Minggu, 10 Juni 2018

Olahraga Hari Ini


I was about to write about my holiday to Pontianak last month. Bareng Medi. Semua isinya tentang makanan, lalu gue tiba-tiba bosan di tengah artikel, lalu gue mikir, “Ah, udahlah. Males lanjutin nulisnya. Jadi nggak menarik lagi.”


Lalu gue mikir, gue mau nulis sesuatu, Cuma nggak tau mau nulis apa. Aneh, because so many things happened in my life. Kerjaan gue, kehidupan gue, BERAT BADAN GUE, pergaulan gue, teman-teman gue. Kalo dulu kan, ada apa excited dikit bawaannya mau nulis buat di post di blog. Ketemu cewek arab di McD aja gue heboh setengah mati, apalagi kalo lucu.

Gue jadi mikir lagi, apa sih… hal yang paling jadi concern gue akhir-akhir ini. Kerjaankah? Temen kantorkah? Biasa aja. Jalan-jalan ke luar kota, juga biasa aja. Tapi ada satu yang nggak biasa, yaitu… sorry gue harus ulang lagi : BERAT BADAN GUE.

Gue selalu ngeluh gendut dari dulu, kemudian gue berpikir, segitunyakah gue tidak mencintai diri gue sendiri, sampe dulu waktu berat gue masih di angka 60 – 70 kg, gue mengeluh gendut. Gue ngerasa jelek, pake baju size-nya harus L. Gue mati-matian berusaha ngurusin badan, meskipun gerak dikit lah, turun 5 kg an, ditambah gue aktif olahraga pas jaman kuliah, bikin badan gue makin kebentuk tanpa gue sadari.

Lalu gue memasuki tahap sekarang. Dimana aktivitas gue setiap hari cuman : bangun, mandi, jalan ke pagar kosan, naik gojek, berhenti di halte BEI, masuk ke kantor, nyalain computer, duduk. Jalan lagi, pas udah waktunya makan siang. Abis itu duduk lagi, abis itu baru jalan lagi pas udah mau pulang. Itu juga jalannya balik ke halte BEI nunggu gojek, baru sampe kosan, langsung tidur. Kalo nggak tidur, duduk, kalo nggak tidur atau duduk, berarti gue makan sambil duduk.

No wonder…. GUE GENDUT. GUE GENDUT SEGENDUT-GENDUTNYA. Gue nggak kayak 
dulu, dimana gue merasa gendut padahal sebenernya gue masih sehat. Berat emang sedikit di atas berat ideal gue, tapi gue masih sehat. Sekarang waktu gue nimbang pake timbangan canggih, persentase lemak di tubuh gue udah 50%, gue masuk obesitas tingkat 3, dan visceral fat gue sudah ada di angka yang sangat membahayakan.

Gue takut mati tiba-tiba. Begitu juga Medi, dia takut gue mati tiba-tiba. Tiap malem, Medi selalu ngeliatin gue iba, terus bilang, “Mbul… bener, ya. Bulan depan kita member gym yang di kuningan, ya.”

“Iya.”

“Beneran, mbul. Itu badan lu udah over banget.”

“Iya.”

“Yaudah bener ya, bulan depan.”

JADI. BULAN INI GUE GYM.

Di Manhattan Kuningan, gue seneng, karena ada kolam renang dan sauna-nya. Lately gue penasaran sama renang, pengen bisa berenang, one thing not to worry about kalo gue bisa berenang : Gue nggak takut mati tenggelem di laut.

Kali ini gue berniat ngurusin badan, bukan semata-mata karena gue pengen cakep, pengen pede, dan pengen bisa gampang milih baju. Kali ini gue berniat ngurusin badan, karena memang harus, dan kalo enggak gue bisa mati mendadak. Kalo gue mati mendadak, gimana nasib Medi yang bayar kosan patungan sama gue, siapa lagi yang bakal ngangkat rambut di kamar mandi kalo gue mati. Siapa yang bakal traktir dia makan, dan ditraktir dia makan. Jadi gue memutuskan untuk nggak mati cepet dan berolahraga.

Sebenernya gue nggak lemah-lemah banget masalah olahraga ini, karena gue juga memang pernah aktif olahraga dulu. Nggak kayak orang-orang gendut lain yang ga pernah olahraga seumur hidupnya, aku adalah orang gendut yang penuh pengetahuan tentang olahraga. Karena gue seneng banget nonton video tentang olahraga dan diet di youtube tanpa pernah melakukannya.

Saking keselnya si Medi liat tingkah gue yang nonton video youtube mulu, gue diginiin semalem, “Lo nonton video melulu juga apa gunanya, begitu disuruh cardio, treadmill, baru 20 menit udah kabur. Males kan lo, capek.”

“Iya… capek Medi treadmill…” ujar gue sambil merajuk.

“Ya sayang donk kalo gitu lo ngegym. Lo kemarin ajak ke angkat beban bukan karena emang pengen angkat beban, kan. Tapi elo males lari di treadmill?”

“Iya…….”

“Jangan gitu donk, gue bingung ngasih tau entar salah lagi, dibilang nggak ngerti lagi. Udahlah, lo olahraga senyaman lo aja.”

Terus gue diem, mikir. Iya, gue emang kebanyakan teori. Gue jadi jago ngebalikin omongan orang, karena gue punya banyak teori yang nge-back up. Sumber dari sini lah, itu lah.

Lalu apa gunanya teori-teori gue, kalo lari di treadmill 20 menit aja gue udah mau pulang bawaannya. Terus manja. Jadi hari ini, gue datang ke gym dengan tekad. YOU HAVE TO DO THIS, MARISA.

Gue lari di treadmill, sambil ngeliatin foto cewek seksi di belakang gue lewat kaca, btw, itu emang motivasi gue setiap kali gue lari di treadmill, ngeliatin foto cewek seksi di belakang gue, sambil bilang, “HARUS KAYA GITU, MAR. HARUS KAYA GITU MAR!”

Memang… lari di treadmill itu seperti terapi buat alam bawah sadar.

Hari ini, gue lari di treadmill sambil bilang ke diri gue sendiri, “Push your limit, push your limit, run until you can not run anymore.” Gue ulang-ulang terus. Sampe akhirnya perut gue sakit, terus ga bisa lari lagi. Medi ngeliat gue megang-megang perut, terus nyuruh gue duduk, dan dia mengucapkan sesuatu yang membuat mata gue berbinar-binar. “Nah, great!” Terus ngajak gue tos. Gue sampe sempet berpikiran untuk pura-pura sakit perut aja besok-besok biar keliatan udah usaha banget larinya, but then again. PUSH YOUR LIMIT MARISA!!!!

Abis itu gue jumping jack sendiri lanjut ke ruangan angkat beban.

Fyi, ruang angkat beban ini sejujurnya sedikit intimidating buat gue, selain karena alatnya gede-gede, member yang ada di ruangan itu biasanya cewek yang badannya seksi seampun-ampun. SEAMPUN-AMPUN SEKSINYA. ITU BADAN APA PAHATAN YANG BENER WOY.

Biasa cewek-cewek berbadan seksi itu, kata medi, kalo kita masuk, mereka suka ngeliat kita sambil ngeremehin. Kayak… “Kenapa sih, ada babi ternak masuk-masuk sini. Ini kan ruangan buat manusia seksi kayak gue. Bukan dodol lipet kayak mereka.”

Terus gue meyakinkan Medi, kalo itu Cuma perasaannya dia aja. Karena kita gendut, kita lebih butuh benda itu daripada mereka. Kita butuh untuk ngelatih otot kita. Supaya proses ngilangin lemaknya lebih cepet. (Nggak percaya? Find out for yourself).

Abis itu kita berenang. Fyi, selain karena kita ingin sehat, kita juga adalah cungpret yang nggak mau rugi, jadi kalo weekend ke tempat gym, gue bisa 4 sampe 5 jam sendiri di sini, mulai dari cardio, berenang, terus sauna.

Karena si Medi lagi desain rumah manajer di kantor katanya dia butuh inspirasi, kalo di kosan terus mandek. Jadi kita nongkrong di Upnormal afterward. Makan nasi pake ayam udah kayak tunawisma nggak makan berhari-hari.

Kita kemarin udah commit untuk stop makan setelah jam 6 sore, dan pas banget tadi kita makan terakhir jam 6 sore di upnormal. Kemudian kita terfokus sama kegiatan masing-masing, Medi ngedesain rumah, gue buka-buka bokep pake VPN. Seperti biasa lah.

Emang dasar setan, kita lagi diem-diem tau-tau di anter segelas kecil es krim vanilla (ternyata affogato). Ternyata embaknya salah anter, tapi itu MENGINSPIRASI.

Gue sama Medi liat-liatan.

“Mau?”

“Mau…”

“Eh, ini udah jam 8. Ga boleh makan lagi, mbul.”

“Oke.”

Terus kita masih liat-liatan.

“Mau? Gue juga jadi mau.”

Gue ngangguk girang, “Oke satu ya!”

“Hmn. Dua aja, deh.”

Iya, itu aja penutupannya.

Kita olahraga banget hari ini, lalu ditutup dengan Affogato. Gelas kecil lah, boy. Mana ada artinya, sih. YA GA SIH!

Semoga pas pulang kita nggak tiba-tiba pengen minum jahe susu sambil nonton Netflix.
Hhhhhh.

Of all problem in this beautiful world, kenapa sih berat badan harus jadi salah satunya…

Salam Roti! 

5 komentar:

Hi, aku Utha! mengatakan...

Dear Markonah, lari di treadmill itu menyiksa lho. daripada ngabisin duit di gym mending lo lari di GBK aja sih :|

TF mengatakan...

Wii, gue sama temen-temen gue mau bikin membership gym dari Februari juga nggak kesampean terus. Mahal nggak, Mar?

Berarti next time ketemu gue bakal lihat Marisa versi baru, dong~

Marisa Roti mengatakan...

Utha : Hmmmn. Abis mau ikut komunitas malu tha, gue gendut. huhu. Apalagi komunitas lo seksi2 semua ceweknya. Aku merasa seperti gulungan kentut digelindingin kalo lagi lari.

Fan2 : HOPEFULLY FAN! Btw, gue sih di Manhattan, Kuningan karena deket dari kosan 450 rb. Golds Gym juga segituan, kalo mau yang oke nambah dikit di Celfit or Fitness First, setau gue membership mereka udah gabung, coba deh lo cari-cari di internet.

monicnicta mengatakan...

gila sih. udah lama ga main ke blog lo, udah nemu judul postingan olahraga ajaa.
anyway, gue mau ngehighlight yang bagian mati cepet ya (diluar konteks bahwa mati itu diluar kuasa manusia). sehubungan dengan peristiwa yang menimpa adik sepupu gue kemaren, then menurut gue mati cepet itu opsi yang jauh lebih aman dan nggak menyusahkan banyak orang loh. apalagi kalo lo ngerasain sakit dengan jangka waktu yang lama (iykwim), ya tapi itu diluar pembahasan tumpukan dosa dan keinginan bertaubat sih. hehe. hehehe.
dan soal olahraga, banyak juga ya temen temen gue yang sekarang (gue sih taunya mendadak) jadi suka olahraga. gue pun beberapa bulan belakangan ini juga mulai untuk berolahraga, ya walaupun 60% alasannya adalah untuk kepentingan visual sih. hehe. hehehe.
but whatever it is, ketika lo memutuskan untuk mulai terjun (secara serius) untuk berolahraga, the most essential thing is lo harus punya role model. satu role model yang pasti, lebih tepatnya (ya you know lah role model could be anyone/even anything). karena kalo goal lo cuma pengen kurus atau takut mati (cepet), it aint really gonna work sih, at least for me. ya entah itu, atau karena faktor visual tadi. hehe. hehehe.
yea, good luck then. gue masih berharap menyumbangkan lemak itu semudah kekuatan pikiran aja (meanwhile yang kita butuhin otot ya, bukan lemak. jafi ga make sense juga. cry.). good luck. chanhe takes time, they said. jadi kalo ntar sebulan dua bulan lo olahraga dan lo merasa ga ada hasil, percayalah itu cuma anggapan lo aja.

p.s tante gue yang nyokapnya si adik udah duabulanan ini enggak makan karbo dan gym, dan sangat berhasil. i learned the word 'commitment' from her act.

regards, nicta hadid.

Marisa Roti mengatakan...

Wow nicta hadid is visiting my humble blog.
Yaya, it's hard without enough and proper motivation and I am still FAT. fat like a pig