Sabtu, 03 September 2022

Nulis Lagi

Gue mulai nulis lagi.

Bukan nulis blog curhat kaya gini. Gue mulai nulis fiksi lagi.

Dan rasanya…. Senang. Menulis fiksi buat gue bikin gue punya dunia lain yang berbeda dari kehidupan nyata. Buat orang overthinking kaya gue, ternyata gue memang harus nulis. Karena ketika gue nggak nulis gue akan cari hal-hal nggak penting, masalah-masalah kecil, untuk dipikirin sampe itu jadi masalah besar.

Jadi ini terjadi sejak gue pindah ke perusahaan yang sekarang, tbh, workload kerja yang tiba-tiba berubah drastis. Tiba-tiba gue jadi punya waktu buat buka-buka folder lama gue dan nemuin cerita-cerita fiksi gue yang nggak pernah selesai (7-8 tahun lalu?). Entah itu cerita dengan banyak bab atau cerita pendek. Fanfiction ataupun bukan.

Sebagian besar cuman keisi paragraf-paragraf awal, dan nggak pernah selesai. Buat gue, pembuka cerita yang gue tulis di dalam situ menarik (iya, gue cinta ama tulisan gue sendiri). Si bodoh ini lupa, sebetulnya lanjutan ceritanya apa. Atau bahkan cerita ini tadinya tentang apa??

Jadi cerita-cerita itu cuman mandek begitu aja di dalam sana. Nggak pernah dikembangin lagi.

Gue pernah punya ide bikin cerita fantasi remaja.



Semacam spin-off dari ceritanya Rapunzel? Gue inget banget dulu DVD original pertama yang gue beli di hidup gue adalah Rapunzel yang versi barbie. Terus gue di mall ampe telpon bapak gue mohon-mohon biar boleh beli DVD Rapunzel. Terus bapak gue bilang, “Iya tapi lu semester ini ranking 1 ya…” gue iya-iya in aja. Ya nggak realistis juga sih gue ranking satu. Masa lompat segitu jauh dalam satu semester? Kesurupan apa gue di semester itu.

Anyway, gue juga pernah punya ide cerita cerpen ini, tentang pacar yang abusive (agak vulgar sih).




Lalu satu genre yang entah kenapa selalu jadi genre yang paling nyaman untuk gue tulis… Thriller.



OH! Satu lagi genre yang gue suka, romance tapi beda dunia.


TAPI YA GITU!

GA ADA YANG SELESAI!

Gue nggak tau apa yang gue pikirin 6-7 tahun lalu, suka banget punya ide cerita baru, nulis 1-2 halaman terus gue berhenti. Besoknya gue tulis lagi ide cerita baru. Contoh di atas cuman segelintir dari banyak sekali cerita yang pernah gue tulis dan nggak pernah selesai.

Btw, sekarang gue mulai nulis lagi seperti 7 tahun lalu. And I feel sooooo excited about this. Gue lagi berusaha menyelesaikan satu cerita yang udah pernah gue tulis. Merangkai plotnya ulang (karena gue dah lupa ya, itu apaan), bedanya, kali ini gue punya Medi.

Medi suka banget baca. Suka banget ngritik orang. Film yang rating di IMDB 8 sekian kadang dikritik sama dia, dengan ngenges, “Gue rada off sih ya bagian yang tadi. Gue kira interaksi antara mereka tuh bakal penting, ternyata enggak.”.

Sampe kadang gue mikir, nih orang sutradara kali, ya? Ngritik film orang melulu. Jadi gue pikir….

Mungkin dia bisa bantu proofread?

Meskipun gue ngambil keputusan ini cukup lama buat minta dia proofread, kaya dari siang ke malem gitu lah. Lama gue mikirnya.

Sebelum gue minta tolong si Medi proofread (setelah gue nyiapin mental juga, karena tbh, tulisan dikritik itu impact-nya kadang fatal ke diri gue) gue kasih pesen berkali-kali, “Lo bacanya santai aja ya. Ga usah terlalu dicari-cari kesalahannya. Baca aja gitu, kaya lo biasa baca novel.”

“Iyeeee.”

Terus gue nungguin, sambil ngeliat dia beberapa kali yang masih baca dua chapter awal (on-going) cerita gue (sambil rada gelisah).

Akhirnya dia selesai baca.

“Jadi gimana?”

“Katanya gue baca santai aja. Lo mau pendapat gue?”

“Ya iya. Itu yang gue butuhin kan.”

“Hmn. Gue udah lama sih ga baca bahasa indo.”

“Jadi geli gitu ya?”

“Enggak sih, bagus. Tulisan lo bagus.” Biasa ujungnya ga enak nih si kampret. “cuman, gue rada bingung ya yang karakter pertama tiba-tiba benci ama karakter kedua tuh kenapa, ya? Tiba-tiba bawa-bawa soal harta? Emang karakter kedua miskin sampe dikira mau ngambil harta orang? Kalo ternyata si karakter kedua orang kaya gimana?”

“Ya… miskin kali ya?”

Anjrit gue juga nggak tau.

“Terus kenapa si karakter pertama nggak mau temen-temennya tau soal hubungannya dia sama karakter kedua? Bukannya malah keren ya, kan di cerita lo cakep banget nih si karakteri kedua?”

“Karena karakter pertamanya males digosipin aja?”

“Males digosipin aja gitu? Ga ada alesan lain yang lu bikin?”

Terus gue bluffing, atas cerita gue sendiri. Gara-gara gue gengsi, karena pertanyaan dia emang belom gue pikirin, dan somehow gue juga ngerasa itu salah satu alur yang reasoningnya ga kuat.

Pada akhirnya, gue mencatat kritik si Medi dan mikirin ulang ceritanya.

Seperti yang gue bilang, kritik kadang dampaknya fatal buat gue. Besoknya gue tiba-tiba ngeluh ke dia, “Kayanya gue emang lemah bikin plot cerita ya. Kaya ga bisa nulis.”

“Lah… Lo build up-nya kurang lama sih, kaya tiba-tiba begini. Alasannya apa, kalo di dunia nyata kaya gini kan… nggak make sense ga sih?”

Hft. Iya juga, sih. Emang logika gue jongkok.

Btw! Karena gue udah dewasa sekarang, gue seharusnya udah lebih bisa nerima kritik dibanding 7 tahun lalu (HAHAHA). Jadi gue akan terus nulis dan ngelanjutin cerita-cerita gue, sambil di proofread oleh Medi.

Anyway, gue sekarang nulis di beberapa wadah online, seperti… wattpad. Untuk fanfiction gue tulis di wadah lain.

Btw, gue ada dua cerita lama (short) yang gue posting di wattpad. Untuk teman-teman yang baca blog ini, lalu lagi senggang pengen baca sesuatu, please, give it a try dan klik link ini : Wattpad MJ

Ternyata kangen juga ya, bangun mikirin cerita lu, mau tidur mikirin cerita lu. Nggak harus mikirin hal-hal lain yang malah bikin gue stress sendiri tiap pulang kerja. Gue kaya punya kehidupan yang berbeda setiap mulai nulis. Universe yang berbeda.

Oke jadi sekian postingan gue hari ini.

P.s. Nih ya, Marlind, gue posting blog lagi.

Salam Roti!

Tidak ada komentar: