Sabtu, 04 Mei 2013

Ini Postingan Panjang. Sekian.


Begini situasinya, gue mau curhat. Tapi semoga bukan curhatan-curhatan melankolis seperti di beberapa post sebelumnya. Semoga,,,, semoga momen melankolis gue sudah berlalu, dan kembali menjadi marisa si plegmatis sanguinis (yang berharap berubah jadi kolerik). Ha ha ha ha. Well, sebetulnya ada banyak banget. (gue ulang. Banyak. Banget.) yang bisa gue ceritain tentang kehidupan kampus gue, tapi memang beberapa minggu belakangan gue mendadak bego dan gak bisa ngetik apa-apa di halaman microsoft word tercinta ini.


Padahal. Seharusnya inilah tugas Wang. Mem-provide Ms Word untuk gue nulis. Huk. Sekarang Wang jadi multi talenta gini, buat nonton film lah, nonton video lah, denger lagu lah, online lah... *maafkan pacarmu ini, Wang*.

Tuh kan, gue curhat lagi. Oke curhat utama gue pada hari ini adalah.. gue menemukan hal-hal baru dan mengejutkan tentang beberapa temen kuliah gue. Tbh, gue memandang beberapa temen baru gue ini sebagai pribadi-pribadi yang menarik, selain dari tingkat intelektual juga cara mereka bersikap. Dan ini sesuatu yang sangat baru bagi gue, mengingat betapa homogennya lingkungan gue dulu. (pffffttttt).

Data kedua tentang gue adalah, gue 19 tahun, dimana ini adalah umur transisi antara remaja akhir dan dewasa awal. Entah kenapa akhir-akhir ini, abege gue keluar banget. Abege-abege alay menuju dewasa gitu loh. Kalo menurut seorang temen yang dua tahun lebih tua dari gue, adalah, di umur-umur dia yang segitu adalah pakem terakhir menentukan jati dirinya yang masih belum gue mengerti sampe hari ini, apa makna jati diri sebenarnya

Nah, data ketiga adalah, beberapa hari ini gue dan temen-temen kuliah lagi keranjingan yang namanya main ToD (Truth or Dare) biarpun ujung-ujungnya Cuma jujur-jujuran aja sih. Tapi ada pola yang sedikit lucu, menggambarkan perbedaan pola berpikir abege, dan abege akhir. Abege dimana mereka masih sadar akan keabegean mereka, dan abege akhir dimana kita berusaha keras untuk tidak meng-abege-kan diri sendiri dan berusaha mempertanyakan masalha berbobot. Its great, i guess.

Kayak gini. Kalo dulu jaman gue SMA, pertanyaan paling berbobot dalam permainan ToD biasanya.. “Lo pake beha warna apa hari ini?” atau “Celana dalem lo motifnya apa?” atau bahkan.. “Lo mimpi basahnya, mimpiin siapa?” (oh maaf, kayaknya ini percakapan gue dan temen cowok gue aja.)

Berganti menjadi.. “Apa tipe pasangan hidup lo kelak, nanti?” atau “Apa arti cinta dimata lo?” BUNUH GUE, BRO, BUNUH! Oke. Woles. Beginilah fenomenanya. Buat gue ini seru sih, sampe hari ini, ketika lagi-lagi kita kembali memainkan games yang sangat gue benci ini. Seriusan, permainan dimana ketika lo kena ketunjuk, trus tiba-tiba semua pesertanya ngeliat lo dengan penuh nafsu untuk menelanjangi lo. Itu ngeri. Buat introvert seperti gue. Itu ngeri.

Ini adalah salah satu alasan utama kenapa gue sangat menyenangi percakapan intim dengan orang lain (banyak) yang gue kenal. Karena dengan percakapan intim, gue bisa tau karakter dia, gue bisa tau masalah-masalah yang mengganggu dia. Generally, gue merasa cocok sama semua orang yang pernah bercakap intim dengan gue. Tapi sedikit bagian di hati gue, mempartisi itu menjadi beberapa kategori yang berbeda. Dan jarak seharusnya hubungan dia dengan gue. Karena dari ceritanya, gue akan tau, secocok apa kita.

Anyway, itu bakat baru gue yang baru gue eksplor beberapa bulan belakangan ini. Kembali pada permainan tadi. Gue sedikit terkejut ketika denger kisah seorang temen gue. Gue gak percaya bahwa cowok juga bisa tulus, bahwa cowok juga bisa menyayangi sesuatu setulus cewek menyayangi hal tersebut. Dan teman gue ini adalah salah satu contohnya.

Ketika elo jatuh pada sesuatu. Dan kebetulan sesuatu itu adalah cewek, ketika lo all out dan berusaha membahagiakan dia semampu lo dengan tulus, dan ketika sesuatu itu meninggalkan lo dengan cara yang sangat ironis dengan cowok lainnya. Karena detik itu, gue merasa kalo rasa sayang yang tulus itu beneran ada.

“Gue beliin dia kue, pada momen itu kita udah putus, gue liat dia jalan sama cowok lain, gue tau dia putusin gue gara-gara cowok itu. Gue ikutin mereka, dia ulang tahun hari itu, gue impulsif, gue beli kue, dan gue kasih ke cewek itu. Gue bilang thanks ke dia.”

Kronologisnya.

Lo diputusin sama cewek yang udah berpaling hatinya ke cowok lain, lo menemukan fakta itu ketika lo jalan di satu mall sendirian, kalo cewek itu udah jalan sama cowok lain gak lama setelah kalian putus. Lo ikutin mereka, sampe akhirnya cewek itu ngeliat lo. Dan hal yang lo lakukan, alih-alih ngelabrak pasangan itu, atau minimal ngejudge si ceweknya karena udah setega itu, lo keluar dari tempat itu, lo ke toko kue terdekat, lo beliin kue untuk cewek itu, dan lo dengan tegar menyampaikan perpisahan kalian dengan cara yang sangat sweet itu.

Oh, man. Gue pengen nangis dengernya. (IYA GINI-GINI GUE JUGA CEWEK DAN BISA NANGIS)

Gue gak menyalahkan si cewek dengan bersikap kayak gitu sama si cowok. Karena gue percaya semua ada alasan, bahwa perasaan gak bisa dipaksain, bahwa lo gak bisa berhubungan sama orang lain Cuma karena lo kasian, atau karena lo gak enak. Buat gue si cewek udah mengambil keputusan yang cukup bijak dengan gak ngerasa kasian meskipun si cowok itu udah sangat. Sangat. Sangat baik dan sayang sama dia.

Buat gue itu yang terjadi dan mungkin itulah yang harus terjadi. Kita gak pernah tau.

Ini jadi seperti satu pencerminan diri buat gue sih, gue Cuma bertanya-tanya ke diri gue sendiri. Pernah gak sih gue berkorban seperti itu tanpa gue memikirkan diri gue sendiri, tanpa gue harus berpikir. “Eh gue gini ke dia, emang dia segininya juga ke gue.” Atau “Pengorbanan gue bakal ada artinya gak sih? Males ah ngapain susah-susah berkorban buat orang kayak gini.”

Situasi si cowok cukup familiar. Menurut gue, pengorbanan dia gak terbalas. Dan gue gak percaya, cowok selogis itu bener-bener patah hati karena seorang cewek. Dan itu anjir banget. Itu bikin gue bertanya-tanya (yang ujungnya gue pertanyakan juga)

“Lo ngerasa rugi gak sih? Udah all out ke tuh cewek, dan dia kayak gitu sama lo?”

“Gue gak nyesel, toh selama ngejalanin gue ngerasa bahagia..”

SETAN SETAN SETAN SETAN SETAN. KENAPA ADA COWOK KAYAK GINI............

Buat gue kasus ini keren banget. Jujur, gue gak pernah menemukan fenomena ini ada pada diri gue, gue selalu mempertimbangkan untung dan ruginya buat gue, dan gue jarang menemukan hitungan yang pas atau sesuai. Gue selalu merasa, pengorbanan kita harus sama, atau lo yang berkorban lebih dari gue. Ibaratnya, kalo udah saling tawar-tawaran, harganya masih gak cocok sama lo, ya gue kasih lo harga modal deh, tapi jangan sampe gue rugi.

Atau sebut saja, gue gak pernah jatuh. Oke gue pernah jatuh, tapi itu adalah momen di mana gue gak berkorban banyak, gue jatuh, tapi gak loss banyak. Gue gak pernah jatuh dan rugi dobel-dobel tapi tetap bahagia dan ikhlas kayak gitu. Gue gak pernah jatuh penuh untuk orang lain, karena menurut gue itu sangat bodoh dan tidak logis. Itu kenapa, emosional gue masih belum berhasil dewasa sampe hari ini.

Ketika gue dihadapkan pada pilihan mengorbankan sesuatu untuk orang lain yang jelas tidak menguntungkan gue, atau lari, dan kembali menyelamatkan diri gue sendiri, biasanya gue selalu memilih yang kedua. Tapi gue pikir, kapan gue belajar mendewasakan diri gue kalo gue terus kayak gitu. Mungkin, untuk kali ini aja, gue belajar ikhlas. Gue belajar bahwa segala sesuatunya gak harus tentang keuntungan gue. Gue belajar tulus dari cerita ini. Belajar total dan melakukan semaksimal yang lo bisa, mungkin ketika gak menghasilkan apa-apa. Mungkin bikin lo jatuh lebih jauh dan rugi dobel-dobel.

OKE BRO

POSTINGAN GUE KENAPA UJUNGNYA MELANKOLIS LAGI?

Errr. Anggep aja, ini faktor remaja akhir yang sedang bertransisi menuju dewasa awal. Labil. Super labil menentukan beberapa hal dan keputusan di hidup gue. Whatever.

Semoga. SEMOGA. Ketika gue berhasil melewati fase ini dengan sehat walafiat, gue akan kembali menjadi 
gue yang humoris dan sedikit jayus. Seperti gue yang dulu. Sudahlah....

Oh, dan ada satu kesimpulan baru, perihal gue yang selalu sinis dulu soal masalah percintaan menggelikan. 

Dan ini didukung oleh pernyataan temen-temen kuliah gue yang sudah pengalaman perihal aspek satu ini. Katanya.. “Lo Cuma belom ngerasain, makanya lo kayak gitu, sekali-kali lo tuh harus kena yang namanya sayang banget sama orang.”

Zonk.

Jatuh cinta (kalo memang kata kerja itu betulan eksis) adalah hal yang merugikan buat gue. Pacar, bukanlah hal yang krusial buat hidup gue. Yes it is. Tapi waktu lo ngerasain itu, lo akan ngerasa ada yang beda sama hidup lo. Jadi gue sangat tidak setuju dengan pernyataan. “Udahlah, yang kayak gitu lo cari aja gebetan lain..”

Rasanya pengen gue.. “Lo pikir gue mau kaya gini? Lo pikir yang gue cari itu pacar? Kalo gue gak suka segininya, hidup gue tenang-tenang aja kali. Siapa yang butuh pacar kalo gue bisa pacaran sama diri gue sendiri?”

gue akan berhenti nge-judge. Karena gue tau seberapa merugikannya hal itu, tapi semua orang tetap melakukannya, karena kadang emosi adalah satu poin penting dalam hidup lo. Jadi ya. Bodo ah.

Btw, gue yang sempet terobsesi sama kolerisme (semoga bener) dari dulu. Gue pengen jadi orang yang tegas, berkarakter seperti orang-orang kolerik. Tapi makin kesini, kenapa gue makin ngerasa gue plegmatis sanguin. Mumpung ini masih tahap-tahap penentuan jati diri, gue mau mengganti jati diri gue jadi kolerik sanguin. Karena kayaknya hidup gue bakal lebih mudah. *alah*.

Maksudnya gue pengen belajar tegas sama diri gue sendiri, dan gak menye-menye gak tau arahnya gini. Deuh.

Sekian posting super panjang kali ini. Berhubung ini malem sabtu, dan besok libur. Errr gak ada intinya. 
Udah sekian.

Salam roti! *absurd*

3 komentar:

Anonim mengatakan...

holo, Mar..
udah lama gak main ke blog lo dan ternyata udah banyak postingan baru *ya menurut lo aje*. menariknya, postingan lo akhir-akhir ini menyentil sisi ke-'psikologi'-anku. haha. semoga kapan-kapan bisa ngobrol lagi :D

Unknown mengatakan...

wahahaha... nice marr.. gw ada jg disaat itu terjadi.. hahahah

Paoneko Ai mengatakan...

Well, tmn2 saya juga lagi fase maniak "truth or dare"
Dan saya adalah sumber virusnya :3
The best thing about that game : you know something new about your friend :)