanyakan virgo, rentang waktu jomblo selama hidup lebih lama daripada “in a relationship”nya. Kalau sampai pacaran. Apalagi dalam hitungan tahun, berarti si significant others itu sudah tepat secara logika dan perasaan. Untuk kita, nyari yang kayak gitu susah.

Jadi kalo mantan lo virgo, lo jadian selama 1 atau 2 tahun, dan lo sangat yakin bahwa dia sudah move on dari elo (karena dia tidak menunjukan tanda-tanda “Depresi” atau “belum move on” atau bahkan “peduli sama elo”), apa lo beneran yakin? Cek dulu, doi udah punya pacar belum? Kalo sampe belum punya pacar, taruhan sama gue. DIA BELUM MOVE ON! HAHAHAHAHAHA

Sekian ulasan singkat mengenai virgo versi gue dan (pokoknya) Imas. Sekali lagi, ini hanya judgement blogger amatiran berdasarkan pengalaman pribadinya, kalau sampai lo virgo dan tidak sama seperti yang gue jabarkan di atas coba cek lagi zodiak lo  yaudah woles aja, namanya juga sharing. Mahahahaha.

Salam roti!




33 komentar:

Tiffany Frederika mengatakan...

kenapa lo ngebahas soal Virgo, tapi gue berasa ini gue banget, ya?

Gue belom pernah sampe harus move on dari mantan, sih...

Etna Khairullah mengatakan...

hahaha anjir gua virgo abis, lahir di pertengahan tanggal konstelasi bintang virgo dan sialnya mantan gue di tanggal terakhir virgo, and guess what? gengi >< gengsi = kiamat. (eh maap gue tetiba curhat) padahal belum kenal hahahaha

Marisa Roti mengatakan...

Or basically emang kita berdua aja orangnya gengsian banget? Hahaha. Somewhere i read, a virgo should end up with another virgo.

ltvynttmr mengatakan...

Gua virgo, awal baca ni blog ngerasa "ah bukan gua banget kok"
ETAPI SETELAH BACA AMPE ENDING
"MAMPUS KEBONGKAR AIB GUA"
dah ya sekian😂

ltvynttmr mengatakan...

Gua virgo, awal baca ni blog ngerasa "ah bukan gua banget kok"
ETAPI SETELAH BACA AMPE ENDING
"MAMPUS KEBONGKAR AIB GUA"
dah ya sekian😂

Zyzemrn M mengatakan...

Maaf ya sis, saya bkn org Indonesia tapi Malaysia. Saya bisa paham dikit2 artikel kamu. Saya punya soalan sini, pacar saya virgo & dia sendiri yg memutuskan hubungan kami yg sudah 3 tahun terjalin. Kami terpisah bkn krna ada org ke 3 tetapi kerana gak tahan dgn pertengkaran & gak bisa memenuhi kehendak both of us. Saya mohon dont go tapi dia semakin kasar memohon lepaskan...yg akhirnya saya akur. Sprt yg kamu mention, dia juga update status 'gak aktif', block saya d semua web yg ada dia add. Amat berat utk saya terima keputusannya, saya rela berbincang dulu utk perbaiki kesilapan kami sblm pilih jalan putus...tetapi dia sepertinya sudah tetap dgn keputusan & no chance given lagi.

Zyzemrn M mengatakan...

Belum sampai seminggu kami putus, adakah masih ada chance utk saya memujuk dia agar kembali semula? Atau gimana sis yg terbaik nya?

Marisa Roti mengatakan...

Zyzemrn M: give some times for you and your ex, jangan maksa di momen emosional pasca putus kayak gini. Kalau emang jalannya untuk balikan, you will eventually. But don't put yourself in a broken relationship. Baru seminggu putus... Jangan buru-buru. Jauhan dulu, kalau waktunya tepat dan you think there's still a chance for you both, baru duduk bareng. Siapa tau saling jatuh cinta lagi..

Zyzemrn M mengatakan...

Ya, berjauh itu lah yg saya cuba lakukan sekarang setelah percobaan message dia tdk d jawab. Tapi bagi kamu, adakah dia memberi ruang dengan begitu mudah utk saya kembali setelah lalui keperitan? Is she want to talk to me and meet me?

Zyzemrn M mengatakan...

kalau ya, sapa dulu yang mula omong? Dia sendiri atau dia mau saya dulu yg mula?

Zyzemrn M mengatakan...

Salam Roti☺


Gimana kalo virgo sendiri yg mutusin? Mungkin kesan nya gak sama seperti d putusin?

Zyzemrn M mengatakan...

Walaupun hubungan nya bertahun2 lama?

Hasnah ibrahim mengatakan...

Salam. Sy juga dari malaysia. Dan pastinya kerana jejaka virgo buat sy kesini. Saya berbintang sagitarius. Jauh benar kan?? Hehe. Iya. Emang btul. Sagit ini mudah jatuh cinta. kdg org bilang kita ini playboy/girl. Tpi tidak bagi saya. Saya juga picky deh.. dan sekali sudah benar jatuh cinta.. cintanya cinta mati. Ok berbalik pada si virgo saya. Aduh.. memang susah difahamin. Sebelumnya sy tidak berapa tau soal virgo. Ttpi sy cuba mencari melalui zodiak apa yg dia suka. Apa yg tidak disuka. Apa yg bikin dia marah.. utk apa. Utk memastikan dia benar2 nyaman disis saya.

Hasnah ibrahim mengatakan...

Pada awalnya. Sy tidak mengerti deh. Dicuekin terus. Sempat terfikir apa salah ku. Bila difikirkan semula. Pas ada satu cowok(rakannya) mebdekatin sy.(ngobrol aja..) awalnya ok2 aja. Tapi bila tiba di bhagian sms pada seblah malamnya.. aku malah dicuekin. Kdg2 apa dia bilang.. "saya sakit kepala. Mau tidur." Nahh langsung offline.. kita disini masih pening mikirin. Tak bilang apa2.. cuma kepala saja ligat berfikir.. apa salahku. Tpi ya.. 2 3 hari cueknya berjalan terus.. mesej nya cuma "im ok." "Sudah makan". "Ye ke." "Ooo..."
Tpi tetap aja aku gak pernah dilupain. Sentiasa dia dulu yang mesej aku. Aku kira dia tau sih aku lagi sedih... aku aja selalu bilang. B, kalu kamu lagi stress gak ok.. aku kasi kamu ruang deh.. aku gak apa2. Aku mau kamu nyaman. Dia bilang apa tau.. nanti kamu nangis.. 😂😂😂

Hasnah ibrahim mengatakan...

Tapi jujur saja. Walau kdg aku sedih sama cueknya itu. Tapi aku suka deh.. terlihat sangat cute.. jutek tapi tetap diperhatikan... itu yg buat aku makin sayang makin care.. aku berharap aku bisa jadi sama dia. Usia hubungan kami baru stahun. Cuma kdg aku jadi kepikiran. Apa dia ada yang lain. (Ketika dicuekin) tpi ketika dia lagi happy nih.. aku rasa seperti puteri. Dia care tapi ttp dijaga egonya tuh.. cute bangat tau gak... aku mau tanya ni.. adakah dia benar syg sama aku. Kerana aku jugak terkadang sempat mikir.. aku itu tidak intelek. Tpi umum tau virgo itu maukan yang perfect. Aku si sagit ini kadang tidak matang. Apa yang aku mampu buat sekarang.. hanya jagain hati dia. Tak mau dia cuek. Tak mau dia marah.. mau dia senyum selalu..

mutia sari mengatakan...

Hahahaha tulisan lu ajib banget nih. Gile gue ngakak bacanya, berasa lagi di omongin hahaha

mutia sari mengatakan...

Hahahaha tulisan lu ajib banget nih. Gile gue ngakak bacanya, berasa lagi di omongin hahaha

ike ika mengatakan...

Haha virgo itu cuek.tapi care

Novena Bioone mengatakan...

Gua virgo,lahir 17 September **NgkkNanya dan gue blom bsa move on dr cwok yg zodiaknya aquarius
#Huaaa_emak

Novena Bioone mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Lani Zea mengatakan...

kira kira komen ane ada yang bales gak ya?

Astrid Sagita mengatakan...

Sy sagitarius. Suami virgo. Pacaran 11 thn. Sy kenal dy umur 17 thn bgt pun dia. Sy pacar pertamanya. Dalam semua kekejaman bibirnya I still can not live without him. My virgo man is the only man I want to share my life with. Even sometimes he is very rude in talking and it's hurting.

Anonim mengatakan...

Gimana caranya agar kita tahu, kalau virgo udah move on dari mantan nya???

Anonim mengatakan...

Sumpa ini tuh mirip gue banget, gue di posisi ini sekarang. Gue mesti pura pura bahagia dengan gebetan baru, padahal gue masih cinta sekaligus sakit hati sama mantan. Gue akhirnya menghilang dari kehidupan dia.itu cara terakhir gue buat lupain dia. Dia itu cinta pertama gue dan gue gak bisa bohong, kalau gue merasa separuh jiwa gue ilang pas kita putus.

Anonim mengatakan...

Gue bingung, gue berusaha untuk pergi dari kehidupan dia sekitar 1 tahun, apa sanggup gue ketemu dia di tahun 2018, disaat gue masih mencintai dia. Gue gak sanggup lihat dia dengan cewek lain, tapi di sisi lain gue ingin dia bahagia. Entah kenapa gue gak bisa ngilangin rasa cinta gue, temen gue bilang gue itu alat bin lebay karena gagal move on. Tapi sumpa demi remahan rempeyek gue tuh selalu jatuh sama cerita cinta gue sama mantan. Gue susah buka hati gue buat cowok lain. Anehnya saat gue memulai memberi kesempatan cowok lain, mantan gue datang dengan kata maaf, gue memaafkan dia. Di sisi lain gue ingin kembali tapi di sisi lain gue ingin di perjuangin juga, tapi nyatanya dia biarin gue untuk cowok baru. Saat itu gue baru sadar cinta dia ke gue gak sebesar cinta gue ke dia. Tapi tahukah dia gue selalu ingin dia di hidup gue. Yang gue takutin gue tuh di tinggal dia pergi dari dunia ini, gue bersyukur dia cuma pergi ke lain hati asalkan dia tetap ada di dunia ini. Still loving you kak kotak

E. Nikita mengatakan...

Virgo terlalu menarik memang.. gw cewe Aquarius dan hmm mantan cowo gw Virgo ( ga paham sih ud sama2 nganggap mantan atau belom ). Tp susah bilang kita falling in love at the wrong time.. terpaksa berpisah..walu masih sama2 cinta.. setahun setelah pisah kami sempat bertemu dan dia menyatakan diri belum move on, masih cinta ..tp ngajak buka new chapter untuk move on.. Aquarius terlalu sok kuat dan sok positive mindset .. mereasa perlu ambil inisiatif keras menyudahi demi melihat virgo yg ambigu.. jadi ‘jebreeet!!’ Aquarius mengeksekusi. putus kan semua contact dan link .. block contact2nya.. tp jujur aja hati mah nangis.. dan asli gw agak bingung jg sih dan penasaran sama isi hatinya si virgo .. shock ga di eksekusi begitu ? �� Padahal dia tau bgt si aquarius cinta mati sm dia.. hanya merasa harus rela mengalah demi semua baik. Demi si virgo tenang. Si aqua jg tahu kl virgonya cinta mati sm dia.. cm yah kan ga boleh overconfidence yaa ��.. 4bulan paska eksekusi, tanpa rencana jumpa tanpa tatap ‘ngamprok’ tapi tau sama tau kalau kita di satu lokasi .. si virgo kaget liat si aqua.. si aqua belaga cuek ga liat.. lalu si aqua yg angkuh diam tak berekspresi, menjauh dr radar virgo belaga ga tau dan ga perduli ada dan tiadanya si virgo.. eh si virgo tiba2 ngilang pulang hahaha .. bangcaaatt besok2 gw bales dia !
Pertanyaan penasaran gw.. itu knapa si virgo ? Gengsi kah atau beneran sudah move on kah ?? .. Atau ngajak main saling mematahkan sayap dan siapa yg lebih kuat .. ��.. sok lah ayo, paling ujungnya kita ngakak bareng menertawakan diri kita yg kasian .. hikz..
Ga ngerti jg sih apakah ini hanya ilusi.. rasanya meskipun kami harus berpisah, hati ttp menyatu ya.. ���� ���� .. yaah cinta kadang se norak ituh memang.. sok lah jawab gimana isi hati si lelaki virgo ituh ..

Bianca mengatakan...

wahh tulisan ini luar biasa! Gw virgo dan pacar gw virgo.. berpikir logika x logika = kiamat. Gengsi x gengsi = kiamat.. Sialnya, gw yg virgo (dan belom yakin untuk married) dihadapkan pada si laki virgo yang segitu serius dan bepikir panjang ke depan dengan hubungan ini. Lalu, jeng jeng, menghilang bagai angin udah semingguan.. entah dah, auk masalahnya apaan.. alibi sibuk kerjaan. tau2, eh doi update profile tinder! Hahahaha.

Wahyu Adynatha mengatakan...

Saya lahir awal mei, tanggal merah dimana buruh seindonesia pada demo. Dengan pendirian yang kuat layaknya banteng jantan yang sedang menunjukkan sisi tangguhnya.

Kebetulan baru saja saya mengalami hal yang amat saya takutkan, yaitu putus dari mantan pacar saya. Wanita virgo, dengan mata yang indah dan tahi lalat manis di sebelah kelopak matanya kirinya.

Jujur saja, saya bukan laki laki yang terlahir untuk basa basi atau suka melontarkan candaan receh.
Apapun itu selalu saya dasarkan pada keseriusan.

Dari awal hingga akhir hubungan yang kurang lebih hampir 3 tahun kami jalani. Saya selalu jadi super hero yang tiba tiba datang dengan segenap bantuan yg tanpa saya sadari bisa saya lakukan. Sekaligus paranormal yang selalu tau sebab akibat dari masalah doi.

Memang benar, wanita virgo gengsian parah. Kata katanya nyakitin, serasa di otaknya gak ada filternya.

Sayangnya saya terlanjur cinta, dan kini mantan terindah saya ini sudah punya gebetan. Blum ada beberapa hari putus dari saya sudah seintens itu hubungan mereka. Telponan sampai larut. Dia gak umar itu, hanya saja sialnya sahabat doi cewek taurus yang notabene jail sekaligus pengen bantu si mantan supaya saya sakit hatinya makin parah.

Saya sarankan. Jika ingin mencintai cewek virgo, jangan sampai berfikir seserius itu untuk nikahin dia. Dia perfeksionis pengembara bodoh yang rela cadangkan laki laki hebat yg rela nabung dan kerja part time demi penuhin keinginannya. Doi dulu minta kalau mau jajanin dia harus pake uang hasil keringat sendiri.

Maaf panjang, saya sedih akut. Jangan kepoin saya. Saya terlalu sulit untuk di mengerti.

Wahyu Adynatha mengatakan...

Tambahan :
Positifnya karena dia saya nabung dan bisa buka usaha. Karena dia saya bertekad punya penghasilan di masa remaja saya. Karena dia saya gak pernah ngeluh dan putus asa di saat saat terkritis yang saya alami. Karena dia saya paham kalau cinta itu derita tiada akhir. Perang lahir karena cinta.

Wahyu Adynatha mengatakan...

Sulit, sayapun sampai sekarang gak tau sekaligus penasaran dengan jawaban dari pertanyaan km ini.

Wahyu Adynatha mengatakan...

Sulit, sayapun sampai sekarang gak tau sekaligus penasaran dengan jawaban dari pertanyaan km ini.

Wahyu Adynatha mengatakan...

Tambahan :
Positifnya karena dia saya nabung dan bisa buka usaha. Karena dia saya bertekad punya penghasilan di masa remaja saya. Karena dia saya gak pernah ngeluh dan putus asa di saat saat terkritis yang saya alami. Karena dia saya paham kalau cinta itu derita tiada akhir. Perang lahir karena cinta.

Wahyu Adynatha mengatakan...

Saya lahir awal mei, tanggal merah dimana buruh seindonesia pada demo. Dengan pendirian yang kuat layaknya banteng jantan yang sedang menunjukkan sisi tangguhnya.

Kebetulan baru saja saya mengalami hal yang amat saya takutkan, yaitu putus dari mantan pacar saya. Wanita virgo, dengan mata yang indah dan tahi lalat manis di sebelah kelopak matanya kirinya.

Jujur saja, saya bukan laki laki yang terlahir untuk basa basi atau suka melontarkan candaan receh.
Apapun itu selalu saya dasarkan pada keseriusan.

Dari awal hingga akhir hubungan yang kurang lebih hampir 3 tahun kami jalani. Saya selalu jadi super hero yang tiba tiba datang dengan segenap bantuan yg tanpa saya sadari bisa saya lakukan. Sekaligus paranormal yang selalu tau sebab akibat dari masalah doi.

Memang benar, wanita virgo gengsian parah. Kata katanya nyakitin, serasa di otaknya gak ada filternya.

Sayangnya saya terlanjur cinta, dan kini mantan terindah saya ini sudah punya gebetan. Blum ada beberapa hari putus dari saya sudah seintens itu hubungan mereka. Telponan sampai larut. Dia gak umar itu, hanya saja sialnya sahabat doi cewek taurus yang notabene jail sekaligus pengen bantu si mantan supaya saya sakit hatinya makin parah.

Saya sarankan. Jika ingin mencintai cewek virgo, jangan sampai berfikir seserius itu untuk nikahin dia. Dia perfeksionis pengembara bodoh yang rela cadangkan laki laki hebat yg rela nabung dan kerja part time demi penuhin keinginannya. Doi dulu minta kalau mau jajanin dia harus pake uang hasil keringat sendiri.

Maaf panjang, saya sedih akut. Jangan kepoin saya. Saya terlalu sulit untuk di mengerti.