Selasa, 27 Maret 2012

Belajar Memahami..

Memiliki beberapa karyawan yang selalu kerja bareng gue setiap malem, membuat gue kadang belajar mempelajari orang lain dengan lebih baik. Ada beberapa scene yang terjadi menanggapi sikap-sikap aneh karyawan-karyawan gue yang ajaib, dan kadang gue gak tau apa penyebab keajaiban mereka itu.


Baru-baru ini ada satu karyawan yang baru masuk ke tempat gue dari sukabumi. Jadi sebelumnya kakaknya yang kerja di tempat gue, lalu nyusul adeknya. Bener-bener gue merasa ada yang aneh sama adeknya ini. selain dia selalu menatap orang-orang dengan tatapan yang aneh, dan gaya ngomongnya itu kasar. Gue pikir nih orang bekas preman atau apa. Ya gue spaning aja kalo denger dia ngomong dengan nada yang rada gak sopan ke gue.

“Heh, minta lilinnya..”

Gue bengong di panggil kayak gitu. Perasaan seumur-umur gue punya karyawan gak ada yang berani-beraninya manggil gue dengan kasar kek gitu. Jelas aja gue emosi. Secara gue gitu..

“Kamu kalo ngomong nadanya terbiasa gitu?” gak lama dia ketawa. Buset. “Lain kali kalo ngomong lebih sopan ya..” kata gue lagi, dengan banyak penekanan di setiap katanya. Emang di kemudian hari dia gak pernah lagi ngomong dengan nada sembarangan kayak gitu. Awalnya gue pikir juga dia rada kurang ajar, tiap di ajak ngomong suka gak nyautin.

Kayak terakhir kali, gue suruh dia markirin motor *err iya, gue gak bisa markir motor* ngeh. Tiba-tiba dia ngambil kunci terus masuk ke dalem rumah. Gue sampe bengong. Gak lama keluar lagi temennya.

“Lah, dia mana? Saya kan nyuruh dia markirin?”

“Gak bisa ci katanya, gak bisa markir motor..”

Wth?

Next, gue baru tau, dia sering dibully sama temen-temen kerja yang laen gara-gara penyakitnya yang kurang nyambung itu.

kegiatan rutin gue tiap malem itu nimbang bahan-bahan roti untuk diakumulasi lagi keesokannya, nah gue suruh dia nimbang *kerjaan timbang menimbang ini dilakuin sama karyawan junior biasanya*. Dia ngambil satu kardus yang isinya mentega kuning, emang ada dua jenis mentega di rumah gue, kuning sama putih. Gue biasanya denger laporan mereka jenisnya apa, dan timbangannya berapa.

“Mentega putih, ci..”

“Kuning goblok!” tiba-tiba diketawain sama temen-temennya. Trus setelah gue liat, iya itu emang mentega kuning. Dalem ati gue, nih orang masa geblek segitunya banget sih?

Trus dia ambil lagi jenis mentega kedua *beda merk, tapi warnanya kuning juga*. “Putih, ci..” dia bilang putih lagi.. gue sampe ngakak juga dengernya. Jelas terdengar goblok sekali.

“Emang kamu gak bisa liat warnanya ya?” Tanya gue masih sambil ketawain dia. Dia Cuma ikut cengengesan gitu. Tapi gak lama karyawan gue yang lain masuk..

“Cia, dia pengelihatannya kurang..”

Jeng.

Hati gue terenyuh..

Kemudian setelah mendengar cerita dari kakaknya, adeknya ini emang agak terbelakang. Gue sendiri juga rada heran, kakaknya dapet shift pagi tapi selalu ikutan shift malem juga. Gue sering mesenin dia buat gak ikut shift malem, soalnya gue tau shift pagi itu harus mulai kerja pagi-pagi banget, dan gue gak menjanjikan duit tambahan dengan dia kerja sukarela kayak gitu. Dia Cuma jawab “Mau bantuin adek saya, ci..” tiap gue Tanya gitu. Memperlihatkan sekali kalo dia sayang banget sama adeknya yang ajaib ini.

Ternyata setelah gue liat cara kerja adeknya, meskipun tetep lemot dan kagak nyambung, minimal dia bekerja keras di pabrik gue,meski juga kadang suka nyomot roti, dan dia kalo makan gak bisa sambil kerja mesti bengong dulu, minimal kerjanya gesit, dan membuat gue simpatik ngeliat karyawan satu ini. juga semakin simpatik ngeliat karyawan lain yang kalo ngomong sama dia seolah-olah lagi ngomong sama orang idiot.

Ada satu lagi karyawan gue, setaun lebih muda dari gue. Waktu awal kerja di tempat gue memang gayanya keliatan tengil banget, dan dia pernah sekali ngatain gue dari dalem pabrik dan kedengeran, di waktu itu gue ngelapor ke enci gue dan masalah jadi gede, enci gue malah hampir mecat dia. gue juga marah-marah gak karuan, bentak-bentak sana-sini *tipikal gue sekali*. Gue keceplosan satu kalimat gini.. “Kamu punya otak gak. Emang gak pernah di ajarin sama orang tua kamu?”

“Saya gak bergaul sama orang tua, ci..” katanya lagi. Gue sempet diem bentar. Trus baru gue lanjut marah-marah lagi.

Waktu lagi emosi begitu rasanya pengen bener gue mecat ini orang, tapi setelah beberapa bulan kedepan, gue gak menyesal gak jadi mecat orang ini, ternyata bisa di andelin sekali. Nah, waktu itu, enci gue lagi ngitung gaji dia. trus gak lama enci gue bilang, “Gue tambahin aja kali ya gajinya..”

“Lah buat apaan?”

“Buat adeknya, kesian..”

“Emang adeknya kenapa, ce?”

“Yatim piatu. Kan adeknya sekarang tinggal dip anti asuhan, orang tuanya udah gak mo ngurus mereka berdua lagi. Buat adeknya jajan lah..”

Gue sampe bengong dengernya. “Jadi itu mereka berdua doank?”

“Ya iya, hidupnya udah saling bergantung aja berdua..”

Gila man, anak semuda itu. masih setahun lebih muda dari gue, dan udah gak punya orang tua, merantau ke Jakarta, dengan keadaan adeknya ditinggal dip anti asuhan. Lagi-lagi gue terenyuh.. gue rasa sosialisasi pihak keluarga yang gak gitu menunjang wajar aja bikin si karyawan gue ini agak kurang ajar dan gak terdidik, tapi so far gue mengakui kerja dia meskipun masih muda bisa diacungi jempol. Intinya kepake sama enci gue lah. 
Gak sia-sia..

Dari dua kasus ini gue belajar banyak, gue belajar memahami orang lain, di balik perangai yang buruk. Gue juga yakin di setiap kejadian buruk pasti mengandung sesuatu. Pengalaman-pengalaman gak enak sama dua orang ajaib ini, sedikit banyak bikin gue makin mengerti tentang bagaimana memahami perasaan, dan lebih peka sedikit untuk gak menyinggung orang lain.

Another good story to learn..

Well, sekian siraman moral untuk malam ini. hwe, gue lagi fokus dengan cerita-cerita fiksi gue. Kapan-kapan gue mo curhat ah gimana perkembangannya..

ciao

6 komentar:

outbound training di malang mengatakan...

kunjungan ..
salam sukses selalu ..:)

obat kanker hati mengatakan...

ok sip ..salam kenal ..

jus manggis mengatakan...

salam kenal ..

Anonim mengatakan...

Maka dari itu
*bhs'x resmi bgt*
Kta gak bisa ngejudge org gtu aja.psti ada ltar belakang dr sikap yg d lakukan oleh seseorang.

Drarrykaishin mengatakan...

Salah klik.hhh

Obat Darah Tinggi mengatakan...

bner,, kita harus memahami terlebih dahulu,,