Sabtu, 22 Mei 2010

Bukan kok, Kita BUKAN Hanya Sahabat. Tapi Rekan Terbaik

Apakah semua orang punya sosok-sosok terhebat dalam hidupnya? Suatu pertanyaan yang dengan begitu mendadak terlintas di otak gua suatu malam. Remang-remang, mata masih melek. Lalu gua mulai mempertanyakan hal tersebut ke dalam diri gua sendiri. Apakah gua memiliki sosok yang hebat? Atau pernahkah gua menjadi sosok yang hebat bagi orang lain? Gua menelusuri setiap jengkal kehidupan yang sudah gua lewati setahun ini. Siapakah sosok terhebat gua?

Dan dua nama yang terlintas. Satu, Cindy Margareth. Senior gua. Sudahlah, tidak perlu di bahas terus itu orang siapa. Namanya BANYAAAK BANGET di blog gua. Lagian, toh memang dia orang yang hebat dan jelas terlihat di mana-mana. Dia pun juga selalu menjadi sosok yang hebat di mata banyak orang. Tapi gua memiliki seseorang di balik layar. Seseorang yang menopang gua dari belakang selama ini. Selama gua mengenal dia, dia mengajarkan banyak hal untuk kehidupan gua. Bestie? Teman baik? Sahabat? Well, I don’t think so lah. Karena kita telah menyepakati bersama bahwa, kita tidak punya ikatan atau komitmen. (set, kaya orang pacaran gituuu??)

Dia tidak menganggap gua sebagai teman, begitupun gua. Tapi dia JELAS banyak berjasa dalam hidup gua. Aduh, gua sih ga mau jadi sentimental yak, apalagi buat seorang diaaa gitu lohhhh. Kayaknya rada ga ikhlas juga gua. Karena sebelomnya gua paling anti mengungkapkan perasaan tulus gitu ke dia. Berpikir dan berdiskusi bersama dia adalah HAL TERHEBAT dalam hidup gua. Pernah gua sampe ngegebrak-gebrak meja saking keselnya di pojokin sama dia, ngakunya sih lagi pengen ngetes kekuatan meja, tapi padahal gara-gara kesel.

Gua bingung kalau harus mendeskripsikan nih orang dari depan. Begini aja lah. Seorang yang lebih memilih diam di banding berbicara. Lebih memilih berpikir di banding menyembur. Lebih memilih mengamati di banding terjun langsung. Lebih memilih di pojok daripada di tengah atau pusat pergaulan. Bukan remaja kebanyakan, cara berpikirnya unik.

Dia yang membuat gua bertumbuh menjadi dewasa, mengajarkan gua nilai-nilai kehidupan. Bener, setahun betul-betul ga berasa gua bersama dengan dia. Satu teman yang bisa menerima gua apa adanya, seperti apapun gua. Kita saling berbagi cerita, gua dengan segala cerita homoseksualitas, curhat curhat, ke anehan plus ke gajean gua. Ga ada satu cerita pun yang terlewatkan kecuali kalau kelupaan, begitu juga dia. Pokoknya, anything for you, anything for me.

Dia bukan seorang teman yang baik. Dan gua serius. Dia BUKAN seorang teman yang baik. Makanya gua ga pernah menobatkan dia sebagai TEMAN BAIK sahabat lah whatever.

Apalagi? GUA SPECHLESSSS OH TIDAK. Marisa Speechlesssss!! ANEH ANEH. Gua udah bilang, nulis ini bukan ide yang baik. Tapi gua ga tahan banget.

Saat kemarin, gua terpuruk. Satu nama yang gua inget, adalah nama si dia Tiffany Frederika. Gaaah ketauan deh siaaappaa. Yak yak, itu temen sebangku gue. Gua tunggu dia di depan kelas, gua tungguin dia makan sambil cerita sedih. Gua bingung gimana ceritanya dia ga eneg denger cerita gua. Begitupun gua yang ga eneg denger cerita dia, biar gua ga ngerti apa omongan dia, dan dia ga ngerti apa omongan gua. Kata-katanya adalah mutiara sepanjang masa. Gua ga mau certain deh gua curhat apaan, yang jelas gua sadar. Setelah kita naik ke SMA 2 nanti, kita bakal ngejauh. Gua ga sebangku lagi sama dia, apalagi sekelas?? BOO DIA IPA KALEEE, SEDANGKAN GUA TERTENDANG KE IPS. Najong aaahhh. Gua, sumpah. Gua kadang merasa cengeng. Tapi ada sesuatu di hati gua yang akan merasa kehilangan kalo nih orang pindah kelas, pindah tempat duduk, pindah dunia. Rasanya ga ikhlas gue kalau dia harus duduk sama orang lain nanti. Gua seperti kehilangan fondasi dan penopang.

Kemarin siang, selesai curhat, sebenernya sih gua masih pengen ngobrol, tapi si fan-fan udah selesai makan dan mau ngeles gitu. Gua liat lagi mukanya sekali. (eh sumpah ya fan, kalo lu baca JANGAN DI BAHAS DI SEKOLAH. GUE MALU!!) Taun depan, gua ga punya mentor lagi deh, taun depan siapa lagi orang yang mau dengerin kisah-kisah aneh bin ajaib gue? Siapa lagi yang mau nasehatin gua dengan gaya-gaya uniknya? Memang, kita Cuma PISAH KELAS tapi rasanya aneh aja.

“Fan,” gua manggil nama dia begitu gua mau pulang.

“Apa?” dia ngeliat gua dari jauh. Diiih kaya orang pacaran siiiihh?? Untung gua ga pake scene, gua lari ngejar dia balik terus meluk dan berbisik lembut. JANGAN DEH.

“Thanks.”

Keningnya berkerut bingung.

“Anda sudah menjadi teman yang.. errr.. baik.” Kata terakhir gua ucapkan begitu perlahan.

“Apa??” BAGUS DIA GA DENGER. Sama sherli atau mey2 aja gua ga pernah ngomong begitu.

“errr, terimakasih lu sudah menjadi teman yang.. err.. PINTAR. Ah pintar.” Dan gua beranjak pergi.

Gua malu ngomong, apalagi sesuatu yang kaya gitu. Jadi gua lebih memilih mengungkapkannya di blog.

“Fan, lu pasti ga percaya gua nulis ini sambil bersimbah air mata. ENGGAK KOK ENGGAK, lu BUKAN sahabat gua. Kita, kan ga percaya sahabat. Ya ya? Hahaha. Oke. gua yakin lu juga sedih hendak berpisah dari gue tahun depan. Meskipun perbedaan kita hanya beberapa meter, tapi entah kenapa gua merasa hubungan pertemanan itu adalah hal yang rawan. Rawan akan perpisahan. Meskipun hanya berbeda kelas.

“Gua akan berubah nanti, begitu juga dengan lu. Lu akan menemukan teman baru, gua pun akan menemukan teman baru. Mungkin karakter kita ga akan bisa ketemu lagi. Well, entah. Gua bener BINGUNG bagaimana gua di tahun selanjutnya. Gua bingung mau mencari kemana.. kalau gua lagi galau seperti hari itu. Atau, gua kerumah lu aja ya malem-malem? Boleh kan boleh kan?? Gua ga mungkin bilang “janji ya Fan, begitu naik kita tetep temenan.” NAJIS NAJIS NAJIS GUE NGOMONG KAYA GITU. Ogah ogah. Cih, emang lu siapaaa?? Kan kita bukan sahabat. Kita kan ga ada komitmen. Cuma jadi tong sampah satu sama lain. Ya kan ya?

“Ga usah panjang-panjang ah, daripada lu mendadak muntah dan ngambil seribu langkah dari gue, gua Cuma mau bilang. Tiffany Frederika. Anda adalah teman terbaik yang pernah saya punya. Terima kasih. Lu mengajarkan begitu banyak hal dalam hidup gua. Membuat gua menjadi orang yang berbeda. Well, jangan ketawa jangan ketawa. Apalagi membayangkan bagaimana gua menghujat-hujat dia dulu. Dia memang licik, dia memang egois, dia memang manja, dia memang menghanyutkan, terutama MENYEBALKAN, tapi lu punya sesuatu yang orang lain ga punya dari sifat MENYEBALKAN itu. MENYEBALKAN MENYEBALKAN MENYEBALKAN. Hahaha. Pokoknya, thanks ya fan. Semoga gua menemukan duplikat lu di kelas IPS.”

TERIMA KASIH NONA MENYEBALKAN. (tadi gua pengen bikin puisi, entar lu geli lagi)

5 komentar:

Fan-fan mengatakan...

err... thanks? gw ga tw u sebegitu nge-fans-nya sama gw sampe kayak gitu. XD
yah, gw juga bakal kehilangan kok. yah, kayak kita ga bakal ketemu lagi aja. buktinya setelah 5 tahun kita bareng lagi kan? sapa tw 5 tahun lagi kita bakal kayak sekarang?

p.s. nih, gw pake nama.

Marisa Roti mengatakan...

GILA
LU GA SAKIT KAN???

GUA SAMPE TERHARU LU NGASIH KOMEN GINI.padahal biasa:
1. lu ga pernah komen. LEBIH dari 10 kata.
2. lu komen selalu pake anonim. dan komen lu itu selalu nyelekit dan aneh. (yang ini juga nyelekit sih)
3. Tumben ah lu membangun ego gue. biasa lu bisanya menjatuhkan doank.
4. POKOKNYA GUA TERHARU DENGAN KOMEN LU HAHAHA.
perihal 5 tahun, bener juga.
nanti jadi donk? kita mau meni pedi ke Jepang? liat bunga Sakura bareng? jangan lupakan mimpi kita!! HAHAHAHA

Fanfan mengatakan...

kan u minta gw pake nama..

liat aja lah. masih panjang kok. kalo ga keburu 2012.

Anonim mengatakan...

agak ngakak jg w ngebacanya
krn w inget dulu ada org ngomong klo dia g gak percaya sama sahabat
yg ada cm simbiosis mutualisme
tapi dari tulisan lo, lo akhirnya ngakuin kan?
smg lo bisa ttp sama mereka ya Roti

-kira

Marisa Roti mengatakan...

Ha?
Errr... Emang gua bilang kita sahabat? Nggak kokkk.
Gw cm blg, dia teman terhebat gua. Gua ga pernah menjalin komitmen atau status macam "sahabat" sama dy.
Ya, kita mutualisme lg. Gua memperoleh kenyamanan, bgitupun dia.. Haha..
Tapi oke de. Thx doanya y kira.