Sabtu, 22 September 2012

Tips Bertahan Hidup di Belantara Kampus


Sejak beberapa minggu yang lalu, setelah gue telah resmi dinobatkan sebagai maba alias mahasiswa baru, gue sudah melewati beberapa hari menyenangkan yang rasanya cepet banget bareng temen-temen seangkatan gue. Dulu, mendengar kata mahasiswa, gue membayangkan cowok-cowok berkaos alay dengan tas yang ditenteng sebelah, pake headphone segede kingkong, sambil ngerokok di mana-mana. Dan setelah positif kuliah, ternyata…


Bayangan gue benar.

HAHAHAHAHA

Oke, maksud gue, setiap berjalan beberapa langkah gue akan menemukan cowok-cowok alay ngerokok menjijikan seperti itu. juga perkiraan gue tentang mahasiswi-mahasiswi cantik yang bakal rajin bolak-balik di seantero kampus juga benar! Ha ha ha ha. Oke gak semua sih, tapi minimal, dalam sehari lo bisa mendapati pemandangan seperti itu sekitar empat puluh persennya.

Dan seperti biasa juga, gue mau membagikan tips buat kalian juga yang masih terbilang maba, atau mahasiswa baru. Seputar pergaulan dan tips trik menghadapi dosen-dosen nyentrik di kelas tentunya. Berikut tips-tips gue kali ini…

1.       Jangan pernah takut gak punya temen.

Gue sampe sedikit aware waktu pertama kali masuk ke dalem kampus. Pasalnya sifat gue gak selalu bagus, cara bicara gue gak selalu menarik. Biarpun gue terbilang talkative dan kelewat pede,  To be honest, gue sampe kayak orang idiot yang nyari di kolom google “Tips bergaul di kampus”. Gue baru sadar, itu idiot sekali. Oke jadi begini, kalian berkumpul di dalam suatu tempat yang sama, tanpa teman, juga dengan sebuah harapan yang sama, bahwa kalian bisa mencari teman disana.

Trus, satu lagi yang perlu diingat, insiden kalian seangkatan sama temen sekolah itu kemungkinan jarang, jadi ekspresikan diri lo seperti yang lo mau waktu SMA, dan mungkin gak bisa lo lakukan karena… satu disiplinitas di sekolah, atau rada malu ubah penampilan di depan temen SMA.. (CURHAT COLONGAN). Jadi, bergaullah sebaik-baiknya, tunjukan siapa lo sesungguhnya, dan ekspresikan diri lo sebebas-bebasnya.

2.       Jaga diri dalam lingkup pergaulan

Sedetik pertama lo menginjakan kaki dalam areal kampus, pastinya aka nada banyak sekali komunitas yang sangat menarik untuk lo ikuti, untuk itulah. Jaga diri lo baik-baik. Dari yang gue denger dari beberapa senior-senior mahasiswi, banyak sekali temen-temen mereka terjerumus dalam pergaulan yang tidak selayaknya. Inget aja untuk selalu selektif dalam menentukan pilihan, pegang prinsip lo baik-baik dan jangan terlalu gampang terbawa situasi.

3.       Peluang mencari jodoh.

Keluar dari topik sedikit deh. oke, mengesampingkan fakta gue yang masih belom punya gandengan seumur hidup gue hingga detik ini, gue menyarankan kepada kalian cowok maupun cewek, kampus itu seperti oase aer mancur yang dikelilingin para pencari jdoh di sekelilingnya. Meskipun gak memungkiri banyak yang dateng ke kampus dengan status “Bukan jomblo lagi..” gue berani bertaruh, yang jomblo masih lebih banyak. 

Ciyus deh. Jangan pernah takut untuk mencoba nyari cewek-cewek baru di sana. Atau buat cowok yang masih belom move on sama cewek gebetannya waktu SMA, sekarang waktunya buka indera keenam lo selebar-lebarnya. Pelototin cewek cantik atau cowok ganteng yang suka nongkrong-nongkrong di pojokan kantin. Aware-lah! Tapi ati-ati juga, jangan indera keenam lo salah-salah ngeliat setan. Jangan ngegebet setan.. oke. itu aja pesen gue. Di kampus banyak setan.

4.       NGIRIT!

Ini seperti sebuah pesan khusus untuk diri gue sendiri. Ya gak masalah kalo duit jajan lo sebulan segede gaji menteri keuangan Indonesia yang masih plus plus sama duit korupsi. Tapi kalo duit jajan lo selayaknya manusia biasa yang hendak menuntut ilmu di jaman modern, lo pasti akan banyak kekurangan karena biaya tugas di kampus itu terkadang. Sungguh tidak manusiawi… oke.

Gue punya dosen killer satu yang ngejual fotokopian seharga lima rebu rupiah, atau bahasa kerennya DIKTAT. (Serius, sebutan diktat ini Cuma buat menambah harga fotokopian itu jadi sangat mahal), dengan harga dua puluh ribu rupiah. Niat mulianya mematikan perputaran ekonomi mahasiswi penjual roti seperti gue, terlihat niat banget. ditambah lagi dia fotokopi diktat itu sesuai jumlah mahasiswa di angkatan gue, jadi kalo ada yang gak beli bakal ketauan, dan resikonya. Gak lulus.

5.       Kenalanlah dengan banyak senior di jurusan lo.

Percaya gak percaya. Hal ini akan sangat berguna banget dalam hidup perkuliahan lo. Ibaratnya, lo akan di ajarkan cara untuk bertahan hidup di tengah hutan belantara. Dengan dosen-dosen aneh yang gak akan lo ngerti karakternya, lo bisa dapet banyak pengalaman dari senior-senior itu. sekaligus juga.. ehem, gak menutup kemungkinan ada senior lo yang good looking. Muahahahahaha. BISA JADI LAHAN BOY!
Gue serius. Biasanya, lo akan lebih mengenal areal kampus, dengan banyak ngobrol sama mereka. Gue sendiri gak banyak kenal senior sih, tapi minimal gue suka ngobrol dengan teman-teman yang bergaul sama senior. Worth it. Jadi lakukanlah..

6.       Manut aja sama dosen

Gue terbiasa jadi anak pembangkang di sekolah, sampe suatu ketika, setelah perdebatan sengit dengan guru matematika gue, dia memberi gue satu pesan emas yang gue inget sampe hari ini.. “Marisa, kalo nanti kamu kuliah, jangan seperti ini lagi. kamu bisa gak lulus-lulus kuliahnya..”. Gue rasa, gue juga gak bisa macem-macem. Jadi saran terbaik gue adalah, lakukan apa yang dosen katakan, atau kalo bisa, biar mereka mengenal lo sebagai pribadi yang baik, jadi andaikan nilai akademis lo jelek, dia bisa simpatik dan ngasih B. mehe.

7.       Utamakan kuliah di atas segalanya

Begitu memasuki kampus, lo di sediakan fasilitas UKM atau biasa di sekolah itu semacam ekstrakurikuler, ini suatu program yang sangat bagus untuk diikuti menurut gue. Jadi, lo akan menambah banyak pergaulan di sini. Cuma satu pesan gue, di semester satu ini pun, kegiatan gue udah sangat padat, sepadat perut yang udah gak pup berhari-hari. Jadi pintar-pintarlah me-manage waktu. Dan kalo sekiranya lo gak bisa meng-handle, sebaiknya jangan. Lebih fokuslah ke kuliah. Masalah pergaulan, bisa lo akali dengan ngajak kenalan setiap orang dengan cara elegan dalam setiap kesempatan yang ada. Pintar-pintarlah mengatur segitiga Bermuda itu. PERGAULAN, TIDUR, DAN AKADEMIS.

8.       Kejarlah prestasi sebaik mungkin di semester satu ini.
Ini adalah wejangan dari sepupu yang lewat di depan rumah gue kemaren. Kalo menurut dia, ngeraih IP, di masa-masa kayak gini itu masih gampang-gampangnya. Jadi jangan pernah males di semester satu, sebaliknya, jadilah anak yang rajin nyatet, yang kalo di kasih tugas dua halaman, bikin itu jadi empat belas halaman dengan huruf yang segede-gede anak semut, dan padet, sepadet perut buncit gue.

Good luck untuk pembaca gue dengan masa kuliahnya.

Betewe, gue masih banyak tips-tips laennya, tapi gue bagi-bagi kalo gue udah agak lama kuliah aja ya. Biar bisa ngadain research kecil-kecilan seputar tips-tips perkuliahan.

Keknya udah lama sekali gue meninggalkan blog kesayangan gue yang satu ini. bukan,,, bukan sibuk kuliah juga. Gue lagi sibuk nyari duit  buat beli mobil aja……………………………

Kabur dulu. Semoga tips-tips gue dapat bermanfaat untuk kalian. Muah..

Salam roti!

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Hemmm.... Jadi anak kuliahan kek nya kren ya?
Jadi pengen cpet" luluz trus kuliah.
Haha

Anonim mengatakan...

ga juga, aku malah dibully T_T. Padahal ga pernah bikin salah, cuman pas kuliah ketemu temen satu SMA yang dulu nyebar gosip, eh sekarang dy nyebar gosip lagi, dan ane g punya temen. Yakin sedih banget kayaknya idup ane T_T

Anonim mengatakan...

klo kelas karyawan segitiga'x kerja,tidur,akademis.
Selama 2 taun kuliah gak kenal sama yg nama'x senior yg seangkatan apa sejurusan jg gak kenal.cuma sama anak" sekelas doank.
Dan kelas karyawan tuh d manfaatin abis"an sama kampus.
Pihak kampus mikir'x kta kuliah buat naikin jabatan doank.padahal gak semua'x gtu.
*tegebe*