Senin, 28 Februari 2011

Tips Bergaul Ala Chef Marisa


Seperti orang bilang, satu detik bisa bikin kita dapet satu musuh. Tapi untuk membangun jalinan pertemanan, butuh waktu yang jauh lebih lama dari itu. sebetulnya sih, ini yang menggelitik rasa ingin tahu gua kenapa ada orang yang berteman dengan hanya sedikit makhluk, dan ada orang yang begitu mendunia dengan semua kalangan dari besar dan kecil, dari ramping dan lebar. Baiklah, tapi dari pada pusing-pusing begitu, gua pengen memberi sedikit tips untuk orang-orang yang ingin menambah teman untuk sekedar jaringan kerja ataupun biar keren aja banyak temen.



ANTI UNTUK MINDER

Sekali aja minder dan ngerasa ga pantes untuk memiliki banyak temen, udah deh jangan baca tips selanjutnya. Ada yang pernah bilang ke gue, salah satu alasan orang takut bergabung dan berbaur dengan temen-temen sebaya di kalangan remaja itu karena takut di tolak atau di anggep gak nyambung. Errr seinget gue sih gua juga pernah begitu. Itu satu masalah sebetulnya. Karena menurut gue semua orang selalu mau nerima anak yang asyik. Dan semua orang bisa jadi asik dengan sendirinya selama merasa bahwa diri mereka asik. Percayalah, teman gue yang GA ASIK SAMA SEKALI pun bisa dapet temen2 berjubel karna dia pede dan bisa diandalkan. Eniwei, coba cari alasan kenapa kamu merasa minder, dan di selesaikan terlebih dahulu denganmenyadari, orang-orang sekelilingmu BANYAK yang lebih buruk dari kamu.

JANGAN KEPOH!

Percaya deh, ga ada seorangpun yang suka orang kepoh. Dan terlalu banyak bertanya tentang orang lain dengan cara yang begitu mencolok bisa bikin orang eneg dan males ngobrol. Santai aja, selama kita udah bisa bawa suasana ngobrol yang asik tanpa di Tanya si orang tersebut yang akan banyak cerita dan menjalin hubungan pertemanan yang maju selangkah. Anyway, boleh si melancarkan pertanyaan basa-basi yang basi abis. Asal nada suara lo ga basi, jatohnya percakapan ga bakal basi kok. Perhatikan intonasi dan gelombang suara. Santai tapi bersemangat.

PERLUAS WAWASAN

Kuper sih boleh, tapi gak boleh ketinggalan wawasan dan info-info terbaru. Ini bisa bikin kamu lebih menarik dengan semua wawasan kamu, ga usah terkesan smart. Yang penting NYAMBUNG. Entah itu politik, agama, ras, sosial, ekonomi, bahkan alam! Dari penampilan si orang ataupun kelompok yang hendak kita sambangi itu kita musti tau kira-kira topik apa yang mereka suka.

SOK NYAMBUNG? DEEEUUUHH

Jangan sok nyambung. Kalo ga nyambung ya ngaku aja gak nyambung. Orang atau kelompok kan ga Cuma ada satu di dunia ini, untuk awalnya carilah kira-kira kelompok yang bisa nyambung dan cocok, pasti kamu akan dapat banyak hal dan pengalaman di sana, abis itu menclok deh ke tempat lain dan ambillah pengalaman ilmu di sana, makin sering menclok-menclok di jamin makin gampang bergaul!

KONGTAY!

Jangan kongtay alias suka omong kosong. Ga perlu ngebual untuk menunjukan bahwa kamu hebat dan punya skill juga potensi. Karena semua manusia punya itu. pasti. Semakin banyak kongtay, semakin banyak orang yang illfeel deh. jadi apa adanya yang kamu suka, selama nyaman, saat kita ngerasa gak nyaman dalam kebanyakan kasus itu juga bikin orang lain gak nyaman. Tunjukin dalem sekali waktu apa yang kamu punya, ga perlu sombong. Cuma sekedar tanda kalo kamu itu keren.

MUTUALISME.

Saling menguntungkan. Sepertinya hal yang wajar deh dalam hal berteman. Begini, orang akan mendekat sewaktu tau kamu bisa nguntungin mereka, tapi jangan lupa. Mereka juga bisa nguntungin kamu dalam banyak hal. Mungkin ga dalam hal yang sama seperti mereka manfaatin kamu *dalam konteks yang masuk akal dan ga terlalu memberatkan loh tentunya, kayak minta anterin pulang atau minta pinjem peer* lakukan dengan dorongan hati, kalo keberatan ya bilang keberatan. Lakukan yang kamu bisa untuk orang lain, ya minimal, jadilah orang yang keliatan baik.

RAMAH

Jaga intonasi dengan baik, ga perlu terlalu nyablak. Sebisa mungkin atur emosi dan lontarkan di saat yang tepat. Inget aja, orang yang lagi berinteraksi sama kamu belum tentu kamu kenal sepenuhnya. Ga semua orang bisa nerima kejujuran toh? Gak perlu boong asal jangan terlalu jujur. Kebanyakan orang ga suka di komentari dengan penuh kejujuran dan kriitik saat pertama kali kenal atau deket.

Sekian sedikit tips dari gue. Semoga bisa membantu siapapun, atau menyesatkan siapapun. Seperti apapun hasilnya gue tetap senang. Selama bukan gue yang menjalankan? Eniwei, sewaktu baca ini ada yang mengerutkan kening dan bilang “Apa sih? Gua ga butuh temen.” His. Mengerikan sekali kamu…

Tidak ada komentar: