Sabtu, 11 Mei 2013

Roti Udah Gak Funny Lagi...


“Eh gue udah males baca blog lo, Cia. Gak lucu lagi...”

Kata enci gue.

“Emang gak ada yang protes ya temen lo? Kalo tulisan lo udah gak lucu lagi?”

Kata enci gue. Lagi.

“Ada gak?”

Gue diem bentar.

Perasaan gak ada deh.

“Ada. Diri aku sendiri.” Errr.. “Aku juga bingung kenapa tulisannya gak lucu lagi.”


Oke AKUI SAJA. Sejak gue masuk kuliah, sejak terakhir kali netbook gue rusak, ya OKE LAH, gue tau gue gak pernah lucu. Ha ha ha ha. Minimal menghibur, maksudnya, jayus. Apa kek. Minimal kan ada tuh dulu yang suka ngomong. “Eh gue ngakak sumpah baca blog lo!”

Ya emang sih, gue gak pernah jadi orang yang bener-bener lucu. Biasanya, kalo gue ngelawak, reaksi temen-temen gue, tiga di bawah ini:

1.       Ketawa basa-basi
2.       Ketawa kasian
3.       Diem trus mikir.

Dalam masa pencarian jati diri. Gue sebetulnya lagi milih-milih image yang bakal klop di gue. IYA pemikiran gue aneh, ribet. Trus? Masalah buat euw?? Jadi gini, dulu gue sempet mikir mau jadi cewek pinter yang super kritis. Gue mulai belajar ngedebat segala sesuatu yang terlihat di mata gue.
Mulai dari hal besar sebesar badan gue, sampe hal kecil, sekecil kelingking gue (kelingking gue kecil dibanding badan gue).

Seperti. Warna beha, sampe jenis kelamin gue sendiri. Gue memperdebatkan semuanya semampu gue. Logis gak logis, yang penting kritis.

“Kenapa warna pete ijo? Kenapa?”

“Karena mereka sejenis sayuran?”

“Terus kenapa wortel oren? Kenapa gak ijo juga kayak pete? Kenapa gak semua sayur di dunia warnanya ijo kayak pete?”

Oke. Itu gak kritis. Itu semacam...

Bego.

Pertanyaan bego.

Cuma memang sih, orang yang gue tanya keliatannya lebih bego karena gak bisa menjelaskan jawaban logis yang mudah (sebetulnya) untuk menjawab pertanyaan “kenapa pete warnanya ijo” ala gue.

Menyadari kebegoan gue dalam membuat pertanyaan yang gue (paksa) kritis. Gue mulai sadar, kayaknya ini gak bakat-bakat gue banget deh. Analisa paling tajem yang gue buat seumur hidup gue, itu analisa percintaan. Okay. Its too shallow for me. Ya sih, perasaan itu bahasannya udah diluar batas imajinasi. Udah bawa-bawa cinta dan kesetiaan, tapi tetep aja, itu gak bikin gue berpikir. Itu bikin gue melankolis. Bukan kritis.

Kemudian, gue bertekad jadi cewek sok gaul yang ngerasa nyambung di semua komunitas. Ini sedikit lucu mengingat kisah masa SMA gue dimana gue (pernah) jadi orang yang sok asik menclok sana sini dengan gaya super alay gue yang bikin gempa kemana-mana kalo jalan.

Dan gue kembali gagal. Karena untuk gaul, lo butuh mental. Karena untuk gaul, lo butuh duit jajan yang banyak. Karena untuk gaul, lo butuh jam keluar malam. Oke fail.

Gue kemudian berusaha introvert. Menurut gue, cewek-cewek introvert yang kerjaannya Cuma belajar, duduk di pojokan, pake kaca mata, trus rambutnya dikepang dua, itu seksi. Seperti, mereka mengamati segala masalah di sekeliling mereka, tapi tetep stay cool ngeliat dinamika kebegoan di sekeliling mereka. Masalahnya adalah.

Ketika rambut gue dikepang. (bayangin aja.) itu jadi menjijikan. Jijik kan lo? Jijik kan? Gue aja jijik.

Kedua. Kebegoan gue yang merasa kritis itu didukung penuh oleh kemampuan bermalas-malasan gue. Gue cinta buku, tapi buku novel dan komik. Iya novel, sinetron yang dibukukan itu loh. At least, selera novel gue high class. Gue suka baca genree...... err..

Chicklit.

Buat gue itu high class, karena itu menceritakan tentang balada kehidupan para wanita di umur dewasanya mereka. Gak level gue baca kisah anak SMA yang berawal dari benci, trus lama-lama saling cinta. Sorry, gak level. Jujur aja ya, novel teenlit yang pernah gue baca tuh dikit. Kayak.. Tanpa dia, Tunangan, Eiffel i’m in Love, Dealova, Sweet Blue Kiss (anjir nih novel sedih banget. Lo bener-bener harus baca. Gue nangis di halaman ke-20. Dan sekarang gue pengen nangis lagi inget ceritanya T.T) aduh.. gak tau deh. Gue gak tau banyak soal novel teenlit. Paling pengarang-pengarang kayak... uhm. Gak tau. Lo percaya kan gue gak suka novel teenlit? Ya gue gak tau lah pengarangnya siapa.

Cuma satu jenis buku yang gue gak suka. Buku pelajaran.

Dicoret banget.

Ketiga, gue gak suka duduk di pojokan. Pengap. Gue butuh ruang luas untuk gue bernafas.

Opsi ini gue coret. Gagal. Fail. Super fail!

Kemudian gue berusaha menjadi lucu. Gue mengamati temen-temen cowok di kelas gue yang suka ngelawak dan nyeletuk bikin temen sekelas ketawa. Fyi. Gue mencoba.

Guru berbicara di depan kelas.

Temen cowok gue nyeletuk.

Sekelas tertawa

Gue ikut nyeletuk.

Mendadak hening.

Krik.

Krik

Mungkin seperti ketika lo membaca blog gue sekarang. Efeknya. Krik. Yes? No? I hope its a no. Gapapa kalo Yes, mungkin gue mulai bisa meraba jati diri gue yang sesungguhnya.

Jadi di tengah rasa frustasi itu, gue mendekati seorang temen cowok gue yang entah kenapa celetukannya selalu berhasil bikin sekelas ketawa. Parasnya mungil, dengan kacamata yang suka melorot ke idung, rambut tipis-tipis, dan gigi kelinci yang tongos menggemaskan.

“Sog. Gue mau nanya sesuatu sama lo..” gue jadi agak grogi gitu waktu deket-deket pria menggemaskan ini. “...ngelawak itu caranya gimana sih?”

Yes. Pertanyaan di atas bukan rekayasa semata. Gue bener-bener minta tips ngelawak sama temen cowok gue.

“Oh. Aduh..” jawabnya malu-malu. “Gua juga ngelawaknya gak lucu-lucu banget kok.”

“Siapa bilang!! Lo lucu!” ujar gue sambil narik-narik kerah seragamnya. “Sekarang sharing ke gue, gimana cara jadi lucu.”

“Oke. Begini...” dia naikin kaca matanya yang melorot lagi ke hidung. Berikut saran dari teman gue yang super menggemaskan.

“Satu. Suara lu harus keras.  Karena kalo suara lu gak keras, gak ada yang denger. Usahain, semua orang denger apa yang lu ngomong.”

Oke. Check. Suara gue keras. Membahana ke seluruh Asia Tenggara. Masalahnya adalah, gue bisa bikin suasana jadi super garing dengan suara keras gue itu.

“Dua. Lu harus liat sikon kapan lu ngelawak. Lu harus tau waktu yang tepat buat ngomong lelucon lu itu.”

“Err. Kayaknya gue udah semua deh. Kenapa tetep gak lucu, ya?”

“Lu harus bego!”

“Hah?”

“Iya! Lu harus bego! Kalo lu ngelawaknya kayak gitu, jelas aja temen pada gak ketawa. Yang ada malah pada mikir bukan ketawa.”

Gue merasakan pepatah mati segan hidup tak mau pada detik itu. Seperti, jadi orang pinter gue gagal. Bahkan jadi orang bego pun gue juga gagal.


“Lu harus bisa ngelawak yang gampang dicerna. Jadi penonton gak harus mikir gara-gara lawakan lu. Biar mereka ketawa aja.”

Gue mendengarkan saran pria itu dengan seksama dan penuh konsentrasi. Hingga gue mengambil kesimpulan. Untuk lucu, lo butuh. Kebegoan, suara yang keras, dan kepekaan situasi. Gue mencoba selama satu semester. Hasilnya gue tetap gagal. Gue terbilang terlalu serius untuk jadi seorang pelawak, dan terlalu ngelawak untuk terbilang sebagai anak jenius. Iya, kayaknya gue ngelawak waktu bilang mau masuk ipa. Yasudahlah.

Gue ngelawak di blog.

Dan sekarang katanya blog gue gak lucu lagi.

*Mulai serius*

Melihat tulisan gue di atas. Gue mengingat masa-masa dulu dimana gue mencoba untuk lucu. Ya gak gagal-gagal banget juga. Minimal ada beberapa orang gak waras yang berani mengatakan kalo gue (lumayan) lucu. Atau sebetulnya pada saat itu gue gak berniat untuk lucu, hanya aja pemikiran naif gue semasa SMA sebagai remaja yang belom ketemu jati dirinya sedikit menggelitik buat orang lain.

Things change.

Kekonyolan gue pada masa itu, akan tergantikan dengan kekonyolan gue di masa sekarang. Blog roti itu gue, blog roti itu kepribadian gue, bukan tentang tuntutan orang yang baca atau apapun, tapi blog roti seperti cermin gue bertumbuh. Bahwa inilah pemikiran-pemikiran yang gue miliki bersama blog gue. Bahwa inilah blog gue sebagai mediasi gue mengeluarkan keluh kesah gue apapun keadaannya.

Gaya menulis gue berbanding lurus dengan perkembangan cara berpikir gue. Dan mungkin inilah hasilnya, gue gak akan pernah tau kemana gaya nulis gue akan mengarah, gue Cuma mengikuti apa yang gue suka. Dan gue gak merasa ada yang salah dengan itu. Dinamika wajib terjadi adanya. Perubahan keharusan adanya. Dan seperti yang gue bilang.

Keadaan gak pernah sama, terus berubah. Keputusan lo untuk stick dengan gue, atau hijrah ke tetangga. Ke blog lain yang masih fresh dengan gaya nulisnya yang super lucu.

Your choice.

Dalam proses pencarian jati diri gue, gue menyadari sesuatu. Bahwa gue gak harus berusaha keras untuk menentukan image apa yang akan sesuai dengan gue. Gue ya, gue? Gue yang gak pinter-pinter banget, gue yang gak bego-bego banget, gue yang kalo ngelawak ga pernah berhasil, gue yang kalo berusaha gaul selalu gagal, gue yang berusaha keren dan pendiem selalu fail (pake banget).

Gue yang terlalu serius dalam berpikir dan melihat suatu masalah. Gue akan berubah lagi, ketika gue melihat hal itu gak baik buat gue, atau gue akan berubah dengan sendirinya ketika keadaan memaksa gue untuk berubah. Who knows?

Anggap aja ini satu lagi sisi gue yang berusaha simpel menanggapi segala sesuatunya. Dan yes, gue juga punya sisi simpel itu dalam diri gue.

Oh, betewe. Gue sempet berpikir gue gak produktif nulis beberapa minggu ini, setelah gue pikir-pikir lagi. No. Gue tetep menulis, karena itu seperti cara gue untuk bernafas dalam aktivitas lainnya. Gue menulis apapun yang bisa gue tulis, blog roti, potongan kalimat, ciptain lagu. Gue menulis, dan gue memaksa otak gue untuk bekerja. Tapi iya, otak gue memang lagi mampet kalo lo ngomongin “fiksi”. Mampet banget. But still, gue gak pernah berhenti menulis.

Tapi... seharusnya...

Gue melanjutkan fiksi gue yang tertinggal T.T

*Tuh kan ribet lagi*

Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa... kenapa otak gue mampet... KENAPAAAAA.

Sekian postingan random malem ini. Jadi kita tutup kembali dengan kegalauan gue yang gak bisa nulis fiksi. :’(

Salam lucu dan salam roti!

6 komentar:

Anonim mengatakan...

baebe....
lu tu innuk kali,,,,, lu g usah ngrasa gt dech.. otak lu itu penyeimbang orang2 yg ky gue yang jrg mikir saat gw ngelakuin sesuatu.
jd intinya pikiran lu yang kritis itu sangat berguna, lu tingal cari orang yang bisa nyeimbangin otak lu, ok ?

TF mengatakan...

Masa pencarian jati diri lo lagi berlangsung, Mar. Santai aja ngadepinnya.

Marisa Roti mengatakan...

ano: IYA BEEEBB IYAAA.. iya gue ngerti kok. kayaknya ini emang lagi masa pencarian jati diri gue seperti kata komen di bawah lo..

fan2: iya kayaknya. fan, emang lo pernah gak sih melewati masa pencarian jati diri gue bingung. kenapa gue suka galau, trus lo kayak abege-abege cool kalem gitu? *kalo lo gak gitu kita gak bisa temenan kayaknya*. trus komen lo PSIKOLOGI BANGET! AAHAHAHAHAHAHAHA

Unknown mengatakan...

Lu curhat ja kocak.hhhha
Bener2 konyol mungkin lu butuh yg menyegarkan sa, entah Suasana ato dunia, kidding
. Keep posting

Marisa Roti mengatakan...

jun: kocak apanya nih om? -____- itu postingan aja tentang gue dibilang gak lucu sama sekali sama orang-orang sekitar. hahaha. thanks komen2nya by the waaays. :D

Anonim mengatakan...

Hahaha..
gue malah ketawa lo baca postingan lo, dan ga cuma postingan ini tapi juga yang laen. menurut gue karakter lo unik. lo mikir dengan cara lo yang bikin gue bilang "ternyata ada juga yang mikirnya kaya gini?" artinya, pemahaman gue tentang karakter orang bertambah karena ada makhluk bumi kaya lo, hehe.

Jadi diri lo aja lah. Postingan lo keren kok di mata gue :)