Selasa, 20 Desember 2022

Medi's Home

 Gue mau update sesuatu...


Jadi, berhubungan sama postingan gue di waktu lalu soal KPR, dimana gue kekeuh banget bilang, KPR bikin rugi! Jangan mau KPR nanti lo rugi kena bunganya! Nggak asik hidup dikejar-kejar cicilan kayak gitu!


Medi berargumen : lah kalo nggak KPR terus gimana gue bisa beli rumah?


Lah bener juga.


Kalo lo karyawan swasta yang gajinya mungkin masih 10-15 juta per bulan, nggak punya sumber pemasukan lainnya selain dari gaji pokok, ya... gimana caranya? (Ya jangan beli rumah dulu?!) Ya bisa nabung sih... kalo nabungnya udah dari SD, terus tiap dapet angpao shincia duitnya lo simpen semua.



Karena semurah-murahnya rumah, kalo lo pengen tetap bisa waras (tinggal di rumah -> kerja di jakarta -> commuting tiap hari), budget yang harus disiapkan minimal di atas 400 juta. Kalo mau rumahnya agak bagus dikit, nggak MBR banget, 600 juta. Dicicil bertahap sampe 36x (pun kena kenaikan harga sama developer), uang yang harus disiapkan minimal 11 - 12 juta per bulan. . Ya bisa sih... kalo gajinya masih di atas 20 juta. Kalo gaji lo di bawah itu, ya tetep bisa, pulang pergi kantor pake naga indosiar, terus rumah lo konsepnya back to nature aja dulu sementara jangan pake gas, listrik, sama air.


Jadi singkat cerita, Medi beli rumah dengan cara KPR.


Gue support banget 100%. Karena gue mau numpang tinggal di rumahnya nanti setelah selesai (benalu). Di sisi lain, Medi juga akan banyak kebantu dengan gue tinggal di rumahnya. Seenggaknya tiap dia pusing cicilan, ada gue yang nyemangatin "Makanya lo coba deh cari sampingan2, apa kek. Bantuin orang desain rumah kek, mandor proyek gitu kan lo juga bisa.". Jadi ini sebenernya saling bantu aja konsepnya.


Awalnya, Medi nggak kepikiran sama sekali beli rumah. Karena ngerasa, "Kayanya ga mungkin deh gue beli rumah sekarang." walau pengen (banget), karena dia suka nyuruh gue ngitung-ngitung estimasi cicilan dibanding gaji dia sekarang. Bisa apa enggak. 


Nah karena hobi gue tiap weekend itu emang survey rumah, kalo lagi ada perumahan bagus gue suka ajak Medi survey. Sampe suatu hari ada perumahan yang gue penasaran, lokasi deket dari Jakarta (dan juga dari rumah emaknya si Medi di Cibubur), terus yang dia jual, dapet view gunung. 


Waktu gue survey, ternyata beneran deket Cibubur, akses ke Jakarta sekitar 45 menit. Dan ada akses ke pintu tol baru. Waktu kita survey, beneran bisa ngeliat gunung dari depan pintu rumah... Qren. Ternyata setelah diusut tanah perumahan ini dulunya pernah jadi setting film Misteri Gunung Merapi.


Medi (yang masih belom kepikiran mau beli rumah) komen ga suka. Rumahnya terlalu kecil untuk harga minimal yang ditawarin (800 juta, luas bangunan 36, tanah 60 sqm). Bangunannya biasa aja, cuman modal facade ama lampu cantik.


Tapi... setelah pulang dari survey hari itu, kita jadi suka ngomongin beli rumah terus.


Kemudian Medi tiba-tiba ngambil keputusan. "Gue mau beli rumah. Bisa nggak ya?"


"Hmn harga 400 sampe 500 mungkin masih bisa sih kalo gue itung. Sekarang banyak perumahan ngasih program tanpa DP atau DP minimal banget, cuman 5%"


Lalu kita browsing rumah langsung.


Ketemulah satu perumahan ini, yang ternyata secara bangunan menurut si Medi masih lumayan. Harganya masih make sense dibanding luas unit yang ditawarin. Cluster kecil, pengembang yang belum beken2 amat, tapi portfolionya udah banyak dan beberapa beroperasi. Menjanjikan lah. Cek lokasi (Sawangan, Depok) juga deket banget sama tol Sawangan 4 yang baru (2km). Karena gue biasa survey perumahan, gue bantu Medi komunikasi dan nanya2 sama marketingnya.


Bangunannya, si Medi suka banget. Nggak sumpek, bisa dapat halaman belakang, ada void jadi langit-langit tinggi dan ruangan kerasa luas. Meskipun kekurangannya cuman ada 1 kamar mandi (lantai 1, dan space di atas kamar mandi itu kosong, kaya udah disiapin buat tempat jin).










Dia beli rumah itu dengan cara KPR, harga 680 juta, free DP, free biaya KPR. FYI, temen-temen yang lagi mau KPR Rumah, tolong banget perhatikan soal biaya KPR ini ya, apakah ditanggung developer, atau kalian sendiri yang tanggung, karena untuk harga rumah 680 juta, harus siapkan biaya-biaya akad KPR ini 20 - 30 juta, lalu cek PPN ditanggung developer atau ternyata dibebankan ke pembeli? Temen kantor Medi ada yang batal KPR karena kaget tiba-tiba ditagih bayar PPN, padahal kondisi sudah akad dan sudah pembayaran KPR bulan kedua.


Tanya 10 kali sama marketingnya, ini bener nggak saya nggak keluar duit lagi abis bayar UTJ? Lalu baca surat pesanan rumah (SPR) dan lihat di sana mana yang masuk ditanggung developer, mana yang enggak. Jangan sampe udah keluar biaya banyak dan mulai nyicil ternyata muncul biaya nggak terduga.


Duh. Gue males ngomongin KPR lagi. Nanti gue bikin postingan terpisah detailnya kaya gimana.


Anyway, rumahnya udah jadi dan udah mulai ditempati di awal November lalu. Jadi setelah akad butuh waktu sekitar 1 tahun sampe akhirnya bisa nempatin rumah tersebut. Enaknya sama si developer ini, kita bisa request dengan tambahan biaya, tapi karena harga tambahan developer gede, akhirnya Medi putusin untuk nambah sedikit, sisanya pake kontraktor sendiri.


Medi memang pekerjaannya itu ya manteman, jadi kenalan kontraktornya, buanyak pol, dia tau kontraktornya trusted apa enggak, dia tau estimasi harga yang wajar itu berapa, dan kerjaan dia salah satunya bikin bill of quantity untuk pekerjaan kontraktor, jadi tambah kerja ini Medi desain sendiri, bikin bill of quantity sendiri, lalu dikasih ke kontraktor yang udah dia percaya, kalau kalian nggak punya advantage ini, yaudah mending ke developer aja atau pake kontraktor yang trusted (Medi anti pake tukang harian karena ribet. Dan ga ada yang bisa bertanggungjawab atas kualitas yang diberikan si tukang).


Request yang kita buat ke kontraktor cuman dua ; satu, dinding dari ruang tamu ke halaman belakang dihilangkan, lalu ganti pintu sliding kaca, supaya dapat sirkulasi udara yang baik, batas ruang yang diminimalisir dan bisa sambil liat kuntilanak dari ruang tamu malem-malem (jika berkesempatan). Dua, dapurnya dibuat di outdoor, karena setelah tinggal di kos-kosan mewah 9 kamar banyak hantunya, kita baru nyadar kalo dapur semi-outdoor itu nyaman sekali, dapur selalu kering, nggak jorok dan sumpek, lalu siang hari selalu terang. Biar kaya masa depan gue terang benderang. (Later on, tidak begitu gue syukuri karena ternyata siang hari gue kaya ada di neraka).


Pintu sliding dan kondisi rumah yang dimaksud


Desain pertama

Desain kedua karena gue : "Entar gue mau taruh bahan-bahan bikin kue gue dimana? Mesin cuci mau lu taruh mana? Terus ntar kalo gue mo beli oven taruh mana?"

Hasilnya... Trauma karena di kosan lama kalo masak malem gelap banget, akhirnya dapur ini isinya lampu semua. Itu kurang lampu gantung belum kepasang (sampe sekarang), dan ada lampu di kanopi yang nggak dinyalain. Terang banget, bruh.


Versi dikuning-kuningin. Aslinya menyerupai ini loh ges ambiance-nya.



Oh, satu lagi! Jadi bawaan developer ini ada 3 kamar, 1 kamar di lantai 1 dan 2 kamar di lantai 2, tapi Medi request supaya dinding di kamar atas dihilangkan (ini gratis, malah ngurangin biaya di paragraf atas, karena kan kita ngurangin batu bata?), jadi 1 master bedroom yang cukup luas (+22 sqm?). Rencananya di master bedroom ini mau dikasih beanbag, proyektor, sama PS4, biar kamar gede ini sekaligus jadi play room kita. Ternyata semua benda yang gue sebut di atas itu mahal dan gue ga mau keluar duit, jadi sekarang kamarnya luas dan… kosong (betul-betul parasit kamu, Marisa).


Foto menyusul kalo udah beli beanbag, proyektor sama PS4.


Lalu di area belakang, bawaan developer tinggi dinding pembatas hanya 2 meter, tapi kita putuskan untuk tambah 1 meter karena privasi, tapi nggak pake dinding, instead of ditambah pake rooster. Supaya makin banyak udara yang masuk ke dalam rumah ini ya idenya. Nggak kepikiran tuh gue serangga dan hujan bisa masuk lewat lubang rooster.


bata rooster yang dimaksud

Satu hal yang benar-benar gue syukuri dari konsep ini adalah… KITA GA HARUS BUKA PINTU DEPAN UNTUK DAPET UDARA DARI LUAR!!! Jadi! Nggak harus bersosialisasi ama tetangga. Karena pasti ada satu dua orang yang liat pintu lo kebuka LALU NYAPA! Jadi kalo kamu ngerasa anti sosial atau butuh effort buat basa-basi sama orang, ini ide terbaik.


House owner, chillin and workin (belum beli meja kopi, btw akhirnya gue yang beli meja kopi 250k, pas ditimpa kaki gue kayunya kaya mau patah)


Jangan lupa, area atas kamar mandi yang kosong dan gelap, dan dipojok, emang kaya di desain buat jadi area bermain hantu, si Medi takut banget sama area itu. Karena setiap turun tangga, kita akan ngeliat spot kosong itu. akhirnya rekues ke kontraktor untuk ditutup semua dan dikasih pintu. Lalu dibikin tangga lipat super keren yang kaya di tiktok, waktu kemarin kontraktornya ngomong, “Ini baru pertama kali sih Bu saya bikin tangga kaya gini.” agak deg-degan juga, apa tangga itu kuat dilewatin gue? Ternyata kuat ges, kontraktor tidak main-main.


Foto menyusul.


Btw, gue juga jadi seneng menanam sekarang karena punya area outdoor. Ternyata rasa seneng banget kalo lo nanam sesuatu terus dia tumbuh.


Sekarang daunnya udah tinggi. Baru sebulan.


Jadi, kemarin ada dua sesi open house ; keluarga Medi dan keluarga gue. Terpisah, karena keluarga inti gue anggotanya kaya ada 20 orang. Mau duduk pun bingung dimana. Keluarga gue dateng dengan cukup histeris, “Gila ya gua kesini ga sampe-sampe. Macet, lewat jalan kecil, jalan gede.”

Tumpengan keluarga Medi di dapur kecil kebanggan.

…iya. Kita juga kalo ngantor rasanya ga sampe-sampe.


Tapi yaudah, gue tetep seneng, karena kalo malem gue rasanya kaya ada di Sukabumi bukan di Depok.


Jadi, begitu.


Gue mulai bosen nulisnya. Oke sekian ges.


Untuk teman-teman yang mau KPR, inget pertimbangkan baik-baik, dan kalo ada pilihan kaya gue, tinggal numpang sama orang yang KPR, pilih yang itu aja.


Ok. bye…




Look malam hari, baru lantai atas yang dikasih lampu kuning (pilih yang kelvin 4000 ya gengs)


Akhirnya kekosongan ini terisi sama microwave hadiah


Salam Roti!

2 komentar:

Rika P. mengatakan...

Waw! Hidup kita udah di level beli rumah pake KPR, gak kerasa banget, padahal dulu cuma seputar ujian sekolah. :)))

Aku pun baru KPR tahun lalu. Pas baru kelar akad kredit rasanya kayak ketindihan beban. Aku punya hutang ke bank segini banyaknya... astaga. Tapi, ya bener emang kalo gak KPR mau punya rumah kapan. Pas masih di bawah umur 26, ngotot banget beli rumah tuh cash aja, HAHAHAHA ternyata gak semudah itu, uangnya dari mana.

Btw, selamat rumah barunya Medi dan Marisa! Kusuka banget!

Ke depok tuh emang macet banget!!!

Marisa Roti mengatakan...

Terus gue baru notice, kita berkomunikasi via blog dari jaman kita masih SMA ya? HAHAHAHA. WOW HOW TIME HAVE PASSED!

Congrats juga Rika utk rumah barunya. Gimana rasanya beli rumah? Satisfying? Apa nambah beban? ahahahaha..

Anyway gue masih belum decide utk beli rumah sih. Ingin nabung s2 dulu. xixixi.