Kamis, 07 Juni 2012

Tiga Hari Penuh Ke-Absurd-an


Tiga hari kemaren, ceritanya enci gue ikut seminar pembuatan roti, buat pengusaha-pengusaha kecil dari bogasari, sudah terbayang di dalam kepala gue kalo gue bakal berkutat sama roti dan pembukuan selama tiga hari itu buat ngegantiin enci gue. Satu hari pertama… rasanya baik-baik aja, sampe hari ketiga. Kepala gue mulai mau pecah. Sebetulnya selama ini gue Cuma pegang shift malem, dan shift malem itu emang relative santai. Beda sama jadwal siang penuh deadline dan tekanan dari pedagang keliling.


Karyawan di shift siang gak gitu notice gue, jadi mereka terlihat punya inisiatif sendiri, biasa, awal-awal. Karyawan-karyawan itu emang belom kenal gue.. *senyum najis*. Ada beberapa kejadian lucu yang sedikit mengesalkan sebetulnya selama tiga hari itu. termasuk timbangan obat roti yang salah salah sampe gue gonta-ganti timbangan. Dan emang kenyataannya segitu. Karena gue dikasih info segitu y ague timbang segitu. Capek deh… lebih asik gue pake point-point aja deh.

SEMPROTAN ROTI

Jadi gini, roti di pabrik gue itu, emang biasanya sehabis di pulung dan diisi, bakal disusun di Loyang dan ditaro di rak roti yang raksasa, nah udah jadi kewajiban bagi karyawan gue untuk nyemprotin roti itu pake susu, supaya rotinya lebih oily dan gak kering. Emang dasar geblek aja karyawan gue, pas gue lagi di meja gitu duduk, baru pulang dari jalan-jalan, sayup-sayup gue denger mereka ngobrol mungkin niatnya diem-diem gak kedengeran gue, tapi ya jelas kedengeran lah, wonk Cuma dibatesin dinding, itupun masih dalam jangka pendengaran gue.

“No, rotinya gak disemprot bagus-bagus ya..” bagus-bagus kepala elo! Dalem hati gue. Gue pura-pura gak tau aja kalo mereka lagi ngomongin soal semprotan roti.

Temennya jawab sesuatu, tapi gue gak denger. Setelah itu gue masih blaga gak tau. Kebetulan pas itu emang lagi kurang karyawan, jadi gue ikut bantuin. Jadi waktu udah jam malem banget, gue ikutan packing roti, gue liat rotinya. Kering. Jelek. Gue langsung Tanya.

“Ini roti disemprot gak?”

Si yang ditugasin itu ngelirik ke temennya satu lagi, terlihat meminta pertolongan. Gue ikut lirik ke temennya. 

“Disemprot?” Tanya gue sekali lagi, menekankan.

“Enggak tau si irfan..”

Dasar manusia. Lebih pilih nyelametin diri sendiri, padahal sekongkolannya barengan. Coward.

“Yang ditugasin nyemprotin roti siapa?”

Si irfan-irfan itu cengengesan. Bikin gue tambah senewen aja. “Saya, kak.”

“Kamu?” gue diem. Merenung. Ini sebetulnya salah satu trik bikin karyawan deg-degan, pas kita keliatan mo marah, tapi kita diem dulu. Sebetulnya sih gue lagi mikir mo ngomel apa. “Kenapa gak kamu semprot?”

Dia diem.

“Liat, rotinya jadi kering gini.”

Gak lama dia nunduk ke kolong ngambil semprotan. “Semprotannya rusak, kak.”

“Lain kali Tanya sama qihu *koko ipar gue* rotinya gak boleh gak disemprot kayak gini..”
Diem. Gue diem. Dia diem. Yaudah, gak gue marahin lagi. cukup segitu aja. anaknya masih mudaaaa banget, masih smp gitu kali, mana badannya kecil. Bikin gue sedikit miris kadang-kadang kalo ngeliat dia, tapi gimana. Kerja tetep kerja. Salah tetep salah. Hati kecil gue terluka.. *najis*

KANGKUNG MENDADAK HILANG

Jadi ceritanya, embak gue yang ngurus gue dari kecil itu masak kangkung pake daging pagi-pagi. Niatnya buat kasih makan keponakan gue. Gue masih tidur lelap di jam-jam segitu. Gak taunya dia masuk ke kamar, ngomong sambil mo nangis. Tapi sambil marah-marah. Saking marahnya sampe mo nangis, karena kangkungnya kecurian. Entahlah, kenapa dia begitu sayang sama kangkung itu.

“Cia! Lain kali bilangin karyawan lu! Masa gua masak kangkung pagi-pagi dicolong?!”

Gue masih merem. Ambil guling, nutup kuping gue. Pagi-pagi udah berisik ajeh si mpok.

Agak siangan, pas gue sadar. Dia masih marah-marah, banting-banting panci di dapur. Mau gak mau gue sadar. Ada ngko gue di kamar.

“Si mpok ati kenapa sih?”

“Kangkungnya dimakan anak-anak katanya.”

“Bingung juga gimana ngomelinnya, masa soal makan aja kita marah-marah ko..”

Sebetulnya gue udah tau pelaku pencuri kangkung itu yang mana. Seharusnya sih uang makan yang dikasih pabrik gue udah lebih dari cukup buat dia makan di warteg. Gak tau kenapa, dulu jug ague pernah punya karyawan yan gsuka nyolong makanan. Guess what, mereka dari kampung yan gsama, gue gak mau nyebut orang mana. Takut dibilang main ras. Intinya orang-orang dari daerah itu emang sedikit. Sesuatu. Entah mereka emang sering kelaperan atau gimana. Gue jgua pernah mergokin dia lagi ada di depan lemari makan. 
Soalnya pabrik gue eman gngijinin untuk ngambil nasi, tapi sayur mereka harus beli sendiri.

Gue sih asal lalu aja. gak mau gede-gedein masalah kayak ginian. Waktu gue inspeksi di pabrik, dan nanyain karyawan secara general tentunya, si orang itu gak ngaku. Yasudahlah, jadi gue pikir. Biarin aja. dia nyolong-nyolong. Toh Cuma sayur kangkung. Embak gue. Masih suka banting-banting panci kalo ada orang itu dan nyebut-nyebut perihal kangkung dia yang hilang.. *krik krik*

RUANGAN MENDADAK HENING

Gue pernah ngobrolin ini suatu waktu sama temen gue yang juga anak bos di tanah abang. Selama liburan dia rutin bantuin bokapnya jaga toko. Gue ngomongin soal anak buah sama dia, dia cerita kalo karyawan dia itu nyaman tiap kali ada dia, sering ngobrol sering curhat. Lalu gue menjadikan cerita itu sebagai refleksi buat gue sendiri. Seumur-umur. Kagak ada karyawan yang curhat sama gue. Ngajak becanda aja gak ada. Yang ada.. begini situasinya…..

Mereka lagi becanda seru, gue jalan masuk ke dalem ruang kerja. Dan tiba-tiba suasana hening. Senyap…. Senyap. Itu tandanya satu. Mereka gak pernah nyaman sama keberadaan gue. Sama kayak kemarin, biasanya gue jarang berkecimpung langsung buat urusan produksi, tapi kemaren karena kurang karyawan gue ikutan kerja di dalem. Gak ada karyawan gue yang ngobrol satupun. Terutama yang junior-junior. Yang masih muda-muda seumuran gue, biasa sih yang senior santai aja ngeliat gue. Memang mereka lebih bisa diajak tukar pikiran. Begitu gue jalan ke ruang kerja, dan mainan hape, mereka mulai dikit-dikit ngobrol. 

Gue masuk, hening lagi.

Dulu, gue sempet mikir mereka suka ngomongin gue dari belakang. Resiko atasan sih pikir gue. Tapi belakangan, setelah gue sering nguping-nguping, dan gue sendiri juga lumayan ngerti bahasa jawa. Enggak. Kadang. Kalo gue ngelakuin kesalahan suka ada omongan ngeselin dikit-dikit, over all, fine-fine aja. intinya ya itu, mereka gak nyaman. Gue pernah di pesenin sama bokap gue, harus bangun tembok besar sama mereka karena satu, gue cewek, dan dua, gue masih muda. Kalo gue terlalu banyak bercanda. Dijamin, mereka gak bakal ngehormatin gue. Gue hanya menjalankan amalan dia aja.

Betewe, gue dapet pelajaran banyak nih. Contohnya soal karyawan gue yang nyelametin diri sendiri tadi, itu adalah salah satu contoh kepengecutan seorang cowok. Gue liat dia anaknya nurut banget, salah satu pegawai favorit gue malah, soalnya disuruh apa aja mau. Justru disitu letak kejanggalannya. Gue ada feeling gak enak aja. gue sering diceritain bokap gue, orang itu benar-benar gak seperti keliatannya. Dan disini, gue bener-bener nyadar.

Bener-bener susah buat ngebedain, mana karyawan yang loyal, penjilat, atau Cuma kerja buat gaji semata. Justru pengalaman bokap gue, karyawan loyal itu yang biasanya menyebalkan. Suka nentang atasan, dan kerja sesuai pemikiran mereka sendiri. Sedangkan penjilat biasanya disuruh apa aja nurut, omongannya manis, pait di belakang, ini, orang-orang yang mencurigakan, yang bisa merampas hal-hal penting dalam usaha, atau orang-orang yang kerja Cuma buat gaji, nampil tiap ad ague doank. Kalo gak diperhatiin, lebih banyak bengong dan gak semangat, itu mengerikan sekali.

Ngomong-ngomong, biarpun kegiatan di pabrik gak nyenengin, ditambah gue kudu begadang tiap malem, gue enjoy. Toh gue nganggur-nganggur aja di depan. Gue bisa ngetik, bisa latihan musik. Selama gue masih bisa menyalurkan passion gue, gue ngerasa gak masalah. Digaji atau enggak. Digaji lebih bagus juga sih, bisa jajan. Hakhakhakhak..

Gue rasa segini dulu deh postingan absurd kali ini. lumayan panjang ternyata. Kayaknya gara-gara udah lama gak post diblog roti deh, gue jadi kangen. Ihiy…

Salam roti…

1 komentar:

TF mengatakan...

Banyak typo..