Minggu, 04 November 2012

Tips Sehat LDR...


Engh, denger judul di atas. Gue pengen ngomong ya. BUKAN, BUKAN. Gue bukan korban pacaran sama cowok onlen yang kenalan dari game. SERIUS. Jadi gini, lingkungan kuliah yang baru justru memberi gue banyak lagi inspirasi untuk berbagi tips seputar masalah percintaan yang gak pernah gue alami, Cuma berdasarkan survey kecil dari beberapa teman, dan akhirnya gue memutuskan untuk ng-share ini disini, semoga bisa membantu teman-teman di luar sana yang merasakan kegelisahan yang sama. Adha bahasa gue.


First of all, gue akan menjelaskan apa itu LDR. Long Distance Relationship. Pacaran jarak jauh. Ada dua situasi LDR yang begitu familiar di sekitar gue. LDR yang Cuma kenalan dari dunia maya dan belom pernah ketemuan, atau LDR yang pernah ketemuan tapi karena satu atau dua hal menjadi terpisahkan jarak. Intinya sih sama aja, ada beberapa hal-hal dasar untuk membangun hubungan LDR ini bisa jadi sesuatu yang konkrit dan langgeng.

Juju raja, sarana komunikasi jaman sekarang itu udah semurah harga parkir. Apalagi kalo lo pake paket malem, atau gue contohnya, gue pake ax*s dan karena gue langganan paket bebe, alhasil gue dapet gratis nelpon ke sesama selama sebulan penuh. Jadi ingat. Komunikasi.
1.      
PERMUDAH SARANA KOMUNIKASI KALIAN

Apa artinya pacaran kalo kalian gak bisa berkomunikasi dengan lancar? Pakailah provider yang sama, jadi kan selain bbm-an atau sms-an kalian bisa telponan sampe kuping ingusan tanpa takut tiba-tiba ada bunyi “tut” dan gak lama setelah lo redial tiba-tiba operator ngomong.. “Maaf, pulsa anda tidak mencukupi..” bla  bla  bla.

2.       PACARAN JAUH, TAPI GAK LEBAY JUGA.

Ini sebetulnya sedikit maklum, terutama mengingat jarak kalian yang jauh dan mudah muncul rasa kangen atau kecurigaan tiba-tiba yang sedikit menyebalkan. BEGINI LOH. Pacaran boleh jauh, tapi yang sewajarnya aja, jangan sampe gara-gara elo, pacar lo sampe harus bela-belain mantengin bebe seharian di kampus Cuma sekedar buat jawab hal-hal gak penting semacam ini.

“Sayang, udah makan?”

“Udah.”

Dua menit kemudian.

“Gimana? Makannya udah abis?”

“Belom neh.

“Emang makan sama apa sih?”

“Ayem goreng yang…”

Lima menit kemudian.

“Sayang makannya udah abis J?”

“Belom sayang -___-“

“Oke deh.”

Sepuluh menit kemudian.

“Gimana sayang makannya? Udah abis?”

Kalo gue. Mungkin gue bakal jawab. “KALO LO BBM TERUS GIMANA MAKANAN GUE ABIS 
BEGO?!”
3.      
TRUST

Ini adalah sebuah faktor yang cukup penting dalam hubungan non-LDRpun gue rasa ini menjadi satu faktor yang udah penting. Ditambah lagi dengan ketidakberadaan pacar secara fisik, mendorong faktor ini menjadi ribuan kali makin penting. Gak jarang masing-masing pihak bakal sedikit parno dan menimbulkan ke-lebay-an seperti di nomor dua tadi. Karena rasa gak percaya akhirnya dia mulai stalker si pacar, minta password semua media jejaring sosial si pacar, minta nomor hape temen-temen kampusnya, minta nomor hape emaknya, pokoknya. Apapun. Itu gak bagus menurut gue. Apa yang bagus dari kecurigaan berlebihan dalam suatu hubungan selaen ketidak harmonisan dan aroma yang gak menyenangkan setiap kali kalian ngobrol. 
So. Stop it. And start to trust.
4.      
TABAH

Aka nada situasi (mungkin di bulan-bulan pertama), saat dimana lo mempertanyakan keberadaan pacar lo secara fisik. Dimana temen-temen seumuran lo akan menghabiskan malam minggu dengan hangout bareng pacar, dan lo malah sibuk merban kuping lo pake hansaplast gara-gara headset lo rusak, dan lo pengen tuh hape tetep nempel di kuping. Biar gimanapun, kalian gak bisa menikmati kebersamaan itu secara penuh seperti kalo kalian pacaran deket. Itulah konsekuensi LDR-an yang mau gak mau harus di hadapi.

5.       PIKIR LAGI, KENAPA LO MAU LDR-AN SAMA DIA?

Padahal lo bisa cari pacar lain yang lebih kece. Deket. Dan bisa memuaskan lo secara jasmaniah. Maksud gueeeeee, kalian bisa gandengan, bisa nonton bioskop bareng, bisa menikmati hal-hal selayaknya orang pacaran. Dan sekali lagi. kenapa? kenapa hubungan itu harus tetap dipertahankan? Itu sesuatu yang perlu di jawab oleh masing-masing pembaca gue. Apa yang bikin orang itu jadi istimewa sehingga lo harus mempertahankan dia bahkan dengan jarak yang membentang begitu jauh. Dan. Fyi, LDR itu gak punya kepastian, akan sampe kapan kalian membunuh jarak itu. Bagi gue, harus ada kemantapan dan keseriusan supaya hubungan ini gak Cuma jadi bahan becandaan dan lelucuan anak muda.

Dalam kasus temen gue, dia harus menghabiskan masa kuliah di Jakarta selama empat tahun, dan meninggalkan pacarnya di kota asal selama itu pula. Dengan cewek-cewek bening yang jelas aja bertebar subur di seluruh sudut kota metropolitan ini. Tanpa keseriusan di dalamnya, empat tips diatas gak guna deh.

And last!

LDR itu Cuma masalah jarak. Bukan perasaan.

Jadi. Selamat berpacaran!

Salam roti!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

cuco deh tips'x.
Ak mau kirim link ini k seseorang yg lg jauh dsana.hhh
*drarrykaishin*