Senin, 10 Desember 2018

Tes Ginjal


Hari ini gue seharusnya kerja. Tapi gue ijin dengan berat hati karena pinggang nggak mau berkompromi. Badan nggak bisa bangun dan gerak dikit pinggang gue rasanya mau patah. Penyakit pinggang ini sebetulnya udah kerasa dari bulan Oktober kemarin, lalu gue diemin aja. Pikir gue, entar jg ilang sendiri. Ternyata tidak. Sekitar 3 hari lalu sakitnya makin parah, gue nggak bisa bangun ataupun duduk tanpa meringis sakit.


Jadi gue putuskan, mendingan gue libur aja untuk ke dokter. Padahal kantor baru…

OH YA NGOMONG-NGOMONG KANTOR BARU…

Gue udah resign dari kantor lama, membutuhkan keberanian dan pertimbangan panjang (nggak panjang-panjang amat sih, gue putusin aja. “Senin ajuin resign ah.”) and that’s it. Hehe.

Lalu gue ada di kantor baru dengan bidang yang gue kepengen-pengen banget. So here I am, di kantor baru. Meskipun butuh waktu sampe akhirnya gue dapet pekerjaan yang gue mau, di perusahaan yang juga gue mau. Hmn. Bahkan dalam masa transisi tersebut gue sampe sempet nyesel kenapa harus resign. Ternyata gue bisa dapet yang lebih baik menurut gue, so nothing to be regretted.

Nah, kantor baru.

Lalu gue ijin karena pinggang gue sakit.

Sakit sampe gue nggk bisa bangun dan gerak. Gue curiga ini karena gojek dan tempat tidur gue berdua sama Medi makin sempit karena kita makin gendut. IYA MEDI JUGA MAKIN GENDUT! 

Karena kita adalah team yang sangat kompak dan udah mikirin bakal makan enak apa kita weekend ini sejak hari Senin.

Gue searching di internet, faktornya banyak, mulai dari tulang ekor, saraf, otot, sampe ginjal. Ah, kayaknya ginjal nggak mungkin. Karena nggak ada ciri-ciri kena sakit ginjal, gue minum air, dan gue penggila air putih. Kalo nggak inget gue bakal beser2 mungkin gue bisa minum 10 liter dalam sehari. Meskipun, gue tetep sawan juga, kok bisa sakit pinggang nyasar ke ginjal.

Anyway, gue ke dokter hari ini. Gue ke RSIA, karena si Medi kalo berobat maunya ke RSIA, dia takut kalo harus ke RSUD atau RS lain yang buat orang dewasa, jadi gue ikutan langganan di RSIA deket kosan yang isinya ibu-ibu bawa bayi semua.

Waktu dokternya liat gue, dia suruh gue cerita keluhan gue apa. Kemudian ujug-ujug langsung disuruh ngurusin badan. EMANGNYA NGURUSIN BADAN GAMPANG. Hft! Seolah-olah semua permasalahan di dunia ini bisa diselesaikan dengan ngurusin badan!

Lalu gue disuruh tiduran, tes angkat kaki, dan perut gue diteken-teken. Gue sempet kesakitan pas perut diteken, yaiya nekennya kenceng, perut gue syok. Dokternya langsung concern pas perut gue diteken dan sakit, terus dia menjelaskan masalah ginjal dan kandung kemih. Kalo letaknya itu emang ada di area pinggang, jadi untuk amannya, gue disuruh tes ginjal.

Tes ginjal????

Apakah mungkin gue sakit ginjal???

Ginjal gue bermasalah? Padahal gue meskipun makan banyak, minum air putih juga banyak kok!

Akhirnya gue ke kasir, masih kepikiran utk tes darah dan tes urin seperti disarankan dokter. Gue nanya dulu harganya berapa utk tes-tes itu. Ternyata masih terjangkau, yaudahlah, biar aman gue tes urin dan tes darah.
Ini pertama kalinya gue tes urin dan tes darah. Gue sempet concern karena semalem gue makan jengkol, kira-kira ketauan nggak ya gue abis makan jengkol semalem waktu urin gue di tes? Dari baunya gitu?

Lalu gue diambil darahnya dan disuruh nunggu sekitar satu jam untuk hasilnya keluar.

Sambil nunggu ini, gue mulai gusar…

Meskipun gue yakin 80% kalo gue nggk mungkin sakit ginjal, tetep ada kemungkinan 20% kalo ternyata ginjal gue bermasalah. Gaya hidup mungkin?

Lalu gue jadi galau. Kalo gue sakit ginjal gimana ya, ini kan gue masuk kantor baru, kantor baru bermasalah gak ya kalo gue sakit ginjal, terus apakah gue bisa beraktivitas seperti sekarang kalo ginjal gue kenapa2. Terus ditanggung asuransi perusahaan nggk ya kalo ternyata gue bermasalah ginjalnya.

……………………………….

Akhirnya tes gue keluar.

Gue sampe bolak-balik tiga kali nanyain susternya hasil lab gue udah keluar belom, untung gue nggak disirem pake pipis orang nanya2 mulu ga sabaran.
Terus gue baca hasilnya, gue baca pelan-pelan itemnya satu per satu, ternyata gue nggak ngerti sama sekali maksudnya apa.

“Ibu, itu nanti hasilnya dibawa lagi ke dokter yang tadi periksa ya. Biar nanti dibaca oleh dokternya.”

OOOOH GUE LEGA

Gue kira gue disuruh baca hasilnya sendiri. Lah gue kagak ngerti.

Gue bawa kembali ke dokternya.

Muka dokternya concern, aku jadi takut.

“Ini… hasilnya, iya bener. Kamu harus banyak-banyak olahraga aja, sama stretching. Hasilnya nggak ada apa-apa kok, normal semua.”

Gue menghela napas lega. TERNYATA MASALAH GUE CUMAN GENDUT! HAHAHAHAHAHAHAHA

“Kurangin makan, sama sering stretching aja. Karena, mohon maaf ya, kamu kan agak gemuk, jadi itu ngaruh ke saraf dan ototnya, apalagi tadi cerita sering kesemutan ya.”
AGAK GEMUK DARIMANA, GUE GENDUT GILA.

Hmn….

Gue bilang sama enci gue, kalo hasilnya nggak kenapa2. Cuman masalah otot dan/atau saraf karena keseringan naik gojek.

Gue disuruh minum kalsium aja, karena sebagai kaum-kaum gendut kita butuh tulang yang kuat untuk menopang lemak-lemak ini. Enci gue juga ngerti banget ngurusin badan itu susah. Jadi kata dia pikir begonya aja, kalo ga ada kemungkinan kurus, tulangnya aja yang dikuatin. Hmn.

Ternyata masalahku hanya gendut. Ternyata gendut ini dampaknya banyak termasuk ke pinggang. 

Gue juga sekarang udah nggak bisa jongkok dengan normal lagi, kalo tiduran di lantai terus mau bangun susahnya setengah mati. Hmn…

Yaudah gitu aja.

Gue sehat ginjal gue sehat. Berat badan gue yang enggak.

Salam roti!

Tidak ada komentar: