Kamis, 08 Februari 2024

Welcoming 30s

 Gue menghabiskan beberapa malam ini untuk baca ulang lagi blog-blog lama gue.


To find out what I’ve missed, etc.


Btw, gue jadi pengen bahas beberapa fase hidup gue, sejak pertama kali gue nulis blog ini. Dari gue masih SMP gue udah nulis blog di sini. Lucu banget. Baru sadar gue menggemaskan sekali.


Fase sekolah - ujian - urus pabrik


Fase hidup gue isinya sekolah, dimarahin guru (karena nggak bisa berhenti ngobrol dan sering telat), bener-bener blog gue isinya banyak banget gue di strap sama guru gara-gara ngobrol pas pelajaran, atau tidur, atau karena gue telat berangkat. 


Atau momen gue kesiangan pas ada UAS matematika, mo mati sih gue rasanya, ampe dijemput ama wali kelas gue ke rumah, karena guru mat gue killer dan nggak ada yang boleh missed out ujiannya dia. Terus dalam kondisi panik dll, gue dpt nilai 80, pas lagi pembahasan gue disuruh berdiri di belakang kelas karena dapat di bawah 90. Jadi pas itu guru mat gue ambis banget nilai rata-rata UN kita tertinggi se-Jakarta yang mana gue pikir sekarang, nggak penting-penting amat? Ya bangga, sih, but still?


Alasan gue pas itu kenapa gue di sekolah selalu ngobrol atau tidur di kelas adalah karena -> gue harus urus pabrik pas pulang sekolah, jadi gue ga punya waktu buat hang out ama temen-temen sekolah (ga ada duit juga, sih), kadang gue begadang bantuin pabrik, jadi gue tidurnya tengah malam, pernah sampe jam 6 pagi, abis itu gue harus berangkat ke sekolah. Ya. satu-satunya waktu gue buat bersosialisasi (kadang tidur) pas lagi kelas?


Lalu, gara-gara dulu pabrik gue belum ada sistem pembukuan yang bener, gue konsultasi ke guru akuntansi gue, buat bikin sistem pembukuan di pabrik, pada akhirnya nggak kepake juga, pas gue kasih liat ke enci gue, “Ce, kita ternyata minus terus.” (entah itungan gue bener enggak). Enci gue nggak mau liat lagi buku gue. HAHAHAHA.


Kuliah - Bersahabat - Nggak terlalu urus pabrik - Mengenal diri


Waktu sekolah, temen gue cina semua. Nggak ada yang peduli soal sahabat-sahabatan. Terus gue masuk jurusan dimana cina-nya minoritas. Gue seneng banget, bisa dapet temen-temen yang kulturnya beda, cantik-cantik.


Di momen ini gue udah mulai nulis fanfic, terus autis banget sama dunia fanfic gue, seneng banget punya pembaca banyak yang muji-muji terus bawaannya. Berasa keren banget padahal tulisan gue sampah. Gue kenal sama Sofi, Aish, Fey, Steph, and many more names to mention.


Gue makin sering spend waktu sama anak-anak kampus, karena tugas kita seringkali mengharuskan kita ngerjain bareng sampe malem setiap hari. Gue lebih sering di kampus dibanding di rumah, beda sama jaman sekolah dulu jadwalnya udah lebih ketaker.


At that moment, gue bener-bener banyak mikir soal pertemanan, and eventually find myself in between. Sekarang nggak relevan lagi buat hidup gue. But still, nice to remember, gue pernah punya temen-temen yang nerima gue apa adanya, mulutnya sampah, diajak kemana-mana mau aja.


Magang - GWP - Lulus


Masuk semester-semester akhir gue mulai magang di salah satu konsultan properti di Jakarta. Gue juga ambil kerjaan freelance entah di semester berapa, bikin analisis pasar buat salah satu konsultan arsitek (thanks to Fardi dan koneksinya yang ngasih kerjaan nambah-nambah duit jajan).


Di momen magang ini, gue mulai kebayang hidup gue setelah lulus bakal kaya gimana, at that time, I was so excited. Penasaran dunia kerja bakal kaya gimana sih, terus ngejalanin bidang ini secara konsisten akan menjanjikan nggak, sih?


Di saat bersamaan gue juga lolos proses seleksi dari program Gramedia Writing Project yang diadain Gramedia, gue ketemu temen-temen baru. Bener-bener momen menyenangkan deh di hidup gue, also one of my biggest achievement so far. Sekarang beberapa dari mereka masih aktif nulis (Romansick - Ci Emilia, atau A Love Like This - Kak Ayu, I think her most recent book is quite successful? Do check guys, banyak banget penggemarnya)


Lalu bikin Badut Oyen, team up sama Ratih dan Mbak Kiki. Bener-bener orang yang terpilih dan berbakat banget.


Also, editor yang mengawal proses menulis kita untuk Badut Oyen dulu (Kak Anastasia Aemilia penulis Katarsis) sekarang karya masterpiece-nya diangkat jadi series di Vidio. Should watch ges! 


Dua kata : Pevita Pearce.


Gimana ya rasanya jadi Kak Asti diskusi soal Katarsis sama Pevita Pearce? Kalo gue keringetan sama jantungan terus kali, ya. Terus gue ga berhenti mikir, “Itu.. idung atau apa, ya? Kok idung gue ga gitu?” atau nyebut, “Subahanallah cantiknya perempuan.” (mendadak islam karena Pevita Pearce)


Lalu ada temen terganteng gue, si Utha. Temen ngirit kalo jalan bareng, makan chiki saus keju sevel sampe belepotan di dalam busway dari Blok M (karena kita seneng main ke rumah Kak TJ). Bener-bener gue suka banget sama spirit ngiritnya si Utha pas itu. Nggak bikin gue ngerasa insecure waktu milih Qtela karena harganya paling murah terus ambil saus keju sevel sebanyak-banyaknya.


And… graduated! Meskipun skripsi gue sampah (sampe hari ini gue merasa itu sampah), kayanya dosen-dosen gue nggak tega kalo ga lulusin gue deh.


Kerja - Ngekos


Setelah dapat surat keterangan lulus, literally tiap hari emak gue nanya, “Gimana, udah dapet kerja lu? Jangan nganggur kelamaan lu, ya, entar jadi nganggur terus.”


Padahal ku ingin liburan, nyante-nyante… T.T


Kayanya karena jodoh atau beruntung, nggak lama setelah gue yudisium, gue ditawarin posisi junior valuer di salah satu perusahaan konsultan properti yang gue kepengen-pengen banget dari jaman gue kuliah. Kebetulan yang pas banget. Gue lulus, mereka butuh orang, dan team di sana itu adalah orang-orang di tempat gue magang dulu (perusahaan yang beda).


Lalu setelah itu gue ngekos dan mulai belajar hidup mandiri, tentu aja gue bisa ngekos bukan karena gue “diijinkan” ngekos. Some things happened. Life. Anyway, ternyata setelah tinggal sendiri gue jadi happy banget. Rasanya lega, punya privasi, nggak diatur-atur, punya banyak waktu sendiri, dll.


Kerja - Kerja - Kerja


Nggak banyak yang bisa diceritain (atau menyenangkan untuk diceritain). Yaudah intinya kerja, cari duit, cari ilmu, cari pengalaman. Namun, ini jadi perubahan yang signifikan buat gue, terutama seumur hidup gue, isinya cuman rumah - sekolah - kampus. Keliling Jabodetabek pun karena tugas kuliah mengharuskan gue survey kemana-mana.


Pas kerja di bidang valuation, tiba-tiba gue lebih sering di luar kota daripada di Jakarta. Setiap bulan ada aja berangkat survey. Terjauh Sumba. Gue sering banget ngunjungin area-area remote yang pantainya bagus-bagus (salah satu alasan sekarang gue jadi suka banget sama pantai). Gue pikir-pikir, business trip malah jadi ajang gue self-healing ya di tahun 2016 - 2018?


Afterwards, gue lanjut ke bidang advisory. Ini kayanya momen paling banyak cobaan di hidup gue. Sekaligus jadi year-breaker buat gue. Ternyata setelah dicek, tahun 2018 itu shio gue emang ciong (IT’S REAL GUYS). Kalau gue recall lagi, tahun ini adalah tahun dimana gue ngerasa paling down seumur hidup gue, bener-bener semua hal gue pertanyakan. TAPI GUE BERHASIL MELEWATI ITU SEMUA! AND CAME BACK STRONGER THAN EVER.


Tapi di tahun 2018 ini juga, gue ketemu temen-temen kantor yang betul-betul buka wawasan gue. Gue belajar soal financial planning, belajar soal investasi (gratis karena kawan-kawan prasmul topik setiap pagi, “Gimana hari ini?” “Wah merah semua sih gua.”). Overall, gue dapet income yang lebih bagus dibanding kantor sebelumnya. Lalu, gue akhirnya beli mobil sendiri di tahun 2020 (bukti bahwa ilmu finansial yang gue dapet, tidak gue terapkan. Gapapa tapi sekarang gue bisa spontan ke Bandung semau gue). 


Meski hal baik datang beriringan dengan self-esteem yang jatuh, overthinking yang makin parah, insecure yang makin jadi penyakit. Datang juga ilmu yang banyak, temen-temen yang perspektifnya bener-bener beda dari apa yang gue tau selama ini, gue belajar untuk gajadi orang yang sotoy dan arogan, gue belajar kalo gue betul-betul nggak tau apa-apa dan harus mau dengerin orang + belajar.


Tetep tbh, gue berharap banget di tahun 2024, meski tahun ciong gue, semoga tahun 2018 tidak terjadi kembali. Agak trauma.


Tahun 2023, gue ketemu circle baru di kantor sekarang, MBTI fellows. Meski, sebentar lagi gue bakal masuk 30s (menangys), gue masih ngerasa bocah dan muda setiap bareng dengan kawan-kawanku.


Q4 2023, jadi kuartal MBTI, karena itu mendominasi 80% percakapan dan isi pikiran gue. 


Teori gue begini : most people yang gue temuin dan gue PAKSA tes MBTI, setiap baca hasilnya, mostly. mostly, akan ngerasa deskripsi MBTI ini sesuai sama mereka. Bahkan beberapa ngerasa, “Anjir MBTI kok bisa ngertiin gue banget?!”


Means -> stereotip itu ada di mereka. Means -> tanpa gue kenal orangnya, tanpa gue tau backgroundnya, tanpa gue tau ceritanya -> seenggaknya gue tau how their mind works (at least). Gue bisa nebak reaksinya, atau responnya terhadap sesuatu. Basically, itu cheat code gue untuk bisa tau soal orang lain tanpa harus repot.


Tadinya gue berusaha pake zodiak. NAMUN, bahkan gue pun nggak merasa stereotip zodiak ada di gue sama sekali! Jadinya absurd -> “WAH lo pasti muka dua karena lo gemini!”, “oh lo pasti trustworthy karena lo Taurus.” T.T


Btw, second thought on zodiac, why do I always feel that i’m always. always. drawn to the incompatible Leo people? Universe please help.


BIGGEST QUESTION


What 2024 will bring?


Apakah gue masih menulis?


Apakah gue masih ingin menulis?


Jika iya, menulis apa? T.T


Kemana arah karir gue selanjutnya? Coz tbh, I’m feeling stuck. (Terutama kalo ngikutin perjalanan karir temen gue si HARRY. Yang 50% bikin gue bangga punya temen dia, genuinely bangga, tapi 50% lebih ke iri dengki + minder. Meski tentu dia punya drive, ambisi dan planning yang beda sama orang-orang sejak awal APALAGI GUE).


Jujur keinginan terdalamku adalah tinggal di tengah hutan, tapi ada supply listrik dan internet, supaya tetep bisa nulis sambil dengerin spotify (lately, gue lagi suka Cosmo Sheldrake. You all should give it a try, his songs are magical). Atau jika tidak menulis, gue bengong bego + mengkhayal juga gapapa.


Lately gue juga ketemu temen-temen lama yang gue merasa pernah menghilang selama 8 tahun terakhir (meski kayaknya gue yang hilang bukan mereka?). Tiba-tiba gue ngerasa jadi diri gue 8 tahun lalu lagi sama mereka, meski keadaan udah banyak berubah.


Yang satu udah settle secara finansial, punya cewek banyak (betul-betul di luar prediksi), yang satu recently coming out as gay. YANG MANA gue juga udah tau dari dulu. Cuman setahun terakhir temen gue baru mulai nerima dirinya. Jadi sekarang, salah satu obsesi gue adalah ngenalin dia ke kawan-kawan gay siapa tau ada yang cocok (in case ada yang minat ; koko-koko, smart, humble, cute, prolly boti-to be confirmed further).


Lucu banget ngeliat banyak hal berubah dalam 10 tahun terakhir. Banyak banget hal-hal yang berubah di luar imajinasi gue, semakin menguatkan persepsi gue bahwa -> you can set and have goals, but the universe might have something different for you. Turns out, ya emang… “jalanin aja”.


Welcoming 30s. Sigh.


Salam Roti!

Tidak ada komentar: