Sabtu, 12 Mei 2012

Just Write Something


Gue sebenernya berpikir, dalam rangka liburan panjang kali ini, gue pengen fokus mengasah kemampuan nulis gue. Yang mana, baru gue sadari masih cetek banget. selain juga, gue gak di kasih magang sama enci gue. Reseh. Alesannya gue disuruh ngurusin pabrik yang bikin pal ague makin pening aja setiap hari. Entah deh.

Eniwei, setelah nulis banyak di fandom baru gue. Gue memetik beberapa pelajaran di sana. Sebetulnya ada beberapa orang yang ngritik gue perihal tulisan yang baru gue publish ini. Gue terima dengan lapang dada, dan dicermati secara baik-baik. Lagian komitmen gue kan gue mau “belajar”. Belajar. Pokoknya apapun yang bisa membuat tulisan gue menjadi luar bias ague lakuin.  Ada beberapa hal yan ggue dapet beberapa hari ini. berikut di antaranya.

SIKAP DEFENSIF TERHADAP KRITIK

Buat gue, terutama lo nulis dan lo publish ke hadapan umum, tentu aja pasti bakal ada ruang komentar bagi pembaca. Kadang, gak jarang, malah sering, pembaca yang punya kritik wahid berseliweran. Cuma gue tetep musti picky dalam hal ini. gue bener-bener musti cermat, sebetulnya kritik ini cocok untuk gue atau enggak. Over all, gue jarang dikritik. Itu yang bikin gue makin takut. takut gue gak berkembang.

Gue pernah ketemu satu penulis, dia keliatannya benci banget dikritik, dan selalu mengagung-agungkan kalo ini adalah gaya nulis dia, yang sepertinya udah bagus. hng, gak salah sih. Tapi kan tulisan dia gak bagus-bagus banget, maksud gue, ini sekedar sudut pandang gue sebagai pembaca, gue banyak baca tulisan-tulisan yang mencengangkan, luar biasa, awesome, pokoknya keren, dan gue rasa, dia masih perlu banyak belajar untuk sampai ke tahap itu. gue belajar sesuatu dari orang ini… dalam sekali waktu, gue juga perlu berani menilai tulisan gue sendiri. Ada di tingkat man ague, mempelajari kualitas gue dan percaya, kalo gue harus terus belajar.

BERANI MEREALISASIKAN IMAJINASI

Jadi gue rasa, waktunya buat berhenti berpikir. Gue jauh lebih suka konsep emosi yang mengalir lewat tulisan. Gak perlu khawatir tentang apa yang mungkin terjadi, apa tulisan lo mungkin disukai, atau.. ya. Segala macamnya itu lah. Minimal, gue punya dunia gue sendiri yang bisa gue realisasikan gimanapun keadaanya. Itu salah satu alasan gue suka dunia menulis. Gue adalah seorang penghayal.
Setelah beberapa tahun belakangan gue mempelajari sesuatu, untuk bisa merealisasikan imajinasi lo secara sempurna, lo akan membutuhkan ini…

DISIPLIN

Seorang temen penulis gue pernah nanya, apa alesan gue memaksakan diri gue untuk bikin cerita setiap minggu. Gue, tau kelemahan gue. Gue orang yang terlalu easy going. Saking easy nya gue sampe ngegampangin semua masalah dan ngarang-ngarang alasan untuk enggak melakukan hal yang gue harus lakukan.

“Apa biar lo banyak pembaca?”

“Enggak, gue melatih diri gue sendiri sebenarnya. Gue harus belajar disiplin.”

Pengalaman mengajarkan gue. Tanpa disiplin dan mengambil konsekuensi atas komitmen yang udah lo buat, maka lo gak bakal dapet apa-apa. Lagian, membuang waktu sekitar err okay. Sebetulnya gue bisa membuang waktu berjam-jam untuk Menuhin disiplin yang gue buat sendiri ini. minimal, gue puas. Gue hampir menyelesaikan sesuatu yang gue mulai. Biarpun gak sebagus harapan gue, minimal. Itu.. satu langkah kecil.

TENTANG WRITER’S BLOCK

Jadi gue baru dapet referensi bagus dari timeline seorang penulis, yang di dapet dari talkshow, gue lupa namanya, intinya. Writers block ini Cuma alasan karangan aja. buat lo gak menulis, mengabaikan cerita-cerita lo. Sebetulnya, ini mungkin Cuma bahasa kerennya aja. entah kenapa ini malah jadi istilah yang populer di antara penulis-penulis yang gue kenal. Ini seperti, menampar gue. Gue sangat percaya istilah ini. dan baru sekarang gue sadari, kalo gue, Cuma jenuh dengan cerita yang lagi gue kerjain. Bikin gue frustasi. Jadi gue rasa, saatnya gue berlatih dan mencari titik inspirasi gue terletak di mana. Supaya jenuh itu buruan kabur.

KONSEP

Berhubungan dengan masalah disiplin tadi. Gue belajar membuat konsep. Gue gak tau gaya ini bener atau enggak, soalnya waktu kemarin gue denger di tipi Djaenar Maesa Ayu bilang kalo dia gak pernah pake konsep, gak pernah tau gimana akhirnya. Dia mengalir aja. gue mungkin akan sampai ke tahap ngalir itu, atau mungkin konsep ini memang gaya nulis gue. Entah deh, yang jelas, tanpa konsep gue serasa clueless. Dan akan berakhir cerita gue tanpa ada ujungnya. Itu sama aja mengulang sejarah..

EMOSI

Errr okay, ini kritik yang baru gue dapet semalem dari seorang teman. Tulisan gue gak ada emosinya, gak bisa ngajak pembaca untuk menyelami karakter itu. gue gak menampik kritik teman gue itu, karena dalam beberapa sisi, gue juga merasakan hal yang sama. Im working on it. Seriously, gue gak tau. Yang gue tau, ketika gue mempelajari sesuatu *mungkin dalem kasus ini, mengajak pembaca beremosi* gue bakal ngerasa ada sesuatu yang klik dan mengisyaratkan gue telah menguasai hal itu. gue belom ketemu “klik”nya itu. thanks betewe, buat temen gue yang kritik kemarin.

SABAR

Ini. ceritanya, kemaren gue ngasih enci gue baca cerpen gue. Gue juga udah ngasih beberapa temen gue untuk baca sih. Kecenderungan pendapat mereka sama, cerita gue kecepetan. Terlalu buru-buru. Untuk masalah pembahasaan, gue akuin, dan gue emang ngerasa, bahasa gue rapih. Gak amburadul banget. alur ceritanya masih kurang. Trus gue nanya ke enci gue..

“Ce, cerita yang kemaren aku kasih bagus gak?”

“Engg.. jelek.”

Sakit. Sakkkkkiiiitt. Tapi emang itu kenyataannya, masih ada part yang janggal di cerita gue.

“Tapi lumayan lah..”

“Aku gak mau yang lumayan, maunya yan gluar biasa..” yang mana artinya gue masih perlu banyak belajar lagi.

Gimana lo gak sakit ati, masa cerita yang lo bikin sesedih mungkin, pas enci gue baca dia ketawa. 

KETAWA SAUDARA-SAUDARA??? Pas itu gue nanya ke dia.. “Ce, kok ketawa?”

“Aneh aja cerita lo! Masa ngelamar cewek di pemakaman? Ganti setting kek..”

Padahal tadinya gue berpikir. Itu…ending yang cukup indah. Sakit.

Tapi ya itulah kritik. Atau mungkin.. itulah enci gue. Emang selalu menguji kesabaran gue. Entahlah.

Gue gak berasa udah ngetik sepanjang ini. rasanya nyaman aja gue curhat lagi di blog roti. Euh, menyenangkan mengetahui lo punya tempat berkeluh kesah, yang gak bawel, gak banyak minta, Cuma mendengarkan. By the way, kayaknya penyakit sirik gue makin parah deh. gue selalu senewen tiap baca ada penulis yang setara sama gue, tapi lebih bagus karyanya dari gue. Gemes aja gitu. Gemes kok tulisan gue belom sebagus dia.

Kayaknya gue baru sadar, sirik gue itu Cuma bikin gue makin kerdil. Gue malah gak konsentrasi sama tulisan gue gara-gara sibuk stalking penulis-penulis yang gue anggep saingan gue. Annoying memang gue ini. kompetitif gue salah tempat. Gue malah ilang mood, ilang konsentrasi. Rasanya fakta-fakta ini udah cukup buat gue berhenti nyirikin karyanya orang.

Oh iya, referensi sedikit gue baru ketemu postingan bagus dari salah satu penulis yang LAGI GUE SIRIKIN (Tanya sama pembaca dia yang selalu nanya-nanya soal dia KE GUE! Oh ya, jangan lupa editor baru gue yang ngojok-ngojokin gue terus buat belajar sama bocah ini.. heh.). Hakhakhak. Namanya sasya, berprestasi, manis, dan menggoda. Ihiiiyy. Dibuka aja kalo kalian berkenan.. (klik di sini). *Cium basah dari roti buat sasya*

Sekian aja untuk subuh ini, kayaknya gue mau ngelanjutin cerita gue yang tertunda gara-gara benang kusut di otak gue dan akhirnya sudah gue luruskan dengan curhat. Ternyata, selain menjadi pendengar, gue juga butuh menjadi pembicara yang baik. Okay thennn..

See you later..

Salam roti.

6 komentar:

Citra Rizcha Maya mengatakan...

ayo de' nulisnya yang semangat :) jadi pengen baca cerpen yang romantic gothic, lamaran di pemakaman :) boleh ya :)

Anonim mengatakan...

belajar belajar belajar !!!!!
semangat semangat semangat!!!!

Marisa Roti mengatakan...

kak citra: hakhakhak. gothic apanya kaaaaakkkk.. euh. enggak lah. ceritanya jelek, aku revisi dulu deh sebelom dipamerin ke kak citra. nghehehe

rain: cemungguuuuudd...

sukma.rima mengatakan...

halo, marisa..salam kenal, saya penggemar berat tulisan-mu.. :)

saya kenal kamu pertamanya dari ffn, semua ff kamu saya baca sampai yang yuri itu.. karena penasaran, saya pun mencari-cari di gugel mengenai 'marisa suka makan roti' dan ketemu blog kamu ini. Oh ya, saya minta maaf karena gak pernah ninggalin jejak.. ><
maaf.. *sembah sujud*

tulisan2 di blog kamu ini kadang bikin aku ketawa jungkir balik..lucu banget.. xD

o ya, semangat ya!! saya menunggu karya-karyamu berikutnya~~ x)

o ya, boleh tuker link gak? saya udah pajang blog kamu..

Marisa Roti mengatakan...

hahahahaha
halo sukma..
makasih ya udah visit blog aku yang suka gaje ini..
lucu sih, tapi kalo lagi eror ya garing juga..
baca ffn juga? waduh jadi malu nihh..

bolllleeehh. sip, aku pasang link mu di blogku ya. biar kalo kamu apdet, aku langsung meluncur..

sering2 visit yakkk.. mo langsung visit rumahmu neh..

sukma.rima mengatakan...

oke.. :)