Senin, 11 Agustus 2014

JNE dan Dilema Telat

Ceritanya gue lagi kesel sama JNE. Oke, ini pasti bukan berita baru mengingat udah ada begitu banyak pelanggan yang dikecewain sama jasa pengiriman yang satu ini. Entah barang hilang, kececer di jalan, salah alamat, kurir males nelpon pelanggan padahal ga tau alamat. Pokoknya kredibilitas jasa pengiriman satu ini emang diragukan. Tapi gue ga pernah peduli..


Sampe itu kejadian sama gue.

Gue ngirim barang ke Bekasi. Itu pelanggan yang lumayan karena pemesanannya banyak, dan barang yang dipesan juga nominalnya lumayan besar. Kalo sampe rugi jutaan kan berabeh, mo ganti pake apa gue? Duit jajan?

Padahal lokasi gue di Jakarta. Yaelah gue naek AC 55 juga sejaman nyampe keles. Intinya ga jauh-jauh banget lah, masih dalam jarak jabodetabek. Status pengiriman itu sudah delivered, sedangkan si pelanggan gue belum ngerasa nerima barang apapun. Ya panik donk gue.

Di tengah kepanikan itu gue langsung browsing tentang keluhan orang-orang waktu menggunakan jasa JNE. Salah satunya bisa dicek disini. Dia sudah berkali-kali pake JNE dan dikecewain berkali-kali pula. Yang paling lucu adalah kasus dimana barang kececer dan hilang sama si kurir, terus bikin status palsu di web kalau barang itu sudah delivered. Nah ini konyol banget. Ya jelaslah gue panik. Jangan-jangan barang gue nasibnya begitu juga. Mana barangnya segede apa tau.

Lalu kemudian gue ketemu website lain di Kompasiana yang memberikan pembelaan buat JNE. Ada beberapa alasan barang bisa ga sampe ke tempat tujuan, antara lain: 1. Kurir malas 2. Alamat ga jelas kurir males nganter 3. Mau nelpon sayang pulsa. 4. Kalau sampe barang hilang KEBETULAN ELO APES!

Sakit jiwa. Lah kalo barang gue 50 juta. Apes 50 juta donk gue?

Melihat penjelasan di atas gue baru tersadar sesuatu. Dan tiba-tiba kata-kata dosen gue terus terngiang-ngiang di dalam otak gue, “Ya, seperti itulah orang Indonesia. Tidak punya kompetensi, tidak punya kredibilitas.”

Itu dosen emang stereotip orang indonesia banget sih, secara doi gede di Ausi. Tapi setelah gue pikir-pikir lagi. Bener juga omongan dia. Baca aja alasan di atas, “Kurir males, alamat ga jelas jadi males nganter”. Lah kok bisa-bisanya lo jadi kurir males nganter, ga komitmen sama barang yang lo pegang. Maksud gue, kalo ada orang yang lagi bener-bener butuh barang itu dan karena “kurir males” barangnya jadi kececer entah kemana atau telat dianter? OTAKNYA DIMANA OTAKNYAAAA!

Oh anyway, kasus JNE ini bikin gue teringat sama diri gue sendiri. Gue jadi bercermin sama beberapa temen gue yang sangat kompeten sama kerjaanya. Mau cepet kelar dan sebagainya dan sebagainya. Gue Cuma tiba-tiba menyadari sesuatu, JNE tidak akan jadi seperti itu kalau semua unit yang bekerja di dalamnya adalah orang-orang yang bertanggung jawab dan komitmen sama kerjaanya. Sayangnya enggak, orang-orang yang kerja di sana adalah orang-orang Indonesia yang masuk ke dalam stereotip dosen gue. Ga punya tanggung jawab, ga punya kredibilitas. Ampas semua isinya.

*tarik napas*

Kayaknya gue masuk ke dalam stereotip itu juga, deh.
Ini ngeri banget. Tiba-tiba gue bercermin ke diri gue sendiri soal “kurir males nganter” itu. Gue mungkin bukan kurir JNE, tapi gue juga kadang “males ikut rapat” atau “males masuk kuliah”. Dan gue sering banget telat ngampus. Gue ga tau apakah ini bisa nge-define atau nyamain gue sama kurir JNE yang bikin barang gue ga sampe itu atau enggak.

Intinya gue sadar, tepat waktu itu adalah hal yang sangat penting. Gue sadar, tapi entah dengan alam bawah sadar gue yang bikin gue telat melulu. Astaga, kok gue jadi kesel sama diri gue sendiri ya.

Dulu ada satu senior nulis yang pernah cerita soal salah satu penulis favorit gue, Gue diceritain. Katanya si penulis itu kalo dateng janjian suka telat dan sebagainya. “Makanya waktu aku mau nulis joinan sama dia, orang sampe pada nanya supaya aku bikin kontraknya dgn teliti. Karena dia kan orangnya kayak gitu.”

See?

Karena sering telat, kredibilitasnya diragukan. Terlepas dari dia benar-benar meragukan atau enggak. Telat itu adalah salah satu cara elo memberikan impresi kepada orang lain. Untuk ukuran orang yang udah dewasa dan berkarir, kredibilitas yang diragukan itu hal paling mengerikan dalam dunia imajinasi “Marisa Dewasa” di benak gue.

Enggak, ga ada resolusi. Gue Cuma perlu menanamkan pada alam bawah sadar gue bahwa, “Tepat waktu adalah salah satu syarat kalau elo mau ngeraih goal lo di masa depan, Marisa.”

Jadi, ya...


*berdoa untuk semester 5*

2 komentar:

dyta's daily blog mengatakan...

aku pernah dikirimin sepatu dari jokja ke tempatku, palembang. sampenya satu bulan lebih, dengan keadaan kotaknya robek sana sini. --'
eh anyway barangnya yaang dikirim udah nyampe ke pelanggannya belum Mar? semoga cepet sampe ya.

Marisa Roti mengatakan...

dyta's: boro-boro deh sis. akhirnya kita ganti rugi semua barangnya, soalnya emang standar pelayanan kita kan begitu. Jadi dalam 3 hari barang belum sampai kita kirim ulang semua. Entah barangnya sudah dimana sekarang. akh... bete banget.