Rabu, 16 Juli 2014

"Embak"

Dalam rangka (ikut) merayakan bulan puasa, gue jadi punya ritual khusus yaitu ikutan sahur. Enggak, gue gak ikutan puasa, Cuma ikut sahur aja. Semacam excuse kalo gue bisa makan subuh-subuh dengan tenang tanpa diteriakin, “Badan udah segede kingkong. Masih makan aja, lu.” Karena toh, semua orang makan pada jam segitu. HAHAHAHAHA


Anyway, untuk ikut merayakan acara ini gue jadi selalu tidur pagi. Hari gue beda sama kalian, manusia kebanyakan. Gue bangun ketika sore dan tidur ketika pagi. Lagian lagi liburan, dan gue gak magang dimana-mana (i choosed to) jadi LO GA BISA NGEJUDGE. HAHAHAHA. Apapun itu.

Gue seperti orang idiot yang ga ngerti selama ini, gimana caranya piring-piring di rumah gue kecuci dengan sendirinya, atau ranjang yang rapih dan sebagainya. Maksud gue, ya gue ngerti karena ada embak gue yang ngerjain, tapi gue gak pernah bener-bener ngerti bahwa itu semua beneran dia yang ngerjain.

Mbak gue bisa jadi adalah sosok orangtua yang jadi panutan sejak gue kecil. Karena nyokap gue sibuk sama kerjaan jadi apa-apa gue diurusnya sama “embak”. Enggak usah mikir lebay juga, sih. Gue Cuma gak terlalu deket sama nyokap karena udah ada embak gue ini. Kenyataan itu gak lantas bikin gue hormat sama doi, ada beberapa momen gue tetep marah-marah dan memperlakukan dia selayaknya embak meskipun kita semua tahu dia bukan sekadar embak buat gue. Dia udah kayak nyokap gue.

Mbak gue ini udah kerja belasan tahun, mungkin gue pernah cerita di beberapa postingan gue sebelumnya. Dia kerja dari gue masih belum lahir. Kalo umur gue 20 tahun, mungkin dia udah kerja di keluarga gue selama 22 tahun. Pengabdiannya ke keluarga gue itu udah gak bisa dibales sama apapun. Gaji segede apapun tetep ga bisa ngebales itu. Iya, gue tau.

Gue Cuma tiba-tiba sadar aja barusan. (oh dan gue ngetik ini jam setengah 4 pagi), waktu gue denger ada suara air, dan gue ngeliat embak gue nyuci piring setelah dia makan sahur. Maksudnya, ya itu kegiatan biasa yang dia lakuin tiap hari. Gue Cuma ga pernah nyadar bahwa piring yang kecuci itu adalah hasil jerih payah dia jam 4 pagi habis makan sahur.

Dia juga kadang suka ngeluh kakinya yang kena kutu air, biasanya kalo dia ngeluh gue ih. Sebel banget. Berisik. Gue Cuma baru sadar aja, kaki yang kena kutu air itu karena dia nyuci baju keluarga dan nyuci piring malem-malem buta kayak begini.

Kemarin waktu dia tau gue ikutan GWP, pertanyaannya, “Mana? Katanya nerbitin buku? Sini Ati minta.” Meskipun dia ga bisa baca tulis. Waktu gue dikasih 3 eksemplar novel dari Gramedia, dia langsung ngeliatin novel gue, “Ini elu nih yang nulis?”

Kadang gue nganggep embak gue ga ngerti apa yang dimaksud dengan nerbitin novel dan sebagainya, dia Cuma tau gue udah menghasilkan sesuatu yang berbentuk cetakan. Novel itu juga nulisnya bertiga dan mungkin dia ga ngerti. Yang dia tau Cuma gue kalo nulis suka sampe pagi terus di depan laptop seharian.

Sebetulnya udah beberapa kali gue pengen ngulas ini di blog, emang dasar guenya aja cengeng tiap mau nulis bawaannya nangis. Jadi batal melulu. Gue dulu pernah mikir ga ada yang sayang sama diri lo kecuali diri lo sendiri. Entah itu keluarga, sahabat, pacar. Cuma diri lo sendiri yang bisa menyelamatkan diri sendiri kalo ada masalah.

Keluarga lo punya kepentingan mereka sendiri, begitu juga dengan sahabat dan pacar lo. Ga ada satu pun orang yang bisa bener-bener ada dalam semua keadaan. Gue rasa itu ga berlaku buat embak gue. Gimana dia ga ada buat gue, dari kecil gue dipakein kaos kaki sama dia. Sakit dikerokin sama dia. Salah satu alesan gue takut banget kalo doi kenapa-napa. Karena gue ga akan punya siapapun lagi selain diri gue sendiri.

Buat elo yang kenal sama gue pasti bakal mau ngomong, “Kasian ya dia, ga punya agama sih jadi ga punya Tuhan. Taunya Cuma diri sendiri doank.” Fyi, gue butuh eksistensi. Dan gue yakin akan eksistensi gue di dunia ini. Atau mungkin ada orang lain lagi yang ngomong, “Lah keluarganya ga dianggep?” baca lagi paragraf sebelumnya.

Anyway, gue lagi dapet jadi agak sentimentil. HAHAHAHA.

Dulu gue juga pernah denger pernyataan, “Gue bakal bales budi dia ketika gue kaya nanti.”

Gue sempet mikir kayak gitu, dan setelah gue pikir-pikir lagi. Gue punya target, gue punya tujuan. Gue tau kapan gue meraih kekayaan gue. Tapi siapa yang tau lama hidup embak gue?

Pernyataan itu segera terpecahkan, elo ga akan pernah tau sampai kapan orangtua lo hidup. Jadi kalo bisa ngebahagiain mereka (dalam kasus gue adalah embak gue) sekarang. Kenapa harus nunggu nanti. Eh bangke sedih loh nulis ini.

Pokoknya begitu, deh. Udah ah mau mewek sambil minum kiranti dulu.


Salam roti!

4 komentar:

TF mengatakan...

Heh, gue baru aja mikir tentang hal yang mirip kayak gini beberapa hari yang lalu.

Orang bilang lo ga tau apa yang lo punya sebelum lo kehilangan hal tersebut. Gue bilang itu kotoran kerbau.

Kita semua sebenernya tau apa yang kita punya, tapi kita nggak terlalu peduli karena, toh, mereka masih ada di sini, kan?

Anyway, gue lagi bete gara-gara ada yang ngajak gue pergi tapi malah ga ada kabarnya, nih.

Marisa Roti mengatakan...

Tiffany: yaudah, kesalahan gue udah terbalaskan ya fan. HAHAHAHA kan kita jadi jalan kemarin.

Ms mengatakan...

Suka banget baca ini blog ="3

Anonim mengatakan...

dan pasti lebih kerasa bgt kasih sayang orangtua saat kamu udah punya anak.betapa gak akan terbalasnya secuilpun kasih sayang mereka walaupun nyawa taruhannya.

Drarrykaishin